5+ Cara Mengatasi “Sayangnya, com.android.setting Telah Berhenti” di HP Android

Dianisa.comMasalah error pada bagian Fitur Setelan atau Pengaturan pada smartphone dan tablet Android memang terkadang membuat penggunanya merasa bingung dan galau. Lebihnya lagi sampai tidak bisa melakukan aktifitas multitasking sama sekali, bahkan untuk membuka layar-pun terasa sangat sulit.

Pesan error yang terjadi pada perangkat Android dapat bermacam – macam, bisa bertuliskan Unfortunately, Setting Has Stopped, “Sayangnya, Pengaturan Telah Berhenti”, “Unfortunately, com.android.settings Has Stopped”, “com.android.settings Telah Berhenti”, Sayangnya, Setelan Telah Berhenti, “Sayangnya, proses.com.android.setting Telah Berhenti”, Sayangnya, Setelan Tidak Menanggapi, “Maaf, Setelan Telah Berhenti”, “Setelan Terus Berhenti”, “Sayangnya, Setelan Terhenti”, dan lainnya yang mungkin bisa sedikit berbeda.

Masalah Pada Smartphone

Masalah Setelan Android

Penyebab mengenai masalah pada setelan Android bisa bermacam – macam, bisa karena file sampah atau cache yang menumpuk, RAM Android Penuh, Virus, Kerusakan Pada Sistem Android, dan lainnya.

Metode yang saya berikan kali ini bisa anda terapkan pada semua perangkat Android, namun tentunya anda harus menyesuaikan sendiri sesuai dengan tipe perangkat yang anda miliki.

Langsung saja, simak beberapa metode Mengatasi Kerusakan Pada Fitur Setelan Android berikut ini.

#1. Reboot Ponsel…

Untuk metode yang pertama, anda bisa mencoba untuk mematikan smartphone Android yang anda miliki. Setelah mati, anda bisa lepaskan baterai, SIM Card, dan juga MicroSD (SD Card).

Diamkan selama 10 Detik agar tidak ada sumber daya yang mengalir pada smartphone. Kemudian nyalakan kembali HP Android anda, semoga nanti bisa normal kembali.

Metode ini bersifat tidak pasti, apabila masih bermasalah silahkan coba metode berikutnya.

#2. Gunakan Aplikasi Keamanan

Apabila smartphone android anda terinstal Aplikasi Keamanan maka coba gunakan aplikasi tersebut untuk membersihkan file cache, virus, dan lakukan Boost pada RAM Android anda.

Sebagai contohnya, saya melakukannya pada perangkat Xiaomi. Berikut langkah – langkahnya …

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang ada di HP Xiaomi anda. Aplikasi ini biasanya langsung ada pada Home Screen layar dengan icon/ logo warna hijau. Setelah dibuka, anda akan melihat tampilan (Interface) dari aplikasi tersebut. Selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Selanjutnya, Aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Jika scanning selesai, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan file temporaty lainnya.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Dan itulah metode singkat dan cepat dalam membersihkan file Cache di HP Xiaomi menggunakan aplikasi Keamanan. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X.

#3. Unroot Smartphone

Apabila masalah Pengaturan tidak bisa dibuka karena rooting, maka kemungkinan Rooting tidak berhasil dan tidak maksimal.

Rooting memang baik dalam mengoptimalkan setiap kinerja pada perangkat Android, namun disisi lain terkadang juga terjadi kegagalan dan meninggalkan bugs pada sistem. Dan apabila setelah melakukan unroot masih bermasalah, maka lebih baik lakukan Flashing ulang.

NOTE: Jika sebelumnya anda tidak pernah melakukan akses root, maka anda bisa abaikan metode ini.

#4. Hard Reset Smartphone

Selanjutnya, anda bisa mencoba Melakukan Hard Reset atau Wipe Data melalui menu Recovery Mode.

contohnya, saya mencoba Melakukan Hard Reset di HP OPPO. Silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, pastikan daya Baterai Smartphone OPPO anda mencukupi untuk melakukan Hard Reset. Minimal, sediakan 50% untuk melakukan Hard Reset agar proses Reset bisa berjalan lancar dan maksimal.
  2. Masuk menu ColorOS Recovery Mode OPPO dengen menekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode OPPO.
  3. Jika ada opsi bahasa, anda bisa pilih “Bahasa Inggris”.
  4. Dan untuk melakukan Hard Reset HP OPPO, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”. Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih “YES”.
  5. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil. Jika sudah, anda bisa melakukan Reboot atau restart pada Smartphone OPPO Ikuti petunjuk login gmail berikutnya agar anda bisa menggunakan smartphone anda kembali.
  6. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

#5. Flashing …

Untuk yang ketiga, anda bisa mencoba melakukan Flashing atau Install Ulang Sistem Android. Metode kali ini akan cukup ribet, karena anda harus mengunduh Sistem Operasi sesuai dengan tipe perangkat yang anda miliki.

Untuk lebih mudahnya, anda bisa mencari Tutorial Flashing di Pencarian Google, YouTube, Facebook, Forum, dan lainnya yang sesuai dengan tipe perangkat yang anda miliki.

Kesimpulan,

Metode – metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, dan lainnya. Anda tinggal menyesuaikannya saja sesuai dengan tipe perangkat yang anda miliki.

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Sayangnya, com.android.setting Telah Berhenti, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Apabila ada sesuatu yang ingin anda tanyakan mengenai setelan pada perangkat Android, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.