7 Cara Belanja di eBay

Sandang, Pangan, Papan merupakan 3 kebutuhan pokok utama manusia untuk hidup dalam arus deras perkembangan dunia yang kian keras disetiap waktunya. Sebut saja pada tahun 2020 yang digadang-gadang sebagai tahun terburuk dalam beberapa dekade. Orang-orang dipersulit oleh berbagai aturan serta protokol yang diterapkan demi keamanan mereka yang berbuah kepada lambatnya pertumbuhan ekonomi rakyat.

Namun meski begitu manusia harus terus hidup! Walaupun dunia menuju akhir sekalipun perdagangan tidak akan pernah kuncup. Dalam situasi seburuk pandemi saja, banyak pedagang besar maupun kecil tidak kehabisan akal dalam bertahan menghadapi situasi krisis yang menghantam perekonomian dunia. Hal ini dipicu karena semakin banyak orang konsumtif dalam masa-masa seperti ini, dimana membuat para penjual beralih menjadi pedagang online untuk menyesuaikan situasi pasar yang semakin fleksibel.

Selain e-commerce lokal, para konsumen marketplace di Indonesia juga membeli barang-barang yang mereka inginkan dari luar negri. Dengan melalui perusahaan e-commerce ternama seperti Aliexpress, Amazon.com ataupun eBay.  Mungkin ada dari anda yang masih merasa asing dengan dengan nama eBay? Jangan salah e-commerce ini termasuk dalam jajaran perusahaan pemasaran digital raksasa yang bergerak dan berkembang di amerika sejak tahun 1995.  

Selain di Amerika, eBay juga dikenal secara mendunia berkat strategi bisnis pemasaranya yang menggunakan taktik digital. Dengan memeriksa aktivitas permintaan di search engine berbasis internet lainya. eBay rutin memperkenalkan produk yang sudah ada ke daerah-daerah baru. Sehingga memperluas area pasarnya hingga Asia Pasifik.   

Lihat Juga : 4 Cara Belanja di Shopee Untuk Pemula

Apakah eBay marketplace terbaik?

Pertanyaan ini cukup menarik, pasalnya jika kita melihat kepopulerannya eBay cukup terkenal bahkan sampai muncul dan dibahas dalam salah satu adegan film animasi berjudul Ralph Breaks the Internet yang digarap Disney dan dirilis pada 2018 lalu. Tapi apakah itu membuktikanya sebagai yang terbaik? Mari kita bandingkan dengan marketplace besar lainya seperti Amazon.com.

Ada beberapa perbedaan antara eBay dengan Amazon. Salah satunya ialah eBay hanya memfasilitasi seorang penjual agar mendagangkan barangnya di marketplacenya. Dengan kata lain eBay tidak punya kepemilikan  atas produk yang dijual didalamnya. Dan hanya sebagai perantara antara penjual dengan pembeli. Sedangkan Amazon memiliki brandnya sendiri yang tentunya memiliki harga yang lumayan dengan kualitasnya, apabila anda tertarik silahkan cek disini.

Tidak dapat dipungkiri juga, bahwasanya eBay dengan Amazon memiliki kepopularitasanya sendiri didunia. Jika kita bandingkan melalui jumlah pembeli aktifnya Amazon memiliki sekitar 197.000.000 per bulannya. Lain halnya dengan eBay yang memiliki 180.000.000 pembeli aktif dan 2.000.000 transaksi berlangsung setiap harinya. Bisa dibilang keduanya seimbang tergantung selera pembeli dan kualitas dari marketplace itu sendiri.

Lihat Juga : Panduan Belanja di Tokopedia

Apakah eBay terpercaya?

Keamanan Pembayaran

Pertanyaan klasik yang selalu berdengung ditelinga para pembeli ketika hendak menginjakan kakinya kedalam marketplace baru. Hal ini sangat lumrah untuk dibahas, pasalnya seorang pembeli pastinya mengeluarkan kocek yang mereka punya kedalam suatu platform yang masih asing baginya. Dan tentu saja hal tersebut memicu rasa was-was.

Seperti marketplace resmi lainya, eBay juga memiliki regulasi keamanannya sendiri serta perlindungan pembeli atau buyer protection. Supaya para pelangganya agar terjamin keamanan uang serta hak yang mereka miliki ketika berbelanja di eBay. Selain itu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan pembeli mesti mengetahui seller trustworthiness (tingkat kepercayaan penjual) terlebih dahulu.

Hal ini dapat anda cek pada setiap jumlah feedback yang diterima penjual disetiap produk yang mereka dagangkan. Kebanyakan penjual yang memiliki presentasi feedback positif diatas 98% bisa dipastikan dapat dipercaya. Apalagi Top Rated Seller yang memiliki jaminan kepercayaan dari eBay mengenai keamanan yang dimiliki oleh penjual tersebut.  

Lihat Juga : 9 Cara Belanja di Amazon untuk Pemula

Cara Belanja di eBay

Apabila anda cukup tertarik dengan produk apa saja yang dijual oleh eBay, anda dapat mengikuti langkah-langkah berbelanjanya dibawah ini. Tentunya lengkap dengan  penjelasan keamanan belanja di eBay hingga produk dikirim kerumah anda. Perlu diingat juga bahwasannya eBay tidak selalu memiliki produk yang dijual dan dikirim ke Indonesia. Dengan alasan bahwa mayoritas seller pada eBay bermukim diluar negri. Bahkan terkadang ada penjual yang hanya mau melayani pengiriman domestik pada negaranya saja.

Namun jangan khawatir akan hal itu karena sebenarnya anda dapat mengatur untuk menampilkan barang dikirim ke indonesia saja yang tampil pada list pencarian di eBay. Caranya sangat mudah, dengan klik “Ship to” pada bagian atas search engine situs eBay. Jika anda sudah siap dengan semuanya mari kita menuju pada langkah berikutnya.

Ship to eBay

1. Membuat Akun di eBay

STEP 1: Pertama masuklah ke website eBay disini, kemudian klik “register” pada pojok kiri atas. Anda nanti akan diarahkan ke halaman yang berisi formulir pendaftaran untuk membuat akun eBay, jika tidak mau ribet eBay juga menyediakan opsi pilihan register akun via akun Google, Facebook dan Apple yang berada disamping kanan menu formulir.  

Register eBay

STEP 2: isilah formulir pendaftaran dengan jelas dan usahakan untuk menggunakan email utama yang anda miliki untuk registrasinya. Hal ini disarankan dengan tujuan keamanan akun, selain itu apabila terjadi sesuatu dengan akun yang didaftarkan ini anda dapat segera melakukan tindakan dengan menghubungi customer service eBay. 

Pendaftaran Akun eBay

STEP 3: Konfirmasi akun eBay anda melalui verifikasi nomor yang dikirim lewat emai yang telah anda isi pada eBay tadi, dan akun anda siap digunakan.  

Lihat Juga : 4 Cara Belanja di AliXpress Untuk Pemula

2. Mulai Berbelanja!

eBay menyediakan ratusan jenis barang dengan beragam variasi yang unik yang menunggu untuk anda beli, oleh karena itu anda sebaiknya memilih dengan hati-hati pada halaman pencarian untuk menemukan barang terbaik yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Hal ini sangat disarankan untuk anda, pasalnya sering ditemukan barang yang sama dengan harga berbeda pada kolom list pencarian barang oleh karena itu disarankan untuk berhati-hati.

STEP 1: Masukan nama barang yang akan dibeli pada search engine pencarian produk. Dalam contoh ini penulis mengisinya dengan Iphone, anda juga dapat menggunakan opsi serta tools yang disediakan eBay untuk memilih barang terbaik sesuai selera dan kantong anda. Misalnya saja seperti tools yang dilingkari pada gambar dimana fungsinya membuat seorang pembeli dapat mengurutkan barang yang dicari sesuai dengan ketetapan harga, kualitas, kelarisan, barang baru dan lainya.

Halaman Pencarian eBay

 STEP 2: klik barang yang anda inginkan kemudian periksalah deskripsi barang tersebut, hal ini berguna bagi kita sebagai pembeli untuk megetahui informasi secara jelas mengenai barang yang akan dibeli. Anda juga bisa klik “See Feedback” untuk mengetahui tanggapan pembeli lain yang pernah membeli barang tersebut, jika anda masih belum puas dan masih ingin mempertimbangkanya klik “Add Watchlist” untuk menyimpan barang tersebut pada list history barang yang baru saja dilihat. 

Halaman Pembelian eBay

Sebagai tambahan anda juga dapat mengatur tipe variasi barang yang ingin dibeli seperti misalnya Iphone, Smartphone, Laptop maupun barang lainya dengan memilih warna ataupun ukuran penyimpanan, jumlah barang dibeli pada tempat yang telah dilingkari pada gambar.

Lihat Juga : Cara Belanja di Bukalapak + Pembayaran Alfamart

STEP 3: klik “Buy Now” untuk lanjut ke langkah pembayaran, sebelum masuk kelangkah pembayaran nantinya anda akan diminta untuk mengisi form alamat tujuan pengiriman dari barang tadi, berikut langkah mengisinya:

Form Isi Alamat
  • Isi kolom atas dengan negara asal anda.
  • kemudian isi kolom Address dengan alamat anda tinggal.
  • pada kolom Additional Optional anda boleh mengisi alamat spesifik mengenai tempat tinggal anda misalnya nomor rumah ataupun RT/RW. 
  • Isilah kota dimana anda tinggal pada kolom City
  • Lalu pada kolom State/Province/Region anda dapat mengisinya dengan provinsi tempat tinggal sedangkan postal code merupakan kolom untuk mengisi kode pos wilayah tujuan pengiriman. Jika anda bingung dengan kode pos wilayah anda silahkan cari pada Pos Indonesia dalam tautan ini
  • Periksa kembali alamat yang telah anda isi tadi, jika dirasa sudah benar silahkan klik “Go to Checkout” nantinya anda akan dipindahkan ke halaman baru untuk membeli barang tadi, klik “Commit to Buy” sebagai tanda anda telah setuju untuk membeli.

STEP 4: Selanjutnya anda hanya perlu memilih metode pembayaran dan seperti yang dilihat disini Cuma tersedia tiga opsi yaitu Debit Card, Paypal dan Paypal credit. Karena kebanyakan masyarakat indonesia tidak memiliki kartu  kredit metode pembayaranya disarankan melalui Paypal. Setelah anda selesai melakukan transaksi pembayaran melalui PayPal klik “Confirm and Pay” dan tunggulah sampai barang anda dikirim.

Checkout Pilihan Pembayaran

Biasanya sih estiminasi barang sampai ke Indonesia kisaran 10-15 hari sesuai dengan jasa kirim yang dipakai penjual, anda juga tidak perlu khawatir apabila barang tidak dikirim sampai waktu yang ditentukan karena uang tersebut akan kembali pada saldo paypal anda. Dan apabila ada kendala lain anda dapat menghubungi customer service eBay disini.

Lihat Juga : Cara Belanja di Blibli.com, Bayar via Indomaret

Kelebihan eBay 

eBay memiliki keunggulan pada sistem yang dapat meminimalisir resiko terjadinya kecurangan karena adanya regulasi perlindungan pembeli melalui pembayaran PayPal. Selain itu eBay juga memiliki sistem Lelang yang memungkinkan pembeli mendapatkan barang-barang langka dan sulit dicari pada platform e-commerce lain.  eBay juga menjadi salah satu pusat grosir barang-barang murah sehingga penjual dari tempat lain bisa membeli barang dengan nilai terjangkau walaupun berjumlah banyak untuk didagangkan pada pada tempatnya.

Kekurangan eBay

Sayangnya eBay memiliki tampilan yang terkesan lawas dan memiliki layout yang tidak terstruktur dengan baik. Hal ini menjadi poin minus dibandingkan dengan pesaingnya seperti Aliexpress yang dimana selalu memberikan tampilan yang fresh dan lebih nyaman dipandang mata pada setiap updatenya. Selain itu pada sistem pencarianya terkadang ada kendala apabila anda hendak mencari film dikarenakan tidak dimasukan kategori film pada format eBay.

Lihat Juga : 5 Cara Belanja di Lazada

Akhir Kata,

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai panduan belanja di eBay, kesimpulan yang bisa kita dapat ialah eBay merupakan platform jual beli terbesar didunia dengan lebih dari miliaran produk yang dijual didalamnya. Dan juga merupakan marketplace raksasa yang tidak kalah dengan amazon meskipun eBay masih belum memiliki brand dari produk mereka sendiri.

Regulasi serta keamanan yang dimilikinya juga jelas dan terjamin pasalnya jutaan orang telah membuktikan dan mencoba berbelanja disini, tapi saya juga tidak memungkiri bahwasanya belanja online pada platform manapun memiliki keamanan yang terjamin 100%. Terimakasih dan selamat mencoba !!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.