Apa itu Thumbnail?

Thumbnail merupakan representasi gambar dengan ukuran yang lebih kecil dari gambar aslinya.

Apa itu Thumbnail? Anda mungkin pernah mendengar kata-kata mengenai thumbnail pada perangkat ponsel maupun PC, terutama yang menyangkut dengan sebuah gambar. Thumbnail digunakan untuk representasi suatu gambar atau video dengan tampilan pratinjau dalam ukuran kecil. Memang tidak asing lagi bagi Anda melihat dan menjumpai gambar thumbnail, contohnya seperti saat Anda membuka sebuah folder atau situs web, Anda akan melihat tampilan preview gambar kecil dari ikon file tersebut, sebelum akhirnya gambar diklik dan ditampilkan, itulah arti dari gambar thumbnail. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai artian thumbnail, silakan simak ulasan berikut ini.

Lihat Juga : 7 Perbedaan Format File ZIP dan RAR

Apa itu thumbnail?

Apa itu Thumbnail
Mengenal apa itu Thumbnail. GitHub

Thumbnail adalah representasi gambar dengan bentuk ukuran kecil dari gambar yang lebih besar atau gambar aslinya. Ukuran thumbnail cenderung dibuat kecil, karena hanya digunakan untuk menggambarkan fisik ukuran gambar asli ditampilkan. Penggunaan thumbnail sudah umum sejak tahun 1980-an, gambar thumbnail difungsikan sebagai gambar pratinjau, dan sering kali berisi tautan ke gambar aslinya. Dengan meng-klik dan membuka thumbnail maka akan membuka versi gambar yang lebih besar.

Menurut ulasan dari Bahasa Indonesia, thumbnail disebut sebagai ibu jari. Sedangkan menurut situs Wikipedia, thumbnail ukuran gambar yang besarnya hampir sebesar ibu jari manusia. Thumbnail selalu digunakan untuk beragam kebutuhan gambar digital. Mulai dari thumbnail di smartphone, Laptop/PC, web, dan lainnya.

Lihat Juga : 10 Fungsi BIOS pada Komputer

Fungsi thumbnail

Thumbnail memiliki peran penting sebagai tampilan pratinjau suatu gambar digital. Pada sebuah perangkat smartphone maupun komputer, thumbnail selalu digunakan untuk mempercepat tampilan preview gambar, sehingga secara otomatis file gambar digital foto dan video akan tampil dan terbaca dengan pratinjau ukuran kecil. Dalam artian sederhana, thumbnail juga berfungsi untuk mempercepat keterbacaan file, mengurangi proses load pada file, dan membantu meringankan kinerja hardware dari resources file gambar.

Coba Anda pikirkan, ketika Anda membuka galeri penyimpanan foto atau video akan tampil bentuk petak-petak dalam gambar kecil. Kemudian saat Anda tap atau klik gambar thumbnail tersebut, maka akan tampil ukuran yang lebih besar. Misalkan pengguna menyimpan ribuan foto atau video yang berukuran puluhan MB, maka thumbnail pada fitur galeri membantu ukuran sebenarnya menjadi pratinjau kecil. Ini termasuk fungsi thumbnail dalam mempercepat proses keterbacaan file itu sendiri.

Beragam jenis thumbnail

Anda dapat melihat berbagai contoh thumbnail saat membuka folder gambar di komputer. Ketika Anda membuka folder program, gambar, dan lainnya Anda akan disuguhkan dengan preview gambar kecil dari file atau ikon yang ada, sebelum akhirnya Anda mengklik file gambar tersebut. Bisa dibilang thumbnail merupakan gambar berukuran kecil dari file gambar besar sebelum di buka.

Contoh Thumbnail gambar dalam folder
Contoh Thumbnail pada folder di komputer. RUDI DIAN ARIFIN

Thumbnail pada perangkat smartphone, juga termasuk data review media foto atau video yang tersimpan. Thumbnail di sini bekerja dengan menampilkan preview file asli dengan ukuran kecil, seperti contohnya pada aplikasi galeri. Galeri menyimpan beragam foto dan video yang telah disimpan di perangkat, sebelum membuka gambar maka pengguna akan diperlihatkan dengan banyaknya icon gambar ukuran kecil atau thumbnail.

Adapun thumbnail pada situs web atau internet, contohnya saat Anda sedang melakukan penelusuran khususnya di view image, maka akan muncul preview gambar dari situs pencarian.

Contoh thumbnail YouTube
Contoh Thumbnail dalam video YouTube. RUDI DIAN ARIFIN

Thumbnail juga dapat dilihat pada gambar digital di sebuah video, seperti Youtube. Pada aplikasi YouTube, thumbnail berperan sebagai tampilan preview gambar untuk mewakili isi dari video sebelum di tonton. Thumbnail di sini dapat dikonfigurasi oleh pemilik akun atau channel Youtube sesuai tema keinginan. Semakin bagus desain thumbnail dari konten video yang upload, maka akan mempercantik dan menarik perhatian penonton.

Lihat Juga : 7 Perbedaan CPU dan GPU pada Komputer

Penutup,

‘Thumbnail’ sangat berperan penting untuk berbagai preview gambar digital. Semua perangkat baik komputer maupun ponsel, pasti akan membutuhkan thumbnail. Dengan penjelasan singkat ini semoga dapat membawa manfaat untuk pengetahuan pembaca. Jika ada yang perlu ditanyakan atau didiskusikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah.

Apa yang dimaksud dengan thumbnail?

Thumbnail merupakan gambar kecil yang menjadi preview media foto atau video yang tersimpan di dalam perangka

Apa contoh sederhana dari thumbnail?

Preview gambar pada sebuah perangkat komputer atau ponsel, tanpa dibuka file nya akan tampak dan terlihat pratinjau dari file gambar itu sendiri.

Apa peranan thumbnail untuk video YouTube?

Untuk membuat tampilan preview dari konten video menjadi unik dan dapat menarik banyak viewers.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…