Pengertian Google Drive | Fungsi, Fitur, dan Cara Menggunakan

Di era teknologi sekarang ini, penggunaan Cloud Storage hingga Cloud Computing menjadi sebuah keharusan. Selain lebih efisien dan cepat, Cloud mampu mengurangi penggunaan memori penyimpanan internal ataupun eksternal. Terlebih kebutuhan memori penyimpanan saat ini semakin lama semakin tinggi. Tuntutan akan kualitas juga membuat ukuran sebuah file semakin besar. Lensa kamera smartphone yang mencapai puluhan MB menjadikan ukuran file foto bertambah besar.

Kecepatan juga menjadi alasan bahwa manusia ingin serba cepat dan instan. Dengan adanya Cloud Storage, sebuah project dapat di kerjakan bersama dengan tim tanpa harus melalui perantara email. Sebagai contohnya ketika mahasiswa ingin mengerjakan skripsi semuanya bisa dilakukan melalui Google Dokumen yang mana pembimbing bisa saling melihat ataupun melakukan perubahan secara langsung.

Google Drive menjadi alternatif untuk melakukan itu semua. Untuk mengenal lebih jauh Cloud Storage Google Drive, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Edge | Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Pengertian Google Drive

Pengertian Google Drive Adalah
Sumber Gambar : blog.google.com
Jenis situsPenyimpanan awan
PemilikGoogle LLC
Diluncurkan24 April 2012
Daftar akunWajib
Situs webdrive.google.com

Google Drive merupakan media penyimpanan online (Cloud Storage) milik Google yang meluncur pada 24 April 2012. Google Drive menjadi salah satu Cloud Storage yang menyediakan ruang penyimpanan hingga 15GB secara gratis, paling besar ketimbang layanan Cloud lainnya. Dengan adanya Google Drive, pengguna bisa menggunakannya untuk berbagai hal seperti backup data, upload file, mengedit file, sinkronisasi dengan perangkat, dan lainnya.

Hampir semua produk Google terhubung dengan Google Drive seperti Gmail, Google Dokumen, Google Slides, Google Sheets, dan lainnya yang masih banyak lagi. Dengan integrasi Cloud yang baik dari Google memudahkan pengguna untuk bekerja bersama tim seperti menyelesaikan project melalui Google Dokumen hingga melakukan backup data smartphone tanpa takut kehilangan data penting.

Semua jenis format dokumen dan file support untuk di unggah ke Google Drive, baik itu foto, gambar, video, audio, file kompres, rar, zip, dan sejenisnya. Jika pengguna masih merasa kurang puas dengan penyimpanan gratis 15GB, pengguna bisa upgrade ke paket yang lebih besar dari 100GB sampai 2TB. Karena memiliki integrasi penuh dengan sistem operasi Android, pengguna juga merasa lebih mudah dalam melakukan backup data.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Acrobat Reader | Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan

Fungsi dan Manfaat Google Drive

Fungsi dan Manfaat Google Drive
Sumber Gambar : xda-developers.com

1. Mengurangi penggunaan memori

Dengan menggunakan Google Drive, maka tentu saja Anda bisa mengurangi penggunaan memori penyimpanan, baik pada smartphone maupun komputer. Saat ini keterbatasan memori smartphone menjadi alasan setiap ingin mengunduh file ataupun menyimpan file, terutama untuk pemilik smartphone dengan memori penyimpanan yang kecil.

Google Drive bisa pengguna manfaatkan untuk backup data smartphone, terutama untuk dokumen serta file-file penting yang sekiranya dibutuhkan di masa yang akan datang.

2. Akses data lebih cepat dan efisien

Tidak perlu alasan lagi ketinggalan Flaskdisk atau memori. Google Drive dapat menjadi solusi untuk pengguna yang sering kelupaan membawa Flaskdisk saat ke kampus atau bekerja di kantor. Pengguna bisa upload dokumen-dokumen penting yang sekiranya dibutuhkan untuk tugas atau presentasi. Google Drive memudahkan pengguna untuk akses data lebih mudah dari mana pun dan kapan pun dengan memanfaatkan jaringan internet.

Jika pengguna hanya mengunggah file .doc, .ppt, dan sejenisnya, pengguna bisa langsung membuka dokumen tersebut tanpa harus mengunduh dengan memanfaatkan Google Dokumen.

3. Sinkronisasi dokumen otomatis

Jika ingin mengerjakan suatu tugas dalam bentuk doc atau ppt, maka lebih baik gunakan Google Dokumen atau Google Slides. Mengapa? Karena produk Google tersebut terintegrasi dengan Google Drive sehingga semua file secara otomatis tersimpan ke Google Drive secara real-time. Hal ini juga akan memudahkan pengguna untuk melihat catatan apa saja yang pernah di edit atau tambahkan.

Anda juga dapat menambahkan anggota untuk melihat atau menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama. Penulis sendiri juga menggunakan Google Dokumen dalam menyelesaikan tugas kampus. Juga menambahkan dosen pembimbing sehingga dosen dapat melihat progres dari tugas tersebut hingga membantu melakukan perubahan ketika terjadi kesalahan dan kekurangan.

4. Sinkronisasi perangkat Android

Jika menggunakan smartphone Android maka pengguna bisa langsung sinkronisasi hampir semua data yang berhubung dengan produk Google ke Google Drive. Data tersebut seperti Google Bisnisku, Catatan Keep, Chrome, Dokumen, Drive, Gmail, Google Kalender, Kontak, dan lainnya. Manfaatnya dari semua ini adalah data pengguna tidak akan hilang ketika smartphone terjadi kerusakan atau bahkan hilang di jalanan.

5. Berbagi data lebih mudah

Dengan menggunakan Google Drive, pengguna bisa dengan mudah untuk saling berbagi data maksimal 5GB. Melalui Google Drive, pengguna bisa melakukan pengaturan dengan menambahkan email atau mengambil URL yang dapat dibagikan ke publik. Opsi ini tentu akan memudahkan pengguna untuk saling berbagi data ataupun berkolaborasi dalam menyelesaikan project.

Lihat Juga : Pengertian WinRAR | Definisi, Fitur, Cara Menggunakan

Fitur Utama Google Drive

Fitur Unggulan Google Drive
Sumber Gambar : hindustantimes.com

Google Drive memiliki beragam fitur yang membantu pengguna untuk menyelesaikan masalah penyimpanan dan solusi dari berbagai kebutuhan pekerjaan dan tugas sehari-hari. Simak fitur menarik dari Google Drive berikut ini.

  1. Mudah membuat dokumen apa pun. Dengan menggunakan Google Drive, pengguna bisa langsung membuat dokumen sesuai kebutuhan, entah itu Google Dokumen, Google Slides, Google Spreadsheet, Google Formulir, dan sejenisnya. Semuanya juga tersimpan secara otomatis ke Drive, sehingga tidak perlu khawatir lupa menyimpan.
  2. Mudah dalam berbagi file/ dokumen. Jika pengguna telah masuk ke Google Drive, pengguna bisa klik kanan ยป lalu pilih Bagikan. Di bagian tersebut, pengguna bisa menambahkan anggota dengan email atau dapatkan link untuk dibagikan ke publik (jika dibutuhkan).
  3. Integrasi dengan produk Google. Google Drive terintegrasi dengan hampir semua produk Google sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan sinkronisasi dan backup. Bahkan beberapa aplikasi pihak ketika juga di integrasikan dengan Google Drive. Contohnya WhatsApp di mana pengguna bisa melakukan backup data WhatsApp ke akun Google Drive masing-masing.
  4. Tingkat keamanan tinggi. Tidak perlu diragukan lagi bahwa Google pasti memberikan keamanan terbaik bagi penggunanya. Setiap folder dan file di Google Drive aman dari semua virus dan ancaman para hacker. File dan folder juga tidak dapat dilihat secara publik tanpa izin dari pengguna.

Lihat Juga : Pengertian Dropship | Definisi, Keuntungan, Kelebihan

Cara Menggunakan Google Drive

Untuk menggunakan Google Drive, pastikan sudah memiliki akun Google. Bagi Anda yang belum memiliki akun Google, Anda bisa ikuti panduan daftar Gmail di halaman ini.

1. Buka Google Drive

Tampilan antarmuka Google Drive
Tampilan antarmuka Google Drive. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka Google Drive dengan klik link berikut ini: drive.google.com.
  2. Jika Anda telah memiliki akun Google, maka Anda bisa langsung masuk akun Google dengan email dan password yang Anda miliki.
  3. Setelah masuk Google Drive, Anda akan melihat tampilan antarmuka dari Google Drive.
  4. Anda bisa melihat dan mulai memahami setiap fungsi dan fitur yang ada di Google Drive.
  5. Selesai.

2. Upload dan buat file Google Drive

Panduan upload buat file Google Drive
Bagikan file Google Drive dengan klik kanan. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Untuk upload atau buat file, Anda bisa klik tombol Baru yang ada di pojok kiri atas.
  2. Pilih Upload file atau Upload folder untuk meng-upload.
  3. Atau Anda juga bisa membuat dokumen dengan memilih aplikasi Google yang terhubung.
  4. Selesai.

3. Bagikan file Google Drive

Bagikan file Google Drive dengan klik kanan
Panduan upload/ buat file Google Drive. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Untuk membagikan file atau folder, Anda bisa klik kanan pada file tersebut lalu klik Bagikan.
  2. Kemudian tambahkan orang atau grup dengan menuliskan email.
  3. Anda juga bisa klik Salin link untuk membagikannya ke publik ke orang-orang tertentu.
  4. Selesai.

Lihat Juga : Pengertian Online Shop | Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kesimpulan,

Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Google Drive merupakan layanan penyimpanan online (Cloud Storage) milik Google yang terhubung dengan semua produk Google. Google Drive memiliki fungsi dan manfaat yang sama seperti layanan Cloud lainnya seperti Dropbox, iCloud, OneDrive, dan sejenisnya. Google Drive memudahkan pengguna Google untuk mengatur, mengubah, serta backup data-data penting dengan sistem keamanan terbaik.

Apakah Google Drive aman?

Tentu saja, Google Drive memberikan keamanan terbaik bagi para penggunanya. Termasuk ketika perangkat pengguna hilang, Google Drive masih tetap dapat di akses melalui perangkat lain.

Apakah Google Drive berbayar?

Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis 15GB. Lebih dari itu, pengguna bisa upgrade paket berbayar dengan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Apakah file Google Drive dapat dilihat orang lain?

File atau folder Google Drive dapat dilihat orang lain ketika memang di izinkan secara publik. Jika tidak, maka hanya pengguna bersangkutan yang dapat melihat file tersebut.

Itulah penjelasan singkat dari saya mengenai pengertian, fungsi, dan manfaat menggunakan Google Drive. Bagikan artikel ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

CATATAN: Informasi di atas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.