Pengertian Microsoft Visio | Fungsi, Fitur, Kelebihan

Mungkin banyak orang tidak menyadari, bahwasannya produk yang ada pada Microsoft Office tidak hanya Microsoft Word, Excel dan juga PowerPoint. Hal ini memanglah wajar, mengingat ketiga produk tersebut lebih populer dibandingkan produk lainnya. Memang tidak dapat dipungkiri, karena Microsoft Word, Excel dan PowerPoint sendiri sangatlah berperan penting di masyarakat. Dengan kata lain software tersebut bermanfaat disegala bidang, baik bidang pekerjaan, pendidikan maupun yang lainnya.

Namun bukan berarti produk lain dari Microsoft Office tidaklah penting, karena setiap produk yang dirilisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya saja Microsoft Acces, yang mana digunakan untuk keperluan membuat dan mengelola basis data. Atau pun Microsoft OneNote yang biasa digunakan sebagai buku catatan digital.

Terlepas dari hal itu, terdapat salah satu produk Microsoft Office yang sangat menarik untuk dicoba. Software tersebut tidak lain adalah Microsoft Visio, dan software inilah yang akan menjadi topik pembahasan pada ulasan kali ini. Berikut penjelasan lebih detailnya mengenai pengertian Microsoft Visio, yang disertai dengan fungsi, fitur dan kelebihan.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Outlook | Fungsi, Manfaat, Fitur

Apa itu Microsoft Visio?

Apa itu Microsoft Visio
Image Source : microsoft.com
PengembangMicrosoft
Rilis Perdana1992
Sistem OperasiMicrosoft Windows
JenisSoftware diagram
LisensiTrialware
Websitewww.microsoft.com

Microsoft Office Visio atau biasa disebut dengan Microsoft Visio, merupakan sebuah software komputer yang biasanya digunakan untuk membuat diagram, diagram alir, brainstorm, dan skema jaringan. Selain Word, Excel dan PowerPoint, Microsoft Visio juga termasuk dalam paket Microsoft Office. Software ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagramnya.

Microsoft Visio pertama kali dikenalkan pada tahun 1992, yang mana dibuat oleh Visio Corporation. Namun pada tahun 2000, software ini telah diakuisisi oleh Microsoft. Setelah itu, Microsoft Visio dapat dibedakan menjadi tiga edisi, yaitu Standart, Profesional dan Online. Tentu saja dari ketiga edisi tersebut memiliki fitur, kapabilitas, serta harga yang berbeda – beda.

Dengan software ini dapat membantu pengguna dalam meningkatkan kinerja, mulai dari mempersiapkan penggambaran diagram seperti DFD, ERD, UML, Jaringan, Rancangan User Interface dan sejenisnya. Terlebih adanya sejumlah template yang disediakan, Dapat memungkinkan pengguna untuk membuat diagram dengan mudah, intuitif serta profesional.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft OneDrive | Manfaat, Fitur, Kelebihan

Fungsi & Manfaat Microsoft Visio

Fungsi Microsoft Visio
Image Source : groovupost.com

Terlepas dari pengertian Microsoft Visio yang saya terangkan di paragraf sebelumnya, tentu pengguna telah menyadari bahwa Microsoft Corporation merilis Visio dengan tujuan serta fungsi tertentu. Fungsi utama tersebut tidak lain adalah sebagai software diagram dan grafik vektor. Dalam hal ini pengguna dapat membuat berbagai jenis diagram secara profesional. Berikut beberapa fungsi serta manfaat yang pengguna dapatkan dari Microsoft Visio.

1. Membuat diagram profesional

Dengan beragam fitur yang disediakan Microsoft Visio, pengguna dapat membuat diagram secara cepat, efisien, serta profesional. Terlebih didukung dengan sejumlah template menarik untuk semua jenis diagram yang diinginkan.

2. Mudahnya menampilkan informasi terperinci

Selain menghasilkan diagram dengan nuansa profesional, dengan Microsoft Visio pengguna juga dapat memungkinkan untuk mendokumentasikan alur kerja atau proses dengan mudah. Dalam hal ini, dapat meningkatkan kejelasan informasi dan mengindentifikasi peluang penyempurnaan. Atau bahkan dengan pemetaan diagram tersebut, pengguna dapat mengatasi masalah dan membuat keputusan yang tepat.

3. Meningkatkan kinerja

Dan yang terakhir adalah dapat meningkatkan kinerja pengguna. Mengapa demikian? Karena hanya dengan beberapa klik saja, pengguna dapat menyelesaikan diagram dengan mudah. Apalagi terdapat fitur kolaborasi, yang memungkinkan pengguna dapat menyatukan ide atau wawasan dalam satu lembar kerja. Dalam hal ini tentu saja akan mempercepat pekerjaan serta meningkatkan kinerja. Artinya pengguna dapat menggunakan waktu kerja secara efisien dan tidak membuang waktu secara percuma.

Lihat Juga : Pengertian Zoom Meeting | Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Visio

Kelebihan Microsoft Visio
Image Source : microsoft.com

Didalam sebuah software, memiliki kelebihan serta kekurangan sangatlah wajar. Mengingat tidak ada software yang sempurna di dunia ini. Dalam hal ini pun dapat pengguna rasakan ketika menggunakan Microsoft Visio. Banyak kelebihan yang ditawarkan Microsoft melalui Visio ini diantaranya adalah mudahnya pengoperasian, serta bermacam template yang menarik. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat di Microsoft Visio. Melihat hal tersebut tentunya dapat pengguna jadikan sebagai bahan pertimbangan, sebelum menggunakan Microsoft Visio.

Kelebihan Microsoft Visio

  1. User Friendly
  2. Buat diagram profesional dengan mudah
  3. Tools yang mudah dipahami
  4. Banyaknya pilihan gambar
  5. Tersedia template menarik
  6. Fitur kolaborasi

Kekurangan Microsoft Visio

  1. Hanya untuk platform Windows. Sama halnya dengan Microsoft Publisher yang hanya bisa digunakan untuk plarform Windows saja. Namun tidak perlu khawatir bagi pengguna Mac, karena Visio Online yang dapat pengguna gunakan untuk membuat diagram di aplikasi browser.
  2. Tidak gratis (berbayar). Untuk menggunakan Microsoft Visio ini, pengguna diharuskan membelinya terlebih dahulu. Dengan harga mulai dari Rp. 78.200 pengguna/bulan untuk Visio Paket 1 hingga Rp. 9.599.000 untuk Visio Professional 2019.

Lihat Juga : Pengertian Google Meet | Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Fitur Microsoft Visio

Fitur Microsoft Visio
Image Source : microsoft.com

Meskipun terbilang mahal harganya, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa Microsoft Visio ini dikenal sebagai salah satu aplikasi pembuat diagram terbaik. Tentu hal ini tidak mengherankan, mengingat Microsoft Visio menghadirkan berbagai fitur-fitur yang menarik. Terlebih pengguna akan diberikan kemudahan dalam membuat berbagai jenis diagram secara profesional. Berikut beberapa fitur yang terdapat dalam Microsoft Visio.

  • AutoConnect. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan shape baru dengan shape yang ada pada halaman gambar secara otomatis.
  • Data Graphic. Fitur yang dapat menvisualisasikan data yang terdapat di dalam shape tertentu.
  • Data Link. Berfungsi untuk memudahkan dalam menghubungkan diagram dengan sumber data, sumber data dengan shape data, serta mengatur hubungan tersebut.
  • Themes. Mengubah tampilan diagram supaya lebih menarik untuk dilihat.
  • Visualizer Data. Ubah data peta proses Microsoft Excel menjadi Diagram Visio.

Lihat Juga : Pengertian Komputer | Sejarah, Fungsi, Komponen

Kesimpulan,

Dari beberapa ulasan informasi mengenai pengertian, fungsi, dan fitur Microsoft Visio. Kesimpulannya bahwa Visio merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat diagram. Disamping itu, tersedianya banyak fasilitas yang terdapat pada Visio untuk memudahkan pengguna dalam membuat diagram yang profesional.

Apakah Microsoft Visio mudah digunakan?

Ya, untuk mengoperasikan Microsoft Visio ini tidak membutuhkan teknik yang tinggi. Artinya pemula dapat menggunakannya dengan mudah.

Apakah Microsoft Visio dapat digunakan di Mac?

Tidak ada versi klien Visio untuk Mac. Namun, sebagai gantinya anda dapat menggunakan Visio online melalui Browser.

Apa definisi Microsoft Visio?

Microsoft Visio adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membuat berbagai jenis diagram dengan mudah dan cepat.

Apakah Microsoft Visio gratis?

Tidak, Anda harus membelinya terlebih dahulu sebelum anda menggunakan Microsoft Visio. Bahkan untuk versi Online melalui Web pun, anda harus berlangganan.

Itulah sekilas informasi yang dapat saya berikan mengenai pengertian Microsoft Visio. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi semuanya. Bagikan artikel ini ke semua sosial media anda supaya lebih berguna. Jika anda memiliki pertanyaan terkait ulasan diatas, silahkan kirim melalui kolom komentar dibawah ini. Terimakasih!!!

CATATAN : Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.