Pengertian Microsoft PowerPoint | Sejarah, Manfaat, Kelebihan

Dalam sebuah lingkup pekerjaan, tentunya kita tidak akan lepas dari kata presentasi bukan. Apalagi pekerjaan tersebut dalam bidang projek-projek besar yang mengharuskan untuk melakukan presentasi. Aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan presentasi adalah Microsoft PowerPoint. Tentu saja hal ini tidaklah mengagetkan, mengingat Microsoft PowerPoint dapat membuat presentasi menjadi lebih menarik. Terlepas dari hal tersebut, tidak sedikit masyarakat yang tau seperti apasih pengertian dari Microsoft PowerPoint? Manfaat apa yang didapat dari menggunakan Aplikasi ini?

Dalam melakukan sebuah presentasi, tentu saja tidak hanya dilakukan oleh kalangan pekerja saja, dalam bidang pendidikan pun juga demikian. Hal ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sebagai tugas atau keperluan lain seperti menunjukkan sebuah karya, sidang skripsi, dan memberikan informasi yang diperlukan. Kita tahu bahwasannya software keluaran dari Microsoft ini sangatlah populer dalam dunia presentasi. Namun tidak menutup kemungkinan, jika terdapat banyak sekali aplikasi presentasi yang dapat anda temukan di penelusuran google selain Microsoft PowerPoint, seperti Visme, Emaze, Keynote, LibreOffice dan lainnya.

Memang beberapa aplikasi tersebut tidaklah sepopuler Microsoft PowerPoint. Namun jika berbicara mengenai fitur yang disediakan, saya rasa tidak kalah menariknya dengan produk buatan Microsoft. Disisi lain terdapat beberapa alasan mengapa banyak masyarakat lebih memilih menggunakan Microsoft PowerPoint. Untuk penjelasan lebih detailnya, dapat anda simak ulasan mengenai pengertian, sejarah, serta manfaat dari Microsoft PowerPoint berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Word | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Apa itu Microsoft PowerPoint?

Apa itu Microsoft PowerPoint
Image Source : microsoft.com
PengembangMicrosoft
Sistem OperasiMicrosoft Windows & Mac OS X
JenisPengolah Kata
Situs Weboffice.microsoft.com/powerpoint

Microsoft Office PowerPoint atau biasa disebut dengan Microsoft PowerPoint, merupakan sebuah program komputer yang didesain untuk presentasi. Dengan program ini anda dapat membuat, mengatur, menformat sebuah file presentasi menjadi lebih menarik sebelum anda tampilkan. Program ini dikembangkan oleh Microsoft, dalam paket aplikasi Microsoft Office. Yang mana terdiri dari Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya selain Microsoft PowerPoint.

Microsoft PowerPoint ini dapat anda jalankan sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Microsoft PowerPoint sangatlah populer di masyarakat. Apalagi dikalangan perkantoran, pebisnis, para pendidik, siswa dan trainer.

Selain hadir dalam versi Desktop, Microsoft saat ini juga telah menyediakan aplikasi PowerPoint untuk smartphone. Tidak ada perbedaan mendasar dari kedua versi tersebut, hanya saja platform yang digunakan berbeda. Tentu saja untuk menggunakan aplikasi ini, dapat anda download terlebih dahulu di Play Store maupun App Store.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Excel | Definisi, Sejarah, Fungsi

Sejarah Microsoft PowerPoint

Sejarah Microsoft PowerPoint
Image Source : microsoft.com

Sebagai aplikasi presentasi terpopuler di dunia, Microsoft PowerPoint tentunya memiliki sejarah yang tidak boleh kita lewati. Pada awal pertama kalinya, aplikasi Microsoft PowerPoint ini dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Sebagai awal mula perubahan nama menjadi PowerPoint adalah berasal dari perusahaan yang bernama Forethought, Inc.

PowerPoint versi 1.0 dirilis pada tahun 1987, dan pada saat itu juga komputer pendukungnya adalah Apple Macintosh. Diketahui tampilan awal dari Microsoft PowerPoint masih menggunakan warna hitam/putih. Dan hanya mampu mmbuat halaman teks/grafik untuk transparansi overhead projector (OHP).

Setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran, selang setahun kemudan versi aru dari PowerPoint juga muncul dengan dukungan warna. Pada tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi perusahaan Forethought, Inc termasuk perangkat lunak PowerPoint dengan harga sekitar 14 juta dollar.

Lihat Juga : Pengertian Instagram | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Fungsi Microsoft PowerPoint

Fungsi Microsoft PowerPoint
Image Source : mamikos.com

Mungkin tidak sedikit masyarakat yang ingin mengetahui fungsi dari Microsoft PowerPoint.  Tentu saja hal ini sangatlah wajar, mengingat sejauh ini masyarakat hanya memahami beberapa fungsi dari aplikasi ini. Sebagai contoh mudahnya adalah untuk menampilkan informasi yang ditujukan kepada audience.

Dalam hal ini, tidak hanya menampilkan dalam bentuk teks saja. Melainkan dapat berasal dari beragam tipe dokumen, baik itu angka, video, gambar dan sejenisnya. Bahkan anda dapat memasukkan audio atau animasi ke dalam slide yang diinginkan. Berikut fungsi dari Microsoft PowerPoint yang perlu anda ketahui.

  1. Sebagai sarana dalam mempermudah sebuah presentasi.
  2. Dapat diakses diberbagai perangkat komputer.
  3. Membuat presentasi menjadi lebih menarik dengan dukungan berbagai fitur (audio, video, gambar, animasi, serta template/desain).
  4. Memudahkan pengguna dalam membuat, mengatur serta mencetak berbagai file.

Lihat Juga : Pengertian Telegram | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Fungsi

Manfaat Microsoft PowerPoint

Manfaat Microsoft PowerPoint
Image Source : marketingland.com

Setelah mengetahui beberapa fungsi utama dari Microsoft PowerPoint. Terdapat juga manfaat yang di dapat dari menggunakan program ini. Misalnya saja dapat meningkatkan kepercayaan diri saat melakukan presentasi, membuat audience tertarik dengan informasi yang ditampilkan dan sejenisnya. Penjelasan lebih lanjutnya dapat anda lihat berikut ini.

1. Meningkatkan percaya diri

Jika dilihat dari segi kegunaannya, Microsoft PowerPoint berfungsi untuk menampilkan sebuah informasi yang berupa dokumen atau hasil kerja melalui beberapa slide. Pada dasarnya memang program ini dibuat untuk menghasilkan presentasi secara maksimal. Dan tentu saja hal tersebutlah yang membuat kita lebih percaya diri saat melakukan presentasi di depan audience.

Terutama dalam menyampaikan setiap informasi yang ditampilkan pada slidenya. Terlebih lagi dengan dukungan beberapa fitur dari Microsoft PowerPoint, anda dapat menguasai penuh bahan yang akan disampaikan kepada audience.

2. Membantu desain Slide menjadi menarik

Selain itu, program ini dapat membantu anda untuk menghasilkan tampilan terbaik. Tentu saja tidak hanya sekedar memasukkan kata atau angka. Melainkan anda juga dapat memasukkan beberapa gambar, video, audio serta animasi dalam setiap slidenya. Dengan begitu presentasi anda akan jauh menjadi lebih menarik dan akan terlihat nyata didepan para audience.

3. Membuat audience tertarik dengan apa yang dipresentasikan

Disisi lain dari Microsoft PowerPoint, terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan supaya audience tertarik dan fokus dengan apa yang dipresentasikan. Salah satu diantaranya dengan menambahkan beberapa efek serta informasi tambahan lainnya seperti video, audio, hingga infografis. Jika kita menyajikan presentasi dalam bentuk teks saja, akan terasa membosankan untuk dilihat.

Lain halnya jika anda menampilkan sebuah presentasi dengan kombinasi antara kalimat yang disertai gambar, video atau suara, akan lebih menaikkan fokus audience. Jadi tidak heran Microsoft PowerPoint menjadi pilihan masyarakat dalam hal presentasi.

Lihat Juga : Pengertian Twitter | Sejarah, Fitur, Manfaat

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft PowerPoint

Kelebihan Microsoft PowerPoint
Image Source : challenge.org

Terlepas dari hal itu, terdapat kelebihan dan kekurangan di dalam aplikasi Microsoft PowerPoint. Hal ini memang tidak dapat dipungkiri, mengingat dalam sebuah aplikasi tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangan yang beraneka ragam. Tak terkecuali dalam Microsoft PowerPoint. Dan berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

  1. Tampilan User friendly.
  2. Dilengkapi dengan berbagai macam Tools yang menarik.
  3. Tersedia desain dan template yang bervariasi.
  4. Fitur penggerak (Transition & Custom Animation)
  5. Terdapat fitur kolaborasi.
  6. Memiliki fitur Cloud Service.

Kekurangan

  1. Membutuhkan biaya yang lumayan mahal untuk menggunakan program ini.
  2. Ketidakstabilan dokumen disetiap versi.
  3. Membutuhkan spesifikasi hardware yang baik, karena Microsoft PowerPoint termasuk program yang berat.
  4. Membutuhkan kemampuan yang cukup untuk membuat presentasi yang menarik.

Lihat Juga : Pengertian Whatsapp | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Ekstensi Microsoft PowerPoint

Ekstensi Microsoft PowerPoint
Image Source : fastwork.id

Tentu saja dalam sebuah format file memiliki ekstensi yang beragam. Hal ini juga berlaku di aplikasi Microsoft PowerPoint. Dan penting untuk diketahui bahwasannya pada setiap ekstensi tersebut memiliki arti dan fungsi kegunaannya masing-masing. Nah jika anda ingin mengetahuinya lebih jauh mengenai apa saja ekstensi dalam Microsoft PowerPoint dapat anda simak dalam tabel berikut.

Ekstensi FileKeterangan
.PPT (PowerPoint Presentation)Merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
.PPS (PowerPoint Show)Merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
.POT (PowerPoint Template)Merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
.PPTX (PowerPoint Presentation)Merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.

Lihat Juga : 5 Cara Mengubah PPT ke JPG

Kesimpulan,

Pada dasarnya Microsoft PowerPoint ini merupakan sebuah program yang paling sering digunakan masyarakat dalam melakukan presentasi. Selain memberikan kemudahan dalam membuat presentasi, Microsoft PowerPoint juga didukung oleh beberapa fitur menarik lainnya. Tentu saja dengan tujuan untuk menarik minat pembaca supaya tidak cepat bosan melihat presentasi yang sedang ditampilkan.

Sebenarnya aplikasi presentasi tidak hanya sebatas dari produk Microsoft ini saja. Melainkan banyak sekali aplikasi serupa yang dapat mendukung presentasi anda menjadi lebih menarik. Namun faktanya Microsoft PowerPoint ini lah yang masih populer hingga saat ini. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pemakaian yang mudah atau bisa dikatakan User Friendly.

Apa tujuan menggunakan Microsoft PowerPoint?

Memungkinkan anda dapat membuat dan menampilkan slide untuk mendukung presentasi yang menarik.

Apa saja fitur utama Microsoft PowerPoint?

Menawarkan perangkat lunak pengolah kata, penguraian, penggambaran, grafik, dan alat manajemen presentasi yang mudah digunakan dan diperlajari. Serta dapat menghasilkan sebuah presentasi yang profesional.

Apa shortcut untuk menampilkan slide di PowerPoint?

Tekan F5 untuk memulai presentasi dari awal atau Shift + F5 untuk memulai presentasi pada slide yang sedang dibuka.

Apakah PowerPoint bisa dijadikan video?

Tentu saja bisa, dengan cara klik File » pilih Export » pilih Create a video » lalu pada bagian “Create a video” atur sesuai keinginan » klik Create Video » pilih Lokasi Penyimpanan » setelah itu Save. Untuk cara lainnya dapat anda simak disini.

Apakah PowerPoint dapat diubah menjadi PDF?

Yaa bisa, dengan cara klik File » pilih Save as » klik Browse » pilih Lokasi Penyimpanan » lalu pada bagian “Save as type”, pilih PDF » klik Save. Jika anda menginginkan cara lainnya, dapat anda lihat disini.

Itulah ulasan singkat yang dapat saya berika mengenai pengertian, sejarah, fungsi dan manfaat dari Microsoft PowerPoint. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi semuanya. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supayan lebih berguna dan orang lain dapat mengetahuinya. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai ulasan diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terimakasih !!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.