9 Cara Belanja di Amazon untuk Pemula

Didalam pergerakan roda gigi bisnis dunia terdapat orang-orang hebat dengan cara berfikir yang melampaui pemahaman khalayak umum. Jika tidak, mana mungkin dunia dapat berkembang sejauh ini hanya dalam waktu yang singkat. Bayangkan! Hanya dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun saja keadaan telah berubah, perhatikan lingkungan sekitar anda dan bandingkan kondisinya dengan beberapa dekade lalu pasti banyak perubahan pesat yang tentunya berkaitan dengan tablet genggam yang biasa orang-orang sebut dengan ponsel atau lebih akrab dipanggil smartphone.

Dan tentu saja hal ini semata-mata disebabkan bukan karena teknologinya namun konten serta sajian informasi yang tersedia didalamnya. orang-orang dapat menghabiskan berjam-jam hanya untuk sekedar menikmati esensinya mulai dari bermain game, bersosial media, berkomunikasi bahkan berbelanja secara daring pun dapat dilakukan hanya dengan sentuhan jari.

Layanan tersebut dapat anda nikmati sekarang berkat kerja cerdas dari seorang founder online shop terkaya didunia yang bernama Jeff Bezos. berkat usahanya dirinya mampu melahirkan waralaba raksasa bernama Amazon.com yang mana kesuksesanya menginspirasi pengusaha-pengusaha lain dalam mengembangkan dunia online shop hingga besar dan berjaya seperti sekarang ini. 

E-Commerce Paling Populer saat ini

Mungkin tidak banyak orang yang tau ini, tapi percaya atau tidak Jeff Bezos awalnya membangun Amazon sebagai pasar online untuk toko buku. Namun karena usaha cerdas yang dia lakukan, beliau menyadari sebuah peluang, sehingga Amazon mulai tumbuh dan memperluas jangkauan barang yang dijual didalamnya mulai dari barang riil sampai perangkat lunak tersedia di Amazon.  

Seperti yang telah penulis bahas diatas, Jeff Bezos adalah contoh dari salah satu tokoh yang ikut andil dalam penggerak bisnis dan ekonomi dunia. Bagaimana tidak? Pada 2018 lalu saja dirinya telah mengumumkan layanan Amazon Prime selama dua hari telah mencapai 100 juta pelanggan diseluruh pelosok bumi. Apabila dikira-kira Jeff Bezos telah memenuhi kebutuhan barang dari 50% jumlah total penduduk Indonesia.  

Namun, kali ini kita akan membahas mengenai apa yang telah dibangun Jeff Bezos yaitu Amazon. Secara garis besar Amazon.com merupakan perusahan dagang online berskala multinasional yang berkembang dan berdiri di Amerika. Dan diakui sebagai salah satu perusahaan teknologi Big four yang diantaranya diisi oleh Google, Apple & Facebook. Berkat kepopulerannya masyarakat dunia sering berkunjung dan membeli barang-barang di Amazon dengan berbagai tujuan personal yang mereka miliki.

Walaupun begitu, nyatanya masyarakat Indonesia sendiri masih awam dengan situs Amazon.com karena keterbatasan Informasi serta beberapa faktor X, seperti sterotype yang menyatakan bahwasanya belanja online dalam situs luar negri itu susah dan kurang terjamin keamanannya dan lain-lain.

Oleh karena alasan tersebutlah artikel ini dibuat untuk memberikan Informasi kepada anda mengenai cara berbelanja di Amazon.com. seperti kata mereka, “Tak kenal maka tak sayang” sebelum anda mencari tahu langkah berbelanja di Amazon ada baiknya jika anda memahami dan mengenal Amazon.com melalui penjelasan ringkas berikut ini.  

Lihat Juga : 4 Cara Belanja di AliExpress untuk Pemula

Apa Itu Amazon?

Belanja di Amazon
Image Source : businessinsider.com

Amazon merupakan perusahaan teknologi multinasional yang berdiri di Amerika yang berfokus kepada e-commerce, Stream Digital, Komputasi Awan dan Kecerdasan Buatan. Amazon juga lebih dikenal sebagai perusahaan yang bergerak pada pasar e-commerce digital raksasa yang telah didirikan sejak tahun 1994 oleh Jeff Bezos.  

Awalnya Amazon bergerak dibidang penjualan buku, namun seiring berkembangnya waktu perusahaan ini mulai menjual barang-barang lain seperti barang elektronik, pakaian, furnitur dan perangkat lunak. Berkat kepopuleranya Amazon mulai merambah kedalam bidang kecerdasan buatan yang menyediakan streaming musik, video serta audio buku dalam Amazon Amazon Prime Video, Amazon Music. Amazon juga mendirikan cabang penerbitan seperti Amazon Publishing dan juga studio film dan televisi yang bernama Amazon Studios.

Lihat Juga : 3 Cara Belanja di Shopee Untuk Pemula

Bedanya Amazon dengan e-commerce lain?  

Sekarang mari kita bahas model bisnis Amazon jika dibandingkan dengan perusahaan e-commerce lainya, tidak seperti toko online yang kita ketahui pada umumnya misalnya saja Tokopedia, Bukalapak, OLX dimana barang yang mereka jual merupakan milik orang lain sedangkan online shop tersebut hanyalah sebatas perantara penjual dengan pembelinya saja.

Amazon adalah toko online retail yang menjual beragam jenis barang dimana stok atau produk yang dijual adalah milik mereka sendiri sehingga mengharuskan perusahaan ini untuk memiliki jaringan pergudangan dimana Amazon dapat menyetok barang yang akan dijualnya. Walaupun begitu Amazon masih memberikan platform kepada para grosir(pengecer) untuk menjual barang yang mereka miliki melalui Amazon.com

Tidak berhenti sampai disitu, Bagi mereka yang memiliki akun langganan memiliki keuntungan tersendiri dalam membeli barang di Amazon, seperti layanan pengiriman Kilat yang menjamin 2 hari sampai atau same day untuk barang-barang yang memenuhi syarat dan ketentuan milik Amazon.  Mereka juga mendapatkan hak akses kedalam media streaming milik Amazon mulai dari musik sampai film digital.

Apakah Berbelanja di Amazon itu Aman?

Pertanyaan ini tentunya merupakan hal positif dan lumrah dijadikan sebuah patokan setiap orang untuk menjadi poin pertimbangan dalam memilih e-commerce sebagai tempat yang akan mereka jadikan transaksi pembelian barang.  Yah jika kita bandingkan dengan platform online shop yang berada didalam negri, sebenarnya Amazon juga tidak berbeda jauh dengan itu, namun hal ini masih jauh lebih baik dan lebih aman daripada membeli barang secara daring via platform yang tidak resmi diciptakan untuk jual beli seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sejenisnya.

Perlu diketahui juga bahwasanya belanja online di platform manapun tidak ada yang dapat menjamin untuk selalu 100% aman! Paling tidak platform resmi yang digunakan sebagai belanja daring seperti Amazon.com memiliki sistem regulasi serta layanan pelanggan yang jelas & terjamin, sehingga dapat menunjang dan memperkecil resiko negatif yang tidak diinginkan. Apalagi yang kita bicarakan disini adalah perusahaan besar seperti Amazon, tentu saja regulasi keamanan yang dimiliki jauh lebih memadai dari platform e-commerce berskala  lokal. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Amazon Buyer Protection disini.

Lihat Juga : Panduan Berbelanja di Tokopedia

Langkah-langkah belanja di Amazon.com

Jika anda sudah memantapkan hati dan pikiran dalam melangkah ke platform belanja daring berskala multinasional seperti Amazon silahkan ikuti petunjuk-petunjuk yang tersedia dibawah untuk mengetahui hal yang perlu dilakukan dalam membeli barang dari luar negeri.

1. Membuat Akun di Amazon.com

Adapun tahapan yang perlu dilakukan sebelum berbelanja di Amazon.com. Tentu semua menyadari, pada dasarnya jika anda ingin belanja di online shop ini. Anda memerlukan sebuah akun Amazon.com. Namun, jika anda tidak mempunyainya. Silahkan ikuti langkah pembuatan akun berikut.

STEP 1 : Langkah pertama, silahkan anda akses situs Amazon di link berikut : Amazon.com. Kemudian, arahkan kursor mouse anda ke bagian menu “Account & Lists” » lalu pilih “Start Here” disamping bagian New Customer? Untuk membuat akun Amazon baru.

Register Baru Amazon

STEP 2 : Nanti anda akan dialihkan menuju halaman Create Account untuk pengguna baru. Selanjutnya hanya perlu mengisi informasi yang sesuai dengan kolom pendaftaran akun yang telah tersedia seperti nama, password dan email. Saat semua sudah disisi klik “Create Your Amazon Account” untuk mendapatkan konfirmasi kode OTP yang dikirim ke alamat email yang anda isi tadi. Jika sudah selesai klik “Create Your Amazon Account” lagi dan voila! Anda telah mendapatkan akun pelanggan Amazon.

Kode OTP Amazon

STEP 3 : Eits! Jangan terburu-buru dulu untuk berbelanja, kali ini anda perlu untuk mempersiapkan alamat pengiriman sebagai tujuan barang yang akan dibeli nantinya. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut. Klik “Your Account” kemudian pada halaman baru scroll kebawah » klik “Your Addresses”. Dan isilah alamat lengkap anda pada “Add Address”.

Add New Address Amazon

Lihat Juga : Cara Belanja di Blibli.com, Bisa Bayar via Indomaret

2. Cara Belanja di Amazon.com

Nah jika anda sudah mengikuti langkah pembuatan akun diatas. Tentunya anda dapat lanjut ketahap berikutnya, yakni belanja di Amazon.com. Untuk lebih jelasnya, dapat anda ikuti langkah – langkah berikut ini.

STEP 4 : Cari barang yang akan anda beli dengan mengisi kolom pencarian atas nama produk yang dicari, misalnya saja contoh yang penulis gunakan “Keyboard” . anda juga dapat menggunakan opsi yang berada disamping kiri untuk mencari jenis barang yang dirasa cocok dengan selera anda, atau  tools yang bertuliskan “Sort by featured” untuk mempermudah anda dalam mencari harga yang pas dengan isi kantong.

Memilih Barang Amazon

STEP 5 : Klik barang yang sudah ditetapkan, sebelum anda benar-benar membelinya pastikan mengecek Info dari barang tersebut dengan scroll ke bawah dan membaca deskripsi yang diberikan penjual serta review para pembeli yang pernah memesan barang tersebut. Jika sudah mantap klik “Buy Now”.

Deskripsi Barang Amazon

STEP 6 : Pada halaman baru nanti anda akan diminta memilih alamat pengiriman yang akan dituju. Jika mengikuti langkah secara terurut anda pasti sudah mengisi alamat pengiriman pada bagian “Your Addresses” Jika belum anda dapat melihatnya pada Langkah no 3. Apabila telah menentukan alamat pengiriman yang dituju silahkan Klik “Deliver to this Address”.

Opsi Kirim Alamat Pengiriman

Lihat Juga : Cara Belanja di JD.ID dari Web & App

STEP 7 : Nah, sekarang kita telah menginjak pada bagian pilihan pembayaran. Pada menu ini anda memiliki beberapa metode yang telah disediakan Amazon, diantaranya dengan menggunakan;

Metode Pembayaran Amazon
  • Kartu Kredit atau Debit.
  • Menggunakan uang cash melalui Western Union/ Amazon PayCode.
  • Kartu Hadiah atau Voucher dan sejenisnya.
  • Kartu Toko Amazon.

Dari keempat metode pembayaran diatas, Payment melalui Western Union saya rasa lebih mudah. Mengapa? Hal ini mempertimbangkan masyarakat Indonesia yang mayoritas tidak memiliki kartu kredit bahkan mungkin masih asing ditelinga mereka, selain itu dengan menggunakan pembayaran lewat Western Union dirasa jauh lebih simpel bagi anda yang masih belum memiliki kartu kredit.

STEP 8 : Pembayaran melalui Western Union sebenarnya mirip dengan pembayaran via minimarket. Pada WU anda hanya perlu mengunjungi kantor pembayaran Western Union di daerah terdekat anda, biasanya tersedia pada Kantor Pegadaian ataupun Mini Market.

STEP 9 : Pada pilihan pembayaran, pilih Amazon PayCode. Kemudian tunjukanlah PayCode anda kepada agen WU » lalu bayar secara tunai dan simpan Bukti Transaksi anda. Tunggu barang yang dipesan tadi dikirim oleh Amazon.

NOTE : Perlu dicatat bahwasanya dalam pembayaran transaksi tunai melalui Western Union anda harus membawa KTP Identitas agar pembayaran anda lebih cepat diproses.

Lihat Juga : 15 Situs Download Subtitle Gratis

Penutup,

Amazon bisa jadi salah satu pilihan yang baik apabila anda ingin berbelanja barang-barang unik dan berkualitas dari luar negri. Walaupun begitu beberapa kemungkinan seperti panjangnya waktu pengiriman menjadi salah satu faktor kendala yang menjadi sebuah permaslahan bagi pembeli barang tersebut.

Namun anda tidak perlu khawatir karena Amazon.com juga menyediakan perlindungan pembeli dan juga customer service yang siap membantu menjawab semua pertanyaan tentang permasalahan yang anda alami ketika berbelanja di e-commerce ini. Begitulah akhir dari pembahasan kita mengenai cara berbelanja di Amazon.com semoga Informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi anda, selamat mencoba

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.