4 Cara Blokir dan Membuka Blokir Kontak WhatsApp

Sebagai aplikasi messenger terbaik, WhatsApp memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari Chatting, Voice Call, berkirim gambar, video, dokumen, dan sebagainya. Terlebih pengguna WhatsApp sangat banyak, bahkan mungkin beberapa dari teman Anda juga menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi untuk berkirim pesan dari teman satu ke teman lainnya.

Namun bagi Anda yang merasa tidak ingin ada teman tertentu yang tidak Anda sukai dan tidak ingin menerima pesan dan telepon dari dia, tentunya Anda bisa melakukan blokir. Atau mungkin ada orang tidak dikenal yang selalu menghubungi Anda. Mungkin saja Anda memiliki masalah pribadi sehingga ingin memblokir kontak tersebut, atau bisa juga karena Anda tidak kenal dengan kontak tersebut dan terus menerus mengirim pesan ke Anda sehingga membuat Anda ingin memblokirnya.

Dengan blokir semua aktivitas di WhatsApp Anda tidak akan pernah dilihat oleh kontak yang Anda blokir tersebut, maka dari itu sebelum melakukan pemblokiran pastikan Anda benar-benar ingin yakin untuk memblokir. Untuk melakukannya, simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 2 Cara Mengganti Wallpaper Chat WhatsApp

Cara Blokir dan Membuka Blokir WhatsApp

Untuk blokir kontak teman/ orang tidak dikenal di WhatsApp sebenarnya mudah sekali untuk dilakukan. Cara yang saya berikan bisa Anda terapkan pada semua perangkat Android, tapi sebelumnya pastikan WhatsApp Anda sudah berada pada versi terbaru agar tampilan dan cara yang saya berikan lebih ter-arah dan lebih mudah Anda memahaminya.

1. Memblokir Kontak WhatsApp

1 Cara Blokir Kontak WhatsApp
1. Tutorial memblokir kontak orang tidak dikenal WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Untuk memblokir kontak, Anda bisa masuk pada profil pengguna tersebut. Kemudian Anda bisa memilih opsi blokir di dalamnya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperjelas.

  1. Buka WhatsApp, dan pilih kontak yang ingin Anda blokir.
  2. Masuk ke halaman profil pengguna tersebut.
  3. Tap Blokir » konfirmasi lagi dengan Blokir.
  4. Selesai.

Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga dapat melakukannya melalui menu Setelan. Temukan/ pilih kontak yang ingin Anda blokir. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka WhatsApp, tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Akun » Privasi » Kontak Terblokir.
  3. Tap ikon + yang ada di bagian atas untuk menambahkan kontak.
  4. Cari/ temukan kontak yang ingin Anda blokir.
  5. Tunggu beberapa saat maka kontak tersebut berhasil diblokir.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Backup Chat WhatsApp

2. Membuka Blokir Kontak WhatsApp

2 Cara Membuka Blokir Kontak WhatsApp
2. Tutorial membuka blokir kontak WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Selain memblokir, Anda juga bisa membatalkan pemblokiran. Pilihan ini mungkin telah menjadi pertimbangan untuk tidak lagi memblokir kontak tersebut. Caranya sama, Anda bisa masuk profil pengguna kemudian lakukan batalkan pemblokiran. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka profil pengguna yang Anda blokir tersebut.
  2. Tap Buka Blokir untuk membatalkan pemblokiran.
  3. Terlihat kontak tidak lagi diblokir.
  4. Selesai.

Selain masuk pada profil pengguna, Anda juga dapat melakukannya melalui menu Setelan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  1. Tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Akun » Privasi » Kontak Terblokir.
  3. Pilih kontak yang ingin Anda buka pemblokirannya.
  4. Tap Buka blokir nama pengguna untuk membatalkan pemblokiran.
  5. Tunggu beberapa saat maka kontak tersebut tidak lagi diblokir.
  6. Selesai.

Lihat Juga : Cara Mengetahui Nomor Sendiri WhatsApp

Apa yang akan terjadi apabila kontak telah diblokir?

Perlu Anda tahu bahwa memblokir kontak yang ada di WhatsApp tidak akan menghapus kontak di WhatsApp tersebut. Artinya kontak teman Anda masih ada, tetapi tidak bisa melakukan apa-apa. Tidak bisa mengirim pesan, telepon, mendapatkan pembaruan dari Anda, dan lainnya. Terkecuali jika Anda menghapus kontak pada Memori Telepon maka secara otomatis di Aplikasi WhatsApp akan hilang.

  • Kontak yang telah Anda blokir tidak akan bisa saling berhubungan. Anda tidak bisa mengirim pesan ke kontak terblokir tersebut, sebaliknya kontak yang sudah diblokir juga tidak bisa mengirim pesan ke Anda. Hal ini juga berlaku pada panggilan telepon dan voice call.
  • Pembaruan status (story) yang Anda buat tidak bisa dilihat oleh orang tersebut, entah itu foto, gambar, video, dan sejenisnya.
  • Pesan grup (yang mana Anda juga ada di dalamnya) tidak bisa saling melihat/ membaca pesan yang Anda tulis. Sebaliknya, Anda juga tidak dapat membaca pesan pengguna yang telah Anda blokir tersebut.
  • Pembaharuan yang Anda lakukan mengenai foto profil dan WhatsApp tidak akan terlihat di WhatsApp teman Anda yang sudah Anda blokir.
  • Kontak yang telah Anda blokir bisa berhubungan dengan Anda lagi, apabila Anda telah membuka atau membatalkan pemblokiran.
  • dll…

Lihat Juga : 2 Cara Backup Chat WhatsApp ke Format TXT

Penutup,

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai cara memblokir dan membuka blokir kontak WhatsApp, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Tips WhatsApp

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.