7 Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Google Chrome

Ketika ingin mengakses beragam informasi di internet, maka kita membutuhkan software yang dapat melakukannya. Salah satu…

Ketika ingin mengakses beragam informasi di internet, maka kita membutuhkan software yang dapat melakukannya. Salah satu software yang bisa di gunakan untuk mengakses beragam informasi tersebut adalah browser. Browser dapat juga dikatakan sebagai peramban web merupakan software yang digunakan untuk membuka suatu halaman website berupa teks, foto, video, audio, dan sejenisnya.

Dalam perkembangannya, browser telah terinstall secara default pada perangkat komputer dan mobile seperti Internet Explorer atau yang sekarang berganti ke Microsoft Edge untuk Windows, Safari untuk Mac dan iOS, dan Chrome untuk Android dan juga tersedia untuk Windows, Chrome OS, Linux, dan lainnya. Hingga saat ini, Chrome masih mendominasi sebagai browser dengan pengguna paling banyak di dunia.

Simak informasi dan penjelasan mengenai fungsi dan manfaat Google Chrome berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Edge Beserta Fungsi dan Manfaatnya

Apa itu Google Chrome?

Apa itu Google Chrome
Tampilan Google Chrome. RUDI DIAN ARIFIN

Google Chrome merupakan peramban web/ browser lintas platform yang dikembangkan oleh perusahaan Google Inc. Hingga saat ini, Google Chrome tersedia pada berbagai perangkat dan sistem operasi populer seperti MacOS, Windows, Linux, Android, iOS, dan Chrome OS. Dalam pengembangannya, Google Chrome menggunakan sebagian besar dari source code dari proyek perangkat lunak gratis dan open source Chromium.

Google Chrome memiliki fitur yang cukup lengkap serta hadir dengan antarmuka (interface) yang simple dan minimalis. Data statistik yang ditampilkan oleh StatCounter menunjukkan Google Chrome menjadi peramban web dengan pengguna paling banyak di dunia dengan angka 63.38% (persen).

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Excel beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Fungsi dan Manfaat Google Chrome

Google Chrome berfungsi sebagai media untuk penjelajahan web (browsing) dari berbagai situs web di internet. Google Chrome juga memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi dengan akun Google, melakukan bookmarking, kemudahan untuk mengakses semua produk Google, dan masih banyak lagi.

1. Paling banyak digunakan untuk browsing

Browsing dengan Google Chrome
1. Bilah alamat dan pencarian Google Chrome. RUDI DIAN ARIFIN

Secara umum, Google Chrome banyak digunakan sebagai media browsing/ membuka situs web di internet. Mesin pencari (search engine) yang digunakan Google Chrome secara default adalah Google.com. Namun pengguna dapat mengubahnya menjadi mesin pencari lain seperti Bing, DuckDuckGo, Yandex, dan masih banyak lagi.

Melalui fitur omnibox (bilah alamat dan pencarian), pengguna bisa menuliskan alamat atau melalukan pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) yang di ketik kan. Fitur standar ini tidak hanya tersedia pada Google Chrome, namun juga tersedia pada browser umum lainnya, baik Mozilla Firefox, Microsoft Edge, ataupun Opera.

2. Sinkronisasi dengan Akun Google

Sinkronisasi akun Google Chrome
2. Login akun Google untuk sinkronisasi. RUDI DIAN ARIFIN

Google Chrome juga memungkinkan pengguna untuk sinkronisasi akun melalui fitur Setelan Google Chrome. Tujuan sinkronisasi untuk kemudahan pengguna untuk menyimpan semua bookmark (situs favorit), integrasi dengan pembayaran Google, menyimpan email dan password, serta kemudahan untuk login di berbagai situs yang sering di akses.

Semua data tersebut tersimpan di Cloud Storage Google Drive sehingga lebih aman dan mudah di akses di berbagai perangkat.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Cloud Storage Android & iOS Terbaik

3. Tool untuk pengembangan web

Google Chrome juga menjadi salah satu media yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan suatu web oleh para programmer maupun developer. Selain teks editor, para programmer juga membutuhkan Google Chrome untuk melihat hasil run/ compile code, baik offline ataupun online. Programmer juga biasa menggunakan fitur Inspect Element untuk melihat kode-kode yang ditulisnya.

Lihat Juga : 11 Text Editor Terbaik untuk Programmer

4 Menambahkan ekstensi dari pihak ketiga

Ekstensi Google Chrome
4. Ekstensi Google Chrome (Chrome Web Store). RUDI DIAN ARIFIN

Ekstensi adalah fitur tambahan yang banyak dikembangkan oleh pihak ketiga untuk mendukung kinerja penggunanya. Adanya ekstensi mampu mempermudah aktivitas pengguna yang tidak bisa dilakukan Google Chrome secara default. Contohnya: penggunaan VPN untuk membuka situs terblokir/ situs yang tidak diizinkan, pemblokiran iklan, mempercepat unduhan, berbagi artikel/ link, mengedit dokumen, dan masih banyak lagi.

5. Membuka berbagai format file dokumen

Membuka dokumen dengan Google Chrome
5. Membuka berbagai format file dokumen. RUDI DIAN ARIFIN

Meskipun tidak sepenuhnya berfungsi sebagai program office, namun Google Chrome dapat juga digunakan untuk membuka berbagai format dokumen serta format file lainnya secara offline seperti .pdf, .mp3 (audio), mp4 (video), dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memanfaatkan produk G Suite seperti Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan sejenisnya untuk membuat ataupun mengedit dokumen.

Lihat Juga : 6 Cara Membuka File Pdf, Docx, Excel di WhatsApp

6. Melakukan Inspect Element halaman web

Inspect Element Google Chrome
6. Melakukan Inspect Element pada halaman web RUDI DIAN ARIFIN

Jika dibutuhkan, pengguna juga dapat melakukan Inspect Element untuk melihat kode pemrograman antarmuka yang digunakan oleh suatu website. Kode pemrograman tersebut umumnya HTML, CSS, dan JavaScript. Fitur ini lebih banyak digunakan oleh programmer dan developer dalam mengembangkan suatu web. Jika ingin mencoba, pengguna dapat membuka suatu laman, klik kanan » pilih Inspeksi.

7. Mengunduh beragam file

Pengguna dapat memanfaatkan Google Chrome untuk mengunduh beragam jenis file seperti foto, video, audio, software, dan sejenisnya dari berbagai situs web secara mudah dan cepat.

Lihat Juga : Pengertian Google Meet beserta Fungsi, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Kesimpulan,

Dari semua penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Google Chrome merupakan browser yang dikembangkan oleh perusahaan Google Inc. Google Chrome memudahkan pengguna untuk mengakses dan menemukan informasi di internet, melakukan sinkronisasi, akses cepat ke berbagai produk Google, memasang ekstensi, dan masih banyak lagi.

Apa kegunaan Google Chrome?

Google Chrome berguna untuk browsing/ mengakses berbagai informasi di internet.

Apakah Google Chrome gratis?

Tentu saja, pengguna dapat menggunakan Google Chrome secara gratis.

Itulah penjelasan singkat mengenai fitur, fungsi, dan kegunaan Google Chrome. Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Discussion | 3 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Soeharto berkata:

    Dengan demikian google chrome merupakan apliiasi vital android, benarkah demikian halnya? Terimakasih.

  2. Sermi berkata:

    Terimakasih penjelasannya

  1. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  2. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih
  3. Apa itu Esports?

    Esports merupakan bentuk dari sebuah kompetisi games yang terorganisir.