10 Fungsi dan Manfaat Pembaruan Perangkat Lunak Android

Seberapa penting melakukan pembaruan perangkat lunak Android? Simak pembahasannya pada artikel berikut ini

Produsen perangkat Android seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, VIVO, dan lainnya secara berkala mengirimkan pembaruan perangkat lunak. Ini biasanya dilakukan beberapa kali dalam setahun untuk beberapa tipe perangkat yang masih layak menerima pembaruan. Perangkat yang tidak lagi menerima pembaruan biasanya perangkat tipe lama (yang sudah berumur 3-4 tahunan). Bagi perangkat yang masih menerima pembaruan, pengguna sangat disarankan untuk melakukan pembaruan. Namun sayangnya, banyak pengguna yang abai dengan pembaruan perangkat lunak.

Alasannya sangat beragam, mungkin karena kuota internet yang tidak cukup, penyimpanan ponsel hampir penuh, file pembaruan yang terlalu besar, takut akan munculnya bugs setelah pembaruan, tidak berada pada area WiFi, dan beragam alasan lainnya. Sebelum memilih memperbarui perangkat lunak, Anda mungkin perlu memahami apa itu pembaruan perangkat lunak? Apa manfaat pembaruan perangkat lunak? Dan seberapa perlu memperbarui perangkat lunak? Untuk memahaminya, simak pembahasannya berikut ini.

Lihat Juga : Apa itu cache?

Apa itu pembaruan perangkat lunak?

Apa itu pembaruan perangkat lunak
Sumber Gambar : NextPit

Pembaruan perangkat lunak (software update) adalah sebuah fitur yang memungkinkan perangkat untuk memperbarui perangkat lunak sistem dan aplikasi bawaan ke versi terbaru. Tidak hanya pada perangkat Android, pembaruan perangkat lunak juga tersedia pada perangkat desktop, seperti: Windows, Mac, dan Linux, serta iOS seperti: iPhone dan iPad. Umumnya perangkat desktop lebih sering mendapatkan pembaruan perangkat lunak untuk perbaikan bugs dan peningkatan performa ketimbang perangkat mobile.

Pada perangkat mobile sendiri, seperti Android dan iOS biasanya hanya mendapatkan pembaruan perangkat lunak beberapa kali dalam setahun. Ini pun akan dipilih berdasarkan tipe perangkat yang layak mendapatkan pembaruan. Rata-rata perangkat Android mendapatkan pembaruan perangkat lunak selama 2 tahun (ini termasuk upgrade OS Android versi terbaru). Selanjutnya, perangkat akan sangat jarang mendapatkan pembaruan. Sekalipun pembaruan hanya untuk perbaikan bugs dan peningkatan performa, tidak lagi mendapatkan upgrade sistem operasi Android terbaru.

Apa perbedaan update dan upgrade? Sebagian pengguna mungkin masih ada yang belum memahami perbedaan antara update dan upgrade. Jadi, update adalah pembaruan sistem dan aplikasi Android dalam tingkat yang tidak terlalu tinggi. Misalnya seperti update sistem Android dari versi Android 6.0 ke Android 6.1 yang sama-sama masih Marshmallow. Sedangkan upgrade adalah peningkatan sistem Android ke level yang lebih tinggi dan paling baru. Seperti misalnya upgrade Android 6.0 Marshmallow ke Android 7.0 Nougat.

  • Update → Berarti memperbarui
  • Upgrade → Berarti menaikkan

Untuk lebih jelas mengenai perbedaan dari kedua istilah tersebut, Anda bisa simak pembahasannya pada artikel berikut. Jika Anda ingin mengetahui fungsi dan manfaat pembaruan perangkat lunak, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Lihat Juga : Apa itu IMEI?

Fungsi dan manfaat pembaruan perangkat lunak Android

Manfaat update Android
Sumber Gambar : wired.com

Ada banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan ketika memperbarui perangkat lunak Android, di antaranya: mengoptimalkan kinerja perangkat, meningkatkan stabilitas sistem, kompabilitas dengan aplikasi pihak ketiga, memperpanjang masa pakai baterai, dan masih banyak lagi. Selengkapnya, Anda bisa simak beberapa poin fungsi dan manfaat pembaruan perangkat lunak Android berikut ini.

1. Kompabilitas dengan aplikasi pihak ketiga

Sebagai pengguna perangkat Android, tentunya kita menyadari bahwa game dan aplikasi pihak ketiga saat ini semakin banyak dan beragam. Nah, dalam menjalankan aplikasi pihak ketiga, setiap aplikasi biasanya memiliki ketentuan “versi sistem operasi minimal” agar aplikasi dapat berjalan stabil dan optimal. Seperti misalnya, ada aplikasi yang hanya dapat dijalankan pada versi Android Marshmallow 6.0 atau yang lebih baru, sementara perangkat Anda masih menggunakan Android Lollipop 5.0. Ini artinya aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan perangkat Anda.

Banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa pembaruan perangkat lunak pada sistem operasi akan meningkatkan kompabilitas dengan aplikasi pihak ketiga. Pembaruan perangkat lunak dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Anda tetap bisa menggunakan aplikasi ketika Anda memperbarui OS Android pada tingkat yang lebih tinggi. Ini juga mengacu pada perubahan kode dan Level API yang dikembangkan Google. Jadi, produsen perangkat Android akan terus mengikuti perkembangan dan perubahan dari sistem Android dari waktu ke waktu.

2. Meningkatkan kinerja sistem

Pembaruan perangkat lunak tentu saja juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja sistem dan aplikasi supaya lebih cepat dan lebih optimal ketimbang sebelumnya. Pengembang berusaha keras agar sistem dan aplikasi bawaan dapat bekerja lebih ringan, seperti: waktu boot lebih cepat, cache, kesehatan perangkat, penggunaan memori perangkat, hemat daya, efisien, dan lain sebagainya. Optimalisasi ini terus berkembang tidak hanya dari perangkat lunak saja tetapi juga dari perangkat keras seperti memori dan chipset yang semakin canggih.

3. Meningkatkan stabilitas sistem

Selain kinerja sistem yang lebih cepat, stabilitas sistem juga ditingkatkan agar perangkat menjadi lebih responsif dan tidak mengalami “lag” ketika digunakan. Ini juga berkaitan dengan perbaikan bugs pada versi sebelum update. Stabilitas sistem yang ditingkatkan akan membuat pengguna lebih nyaman dan optimal ketika menggunakan perangkat, tidak lagi merasakan macet atau hang saat melakukan aktivitas multitasking.

4.  Memperbaiki bugs pada sistem dan aplikasi

Perbaikan bugs OS Android
4. Perbaikan bugs pada sistem dan aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN

Selanjutnya, pembaruan perangkat lunak lebih sering membawa sejumlah perbaikan bugs pada sistem dan aplikasi bawaan yang bermasalah. Dalam catatan pembaruan (update log), Anda bisa membaca beberapa poin-poin pembaruan seperti: perbaikan bugs, peningkatan kestabilan sistem, peningkatan keamanan, dan lain sebagainya. Pengembang akan terus melakukan perbaikan atas temuan dan keluhan para pengguna mengenai aplikasi yang bermasalah, seperti: kamera yang tidak berfungsi dengan normal atau beberapa fitur yang “ngelag” saat dijalankan.

5. Mendapatkan fitur-fitur baru

Dalam kondisi tertentu, terkadang pembaruan perangkat lunak juga membawa sejumlah fitur baru yang tidak tersedia pada versi sebelumnya. Fitur baru ini biasanya akan didapatkan ketika pengguna melakukan upgrade OS Android ke versi yang lebih tinggi, misalnya dari Android 11 ke Android 12. Contohnya pada Android 12 di mana versi ini membawa sejumlah fitur yang tidak tersedia pada Android 11, seperti: Remote control yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol TV melalui perangkat Android, Privacy Dashboard yang memungkinkan pengguna untuk melihat berapa banyak aplikasi yang mengakses lokasi, kamera, hingga mikrofon selama 24 jam, dan beberapa fitur menarik lainnya.

6. Perubahan antarmuka yang lebih baik

Perubahan antarmuka biasanya juga terlihat ketika memilih melakukan pembaruan perangkat lunak. Hal ini biasanya lebih sering terjadi ketika melakukan upgrade OS Android ke versi yang lebih tinggi, misalnya dari Android 11 ke Android 12. Akhir tahun 2021 Android 12 rilis dengan perubahan desain baru yang lebih minimalis dengan pilihan warna yang lebih bervariasi, Google menyebut desain baru Android 12 sebagai “Material You”. Pengguna juga dapat melihat perubahan lain pada bagian bilah notifikasi di mana deretan menu berbentuk kotak dengan warna solid. Perubahan ini tentu dapat disesuaikan tergantung dengan tema yang diterapkan pengguna.

Lihat Juga : Apa itu recovery mode?

Penutup,

Dari semua fungsi dan manfaat pembaruan perangkat lunak yang kami paparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembaruan perangkat lunak, baik update maupun upgrade sangat penting untuk Anda lakukan. Ada banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan ketika melakukan pembaruan perangkat lunak, seperti: kompabilitas aplikasi pihak ketiga, kinerja sistem yang ditingkatkan, stabilitas sistem yang lebih baik, perbaikan bugs, penambahan fitur-fitur baru, perubahan antarmuka, dan masih banyak lagi. Jadi, apabila perangkat Anda tersedia versi terbaru perangkat lunak, jangan ragu untuk melakukan pembaruan.

Bagikan pengalaman menarik Anda mengenai pembaruan perangkat lunak pada perangkat Android Anda melalui kolom komentar di bawah ini. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Mengapa setelah melakukan pembaruan, HP sering lag dan macet?

Meski berguna dan bermanfaat, terkadang ada juga sebagian pengguna yang justru mengalami masalah setelah melakukan pembaruan. Ini mungkin terjadi karena bugs pada sistem. Jadi, solusinya Anda bisa melakukan rollback sistem di pembaruan perangkat (tidak semua perangkat Android memiliki fitur ini) atau melakukan flashing ulang perangkat Android Anda.

Perlukan pembaruan perangkat lunak ini dilakukan?

Pembaruan perangkat lunak menurut hemat kami sangat perlu, mengingat ada banyak sekali manfaat yang Anda peroleh ketika melakukan pembaruan perangkat lunak. Anda bisa memilih waktu yang tepat untuk melakukan pembaruan, misalnya saat ponsel tidak digunakan untuk aktivitas atau saat Anda berada dalam area WiFi sehingga lebih hemat data internet Anda.

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pembaruan perangkat lunak?

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan pembaruan perangkat lunak di antaranya yaitu: koneksi internet yang cepat dan stabil (lebih disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi), pastikan baterai cukup untuk melakukan pembaruan, lakukan backup data untuk jaga-jaga, jangan root perangkat, dan jarang operasikan atau matikan perangkat selama proses pembaruan.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…