10+ Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka & Error di HP SONY

0

Dianisa.com – Mengatasi Aplikasi Tidak Berfungsi & Error di HP SONY Xperia. SONY merupakan salah satu produsen teknologi ternama yang berpusat di Jepang. Sampai saat ini SONY menghadirkan produk – produk yang cukup popular seperti gadget, Laptop, PlayStation, proyektor, kamera, media penyimpanan, dan beberapa produk gadget lainnya.

Sedikit bicara mengenai produk SONY, kali ini saya akan memberikan sedikit solusi Mengatasi Masalah Error, Tidak Berfungsi, dan Kerusakan pada aplikasi di HP SONY.

Sebagian pengguna SONY memang ada yang mengeluhkan terkait Masalah Error Pada Aplikasi, dan penyebabnya dapat bermacam – macam, bisa karena virus, tumpukan cache pada aplikasi dan memori, aplikasi yang tidak compatible, kerusakan pada aplikasi itu sendiri, dan lainnya.

Dan untuk pesan error biasanya muncul bertuliskan Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti, Sayangnya, Aplikasi Terhenti, “Sayangnya, Aplikasi Tidak Menanggapi”, “Sayangnya, Aplikasi Terus Berhenti”, “Unfortunately, App Has Stopped”, “Unfortunately Force Close”, “Not Responding”, “Not Enough Memory”, “Sayangnya, com.android.process Telah Berhenti”, dan lainnya yang mungkin sedikit lebih berbeda.

Adanya masalah tersebut tentu membuat aktivitas multitasking terhambat, dan pengguna terbatas atau tidak bisa melakukan aktivitas sama sekali. Untuk mengatasinya, berikut beberapa metode yang dapat anda lakukan.

Masalah Pada Smartphone

1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda coba yakni dengan memuat ulang smartphone anda. Atau bisa juga dengan mematikan smartphone selama beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

Dan cobalah untuk membuka kembali aplikasi yang error atau macet tersebut.

2. Periksa Konektivitas Jaringan

Untuk yang kedua, anda bisa periksa konekvitas jaringan apabila aplikasi yang dimaksud terhubung dengan Internet seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, atau yang lainnya. Pastikan jaringan Internet benar – benar lancar, baik menggunakan paket data ataupun WiFi.

Anda bisa cek pada pengaturan tanggal dan waktu apakah sudah betul atau belum. Selain itu, manfaatkan mode penerbangan untuk mematikan koneksi jaringan dan menyalakannya kembali. Fitur tersebut sangat efektif dalam memaksimalkan jaringan smartphone.

3. Tutup Aplikasi & Buka Kembali

Yang ketiga, cobalah untuk menutup aplikasi secara paksa, hal ini dapat sangat membantu masalah error pada aplikasi dan biasanya karena memori RAM yang penuh. Kemudian nanti anda bisa membuka kembali.

Untuk melakukannya, anda bisa lihat langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka Settings » Apps » pilih “NAMA APLIKASI” » Kemudian tap “Force Stop”

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada Smartphone SONY Xperia C5 Ultra Dual.

4. Hapus Cache Aplikasi

Selanjutnya, cobalah untuk membersihkan cache atau tembolok pada aplikasi tersebut. Cache merupakan file sementara yang sifatnya membantu pengguna untuk mempercepat akses pada suatu file aplikasi.

Namun disisi lain cache juga perlu dihapus karena terkadang menggangu saat aplikasi berjalan. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi SONY

  • Buka Settings » Apps » pilih “NAMA APLIKASI” » Storage » Kemudian tap “Hapus Cache”

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada Smartphone SONY Xperia C5 Ultra Dual.

5. Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya, cobalah untuk menghapus juga data pada aplikasi terkait. Hapus data yang dimaksud disini berkaitan juga dengan cache, basis data, Pengaturan Aplikasi, History Pencarian, data login, serta file – file sementara lainnya.

Setelah menghapus data, anda bisa buka dan login pada aplikasi tersebut. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi SONY

  • Buka Settings » Apps » pilih “NAMA APLIKASI” » Storage » Kemudian tap “Hapus Data”

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada Smartphone SONY Xperia C5 Ultra Dual.

6. Perbarui Aplikasi Via Google Play Store

Selanjutnya, cobalah untuk memperbarui Aplikasi langsung dari Google Play Store atau market store lain yang ada di HP SONY anda. Dengan melakukan hal ini, tentu stabilitas aplikasi akan berjalan lebih optimal.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan pembaruan fitur pada aplikasi tersebut. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Update Aplikasi Instagram

  • Buka Google Play Store, kemudian cari “NAMA APLIKASI” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

NOTE: Apabila pembaruan tidak tersedia, anda bisa abaikan metode ini.

7. Menghapus Pembaruan Untuk Aplikasi

Selanjutnya, cobalah untuk menghapus pembaruan pada aplikasi terkait. Sebenarnya, ada dua opsi menghapus data dan menghapus pembaruan. Keduanya intinya sama, hanya saja untuk pembaruan ya hanya pembaruan aja, tidak termasuk basis data, cache, dan lainnya.

Semua data login akan terhapus, seperti informasi masuk dan setelan.

8. Instal Ulang Aplikasi

Selanjutnya, anda bisa menghapus dan menginstal kembali aplikasi. Caranya mudah, pertama anda hapus aplikasi, kemudian bersihkan cache menggunakan Aplikasi Cleaner, dan lakukan restart. Setelah itu, barulah anda nantinya instal kembali aplikasi langsung dari Google Play Store.

Untuk menghapus aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi SONY

  • Buka Settings » Apps » pilih “NAMA APLIKASI” » Kemudian tap “Uninstall”

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada Smartphone SONY Xperia C5 Ultra Dual.

9. Lakukan Reset Pada Perangkat

Selanjutnya, Reset Ulang Smartphone SONY Xperia. Perhatikan bahwa melakukan metode ini akan menghapus semua data pribadi anda yang tersimpan di memori internal. Jika perlu, anda bisa melakukan backup via komputer atau pc menggunakan perangkat lunak Xperia Companion.

Sedangkan untuk melakukan Factory Reset manual via Setelan SONY, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Factory Reset SONY Xperia

  • Buka menu Settings » Backup & Reset » Factory Data Reset » Kemudian anda tap “Reset Phone”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada Smartphone SONY Xperia C5 Ultra Dual.

10. Kemungkinan Aplikasi Tidak Kompatible

Apabila semua yang anda lakukan tidak mengatasi masalah anda sama sekali, maka kemungkinan lain bisa jadi aplikasi tidak kompatible. Dapat dimisalkan anda mengunduh aplikasi selain dari Google Play Store, atau bisa jadi developers aplikasi tidak melakukan update aplikasi sehingga lama – kelamaan tidak kompatible dengan versi yang baru.

Jika memungkinkan, anda bisa gunakan aplikasi lain yang fungsi dan fiturnya sama, seperti misalnya anda ingin mengedit foto, video, atau yang lainnya.

Akhir Kata,

Itulah beberapa metode sederhana yang dapat anda lakukan dalam Mengatasi Masalah Error Pada Aplikasi SONY Xperia, semoga dapat membantu. Memang betul, metode yang saya berikan memang masih bersifat sederhana, kurang lengkap, dan jauh dari kata sempurna.

Anda bisa memberikan tips atau solusi lain yang mungkin lebih baik melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here