7 Cara Masuk Recovery Mode Google Pixel

Meskipun Google Pixel adalah ponsel kelas flagship, tidak menutup kemungkinan dapat terjadi masalah pada sistem dan aplikasi terinstall. Apalagi aktivitas dan pemakaian ponsel setiap pengguna berbeda-beda. Ketika pengguna memiliki masalah pada ponsel Google Pixel yang berkaitan dengan sistem Android seperti bootloop, hang, macet, dan sejenisnya, salah satu solusi paling efektif yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan reset atau Flashing ulang sistem Android.

Untuk melakukannya, pengguna harus masuk pada menu Recovery Mode / Android Recovery. Fitur tersebut ada pada semua merek ponsel Android, termasuk Google Pixel. Lalu apa itu Recovery Mode? Apa fungsi dan manfaat Recovery Mode pada ponsel Google Pixel? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan singkat mengenai Recovery Mode berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Masuk Recovery Mode OPPO

Apa itu Recovery Mode?

Recovery Mode / Android Recovery merupakan fitur bawaan dari sistem operasi Android yang digunakan untuk perbaikan (recovery) apabila terjadi masalah pada sistem dan aplikasi terinstall. Dalam artian, ketika sistem Android terjadi kerusakan (dalam kondisi tidak bisa masuk ke antarmuka sistem), maka Anda tetap bisa melakukan perbaikan dengan masuk ke menu Recovery Mode / Android Recovery. Setiap merek ponsel Android mungkin akan memiliki tampilan Recovery Mode yang berbeda-beda, namun fungsi dan penggunaan tetap sama.

Pada ponsel Google Pixel, sebelum masuk ke menu Recovery Mode, Anda akan dihadapkan Fastboot Mode / Bootloader. Fastboot digunakan sebagai protokol komunikasi antara perangkat keras ponsel dan komputer. Anda tidak wajib untuk tahu lebih jauh mengenai fungsi dari Fastboot, yang perlu Anda tahu adalah Recovery Mode. Fastboot digunakan oleh para pengembang aplikasi / sistem yang memang membutuhkan komunikasi dan interaksi antara komputer dengan ponsel.

Dalam menu Fastboot, terdapat beberapa pilihan menu, yakni Start, Power off, BarCode, Rescue Code, dan Recovery Mode. Pada pilihan Fastboot tersebut, Anda harus memilih Recovery Mode untuk masuk ke menu Recovery Mode. Pada menu Recovery Mode sendiri, terdapat beberapa pilihan. Berikut di antaranya:

  • Reboot system now – Digunakan untuk memuat ulang (restart) ponsel.
  • Reboot to bootloader – Digunakan untuk memuat ulang ponsel lalu kembali ke menu Bootloader / Fastboot Mode.
  • Enter Fastboot – Masuk ke dalam mode Fastboot (Start).
  • Apply update from ADB – Digunakan ketika ingin memperbarui sistem / software dari komputer / PC.
  • Apply update from SD Card – Digunakan ketika ingin memperbarui sistem / software dari memori eksternal / SD Card ponsel.
  • Wipe data/ factory reset – Digunakan ketika ingin melakukan Wipe Data / Hard Reset pada ponsel.
  • Mount /system – Digunakan untuk melakukan perubahan pada partisi ponsel (tanpa root).
  • View recovery logs – Digunakan untuk melihat data / riwayat Recovery yang pernah dilakukan.
  • Run graphics test – Digunakan untuk testing grafis pada ponsel.
  • Run locale test – Digunakan untuk testing ponsel untuk default bahasa, tanggal dan format waktu, serta dokumentasi sesuai dengan target negara / wilayah.
  • Power off – Digunakan untuk mematikan ponsel.

Bagi Anda yang ingin masuk ke menu Recovery Mode / Android Recovery Google Pixel, ikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Masuk Recovery Mode ASUS

Masuk Recovery Mode Google Pixel

  1. Pertama, pastikan ponsel Google Pixel Anda dalam keadaan mati / off.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya masuk dalam Fastboot mode.
  3. Setelah masuk dalam Fastboot mode, gunakan tombol Volume untuk menemukan menu Recovery Mode dan tekan tombol Power untuk memilih / konfirmasi pilihan.
  4. Apabila nantinya muncul gambar Android Robot bertuliskan No Command, Anda bisa tekan tombol Power + Volume Up maka secara otomatis Anda akan dibawa ke menu Recovery Mode / Android Recovery.
  5. Dalam menu Recovery Mode tersebut, Anda bisa memilih menu sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  6. Jika Anda ingin melakukan reset, Anda bisa memilih Wipe Data / Factory Reset. Lanjutkan dengan konfirmasi Factory Data Reset.
  7. Untuk keluar dari menu Recovery Mode, Anda bisa memilih Reboot system now untuk memuat ulang atau Power off untuk mematikan ponsel.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Google Pixel

Keluar Recovery Mode Google Pixel

  • Untuk keluar dari menu Recovery Mode / Android Recovery Google Pixel, Anda bisa memilih Reboot system now untuk memuat ulang perangkat.
  • Bisa juga Anda memilih Power off untuk mematikan perangkat.
  • Anda bisa hidupkan kembali perangkat dengan menekan tombol Power seperti biasanya.
  • Selesai.

Keluar Fastboot / Bootloader Google Pixel

  • Untuk keluar dari Fastboot mode, Anda bisa memilih Power off.
  • Dengan begitu, ponsel akan mati / off.
  • Anda bisa menghidupkan ponsel kembali dengan menekan tombol Power seperti biasanya.
  • Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Penutup,

Saya rasa penjelasan di atas cukup mudah untuk Anda ikuti. Anda bisa masuk dan keluar menu Recovery Mode kapan pun Anda butuh kan. Dalam perkembangan sistem Android dan ponsel Google Pixel, terdapat perbedaan tampilan dan penambahan fitur antara Google Pixel seri lama dengan Google Pixel seri terbaru. Tetapi fungsi dan kegunaan fitur utama dari Recovery Mode tetaplah sama. Apabila Anda ingin melakukan reset ponsel Google Pixel melalui menu Recovery Mode, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki agar nantinya data tersebut dapat digunakan lagi.

Apa itu Fastboot mode?

Fastboot merupakan sebuah program yang sematkan untuk menghubungkan komputer dengan ponsel agar dapat saling berkomunikasi.

Apa perbedaan Fastboot mode dan Recovery Mode?

Fastboot hanya digunakan oleh pengembang / developer sedangkan Recovery Mode dapat digunakan oleh siapa pun sesuai kebutuhan. Selain itu, tidak semua merek ponsel Android tersedia fitur Fastboot, beberapa terkadang harus memasangnya sendiri.

Kenapa saya tidak bisa masuk menu Recovery Mode Google Pixel?

Jika Anda mengikuti tutorial di atas secara teliti, pastinya Anda bisa masuk menu Recovery Mode Google Pixel.

Apakah Hard Reset Google Pixel dapat mengatasi masalah lupa pola / PIN?

Tidak, setelah melakukan Hard Reset / Wipe Data, Anda tetap diharuskan untuk memasukkan pola / kata sandi / PIN ponsel Google Pixel.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.