10 Cara Daftar Aplikasi Signal

Awal tahun 2021, WhatsApp melakukan perubahan terhadap kebijakan privasi pengguna. Inti dari kebijakan tersebut mengharuskan pengguna untuk berbagi data ke Facebook selaku perusahaan induk. Data yang dimaksud berupa nomor telepon, kontak, data transaksi, chat, interaksi dengan pengguna lain, dan sebagainya. Tidak semua pengguna setuju dengan kebijakan tersebut. Pengguna yang peduli dengan data dan privasinya tidak ingin datanya digunakan untuk Facebook demi meningkatkan layanannya.

Kebijakan tersebut membuat sebagian pengguna mulai beralih menggunakan aplikasi chat lain, seperti Telegram dan Signal. Signal menjadi salah satu aplikasi chat yang mulai banyak dilirik pengguna Android dan iOS lantaran lebih aman ketimbang aplikasi serupa lainnya.

Lihat Juga : 10 Cara Daftar Akun WhatsApp

Apa itu Signal?

Apa itu Signal
Apa itu Signal? | Sumber Gambar : Vox
PengembangSignal Foundation, Signal Messenger, dan kontributor
Rilis Awal21 Juli 2014
Sistem OperasiAndroid, iOS, Windows, MacOS, Linux.
JenisPanggilan suara, panggilan video, dan pesan instan.
Situs Websignal.org

Signal merupakan aplikasi pesan instan terenkripsi lintas platform  yang dikembangkan oleh Signal Foundation dan Signal Messenger. Aplikasi ini menggunakan koneksi internet untuk menghubungkan antara pengguna satu dengan pengguna lainnya.

Signal memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara dan video hingga 8 orang di Android, iOS, dan desktop. Signal juga memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, file, catatan suara, gambar, video, dan GIF. Semua komunikasi Signal dilakukan enkripsi end-to-end. Pada versi Android, Signal bisa juga digunakan sebagai aplikasi default untuk pesan SMS dan MMS.

Signal merupakan aplikasi penerus dari panggilan suara terenkripsi RedPhone dan program SMS terenkripsi TextSecure. Versi beta dari RedPhone dan TextSecure pertama kali diluncurkan pada Mei 2010 oleh Whisper Systems. Pada tahun 2015, kedua program RedPhone dan TextSecure digabungkan menjadi Signal (yang kita kenal hingga saat ini). Kemudian pada tahun 2017, Signal tersedia untuk versi Windows. MacOS, dan beberapa distributor Linux tertentu.

Lihat Juga : 10 Cara Daftar Akun Telegram

Cara Daftar Signal

Untuk menggunakan Signal, Anda bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Play untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone). Ikuti petunjuk di bawah ini untuk daftar aplikasi Signal.

Step 1: Langkah pertama, unduh aplikasi Signal melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone).

1 Install aplikasi Signal
1. Download Signal melalui Google Play Store. RUDI DIAN ARIFIN
  • Ketik di pencarian Signal maka nantinya Anda akan menemukan aplikasinya. Tap Install untuk memasang aplikasi dan tunggu sampai proses unduhan dan instalasi selesai dilakukan.

Step 2: Selanjutnya, buka aplikasi dan lakukan perizinan untuk mengakses semua kontak dan media agar dapat saling terhubung dengan pengguna lain. Tenang saja, hal ini tidak akan mengganggu privasi pengguna.  

2 Perizinan Aplikasi Signal
2. Lakukan perizinan untuk akses kontak dan media ponsel. RUDI DIAN ARIFIN
  • Tap Lanjutkan » Lanjutkan » kemudian izinkan aplikasi untuk mengakses kontak dengan tap Izinkan.
  • Izinkan Signal untuk mengakses foto, media dan file pada perangkat Anda? Tap Izinkan.
  • Izinkan Signal untuk buat dan kelola panggilan telepon? Tap Izinkan.

Step 3: Pada tahap ini, Anda bisa mulai membuat akun menggunakan nomor telepon yang Anda miliki.

3 Membuat akun Signal
3. Daftar dengan nomor telepon aktif yang Anda miliki. RUDI DIAN ARIFIN
  • Pilih lokasi dan masukkan nomor telepon aktif yang Anda gunakan. Tap Berikutnya untuk melanjutkan.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor Anda tersebut.
  • Buat nama profil dan upload foto profil. Tap Berikutnya untuk Melanjutkan.

Step 4: Pada tahan ini, Anda diminta untuk membuat PIN untuk akun Signal. Hal ini dilakukan agar pengguna lebih aman dan semua pesan akan ter-enkripsi menggunakan PIN tersebut.

4 Membuat PIN Signal
4. Buat PIN untuk akun Signal Anda. RUDI DIAN ARIFIN
  • Masukkan PIN baru yang terdiri minimal 4 digit angka/ atau bisa juga menggunakan alfanumerik. Kemudian tap Berikutnya.
  • Ulangi PIN yang Anda masukkan sebelumnya. Tap Berikutnya.
  • Selamat! Anda telah berhasil membuat akun Signal.

Selesai membuat akun, Anda bisa mulai melakukan chat dengan teman yang terdaftar di Signal. Anda juga bisa meng-explore semua menu dan fitur-fitur yang ada di Signal.

Lihat Juga : 10 Cara Daftar Akun Instagram

Kesimpulan,

Signal dapat menjadi alternatif baru dalam berkomunikasi melalui pesan instan secara aman dan nyaman. Pihak Signal berkomitmen untuk tidak menampilkan iklan sepenuhnya kepada para pengguna. Anda bisa menggunakan Signal melalui perangkat Android, iOS, Windows, dan Mac. Untuk program desktop, Signal mengharuskan pengguna untuk mendaftar dahulu pada perangkat mobile.

Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.