Pengertian Microsoft OneNote | Fungsi, Manfaat, Kelebihan

Kita tahu bahwasannya zaman sekarang telah berubah, apalagi di dampingi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Bahkan kegiatan sekecil apapun, saat ini dapat dilakukan secara digital. Sebut saja dalam hal pencatatan, saat ini mencatat sebuah tulisan tidak lagi menggunakan buku. Masyarakat lebih memilih menggunakan aplikasi pencatat tulisan. Salah satu contoh dari aplikasi pencatatan adalah Microsoft OneNote. Lantas sebenarnya apa sih itu Microsoft OneNote? Apa pengertian, fungsi dan manfaatnya?

Terdapat banyak sekali aplikasi pencatat selain Microsoft OneNote seperti Google Keep, Evernote, dan sejenisnya. Dan fitur dari aplikasi tersebut, saya rasa tidak kalah menariknya dari Microsoft OneNote. Namun tidak tahu mengapa, produk keluaran dari Microsoft ini yang sangatlah populer dikalangan aplikasi pencatat. Bisa jadi fitur yang disediakan oleh Microsoft OneNote ini jauh lebih lengkap dibandingkan aplikasi terkait.

Jadi tidak heran banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan aplikasi ini. Penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian, fungsi, dan manfaat dari Microsoft OneNote dapat anda simak berikut ini;

Lihat Juga : Pengertian Microsoft PowerPoint | Sejarah, Manfaat, Kelebihan

Apa itu Microsoft OneNote?

Apa itu Microsoft OneNote
Image Source : explainit.nl
PengembangMicrosoft
Rilis Perdana19 November 2003
Sistem OperasiMicrosoft Windows & MacOS
JenisPerangkat Lunak Pencatat
Situs Webwww.microsoft.com

Microsoft OneNote adalah sebuah program untuk membuat catatan dengan fitur kolaborasi multi-pengguna. Dengan program ini, pengguna dapat menggunakan untuk berbagai keperluan seperti mengolah catatan, gambar, kliping layar, dan komentar audio. Catatan yang telah dibuat dapat dibagikan dengan pengguna OneNote lainnya melalui jaringan internet.

Diketahui juga, Microsoft OneNote ini sebelumnya merupakan bagian dari suite Microsoft Office. Namun, pada akhirnya Microsoft juga merilis versi aplikasi Windows 10 UWP-App (Universal Windows Platform). Selain itu terdapat beberapa fitur yang dikurangi dan dioptimalkan untuk layar sentuh.

Kemudian Microsoft juga merilis versi Microsoft OneNote sebagai aplikasi mandiri. Tentu saja hal ini dapat dengan bebas di gunakan di beragam perangkat seperti macOS, Windows RT, Windows Phone, iOS, dan juga Android. Terlebih lagi, Microsoft juga menyediakan versi OneNote yang berbasis website sebagai bagian dari OneDrive dan Office untuk web.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Excel | Definisi, Sejarah, Fungsi

Fungsi Microsoft OneNote

Fungsi Microsoft OneNote
Image Source : guidingtech.com

Dalam sebuah produk buatan Microsoft Office, tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya saja seperti Microsoft Word, yang mana berfungsi sebagai aplikasi pengolah kata. Namun lain halnya dengan Microsoft OneNote. Arti dari perangkat lunak pencatat sendiri adalah aplikasi yang didesain untuk membuat sebuah catatan. Dengan bantuan program ini, anda akan diberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan. Dalam catatan tersebut-pun anda dapat menyertakan tabel, gambar, video, atau link website. Untuk lebih detail mengenai fungsi Microsoft OneNote, dapat anda simak pada poin berikut ini.

  • Mencatat sebuah ide
  • Menulis daftar kegiatan harian
  • Membuat rancangan projek
  • Membuat resep
  • Mencatat daftar belanja
  • Menulis Quick Notes

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Access | Sejarah, Fungsi, Manfaat, Fitur

Manfaat Microsoft OneNote

Manfaat Microsoft OneNote
Image Source : laptopmag.com

Disamping adanya fungsi dari Microsoft OneNote, tentu saja memiliki berbagai manfaat yang dapat anda rasakan. Dalam hal ini tidak hanya berlaku pada bidang pekerjaan saja, melainkan dalam bidang pendidikan pun juga demikian. Dengan Microsoft OneNote ini hasil dari pembelajaran akan sangat efektif dan powerfull. Berikut penjelasan beberapa manfaat dari aplikasi Microsoft OneNote yang perlu anda ketahui.

1. Mengatur file dengan rapi

Salah satu manfaat yang didapat adalah anda dapat mengatur file dengan rapi. Anda dapat memasukkan beberapa file dengan ekstensi powerpoint, word, excel, audio, gambar, video, link website serta lainnya kedalam sebuah Notebook digital. Dengan begitu anda memiliki semua catatan yang lengkap dan penting dalam Notebook tersebut. Dengan tujuan, supaya file tersebut tidak tercampur dengan yang lainnya.

2. Dapat berkolaborasi

Manfaat lainnya adalah anda dapat melakukan kolaborasi dengan teman kerja atau pun sekolah. Dalam artian fitur yang terdapat dalam OneNote ini, memungkinkan anda untuk saling share suatu kerjaan atau tugas projek kepada teman-teman. Tentunya dengan menggunakan sistem cloud secara online. Dengat begitu anda dapat bekerja sama dengan teman anda tanpa perlu bertatap muka.

3. Mendukung di beberapa device

Dan yang paling menariknya dari aplikasi OneNote ini adalah sangat fleksibel. Artinya anda tidak harus menggunakan PC/Laptop untuk membuka aplikasi. Microsoft OneNote sendiri dapat digunakan dibeberapa platform, seperti Android, iOS, ataupun Windows Phone. Dengan begitu, anda dapat membukanya dimana saja. Dan tentunya akan lebih bagus jika aplikasi OneNote ini disinkronkan dengan internet.

Lihat Juga : Pengertian Komputer | Sejarah, Fungsi, Komponen

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft OneNote

Kelebihan Microsoft OneNote
Image Source : onenote.com

Dalam sebuah aplikasi tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangan yang beragam. Hal ini pun juga berlaku di aplikasi Microsoft OneNote. Banyak kelebihan yang didapat dari menggunakan aplikasi OneNote ini. Diantaranya adalah terintegrasi dengan Microsoft Office, dapat berkolaborasi, sikronisasi OneDrive, serta lainnya. Berikut penjelasan lebih detailnya mengenai kelebihan dan kekurangan dari Microsoft OneNote.

Kelebihan

  1. Terintegrasi dengan Microsoft Office. Dalam OneNote, anda dapat memasukkan berbagai dokumen dari Microsoft Office lainnya seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan Outlook.
  2. Mudahnya berkolaborasi. Dengan program aplikasi ini, anda dapat saling berbagi file mengenai pekerjaan ataupun untuk keperluan tugas dengan teman. Dalam hal ini, anda dapat mengerjakan secara bersamaan dengan teman tanpa perlu bertatap muka.
  3. Dapat memasukkan elemen apa saja. Yang menarik dalam membuat catatan di Microsoft OneNote ini adalah anda dapat menambahkan gambar, tulisan tangan, coretan, audio, video, screenshot, grafik, dan elemen lainnya. Posisi elemen tersebut dapat anda letakkan di area mana saja.
  4. Sinkronisasi dengan Microsoft OneDrive. Jika anda menggunakan OneNote pada versi Office 365, maka secara otomatis tersinkronisasi dengan OneDrive.

Kekurangan

Jika dilihat dari segi kelebihan, fungsi serta fitur yang ditawarkan oleh Microsoft OneNote ini. Mungkin hampir tidak ada kekurangannya sama sekali. Karena dengan sekian banyaknya keuntungan yang dapat anda rasakan tersebut, menutupi kekurangan yang ada. Dan aplikasi ini dapat dikatakan sebagai aplikasi pencatat dengan fitur yang paling kengkap.

Meski demikian, untuk menggunakan aplikasi ini anda diharuskan membeli terlebih dahulu. Harga yang dibadrol pun saya rasa lumayan mahal. Dan mungkin hal tersebut bisa jadi salah satu kekurangan dari Microsoft OneNote. Memang terdapat versi gratis untuk OneNote sendiri, hanya saja fitur yang disediakan terbatas.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Operasi | Sejarah, Fungsi, Jenis

Kesimpulan,

OneNote merupakan sebuah program pencatat buatan Microsoft. Program ini sangatlah popupler dikalangan aplikasi pencatat. Hal ini dikarenakan, Microsoft merilis produk ini dengan menyediakan fitur paling lengkap dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Selain itu banyak manfaat dan keuntungan yang dirasakan saat menggunakan Microsoft OneNote ini.

Apa gunanya Microsoft OneNote?

Aplikasi yang membantu pengguna dalam mencatat ide dan informasi ke dalam berbagai format digital.

Apakah bisa menggunakan OneNote tanpa akun Microsoft?

Tentu saja anda tidak mungkin bisa menggunakan aplikasi OneNote tanpa akun Microsoft.

Apakah OneNote aman?

OneNote menggunakan enkripsi untuk mengamankan bagian yang diproteksi kata sandi. Jika anda lupa kata sandi, tidak ada yang dapat membuka kunci catatan anda (bahkan Dukungan Teknis Microsoft).

Apakah OneNote bagian dari Microsoft Office?

Yaa, Microsoft OneNote di Windows adalah bagian dari Office 2019 dan Microsoft 365. Namun juga dapat diunduh sebagai aplikasi mandiri dan digunakan secara independen di PC manapun.

Itulah ulasan singkat yang dapat saya berikan mengenai pengertian, fungsi, serta manfaat dari Microsoft OneNote. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna bagi orang banyak. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai ulasan diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih !!!

CATATAN: Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.