9 Fungsi dan Manfaat Menggunakan Adobe Premiere Pro

Bicara masalah editing video, pastinya Anda akan memikirkan software apa yang bagus untuk digunakan. Nah, cari tahu dulu software apa saja mungkin memiliki fasilitas lengkap dan canggih. Salah satu rekomendasi dari penulis, adalah Adobe Premiere Pro, software keluaran Adobe Systems yang menyuguhkan beragam fungsi dan fitur yang super lengkap dan up-to-date. Premiere Pro paling banyak digunakan oleh industri perfilman, dokumentasi, iklan, promosi, media, konten kreator, dan lainnya.

Lalu apa yang menjadi kelebihan dari program ini? Ingin tahu lebih jauh mengenai fungsi dan manfaat program editing video Adobe Premiere Pro, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Desain Grafis | Para Ahli, Sejarah, Prinsip, dst.

Apa itu Adobe Premiere Pro?

Apa itu Adobe Premiere Pro
PengembangAdobe System
Awal Rilis23 September 2003
Dukungan OSWindows (64 bit) dan Mac OS
TipePenyunting Video
Situs webadobe.com/products/premiere

Premiere Pro adalah software penyunting video yang digunakan di dunia Broadcasting maupun media. Software ini rilis sejak tanggal 23 September 2003 dan terus dilakukan pembaruan hingga sekarang oleh Adobe Systems. Adobe Premiere Pro memiliki fitur lengkap bagi para kreator video, user interface software ini juga nyaman dan mudah disesuaikan oleh pengguna.

Banyak yang komentar, bahwa pengoperasian dari software ini cukup mudah. Adobe Premiere Pro dapat dikolaborasikan bersama dengan software editing lainnya seperti Adobe After Effects untuk memanipulasikan beragam efek. Selain itu, pengguna bisa mengerjakan proyek video dengan berbagai format. Lisensi Adobe Premiere Pro dalam bentuk langganan (subscribe) berbasis cloud. Versi terbaru yang telah dirilis yaitu Adobe Premiere Pro CC 2021.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Audition | Sejarah, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan

Fungsi dan Manfaat Adobe Premiere

Fungsi dan Manfaat Adobe Premiere Pro
Tampilan program Adobe Premiere Pro

Saat ini telah banyak yang menggunakan software ini untuk keperluan dalam berbagai bidang multimedia di antaranya sebagai berikut:

  1. Untuk industri film dan dokumentasi.
  2. Membuat dan melakukan editing konten.
  3. Untuk membuat video promosi.
  4. Membuat proyek video pernikahan (wedding organizer).
  5. Fasilitas event video project.
  6. Pengerjaan proyek music video.
  7. Para vlogger menggunakan Adobe Premiere Pro untuk pekerjaan konten vlog.
  8. Freelancer menggunakan Adobe Premiere Pro untuk membuat dan menyelesaikan proyek.
  9. Pembuatan proyek multimedia lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Lightroom | Sejarah, Versi, Kelebihan, Fitur Terbaru

Kesimpulan,

Adobe Premiere Pro menjadi program editing video yang cukup Handal untuk digunakan. Software ini memfasilitasi fitur lengkap dalam kegiatan editing, juga mendukung kolaborasi dengan software Adobe lainnya khususnya software editing video. Untuk para pemula jangan bosan-bosan untuk mengasah kemampuan editing dengan software ini karena menjadi kreator media itu seru dan menyenangkan.

Apalagi jika Anda ingin bekerja di dunia Broadcasting maupun menjadi kreator video, wajib hukumnya mempelajari dan menggunakan Adobe Premiere Pro. Cukup singkat penjelasan dari saya mengenai fungsi dan manfaat Adobe Premiere Pro, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Tulis pertanyaan dan tanggapan Anda mengenai ulasan di atas melalui kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.