Pengertian Google Sheets | Fungsi, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Ketika berbicara mengenai lembar kerja Spreadsheet, maka yang paling sering terdengar dan menjadi pilihan utama adalah Microsoft Excel. Program Spreadsheet yang dikembangkan Microsoft memang memiliki kemampuan luar biasa yang sangat membantu menyelesaikan setiap tugas/ pekerjaan yang berhubungan dengan angka, grafik, hingga beragam data secara cepat dan efisien.

Namun tahukan bahwa Google juga mengembangkan program Spreadsheet yang tak kalah canggihnya dengan Microsoft. Program tersebut bernama Google Sheets yang diperkenalkan Google sejak 14 tahun yang lalu. Berbeda dengan Microsoft Excel yang digunakan secara offline, Google Sheets digunakan secara online dengan memanfaatkan penyimpanan Cloud Storage Google Drive. Ingin tahu lebih jauh mengenai Google Sheets, simak pengertian dan penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Pinterest | Definisi, Sejarah, Fitur, Kelebihan

Pengertian Google Sheets Adalah

Pengertian Google Sheets Adalah
PengembangGoogle LLC
Rilis awal9 Maret 2006
Bahasa pemrogramanJavascript
Sistem OperasiAndroid, iOS, Chrome OS, Web App
JenisPerangkat lunak kolaboratif
Program Spreadsheet
Situs webgoogle.com/sheets/about/

Google Sheets merupakan program spreadsheet berbasis web (bagian dari G Suite) yang dimiliki oleh Google. Program ini mulai dikembangkan pada 9 Maret 2006 menggunakan bahasa pemrograman JavaScript oleh Google Labs Spreadsheets. Sebelumnya, Google Sheets berasal dari XL2Web yang dikembangkan oleh 2Web Technologies yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2006.

Google Sheets dan semua jenis program G Suite lainnya (Google Docs, Google Slides, Google Forms) juga dapat diakses melalui beragam browser seperti Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Apple Safari, dan lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses Google Sheets dari beragam perangkat seperti aplikasi mobile Android, iOS, dan desktop di Chrome OS. Selain integrasi dengan Google Drive, Google Sheets juga dapat di akses melalui Dropbox (Third-party).

Pada tahun 2010, Google juga mengakuisisi beberapa program kolaboratif  sehingga dapat saling terintegrasi pada semua pemegang akun Google. Dengan itu, Google Sheets menjadi sebuah program yang terintegrasi satu dengan yang lain dan dapat digunakan untuk berkolaborasi dalam mengerjakan project/ tugas. Pengguna juga dimudahkan dalam membuka dokumen meskipun menggunakan program spreadsheet yang berbeda. Ketika bekerja menggunakan Google Sheets, pengguna dapat mengunduh format file yang support dengan Microsoft Excel.

Lihat Juga : Pengertian LinkedIn | Fitur, Fungsi, Manfaat

Fungsi dan Manfaat Google Sheets

Fitur Utama Google Sheets
Sumber Gambar : Itechguides.com

1. Digunakan untuk mengolah data

Google Sheets memiliki fungsi sama dengan Microsoft Excel yang mana dapat digunakan untuk mengolah data, mengurutkan data, serta memanipulasi data dalam bentuk tabel. Dalam perusahaan, Google Sheets dapat digunakan untuk mengolah data seperti laporan penjualan, laporan keuangan, laporan piutang, dan sejenisnya. Meskipun sebagian telah tergantikan dengan program, namun program spreadsheet seperti Google Sheets masih tetap menjadi pilihan.

Perbedaan mendasar antara Google Sheets dan Microsoft Excel hanya pada basis penyimpanan yang digunakan. Google Sheets lebih fokus pada integrasi penyimpanan online (Cloud Storage), sedangkan Microsoft Excel lebih banyak digunakan secara offline (meskipun saat ini juga tersedia Cloud Storage dari OneDrive).

2. Melakukan perhitungan angka/ kalkulasi matematis

Selain mengolah data, Google Sheets juga dapat digunakan untuk melakukan perhitungan matematis seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, rata-rata, dan lain sebagainya. Dalam membuat laporan keuangan, tentunya perhitungan semacam itu sangat penting. Untuk itu, pengguna juga perlu memahami rumus perhitungan Google Sheets untuk menghitung angka berdasarkan kolom dan baris. Daftar fungsi Google Sheets dapat pengguna akses di sini.

3. Membuat Grafik dan Diagram

Manfaat lain dari Google Sheets adalah pengguna dapat membuat grafik ataupun diagram dari data yang telah dibuat. Fungsi ini akan sangat berguna ketika melakukan analisis pada harga dan keuntungan suatu perusahaan selama beberapa periode. Atau bisa juga digunakan untuk penelitian pada berbagai bidang pendidikan sehingga dapat diambil suatu kesimpulan.

Lihat Juga : Pengertian Google Meet | Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Fitur utama Google Sheets

Apa itu Google Spreadsheet
Tampilan antarmuka Google Sheets. RUDI DIAN ARIFIN

Google Sheets menghadirkan beragam fitur yang tentunya sangat membantu pengguna dalam membuat dokumen spreadsheet seperti kolaborasi, revisi, penyimpanan real-time berbasis Cloud, dan lain sebagainya. Simak beberapa fitur unggulan Google Sheets berikut ini.

  1. Kolaborasi bersama tim/ pengguna lain. Google Sheets memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi bersama pengguna lain. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan email atau anggota melalui fitur Bagikan yang ada di bagian pojok kanan atas.
  2. Terdapat riwayat revisi. Pengguna dapat melihat revisi setiap penambahan maupun pengurangan dari dokumen yang dibuat. Jika pengguna menambahkan tim, maka pengguna dapat melihat siapa Author yang menambahkan atau mengedit data.
  3. Melakukan editing secara real-time. Google Sheets merupakan program spreadsheet yang berbasis Cloud sehingga setiap perubahan dilakukan secara real-time tanpa harus penyimpan dokumen secara manual (Save atau CTRL + S).
  4. Integrasi dengan Google Forms. Jika pengguna ingin membuat survei melalui Google Forms, maka hasilnya secara otomatis tersimpan dalam format .xls (Google Sheets).
  5. dll…

Lihat Juga : Pengertian Adobe Acrobat Reader | Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan

Kelebihan dan Kekurangan Google Sheets

Kelebihan dan Kekurangan Google Sheets
Sumber Gambar : Freepik.com

Meskipun memiliki fitur yang cukup beragam, Google Sheets masih kalah dengan Microsoft Excel dengan fitur-fiturnya yang lebih profesional. Berikut kelebihan dan kekurangan Google Sheets yang perlu diketahui.

Kelebihan Google Sheets

  • Gratis. Pengguna dapat menggunakan Google Sheets secara gratis dan tanpa perlu melakukan instalasi dengan akses melalui halaman Google Sheets menggunakan akun Gmail.
  • Akses dari mana pun dan kapan pun. Karena berbasis Cloud, maka pengguna dapat membuat, membuka, serta mengedit dokumen dari mana pun dan kapan pun (asalkan perangkat terhubung internet).
  • Kapasitas penyimpanan cukup besar. Dengan kapasitas Google Drive sebesar 15 GB tentunya sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk penyimpan dokumen-dokumen G Suite.
  • Memiliki tingkat keamanan yang baik. Google menjamin keamanan pada setiap dokumen yang telah dibuat, sehingga tanpa persetujuan akses dari pengguna maka dokumen tidak dapat diakses oleh pengguna lain.
  • Support pada beragam browser. Pengguna bisa menggunakan Google Sheets pada beragam browser populer seperti Internet Explorer, Google Chrome, Apple Safari, dan lainnya. Pengguna bisa menggunakan Google Sheets melalui perangkat Android dan iOS.

Kekurangan Google Sheets

  • Kurangnya fitur profesional. Untuk fitur standar, Google Sheets memang sudah lebih dari cukup. Tetapi untuk fitur yang lebih profesional Microsoft Excel masih menjadi yang terbaik.
  • Belum tersedia versi desktop. Sayangnya, Google Sheets belum tersedia untuk perangkat desktop seperti Windows, Mac, ataupun Linux. Hanya tersedia dalam versi web, Android, iOS, dan Chrome OS.

Lihat Juga : Pengertian Blender | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Kesimpulan,

Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Google Sheets merupakan program spreadsheet yang memungkinkan pengguna untuk membuat, menambahkan, serta memanipulasi dokumen dalam bentuk tabel secara online. Pengguna dapat menggunakan Google Sheets secara gratis dari mana pun dan kapan pun. Layanan Google Sheets juga tergabung dalam Google Workspace dengan penyimpanan Cloud Google Drive.

Apakah Google Sheets gratis?

Tentu saja, Anda bisa menggunakan Google Sheets secara gratis.

Apakah Google Sheets support format Microsoft Excel?

Tentu saja, dokumen Google Sheets support dengan Microsoft Excel dan sebaliknya dokumen Microsoft Excel juga support dengan Google Sheets.

Apa perbedaan Microsoft Excel dengan Google Sheets?

Perbedaan mendasar dari keduanya adalah Microsoft Excel lebih difokuskan pada pengguna offline, sedangkan Google Sheets lebih fokus pada penggunaan online dengan integrasi Google Drive.

Itulah penjelasan singkat dari saya mengenai Google Sheets beserta fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Bagikan juga artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!

Catatan: Informasi di atas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. NASRIP MUHAMMAD berkata:

    Terima kasih informasi sudah banyak membantu semoga manfaat dan barokah.