9 Fungsi dan Manfaat Web Browser

Kita mengenal browser sebagai aplikasi peramban yang menyediakan layanan penjelajahan dunia maya kepada para pengguna internet. Di samping itu, browser dilengkapi dengan fitur yang kita kenal sebagai plug in dan add ons yang terpasang di dalamnya. Ekstensi pada browser berfungsi sebagai software yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan beragam fitur tertentu dalam menjelajahi internet.

Pertanyaannya adalah, mengapa ekstensi pada browser itu diperlukan? Karena pada dasarnya browser hanyalah search engine yang digunakan untuk mencari informasi. Akan tetapi setiap pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain, sehingga mereka membutuhkan sebuah fungsi tambahan yang kita kenal sebagai add ons dan plug in.

Lihat Juga : 5 Fungsi dan Manfaat Sistem Operasi Secara Umum

Fungsi dan manfaat web browser

Fungsi dan Manfaat Web Browser
Sumber Gambar : radar.avrotos.nl

Fungsi dan manfaat web browser tidak terbatas pada ekstensinya saja, namun masih ada beberapa elemen penting dari browser yang dapat kita dibahas di bawah ini.  

1. Mendukung kebutuhan informasi pengguna 

Secara umum Internet dikenal sebagai tempat untuk mencari, menyimpan, dan bertukar informasi. Karena itulah banyak pengguna perangkat elektronik memilih internet sebagai media informasi dalam aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itulah peran browser sebagai penghubung antara dunia maya dan dunia nyata begitu krusial bagi para pengguna internet. Karena selain berfungsi untuk mencari dan mengunduh informasi, keberadaan browser juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengakses media penyimpanan digital seperti Google Drive, MEGA Cloud Storage, dan sejenisnya.  

2. Mendukung fungsi search engine

Bagi yang belum tahu, search engine merupakan mesin pencari yang sering kita gunakan dalam website untuk menelusuri informasi tertentu. Contoh dari search engine seperti Google, Yahoo, Bing, Baidu, Yandex, DuckDuckGo dan lainnya. Search engine bekerja ketika pengguna memasukkan perintah atau kata kunci yang ingin ditelusuri melalui kolom pencarian. Kemudian search engine akan mencari dan mencocokkan data dari banyak web untuk disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang dicari pengguna. Data pencarian yang ditampilkan search engine akan diurutkan sesuai relevansi dan popularitas dari informasi yang sedang ditelusuri.  

Di sisi lain keberadaan sebuah browser turut mendukung fungsi dari search engine itu sendiri, karena tanpa ada salah satu dari keduanya maka Anda tidak akan bisa menikmati layanan informasi digital sama sekali. Dengan search engine ini, browser juga dapat digunakan untuk mengumpulkan sebuah data web, mengategorikan data dari web kemudian membuat algoritma, sehingga pengguna menjadi lebih mudah menemukan informasi yang relevan dari sebuah situs web.

Lihat Juga : 5 Perbedaan Sandisk Extreme dan Extreme Pro

3. Membuka halaman web

Selain mendukung fungsi dari search engine, browser sendiri juga memiliki fungsi lain dalam membuka halaman website. Tanpa adanya sebuah browser, maka media aplikasi yang digunakan untuk menampilkan link url pun juga tidak tersedia. Anda sendiri pasti pernah mengalami peristiwa yang mana mengharuskan membuka aplikasi browser ketika membuka link dari smartphone bukan? Kurang lebih demikian itulah fungsinya.

4. Mendukung manajemen data penjelajahan internet 

Sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia digital, Anda pastinya sudah tahu mengenai fitur Bookmark dan History yang terpasang pada browser kesayangan Anda. Kedua fitur tersebut merupakan fungsi bawaan browser yang berperan penting dalam memanajemen informasi penjelajahan pengguna. Misalnya saja seperti Bookmark, fitur ini berfungsi dalam menandai dan menyimpan alamat web favorit yang pengguna akses selama di internet. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot dalam menghafal data alamat situs apabila ingin mengunjunginya kembali.

Dan yang tidak kalah penting adalah fungsi History, fitur ini bekerja sebagai media yang menyimpan segala jejak penjelajahan pengguna ketika mengunjungi sebuah web. Fitur History juga dapat dimanfaatkan apabila Anda lupa mengenai alamat web yang pernah dikunjungi. Meski begitu apabila Anda tidak rutin menghapus data penjelajahan pada history, maka ada kemungkinan browser Anda melambat dan juga dapat menimbulkan beberapa kendala saat digunakan, misalnya browser tidak bisa dibuka atau mungkin mengalami not responding.

Lihat Juga : 15 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Cloud Storage

5. Mendukung integrasi terhadap layanan Google

Saat ini Google benar-benar memanjakan kebutuhan para penggunanya melalui layanan yang mereka berikan. Mulai dari Google Drive, Google Meet, Google Maps, Google Classroom, dan sebagainya. Layanan tersebut dapat pengguna nikmati melalui layanan pada Google Account yang telah ter-verifikasi. Dengan akun tersebut pengguna dapat mengakses seluruh layanan yang diberikan Google secara menyeluruh dan personal.

Dalam hal ini, browser berperan sebagai media akses yang menghubungkan pengguna ke dalam layanan Google melalui log in pada akun Gmail Anda. Akun Google yang telah tersinkronisasi pada aplikasi browser tadi, secara otomatis akan membuka akses terhadap segala situs serta layanan Google yang membutuhkan otoritas terhadap akun yang pengguna miliki. Misalnya seperti YouTube, Amazon, Google Drive, Canva, Graphicriver, dan sebagainya.

6. Tersedia dalam beragam platform elektronik 

Memiliki lebih dari satu perangkat elektronik merupakan hal yang lumrah terjadi saat ini. Terlebih lagi sejak internet menjadi kebutuhan pokok di bidang informasi dan komunikasi, setiap pengguna gadget dan komputer dipaksa untuk terus terkoneksi selama 24 jam. Browser menjadi salah satu media di antara banyaknya aplikasi peramban yang mendukung layanan informasi.

Karena faktor inilah, hampir setiap perangkat elektronik mendukung kompabilitas aplikasi browser pada sistem mereka, salah satunya seperti Google Chrome. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini, menjadi salah satu browser favorit yang digunakan di seluruh dunia, karena selain memiliki layanan integrasi yang baik. Chrome juga menyediakan tampilan yang simpel dan bersih serta proses pengelolaan data yang cepat.

Lihat Juga : Apa itu MOD APK?

7. Tersedia secara gratis dan praktis digunakan 

Faktor ketujuh yang membuat banyak pengguna mau memanfaatkan browser sebagai media informasi mereka, karena tersedia secara gratis. Selain itu browser didesain sepraktis dan sesederhana mungkin agar mudah dipakai oleh berbagai kalangan. Misalnya saja seperti disediakannya fitur voice search pada bagian penelusuran, fungsi ini disematkan agar pengguna lebih leluasa dalam menikmati layanan internet. Untuk memakainya pun juga cukup mudah, Anda hanya perlu menekan logo mikrofon pada bagian pojok pencarian dan mengatakan apa yang ingin ditelusuri.

8. Menawarkan ekstensi tambahan

Browser sendiri bukanlah aplikasi dengan fitur sempurna, karena pada dasarnya browser dibuat hanya untuk kebutuhan penelusuran informasi. Oleh karena itu aplikasi peramban ini dilengkapi dengan add ons dan plug in. Kedua fungsi tersebut secara general memiliki fungsi serupa, yaitu komponen yang bertugas untuk menambahkan fitur atau software tambahan ke dalam sistem browser. Contohnya seperti VPN, Adblocker, Page Translator, Download Manager, dan sebagainya.  

Dengan adanya fitur tersebut pengguna dapat lebih mengeksplorasi hal-hal yang sebelumnya dibatasi atau tidak dapat dilakukan. Misalnya saja seperti menembus akses situs yang terblokir, terhindar dari adware, dan phising, memahami bahasa yang berbeda pada suatu situs, mengunduh video, streaming musik, dan masih banyak lagi.

9. Dapat digunakan sebagai test bagi developer

Mereka yang bekerja sebagai developer tentunya paham mengenai keunggulan sebuah browser. Pasalnya browser dapat memberikan pengguna lingkungan kerja yang cocok dalam mengembangkan suatu pekerjaan. Misalnya saja Anda seorang web developer, pastinya membutuhkan browser yang berfungsi dalam mengetes responsif situs yang dikembangkan dalam perangkat elektronik yang berbeda. Tak jarang pula seorang developer memanfaatkan browser dalam menguji API mutakhir untuk platform berbasis web secara real time.

Lihat Juga : Apa itu Root Android? Mengenal Root beserta Fungsi dan Risikonya

Penutup,

Browser telah menjadi salah satu elemen penting yang digunakan sebagai media informasi di masa modern. Dengan tersedianya kemudahan dalam mengakses internet seperti sekarang ada baiknya Anda menjadi lebih cermat dalam memilah informasi. Karena seperti yang kita tahu bersama bahwa internet merupakan media bebas yang dapat diakses dan ditulis oleh setiap orang di seluruh dunia. Apabila tidak berhati-hati dalam menyaring informasi, justru kita lah yang paling dirugikan.

Apa itu Web Browser?

Web browser merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuka akses pada website untuk mencari, berbagi, dan mengunggah suatu informasi.

Bagaimana cara kerja Web Browser?

Ketika pengguna mengirim perintah pencarian informasi pada search engine, web browser akan mengambil data dari web server untuk ditampilkan pada halaman web di layar pengguna.

Mengapa browser berjalan secara lambat?

Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh banyak faktor mulai dari penumpukan data pada history, terlalu banyak ekstensi yang terpasang, infeksi malware, dan lain sebagainya.

Kenapa browser sering crash?

Browser sering crash bisa disebabkan oleh adanya serangan malware yang menginfeksi perangkat Anda ketika sedang menjelajahi suatu web. Atau bisa jadi karena ada file cache serta ekstensi yang corrupt sehingga menyebabkan crash.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.