13 Cara Mengatasi Touchscreen HP Error, Macet, Tidak Merespon

Smartphone canggih dengan mode layar sentuh atau touchscreen merupakan salah satu ponsel modern paling banyak digunakan…

Smartphone canggih dengan mode layar sentuh atau touchscreen merupakan salah satu ponsel modern paling banyak digunakan saat ini. Dengan kecerdasan dan kehebatan otak manusia yang selalu berinovasi dan mengembangkan smartphone tentunya tidak akan jauh dari kekurangan. Smartphone yang canggih dan pintar tentu saja dapat membantu kegiatan sehari-hari Anda, namun secanggih-canggihnya smartphone juga dapat mengalami kerusakan baik secara hardware maupun software.

Misalnya saja pada bagian layar sentuh yang sering macet dan error, hal ini biasanya disebabkan oleh sensitivitas layar yang tidak begitu merespon. Penggunaan yang berlebihan juga dapat merusak sensitivitas, hal ini lebih sering terjadi saat sedang bermain game, dengan semangatnya Anda menekan bagian layar secara berlebihan menyebabkan sensitivitas layar menjadi bermasalah. Namun jangan panik, permasalahan touch screen pada smartphone dapat segera diatasi dengan menyimak beberapa penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Google Terus Berhenti

Penyebab Touchscreen HP Error

Touchscreen HP yang error dapat ditimbulkan oleh adanya file-file sampah yang tidak pernah dibersihkan sehingga menyebabkan ponsel terasa berat dan tidak respon. Tetapi penyebab tidak selalu demikian, ada beragam faktor yang menyebabkan touchscreen HP error. Anda bisa simak penyebab lainnya berikut ini.

  • HP terjatuh – Setiap ponsel Android memiliki ketahanan / durabilitas hardware yang berbeda-beda. Tidak semuanya tahan dengan benturan. Dalam beberapa kasus (yang juga pernah saya alami sendiri), HP yang terjatuh menyebabkan layar sentuh retak hingga tidak respon dengan sentuhan.
  • Terkena air – Secara umum, air dapat menyebabkan komponen elektronik terjadi korsleting. Layar ponsel yang terkena cipratan air atau bahkan sampai terendam juga dapat menyebabkan layar sentuh error. Tidak hanya layar, risiko kerusakan juga dapat terjadi pada komponen lain seperti speaker, mic, baterai, dan mainboard.
  • Layar retak / pecah – Layar yang retak karena terjatuh atau tekanan benda keras pasti mengalami error. Kondisi ini saya alami sendiri pada HP saya yang retak layarnya, terkadang layar bergerak sendiri serta aplikasi tidak respons saat disentuh.
  • Charger tidak ori – Sebelum mengisi daya, pastikan untuk menyesuaikan tegangan dan arus charger supaya tidak terjadi kerusakan. Pengisian daya baterai menggunakan charger yang tidak ori / asli (bukan bawaan HP) dapat menyebabkan layar sentuh tidak respon.
  • Memori RAM penuh – Multitasking yang berlebihan sampai membuat memori RAM penuh juga dapat menyebabkan layar sentuh macet. Hal ini sering terjadi pada ponsel kelas low-end dengan kapasitas RAM di bawah 3GB.
  • Bugs pada sistem dan aplikasi – Jika memang tidak terdapat kerusakan fisik pada layar, kemungkinan terdapat bugs pada sistem dan aplikasi terinstall. Coba lakukan pembaruan sistem dan semua aplikasi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang / Tidak Muncul

Mengatasi Touchscreen HP Error

Tapi tenang saja, kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki touchscreen HP yang macet / error. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Restart ponsel Android

Tips pertama, cobalah untuk memuat ulang ponsel Android Anda. Cara ini mungkin terlihat sederhana, tapi nyatanya cukup efektif dalam mengatasi touchscreen HP yang error. Biasanya touchscreen HP yang error terjadi karena ponsel sudah digunakan cukup lama dan tidak pernah di restart sama sekali. Dengan me-restart ponsel Android, semua sistem dan aplikasi terinstall akan di refresh ulang sehingga lebih stabil dan optimal.

Untuk me-restart ponsel, Anda cukup menekan tombol Power, lalu memilih opsi muat ulang. Jika tidak tersedia opsi muat ulang, Anda bisa langsung mematikan tombol dengan menekan tombol Power sampai HP mati / off. Setelah itu, Anda nyalakan kembali.

Kalibrasi layar ponsel Android

Jika Anda mengalami masalah touchscreen meleset atau tidak respon sentuhan, sebaiknya lakukan kalibrasi. Kalibrasi berfungsi untuk mendeteksi masalah serta memperbaiki touchscreen error pada ponsel Android. Sebagian ponsel Android telah menyediakan fitur kalibrasi, tetapi sebagian lain tidak menemukan fitur kalibrasi.

Jika pada ponsel Android Anda tidak tersedia fitur kalibrasi, Anda bisa unduh aplikasi kalibrasi pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play Store. Berikut rekomendasi beberapa aplikasi kalibrasi yang bisa Anda jadikan pilihan. Download aplikasi pilihan Anda kemudian ikuti petunjuk penggunaan aplikasi sesuai panduannya.

Touchscreen Calibration
Touchscreen Calibration
Developer: RedPi Apps
Price: Free+
Touchscreen Repair
Touchscreen Repair
Developer: RedPi Apps
Price: Free+
Display Calibration
Display Calibration
Developer: AppsLadder
Price: Free
Partial Screen
Partial Screen
Developer: Andrii Ichenets
Price: Free+

Aktifkan GPU 2D Rendering

Tips selanjutnya adalah memaksa supaya GPU rendering bekerja lebih maksimal. Cara ini juga terbilang efektif dalam mengatasi transisi touchscreen yang buruk. Untuk melakukannya, Anda harus mengaktifkan opsi pengembang / Developer Options. Simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Aktifkan mode pengembang

Aktifkan Opsi Pengembang
Aktifkan mode pengembang. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Tentang Telepon » ketuk Versi Android beberapa kali.
  3. Pada sebagian ponsel lain, ketuk bagian Build Number (nomor pembuatan) beberapa kali.
  4. Nantinya akan muncul informasi bahwa Anda telah masuk ke Opsi Pengembang.
  5. Selesai.

Aktifkan GPU Rendering

Paksa rendering GPU Android
Aktifkan GPU Rendering Android. RUDI DIAN ARIFIN

Setelah mengaktifkan Opsi Pengembang, Anda masuk ke Opsi Pengembang.

  1. Pada menu Setelan » pilih Setelan tambahan.
  2. Pilih Opsi Pengembang » kemudian aktifkan bagian Paksa Rendering GPU.
  3. Setelah itu, restart ponsel untuk melihat hasilnya.
  4. Selesai.

RAM penuh

Seperti yang saya jelaskan di atas, memori RAM penuh dapat menyebabkan touchscreen HP tidak respon / macet. Sebenarnya yang bermasalah bukan touchscreen HP tetapi memori RAM yang tidak mampu memproses semua aplikasi yang dijalankan secara bersamaan. Jika Anda berada dalam keadaan tersebut, Anda harus menunggu sampai proses tersebut selesai atau mematikan ponsel secara paksa.

Untuk mematikan ponsel secara paksa, Anda bisa menekan tombol Power selama beberapa saat sampai ponsel mati / off. Setelah itu, Anda bisa hidupkan kembali ponsel Anda. Berikut beberapa tips agar memori RAM tidak penuh serta menjaga supaya ponsel tetap stabil dan optimal saat digunakan.

  • Tutup semua aplikasi yang Anda jalankan.
  • Jangan memaksa ponsel untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.
  • Bersihkan file cache agar tidak terjadi penumpukan.
  • Hentikan proses layar belakang pada aplikasi yang tidak pernah digunakan.

Lihat Juga : 19 Cara Mengatasi HP Android Lemot

Coba masuk ke safe mode

Safe mode (mode aman) merupakan fitur yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi pada fungsi dasarnya. Ketika ponsel Android berada dalam mode aman, sistem hanya akan menjalankan aplikasi bawaan. Cara ini sangat efektif untuk memastikan apakah touchscreen masih bermasalah atau tidak ketika berada dalam mode aman. Jika touchscreen tidak ada masalah sama sekali, maka kemungkinan ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan touchscreen error. Tetapi jika touchscreen juga tetap bermasalah, maka kemungkinan touchscreen rusak dan harus diganti dengan yang baru.

  1. Untuk masuk ke safe mode Android, pastikan untuk mengaktifkan opsi pengembang / developer options.
  2. Selanjutnya, tekan tombol Power » lalu pilih Reboot.
  3. Ponsel akan memuat ulang dalam mode aman / safe mode.
  4. Setelah masuk ke safe mode, Anda bisa memastikan apakah touchscreen mengalami masalah atau tidak.
  5. Selesai.

*Catatan: Untuk masuk ke safe mode Android, setiap ponsel memiliki metode yang berbeda-beda. Cara di atas belum tentu berhasil pada ponsel Android Anda, sehingga Anda perlu menemukan cara masuk safe mode sesuai dengan merek ponsel Android yang Anda gunakan.

Pastikan menggunakan charger ori

Ketika touchscreen mengalami masalah saat mengisi daya baterai, maka dapat dipastikan masalah bukan pada sistem maupun touchscreen tersebut tetapi pada charger yang digunakan. Hal ini sering kali di alami pengguna Android ketika mengisi daya ponsel menggunakan charger yang tidak ori atau hasil pinjaman teman. Penggunaan charger yang tidak ori dapat menyebabkan baterai mudah panas serta kerusakan pada komponen pendukung, salah satunya pada layar ponsel.

Hal ini dapat terjadi karena tegangan dan arus setiap charger berbeda-beda. Maka dari itu, sebaiknya gunakan charger ori (bawaan HP) atau jika terpaksa meminjam charger, pastikan tegangan dan arus sama dengan charger bawaan.

Ganti layar dengan yang baru

Apabila terdapat kerusakan fisik pada layar ponsel; seperti retak, pecah, atau terdapat tanda hitam pada layar sebaiknya ganti layar dengan yang baru. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya bawa ke Service Center atau ke Counter HP yang berpengalaman untuk mendapatkan perbaikan yang lebih baik. Untuk biaya perbaikan tentunya tergantung dari harga LCD serta biaya service tersebut.

Untuk harga LCD sendiri, rata-rata harganya berkisar antara 100 ribuan sampai 1 jutaan (paling mahal). Anda bisa cek harga LCD secara online, misal di Tokopedia atau Shopee sesuai dengan merek dan tipe HP yang Anda gunakan. Dengan perkiraan harga LCD, Anda mengambil keputusan untuk mengganti LCD atau bertahan dengan layar yang bermasalah tersebut.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android

Penutup,

Dengan mencoba beberapa tips di atas, diharapkan masalah touchscreen HP yang error atau tidak respon dapat teratasi dengan baik dan normal kembali. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari touchscreen error dikemudian hari.

  • Gunakan charger original (bawaan HP).
  • Jangan menggunakan smartphone ketika sedang di cas.
  • Hindari penggunaan smartphone di bawah cahaya matahari langsung.
  • Berhenti menggunakan smartphone saat layar terasa panas.

Metode di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti OPPO, Samsung, Xiaomi, VIVO, Realme, Infinix, Huawei, Nokia, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Mengapa touchscreen error saat di cas?

Penggunaan charger yang tidak ori dapat menyebabkan touchscreen error / bermasalah.

Apa penyebab utama touchscreen HP Android error?

Touchscreen HP error dapat disebabkan oleh layar yang sudah pecah / retak, penggunaan charger yang tidak ori, dan memori RAM penuh.

Bagaimana agar touchscreen kembali normal?

Jika terjadi kerusakan secara fisik seperti pecah / retak, sebaiknya ganti dengan baru. Tetapi jika tidak terjadi kerusakan fisik, coba periksa penggunaan RAM serta pastikan untuk menggunakan charger ori saat mengisi daya.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Yunita Setiyaningsih, Wahyu Setia Bintara

Masalah Android

Discussion | 10 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Sri berkata:

    Hp saya gak bisa direstart gak bisa disentuh lyarnya gimna ya caranya supaya bisa di restart.. sedangkan lyarnya gak bisa di touch

  2. Mimi berkata:

    layarnya menyala tapi gk merespon sama sekali. mau di restart juga gk bisa. paling2 cuma bisa dimatikan lwt tombol, tapi masih nyala lagi sendiri. saat dicoba lagi layarnya masih gk respon, gimana solusinya ??

  3. Hadi Pramono berkata:

    Terima kasih, penjelasannya sangat lengkap dan detail.

  4. heri berkata:

    solusi hp tidak bisa disentuh itu gimana ya caranya?
    sudah sy restart lewat gmail tapi tetap saja gak bisa disentuh…

  5. bagus berkata:

    hp saya batu tanam…dan kesing nya enggak bisa dibuka…jdi gmna???

  6. Dev berkata:

    Gimana cara ngetes kalibrasi kalo layar macet???

    • Dian Arifin berkata:

      Apabila layar benar – benar macet, lebih baik lakukan restart agar bisa normal kembali. Jika sudah normal, bersihkan file cache pada perangkat Android. Jika dengan cara tersebut masih juga terjadi masalah, cobalah untuk melakukan Hard Reset melalui menu Recovery Mode.

  1. 7 Cara Menampilkan Notifikasi di Layar Kunci HP Samsung

    Anda bisa masuk ke menu Pengaturan di HP Samsung Anda untuk mengaktifkan notifikasi di layar kunci
  2. 10 Fungsi Free Transform Tool pada Adobe Photoshop

    Free Transform Tool dapat digunakan untuk mengatur objek gambar atau foto sesuai keinginan
  3. 15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

    Bersihkan semua file sementara pada sistem dan matikan proses yang berjalan di latar belakang untuk mengatasi…