Pengertian Microsoft Word | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Kita tahu bahwasannya Microsoft Word sangatlah berguna untuk berbagai keperluan. Dalam dunia pekerjaan sendiri, program pengolah kata ini biasanya digunakan untuk membuat dokumen digital dengan rapi dan praktis. Begitupun juga dalam dunia pendidikan, layaknya siswa maupun mahasiswa yang sering juga menggunakan program ini untuk keperluan tugas. Namun sebenarnya apasih pengertian dari Microsoft Word ini? lalu apa fungsi dan manfaat utama dari program pengolah kata ini?

Pada dasarnya masyarakat telah mengetahui bahwa terdapat banyak sekali program pengolah kata yang ada di penulusuran google selain Microsoft Word. Jika berbicara mengenai fitur yang disediakan pun saya rasa tidak kalah menariknya dengan produk buatan Microsoft. Entah bagaimana pun, Microsoft Word ini lah yang paling banyak digunakan masyarakat untuk keperluan mereka.

Adapun keunggulan dari Microsoft Word yang tidak dimiliki oleh program pengolah kata lain mungkin dari segi keefektifan. Tidak hanya itu saja, banyak sekali keuntungan lain yang terdapat dalam Microsoft Word. Untuk penjelasan lebih detailnya, dapat anda simak pengertian, sejarah serta fungsi dari Microsoft Word berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Excel | Definisi, Sejarah, Fungsi

Apa itu Microsoft Word?

Apa itu Microsoft Word
Image Source : technology-solved.com
PengembangMicrosoft
Sistem OperasiMicrosoft Windows & Mac OS X
JenisPengolah Kata
Situs Weboffice.microsoft.com/word

Microsoft Office Word atau biasa dibilang dengan sebutan Microsoft Word, merupakan sebuah perangkat lunak pengolah kata yang dikeluarkan oleh Microsoft. Dalam artian mudahnya, adalah sebuah aplikasi pengolah kata yang dapat membantu anda dalam menyelesaikan kegiatan apapun yang berkaitan dengan dokumen, teks dan sejenisnya.

Dan sebagai contohnya saja anda dapat membuat, mengedit, serta memformat sebuah dokumen. Hasil dari dokumen tersebut dapat disimpan dalam bentuk softcopy ataupun hardcopy. Dokumen ini biasanya dapat berupa berbagai hal, seperti surat, brosur, buku, kartu nama, jurnal dan lainnya.

Selain sebagai aplikasi pengolah kata terbaik dan terpopuler, Microsoft Word telah tersedia di berbagai jenis sistem operasi. Mulai dari Microsoft Windows, MacOS, iOS, dan juga Android. Selain itu, pihak Microsoft akan terus mengembangkan program tersebut hingga mencapai titik tujuannya. Untuk saat ini Microsoft sendiri telah menghadirkan versi terbaru dari Microsoft Word, yakni Microsoft Word 2019. Jika melihat perkembangannya tersebut, jelas tidak mengherankan mengapa kebanyakan orang lebih memilih Microsoft Word dibandingkan pengolah kata lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Operasi | Sejarah, Fungsi, Jenis

Sejarah Microsoft Word

Sejarah Microsoft Word
Image Source : bigcountrylearning.com

Pada tahun 1983, Microsoft Office Word atau Microsoft Word pertama kali diterbitkan dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix. Disamping itu versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi. Seperti halnya DOS, Apple Macintosh, SCO UNIX, OS/2 serta Microsoft Windows.

Kebanyakan ide dan konsep program Microsoft Word ini didapat dari Bravos. Yang mana Bravos merupakan sebuah pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox PARC (Palo Alto Research Center). Setelah Charles Simonyi (Pencipta Bravo) berpindah ke Microsoft pada tahun 1981, dengan Richard Brodie dari PARC. Maka dimulailah pengembangan Multi-Tool Word pada tanggal 1 Februari 1983.

Setelah berganti nama baru menjadi Microsoft Word, Microsoft menertbitkan program pengolah kata ini pada tanggal 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Yang mana saat itu dunia pengolah kata masih dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.

Kemudian pada tahun 1985, Word for Macintosh dirilis. Dalam paket program Word for Macintosh tersebut sudah dilengkapi dengan fitur WYSIWYG. Tentunya fitur ini dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring. Dan tidak terduga bahwasannya program ini mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer.

Tahun 1990 – 1995

Dan akhirnya setelah Word for Macintosh diluncurkan, pada rentang tahun 1990 – 1995 ini Word for Windows juga mengikutinya. Untuk versi yang pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989, dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Setelah Microsoft Windows 3.0 dirilis, ditahun berikutnya penjualan dari program ini pun akhirnya meningkat. Mengapa demikian? Karena memang Word for Windows 1.0 ini didesain untuk Windows 3.0. Dan perfomanya sendiri sangatlah buruk apabila dijalankan pada versi sebelumnya.

Lihat Juga : Pengertian Telegram | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Fungsi

Fitur Unggulan Microsoft Word

Fitur Microsoft Word
Image Source : lifewire.com

Terdapat beberapa alasan mengapa banyak masyarakat lebih memilih untuk menggunakan Microsoft Word. Disamping memberikan kemudahan dalam membuat, mengubah, serta mengatur sebuah dokumen. Microsoft Word telah menyediakan beberapa fitur unggulan yang dapat digunakan.

Memang fitur ini akan berbeda pada setiap versi dari Microsoft Word itu sendiri. Namun diantara sekian banyaknya fitur yang disediakan, pada dasarnya memiliki fungsi yang sama disetiap versinya. Misalnya saja seperti fitur AutoCorrect, MailMerge, Macro dan sejenisnya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai beberapa fitur unggulan dari Microsoft Word, dapat anda simak berikut ini.

1. AutoCorrect

Fitur yang berguna untuk memperbaiki kesalahan kata yang tidak disengaja oleh pengguna. Misalnya saja ingin menuliskan kata “happens”, tetapi yang diketik adalah “hapens”. Maka Microsoft Word secara otomatis akan mengoreksi kata tersebut dengan benar.

2. MailMerge

Merupakan sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk menghasilkan beberapa surat, label, amplop, dan sejenisnya dengan menggunakan informasi yang disimpan dalam daftar, database, atau spreadsheet.

3. Macro

Serangkaian perintah dan instruksi yang anda kelompokkan sebagai satu perintah untuk menyelesaikan tugas secara otomatis. Dalam hal ini sangat berguna untuk menghemat waktu dalam tugas yang sering anda kerjakan.

4. Add-ins

Microsoft Word didukung dengan banyak aplikasi lainnya, seperti PDF Reader dan juga Grammarly. Yang memungkinkan anda dapat membuka file dari Microsoft Word di beberapa aplikasi lainnya.

5. Booklet layout

Fitur ini berguna untuk anda yang ingin membuat/mencetak buku dengan menarik. Tentu saja hal ini sangatlah mempermudah dalam mengatur isi dari buku tersebut. Seperti pengaturan halaman, tata letak lipatan dan sejenisnya.

6. WYSIWYG

Arti dari fitur What You See Is What You Get ini adalah memungkinkan apa yang sedang dilakukan pada layar monitor akan terlihat sama persis dengan hasil keluaran saat dokumen dicetak.

Lihat Juga : 4 Cara Mengubah File Word ke PDF

Fungsi Microsoft Word

Fungsi Microsoft Word
Image Source : unsplash.com

Mungkin tidak sedikit orang penasaran mengenai fungsi dari Microsoft Word ini. Memang pada dasarnya fungsi utama dari program ini adalah mengolah kata. Dalam artian, segala sesuatu kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan kata dapat anda kerjakan melalui Microsoft Word. Tentu saja dengan bantuan program ini, anda akan diberikan kemudahan dalam mengerjakan. Dan berikut beberapa fungsi utama dari Microsoft Word;

  • Membuat Dokumen – Dengan program ini anda dapat membuat dokumen dalam bentuk apapun, seperti halnya teks, gambar, grafik ataupun tabel. Dan dokumen ini biasanya berupa surat, laporan, jurnal, buku, serta dokumen teks lainnya.
  • Mengedit Dokumen – Apabila terjadi sebuah kesalahan dalam pengetikan, anda dapat mengubah isi dari dokumen tersebut.
  • Alat Keluaran Dokumen – Hasil akhirnya tentu saja dapat disimpan dalam bentuk softcopy maupun hardcopy.

Lihat Juga : Menyimpan File Word ke PDF dengan Office Word

Manfaat Microsoft Word

Manfaat Microsoft Word
Image Source : cbs19news.com

Selain fungsi utama yang sebagaimana anda ketahui diatas, manfaat lain dari menggunakan Microsoft Word misalnya seperti mudahnya mengolah data, meminimalisir kesalahan penulisan, fleksibel, menghemat waktu dan tenaga, serta meminimalisir penggunaan kertas. Untuk penjelasan lebih detailnya dapat anda lihat berikut ini;

1. Menghemat Waktu & Tenaga

Dengan Microsoft Word, berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dokumen akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Mengingat, hal ini terjadi karena masih banyak masyarakat yang masih menggunakan cara manual. Seperti menuliskan dalam buku catatan dan sejenisnya. Lain halnya dengan Microsoft Word, anda hanya perlu mengetikkan apa yang ingin dicatat kemudian disimpan. Jadi akan lebih efisien dibandingkan dengan cara manual.

2. Mudahnya Mengolah Data

Kita tahu bahwasannya Microsoft telah menarik perhatian masyarakat dalam menggunakan program pengolah katanya. Program ini sangat bermanfaat untuk berbagai aspek bidang kegiatan, mulai dari pekerjaan hingga pendidikan. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam mengolah data yang berkaitan dengan kata-kata dimanapun anda berada. Terlebih lagi, Aplikasi ini tidak hanya digunakan pada PC/Laptop saja. Namun Microsoft Word juga tersedia dalam bentuk Aplikasi Smartphone, seperti Android dan iOS.

3. Meminimalisir Kesalahan Penulisan

Dengan menggunakan Microsoft Word ini anda tidak perlu khawatir lagi dengan kesalahan dalam penulisan kata. Karena jika hal tersebut terjadi, anda hanya perlu menghapusnya kembali. Hal ini tentu berbeda dengan cara manual seperti menulis di media kertas. Yang mana jika terjadi kesalahan ketik akan mengulang dari awal. Terlebih lagi dalam Microsoft Word ini dilengkapi dengan fitur AutoCorrect, yang memungkinkan untuk memperbaiki kesalahan kata secara otomatis.

4. Meminimalisir Penggunaan Kertas

Selain manfaat diatas, yang paling penting dari penggunaan Dokumen secara digital adalah dapat meminimalisir penggunaan kertas. Tentu saja hal ini sangatlah perlu untuk dilakukan, mengingat kondisi lingkungan saat ini menurun dari tahun ke tahun. Alasan lainnya adalah jika anda menggunakan media kertas, tentu akan membuat anda boros kertas jika terjadi kesalahan pengetikan atau sejenisnya.

Lihat Juga : Convert File Word ke PDF dengan Foxit Reader

Kesimpulan,

Meskipun saat ini banyak aplikasi pengolah kata yang bermunculan, Microsoft Word lah yang paling mendominasi di kalangan masyarakat pengguna PC/Laptop. Selain diberikan kemudahan dalam hal mengolah dokumen, terdapat manfaat lain yang mungkin hanya sebagian orang saja mengetahuinya. Misalnya saja dalam hal penghematan kertas, waktu dan sejenisnya.

Bagaimana cara membuka Microsoft Word?

Klik menu Start » pilih All Program » pilih Microsoft Office » kemudian klik Microsoft Office Word.

Apakah saya bisa menggunakan Microsoft Word secara gratis?

Tentu saja bisa. Yakni dengan cara mengakses situs office.live.com secara online, anda dapat menggunakan Microsoft Word secara 100% gratis. Dalam hal ini anda membutuhkan sebuah akun Microsoft untuk Login.

Berapa biaya untuk Microsoft Word?

Paket Microsoft 365 Home tersedia dengan harga Rp. 879.999/bulan atau Rp. 1.199.999/tahun.

Bagaimana cara membuat nomor halaman di Microsoft Word?

Buka Microsoft Word » klik tab Insert » pilih Page Number » tentukan posisi halaman (Ex: Bottom of Page) » klik Plain Number 2. Untuk lebih detailnya dapat anda lihat disini.

Bagaimana menambahkan hyperlink pada teks di Microsoft Word?

Buka Microsoft Word » blok teks yang ingin ditambahkan hyperlink » klik Kanan » pilih Hyperlink » masukkan Alamat URL yang disematkan » klik Ok. Atau jika anda menginginkan cara lain, dapat anda simak ulasannya disini.

Itulah ulasan singkat yang dapat saya berikan mengenai pengertian, sejarah, dan fungsi dari Microsoft Word. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi yang membutuhkan. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai ulasan diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terimakasih !!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.