8 Aplikasi Video Conference Android & iOS Terbaik

Sejak terjadi pandemi Covid-19 pemerintah membuat keputusan untuk membatasi aktivitas luar ruangan, salah satunya adalah program Work From Home atau yang disingkat WFH ini.

Berkat keputusan pemerintah yang mengharuskan rakyatnya bekerja di rumahnya masing-masing, banyak kantor atau perusahaan yang melarang karyawannya datang ke kantor. Meskipun begitu, bisnis harus tetap berjalan. Meeting juga harus tetap terlaksana, bagaimanapun caranya.

Dengan mengandalkan teknologi yang sudah berkembang, anda bisa melakukan kegiatan seperti itu. Bertemu dengan seseorang, bertatap muka, dan mengobrol sudah menjadi hal yang wajar di era ini.

Dengan mengandalkan sistem yang sama, anda juga bisa menggelar meeting tanpa harus berada ditempat yang sama.

Lihat Juga : 13 Aplikasi Presentasi Android Terbaik

Aplikasi Video Conference Android & iOS

Untuk bisa melakukan kegiatan semacam itu, anda memerlukan aplikasi yang mendukung. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi conference yang dapat anda gunakan pada perangkat Android atau iOS yang anda milikiā€¦

1. GoToMeeting

GoToMeeting
image source : google play

Aplikasi yang pertama adalah aplikasi yang cukup banyak digunakan akhir-akhir ini. Aplikasi ini ditawarkan oleh LogMein inc dengan jumlah pengunduhan mencapai 5jt dan rating 4,5 dari 30rb orang.

GoToMeeting adalah salah satu aplikasi video call yang mendukung kegiatan seperti meeting untuk membantu berjalannya bisnis meskipun dalam keadaan pandemi seperti ini. Dengan menggunakan GoToMeeting ini anda bisa berhubungan dengan 24 orang selain dalam satu panggilan.

Dalam panggilan tersebut, anda juga bisa memperlihatkan hasil laporan atau presentasi anda kepada peserta lainnya. Aplikasi yang satu ini memang sangat mendukung penyelenggaraan meeting, jadi anda tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

[Google Play] [App Store]

2. Hangout Meets

Hangout
Sumber Image : Android Community

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Google LLC. Hangout Meets,atau Google Meets ini adalah aplikasi yang memberikan layanan grup call berupa video yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan meeting.

Jika anda tahu Google Duo, maka aplikasi ini adalah Google Duo namun dengan tampungan jumlah peserta yang lebih banyak. Google mengklaim Hangout Meets ini dapat menampung hingga 250 peserta. Aplikasi ini juga diklaim mampu menjaga koneksi agar tetap stabil meskipun memiliki peserta yang banyak.

Salah satu kelebihan Hangout Meets adalah kemampuannya yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi Google lainnya, seperti Google Calendar, Google Sheet, Google Document, dan layanan google lainnya.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Streaming Film Android & iOS Terbaik

3. Skype

Skype
Sumber Image : Play Store

Merupakan aplikasi yang populer pada masanya, dan beberapa orang mengatakan kalau aplikasi ini adalah aplikasi yang mencetus layanan video call conference.

Skype, aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Microsoft ini adalah aplikasi yang multifungsi. Anda dapat menggunakannya untuk menghubungi orang lain dengan pesan suara, pesan teks, ataupun bertatap muka.

Terlebih lagi, Skype ini dapat digunakan diberbagai perangkat. Tidak hanya ponsel, Skype juga bisa digunakan di perangkat komputer bahkan TV sekalipun. Dalam sekali panggilan video, Skype dapat menampung hingga 25 peserta.

Yang spesialnya lagi, dengan menggunakan Skype anda bisa menghubungi orang yang tidak menggunakan Skype. Seperti menghubungi nomor ponsel seseorang atau menghubungi nomor telepon rumah, namun anda akan diberikan biaya tambahan.

[Google Play] [App Store]

4. Zoom Cloud Meet

Zoom Cloud Meet
image source : google play

Aplikasi selanjutnya adalah Zoom Cloud Meet. Aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Zoom.us ini adalah aplikasi lainnya yang dapat anda gunakan untuk mengadakan meeting secara online.

Dengan menggunakan Zoom Cloud Meet ini, anda bisa membuat sebuah room yang bisa dimasuki hingga 100 peserta. Selagi melakukan video call, anda juga bisa melakukan screen sharing, mengakses Google drive, Dropbox, dan cloud lainnya untuk membagikan dokumen atau foto yang anda inginkan.

Selain itu, Zoom Cloud Meet juga dapat melakukan panggilan suara dan pesan teks.

[Google Play] [App Store]

5. Slack

Slack
image source : google play

Sedikit lebih kurang dibanding aplikasi sebelumnya. Slack, aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Slack Technologies Inc ini hanya dapat menampung peserta conference hingga 15 orang saja.

Namun dibalik kekurangan itu, Slack memiliki kelebihan yang jarang dimiliki aplikasi serupa. Fitur berupa pencarian yang dapat melakukan pencarian topik atau pembicaraan yang telah dilakukan sebelumnya.

Selain itu, Slack  juga terintegrasi dengan beberapa cloud dan media sosial seperti Google Drive, DropBox, dan Twitter. Dengan kemampuan ini, anda akan dimudahkan saat melakukan pengiriman file atau saat mengecek proses pekerjaan karyawan anda.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 13 Aplikasi Streaming Musik Android & iOS Terbaik

6. Cisco Webex Meeting

Cisco Webex Meeting
image source : google play

Masih dengan rekomendasi aplikasi untuk conference online, di urutan keenam ini ada aplikasi yang ditawarkan oleh Cisco System inc, dengan jumlah unduhan mencapai 10jt dan rating 4,3 dari 340rb orang.

Cisco Webex Meeting adalah salah satu dari 3 layanan calling Cisco. Aplikasi yang satu ini dikembangkan dengan tujuan untuk membantu orang-orang yang ingin melakukan meeting secara online.

Dengan menggunakan layanan Cisco Webex Meeting in,i anda bisa melakukan panggilan hingga 100 orang dalam satu panggilan. Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi satu ini adalah, screen sharing, dukungan Google dan Microsoft, perekam video, pengunggah dokumen, dan berbagai fitur lainnya.

[Google Play] [App Store]

7. U-Webinar, Meeting & Messenger

U-Webinar Meeting Messenger
image source : google play

Selanjutnya ada aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh CyberLink.com. Seperti namanya, aplikasi yang satu ini memiliki dukungan terhadap berbagai jenis panggilan, mulai dari pesan, suara, sampai video call.

U-Webinar, Meeting & Messenger dapat menampung peserta video call hingga 25 orang. Memiliki tampilan yang sederhana, namun tetap terkesan elegan kesan intuitifnya pun terasa sangat kuat. Bahkan anda yang baru mencobanya pasti akan bisa menggunakannya.

Di sini, anda juga bisa membagikan file saat sedang melakukan meeting. Hal ini akan sangat membantu anda untuk memberikan informasi kepada peserta lainnya.

Yang cukup spesial disini adalah fitur yang membuat anda mampu merekam presentasi yang sedang berlangsung, tidak hanya itu anda juga bisa mengatur perekaman ini dengan fitur pra-rekaman yang tersedia.

[Google Play] [App Store]

8. Jitsi Meet

Jitsi Meet
image source : google play

Aplikasi terakhir direkomendasi kali ini adalah Jitsi Meet. Aplikasi yang dikembangkan dan diterapkan oleh 8×8 inc ini adalah aplikasi lain yang patut anda coba gunakan.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini anda bisa bergabung dengan room yang sudah dibuat, hanya dengan memasukan nama roomnya saja. Aplikasi ini diklaim tidak memiliki batasan terhadap pesertanya, semuanya tergantung pada bandwidth dan daya servernya.

Selain itu, Jitsi Meet juga dapat diakses meskipun tanpa akun. Untuk bergabung dengan suatu room anda tidak memerlukan akun, yang anda perlukan hanyalah nama roomnya, dan kuncinya. Tidak hanya itu, Jitsi Meet juga dapat diakses dengan situs web dan memiliki server yang sama.

Aplikasi ini sangat recommended, terlebih untuk anda yang membutuhkan hanya pada saat quarantine time ini saja.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.