10 Cara Masuk ke Google Com SG (Singapura), Aman 100%!

Google sg atau Google com sg adalah Google Singapura yang bisa Anda akses secara mudah!

Sebagai pengguna internet, kita semua pasti tahu bahwa Google adalah sebuah mesin pencari terbaik yang memungkinkan kita mencari apa pun di internet dengan mudah, cepat, dan instan. Pengguna dapat mencari apa pun di internet dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian, lalu Google akan menyaring jutaan kueri dan menampilkan sejumlah kueri yang paling relevan. Kueri yang ditampilkan biasanya juga disesuaikan dengan lokasi negara dan wilayah pengguna.

Google pun juga berusaha untuk mengikuti aturan dari masing-masing negara. Apabila suatu negara ingin membatasi sejumlah konten yang bermuatan negatif, maka Google pun harus mengikuti dan tidak menampilkan konten tersebut di mesin pencari. Karena kita hidup di Indonesia dengan aturan berinternet yang cukup ketat, sejumlah kueri yang bermuatan negatif, yang dirasa kurang pas untuk masyarakat Indonesia tentunya juga tidak ditampilkan.

Karena pembatasan kueri tersebut, sebagian warganet Indonesia lebih memilih untuk mengakses Google com sg dalam mencari kata kunci yang diinginkan. Google sg adalah alamat domain Google yang dikhususkan untuk warga negara Singapura. Namun akses domain tidak terbatas untuk warganet Singapura, warganet Indonesia dan warganet negara lain juga boleh mengakses domain Google sg. Alasan mengapa warganet Indonesia lebih suka mengakses Google com sg karena cenderung lebih bebas dan tidak terlalu membatasi kata kunci.

Lihat Juga : 10 Cara Membuat, Merekam, Download Suara Google Translate

Cara masuk Google Com SG dengan cepat

Sebagian warganet Indonesia yang ingin mengakses Google com sg rata-rata ingin menonton video maupun film, yang tidak bisa di akses lewat Google.co.id maupun Google.com karena pembatasan kueri. Bagi Anda yang ingin mengakses Google com sg dengan cepat dan aman, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan. Simak beberapa caranya berikut ini!

1. Atur melalui menu Pengaturan

Cara pertama, Anda bisa atur Setelan Penelusuran akun Google Anda ke wilayah atau region Singapura. Dengan mengubah Setelan Penelusuran, Anda tidak perlu repot untuk mengunjungi Google com sg setiap kali ingin mencari kata kunci tertentu. Cara ini dapat Anda lakukan pada perangkat Android, komputer, iPhone, dan iPad. Simak kedua caranya di bawah ini.

PC, Laptop

STEP 1 : Langkah pertama, silakan buka Google Chrome di PC atau laptop Anda. Klik link berikut: Setelan penelusuran untuk membuka setelan penelusuran akun Google Anda.

1 Buka Setelan Penelusuran Google
1. Buka Setelan penelusuran di komputer Anda. RUDI DIAN ARIFIN

STEP 2 : Selanjutnya gulir ke bawah, kemudian ganti Region Settings yang sebelumnya Indonesia menjadi Singapore. Klik “Save” untuk menyimpan.

  • Anda telah berhasil mengganti region penelusuran ke Google com sg.
  • Coba tambahkan tab baru dan ketikan kata kunci apa pun, secara otomatis Anda sudah langsung menggunakan Google com sg.
  • Selesai.
2 Ganti Region Settings Akun Google
2. Ubah Region Settings ke Singapore. RUDI DIAN ARIFIN

Android, iOS (iPhone)

Ubah Setelan Hasil Penelusuran Android
Ubah setelan hasil penelusuran. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka Google Chrome di HP atau tablet Anda.
  2. Di kiri atas, ketuk Menu dengan ikon tiga garis » Setelan.
  3. Gulir ke bawah, lalu ubah bagian Wilayah untuk Hasil Penelusuran yang sebelumnya Indonesia ganti menjadi Singapura.
  4. Jika sudah, klik “Simpan”.
  5. Selesai.

Jika Anda sudah menyimpan setelan baru dengan akun Google Anda, setelan tersebut akan tetap sama di setiap browser yang Anda gunakan untuk login, baik pada perangkat PC, laptop, maupun HP.

2. Ubah Setelan Homepage

Cara kedua, Anda bisa akses Google com sg dengan mengubah Homepage browser Anda ke domain Google.com.sg. Jika Anda tidak mau setelan default wilayah di ubah ke negara Singapura seperti yang telah kami jelaskan metode pertama, opsi ini mungkin bisa Anda jadikan pilihan. Jadi, dengan mengubah alamat Homepage ke domain Google.com.sg, maka Anda bisa akses Homepage jika memang diperlukan. Cara ini bisa Anda lakukan pada perangkat Android, komputer, iPhone, dan iPad.

PC, Laptop

STEP 1 : Pertama, silakan buka menu Settings di Google Chrome PC atau laptop Anda. Klik ikon Menu ikon tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas, lalu pilih Settings.

1 Buka menu Settings Google Chrome
1. Buka menu Settings. RUDI DIAN ARIFIN

STEP 2 : Setelah masuk menu Settings, pilih Appearance. Aktifkan tombol Home dengan klik toggle Show home button. Kemudian isi kolom URL dengan link berikut: https://google.com.sg/

2 Tambahkan tombol Homepage Google Chrome
2. Masukkan URL Google com sg. RUDI DIAN ARIFIN

Android, iOS (iPhone)

Tambahkan tombol Beranda Android
Tambahkan URL Google com sg pada tombol Homepage. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka Google Chrome di HP atau tablet Anda.
  2. Klik menu ikon tiga titik yang ada di bagian atas » pilih Setelan.
  3. Gulir ke bawah, pilih Beranda atau Homepage.
  4. Jika fitur tersebut belum aktif, maka Anda bisa aktifkan terlebih dahulu.
  5. Setelah itu, isi kolom URL dengan link berikut: https://google.com.sg/
  6. Selesai.

3. Gunakan kata kunci di Google

Gunakan kata kunci Google sg
3. Akses Google sg dengan mengetikan kata kunci. RUDI DIAN ARIFIN

Selain mengubah setelan wilayah ataupun setelan Homepage, Anda juga dapat mengakses Google com sg secara mudah, dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian. Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot mengubah setelan preferensi akun Google Anda. Simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, silakan buka aplikasi browser dan akses halaman pencarian Google di PC, laptop, atau HP Anda.
  2. Pada kolom pencarian Google, silakan ketik “Google sg”, “Google com sg” atau “Google Singapore”.
  3. Kemudian Google akan menampilkan sejumlah kueri yang paling relevan, dan tentunya domain Google.com.sg berada di urutan paling atas.
  4. Untuk masuk ke Google sg, Anda bisa klik domain tersebut, lalu Anda akan dialihkan ke mesin pencari Google untuk region Singapura.
  5. Sekarang, Anda bisa mengetikan kata kunci, domain, maupun URL apa pun di domain Google com sg. Secara cepat, Google com sg akan menampilkan kueri yang paling relevan tanpa dibatasi aturan.
  6. Selesai.

Tidak hanya pada kolom pencarian Google, Anda juga dapat mengetikan kata kunci “Google sg” pada mesin pencari lain seperti Bing, Yandex, DuckDuckGo, Baidu, maupun mesin pencari lain.

4. Langsung masuk situs Google Com SG

Masukan URL Google com sg
4. Buka situs Google sg dengan mengakses link. RUDI DIAN ARIFIN

Cara selanjutnya, Anda juga bisa langsung masuk ke situs Google sg dengan mengakses URL Google sg. Dengan cara ini, Anda bahkan tidak perlu repot mengetikan kata kunci apa pun di kolom pencarian. Anda cukup klik dan Anda akan dialihkan langsung ke halaman pencarian Google sg. Simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, pastikan Anda sudah membuka aplikasi browser di PC, Laptop, atau HP Anda.
  2. Untuk masuk situs Google sg, langsung saja klik link berikut: https://www.google.com.sg atau bisa juga dengan mengetikannya di kolom pencarian, kemudian tekan Enter.
  3. Sekarang, Anda telah masuk ke Google com sg. Anda bisa mengetikan kata kunci apa pun di kolom pencarian Google Singapura.
  4. Selesai.

5. Gunakan VPN

Gunakan VPN
5. Akses Google sg dengan VPN | unsplash.com

Virtual Private Network atau VPN merupakan perangkat lunak yang berfungsi dalam menyembunyikan identitas alamat IP pengguna melalui enkripsi pada lalu lintas penjelajahan internet. Umumnya, teknologi VPN digunakan untuk mengakses situs-situs luar negeri dan situs-situs yang diblokir pemerintah secara lebih cepat dan aman. Para penyedia VPN biasanya juga menawarkan ratusan bahkan ribuan server yang tersebar di berbagai negara demi menjamin koneksi VPN yang stabil dan aman.

Anda juga dapat menggunakan VPN untuk mengakses Google sg secara cepat dan aman. Untuk mendapatkan koneksi VPN yang cepat, pastikan aplikasi VPN yang Anda pilih menyediakan server IP negara Singapura. Dengan begitu, Anda bisa akses Google sg secara lebih optimal. Untuk menggunakan aplikasi VPN juga cukup mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Cari aplikasi VPN terbaik yang ingin Anda install di perangkat PC, laptop, atau HP Anda.
  2. Jika Anda ingin mencari aplikasi VPN yang gratis, Anda bisa browsing dengan mengetikan kata kunci “aplikasi VPN gratis” atau “Free VPN Singapore”.
  3. Unduh dan install aplikasi VPN pilihan Anda.
  4. Buka aplikasi VPN yang sudah Anda install tersebut, kemudian coba pilih dan sambungkan ke server IP Singapura.
  5. Jika terhubung, maka Anda bisa langsung mengakses Google sg dengan koneksi VPN tersebut.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 15 Aplikasi VPN PC & Mac Terbaik

6. Ganti DNS Public di PC, HP Anda

DNS adalah singkatan dari Domain Name System merupakan sebuah server yang berfungsi dalam menerjemahkan domain situs web ke IP address dan sebaliknya. Jadi, dengan adanya DNS, pengguna tidak harus tahu alamat IP server dari situs web, cukup dengan mengetikan nama domain, maka website sudah dapat di akses. Secara default, perangkat PC ataupun HP Anda menggunakan DNS ISP (Internet Service Provider atau penyedia internet yang Anda gunakan.

Namun terkadang, DNS ISP masih kurang optimal atau slow responding. Sehingga website yang ingin di akses terasa lambat, bahkan beberapa situs web tidak bisa diakses sama sekali. Apalagi untuk situs web luar negeri, biasanya juga banyak yang diblokir oleh ISP, sehingga Anda pun tidak dapat mengaksesnya. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan DNS alternatif, seperti DNS Google, OpenDNS, atau CloudFlare.

Alternatif DNS yang bisa Anda gunakan

Berikut beberapa penyedia DNS alternatif yang bisa Anda gunakan;

Google

  • Primary – 8.8.8.8
  • Secondary – 8.8.4.4

OpenDNS

  • Primary – 208.67.222.222
  • Secondary – 208.67.220.220

CloudFlare

  • Primary – 1.1.1.1
  • Secondary – 1.0.0.1

Untuk setting-nya, Anda bisa simak panduan singkatnya di bawah ini.

PC, Laptop

STEP 1 : Pertama, klik ikon WiFi di taskbar PC / laptop Windows Anda. Kemudian klik kanan pada jaringan yang terhubung di laptop Anda, lalu klik Properties.

1 Klik Properties pada jaringan WiFi
1. Pilih Properties pada jaringan yang terhubung. RUDI DIAN ARIFIN

STEP 2 : Setelah masuk di halaman Properties jaringan, klik “Edit” di bagian DNS server assignment.

2 Klik Edit DNS server assignment
2. Klik Edit di bagian DNS server assignment. RUDI DIAN ARIFIN

STEP 3 : Ganti setelan Edit network DNS settings yang sebelumnya Automatic (DHCP) menjadi Manual. Setelah itu, aktifkan IPv4 lalu masukkan DNS alternatif di bagian Preferred DNS dan Alternatif DNS berikut ini:

  • Preferred DNS – 8.8.8.8
  • Alternatif DNS – 8.8.4.4
  • Klik Save untuk menyimpan.
3 Tambahkan DNS Alternatif
3. Masukkan DNS. RUDI DIAN ARIFIN

Android, iOS (iPhone)

Ubah Setelan DNS Android
Ganti DNS di HP Android Anda. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka Google Chrome di HP atau tablet Anda.
  2. Klik menu ikon tiga titik yang ada di bagian atas » pilih Setelan.
  3. Gulir ke bawah, pilih Privasi dan keamanan » Gunakan DNS aman.
  4. Ganti DNS yang sebelumnya dari penyedia layanan ke penyedia lain » sesuaikan dengan memilih Google (Public DNS).
  5. Selesai.

Setelah mengganti alamat DNS pada perangkat PC maupun ponsel, Anda sekarang bisa browsing secara lebih cepat, stabil, dan mudah. Apa pun kata kunci yang Anda ketik di Google biasanya akan muncul dan tidak ada pembatasan apa pun serta dapat membuka situs-situs yang diblokir oleh ISP.

Lihat Juga : 120 Wallpaper Anime Keren, Aesthetic, Lucu, Sedih, Kawai

Penutup,

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk masuk ke Google sg. Silakan pilih cara yang menurut Anda mudah dan maksimal dalam mengakses Google sg. Untuk mendapatkan akses yang sepenuhnya cepat, aman, dan bebas tanpa pembatasan apa pun, maka menggunakan VPN adalah pilihan terbaik. Namun perlu diperhatikan bahwa VPN terbaik rata-rata adalah VPN premium atau berbayar. Jadi, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan akses yang aman dan tak terbatas.

Apa kelebihan Google SG (Singapura) yang tidak dimiliki Google ID (Indonesia)?

Google SG menawarkan kebebasan dalam mengakses konten maupun kueri yang tidak dimiliki oleh Google ID.

Bagaimana cara membuka situs yang diblokir?

Anda dapat membuka situs yang diblokir dengan menggunakan VPN, DNS alternatif, dan juga Proxy.

Apakah Google com sg diblokir pemerintah Indonesia?

Tidak, Google com sg adalah salah satu layanan Google untuk region Singapura yang legal, aman, dan tidak diblokir pemerintah Indonesia.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 5 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Hariyanto berkata:

    Oke, nice gan!

  2. Mulyo berkata:

    Pakai DNS Google juga aman buat akses yang itu

  3. Hana berkata:

    Lebih aman pakai VPN

  4. Heri berkata:

    Mantap, thanks gan!

  5. Agus berkata:

    Artikelnya jelas dan detail, saya bisa masuk Google sg dengan cepat tanpa harus repot ngetik di Google.

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!