4+ Cara Mengatasi Nada Dering Telepon Tidak Berbunyi di HP OPPO

Dianisa.comPanggilan telepon menjadi salah satu bagian dari komunikasi yang biasa dilakukan oleh pengguna smartphone ataupun gadget. Walaupun saat ini WhatsApp, Telepon, FB Messenger telah menjadi aplikasi yang mampu hadirkan panggilan gratis namun panggilan telepon tetap menjadi opsi panggilan yang tidak bisa ditinggalkan.

Hal ini dikarenakan pada kondisi tertentu, panggilan telepon dapat menjadi andalan, tanpa koneksi internet dan tidak terbatas dengan aplikasi apapun, terlebih untuk pengguna (yang dipanggil) masih menggunakan HP jadul yang hanya bisa digunakan untuk sms dan panggilan telepon.

Sebagai pengguna, prioritas dalam berkomunikasi sangatlah penting, apalagi untuk panggilan telepon yang biasa digunakan untuk berbisnis atau untuk kebutuhan penting lainnya. Artinya, nada dering yang tidak berbunyi tentu membuat pengguna tidak mengetahui apakah ada panggilan masuk atau tidak, selagi pengguna tidak memegang smartphone atau gadget.

Masalah HP OPPO

Masalah Notifikasi Android

Masalah Nada Dering

Nada Dering Tidak Bunyi di HP OPPO

Kembali ke topik pembahasan, untuk kali ini saya akan berbahas terkait masalah nada dering panggilan tidak bunyi pada smartphone OPPO. Masalah ini terjadi karena banyak hal, kemungkinan karena kelalaian pengguna (tidak berada pada mode dering dan tidak terpilih nada yang ada) atau bisa jadi memang aplikasi telepon bermasalah.

Atau untuk hal lain yang mungkin tidak terduga ialah, speaker panggilan telepon bermasalah. Namun untuk bagian ini jarang terjadi dan kebanyakan memang terjadi masalah pada sistem atau aplikasi terinstal. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

#1. Pastikan Memilih Mode Dering

Pertama, pastikan smartphone kamu tidak berada pada mode diam, hening, atau getar. Pada beberapa smartphone ketika mode ini diaktifkan, maka panggilan yang masuk tidak akan bunyi, meskipun nada dering atau telepon telah terpilih.

Coba lakukan pengecekan pada status bar notifikasi atas atau bawah. Tes dengan mengaktifkan mode dering kemudian lakukan panggilan menggunakan smartphone lain (pinjam teman apabila tidak memiliki dua smartphone). Apabila nantinya panggilan berbunyi, maka dapat dipastikan mode smartphone menjadi penyebabnya.

Jika nantinya masih tidak normal, coba lakukan metode berikutnya.

#2. Cek Apakah Nada Dering Telah Terpilih

Selain hal diatas, kamu juga perlu melakukan pengecekan pada bagian nada dering, apakah sudah terpilih atau bertuliskan tidak ada. Hal ini menjadi sangat penting, ketika nada tidak terpilih maka sampai kapanpun setiap panggilan masuk tetap tidak akan ada bunyi sama sekali. Terkadang, kelalaian pengguna menjadi salah satu penyebabnya.

Karena UI smartphone OPPO (ColorOS) selalu update, maka bisa jadi opsi pilihan akan sedikit berbeda, kamu bisa menyesuaikan apabila nanti ada sedikit perbedaan dari metode yang saya berikan dibawah ini.

Cek Nada Dering Telepon

  • Masuk menu Pengaturan » Suara dan Getaran » Nada Dering Ponsel » kemudian pastikan kamu memilih nada dering. Apabila kamu tidak suka nada dering bawaan, kamu bisa memilih opsi lain dengan tap Pilih dari file ..

#3. Cek Pemberitahuan dan Bilah Status

Pada bagian pemberitahuan dan bilah status, pastikan aplikasi Telepon opsi suara dan getaran berada pada posisi aktif atau enable. Aktifnya bagian ini akan membuat suara dan getaran saat ada panggilan masuk dapat terdengar. Selain itu, untuk lebih maksimal, kamu bisa aktifkan pemberitahuan prioritas agar disaat ada panggilan telepon (dalam mode jangan ganggu) tetap menyala dan terdengar.

Untuk melakukannya, kamu bisa masuk pada fitur pemberitahuan dan bilah status kemudian lihat pada bagian aplikasi telepon. Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Cek Pemberitahuan dan Bilah Status

  • Masuk menu Pengaturan » Pemberitahuan dan Bilah Status » Kelola Pemberitahuan » pilih Telepon » kemudian pastikan Suara dan Getaran Pemberitahuan berada pada posisi enable dan nyalakan bagian Pemberitahuan Prioritas agar lebih maksimal dalam menerima notifikasi masuk.

#4. Hapus Data Aplikasi Telepon

Apabila beberapa metode diatas tidak membantu sama sekali, cobalah untuk menghapus data aplikasi, ini akan menjadikan aplikasi telepon kembali pada posisi default. Dan diharapkan aplikasi dapat normal kembali. Pada smartphone OPPO sendiri, ada dua aplikasi penting yang berhubungan dengan panggilan mausk, yakni Ponsel dan Telepon.

Untuk melakukan penghapusan basis data, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Ponsel

  • Masuk menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Manajemen Aplikasi » pilih Ponsel » kemudian tap Hapus Data.

Hapus Data Aplikasi Telepon

  • Masuk menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Manajemen Aplikasi » pilih Telepon » kemudian tap Hapus Data.

Kesimpulan,

Dengan melakukan hal – hal diatas, diharapkan masalah dapat terselesaikan. Terkadang, nada panggilan masuk memang susah – susah gampang untuk teratasi, karena ada sebagian pengguna yang telah melakukan penyetelan pada nada dering, pemberitahuan, dan lainnya namun nada tetap tidak mau berbunyi.

Bisa jadi memang speaker telepon bermasalah, namun ini hanyalah asumsi. Jikapun bermasalah, tentunya panggilan telepon juga tidak akan berbunyi. Asumsi lain, bisa jadi sistem yang bermasalah, solusinya hanya dengan reset sistem atau flashing ulang smartphone OPPO.

Satu lagi yang perlu diperhatikan, pastikan kamu menaikkan volume dering, agar nada dapat terdengar. Karena bisa jadi masalahnya hanya pada volume dering yang dikecilkan pada titik nol akhirnya nada tidak dapat terdengar. Ingat! Human error dapat menjadi penyebabnya.

Itulah beberapa solusi dalam mengatasi masalah pada nada dering panggilan masuk OPPO, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin kamu tanyakan atau ada hal lain yang ingin disampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.