6 Fungsi dan Manfaat Mozilla Firefox

Mozilla Firefox atau yang lebih akrab kita sebut sebagai Firefox, merupakan aplikasi browser yang bisa dikatakan memiliki kualitas identik dengan Chrome. Apabila keduanya dibandingkan dari segi kompabilitas, add ons, fitur maka Anda akan menemukan kualitas yang tidak jauh berbeda satu sama lain. Akan tetapi jika kita membahasnya dari segi performa pada pemakaian RAM, maka Firefox lebih unggul pada poin ini.

Mozilla Firefox juga tidak kalah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya dari browser lain. Salah satu hal yang ditonjolkan Firefox sebagai browser ramah pengguna ialah, memberikan tampilan interface serta navigasi yang tertata dan terorganisir. Selain itu, Mozilla Firefox memiliki fitur multi-tab yang memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking dengan mudah. Bahkan keamanan Firefox dapat Anda maksimalkan melalui fitur penambahan ekstensi untuk menjamin kenyamanan saat menjelajahi internet. Agar bisa lebih memahami fungsi, manfaat serta kegunaan Mozilla Firefox, mari kita bahas penjabarannya melalui materi di bawah ini.

Lihat Juga : 20 Fungsi dan Manfaat Smartphone dalam kehidupan sehari-hari

Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Mozilla Firefox

Fungsi dan manfaat Firefox
Fungsi dan manfaat Mozilla Firefox. RUDI DIAN ARIFIN

Sebagai salah satu browser yang pernah populer ketika warnet masih menjamur di Indonesia, Mozilla Firefox memberikan impresi yang cukup membekas bagi para penggunanya. Adapun beberapa manfaat dan kegunaan Mozilla Firefox di antaranya sebagai berikut:

1. Manajemen RAM yang stabil  

RAM merupakan salah satu hardware yang bertugas dalam mendukung proses jalanya data dalam perangkat elektronik. Semakin besar ukuran RAM, maka akan semakin cepat pula jalanya proses eksekusi suatu program, namun apabila RAM mengalami suatu kendala karena manajemen yang buruk dari sebuah aplikasi maka akan memiliki efek samping pada proses yang lain. Misalnya saja program yang dijalankan menjadi not responding, crash, aplikasi berjalan lambat, dan sebagainya.

Selain dikenal sebagai aplikasi penjelajah internet, browser juga dikenal sebagai program berat yang memonopoli kinerja RAM. Karena hal inilah banyak pengguna sering mengeluhkan tentang masalah pada browser mereka. Apabila kita membandingkan pemakaian RAM dari Chrome, maka Mozilla Firefox memiliki konsumsi yang sedikit lebih rendah. Saat diuji dengan membuka 10 tab, Firefox hanya menghabiskan memori sejumlah 960MB. Hanya sedikit lebih kecil dari Chrome yang mengonsumsi sekitar 1GB sampai 2GB tergantung konten media yang sedang dibuka. 

2. Kustomisasi lebih bebas

Tidak banyak aplikasi browser yang menawarkan kustomisasi tampilan kepada penggunanya. Peluang inilah yang dimanfaatkan Firefox dalam menyajikan fitur yang menyediakan opsi kustom kepada pengguna. Misalnya saja seperti menyesuaikan tata letak ikon pada toolbar seperti History, Bookmark, Print dan lainnya. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan klik View » ​​Toolbar » Customize. Atau Anda bisa klik kanan pada bagian Menu Bar kemudian klik kiri untuk Customize.

Lihat Juga : 12 Jenis – Jenis Keyboard Pada Komputer

3. Keamanan dan sinkronasi yang optimal  

Selain dikenal sebagai browser dengan performa yang stabil, Mozilla Firefox juga memiliki poin plus dalam menjaga keamanan pengguna melalui fitur password manager. Fitur ini berfungsi dalam menjaga dan menyimpan aktivitas log in melalui persetujuan pengguna, sehingga Anda dapat dengan nyaman mengakses situs tertentu tanpa harus Log in ulang.

Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan serangan iklan yang terus menerus, Firefox menyediakan add ons bernama Ad Blocker Ultimate. Fitur ini tersedia untuk menjamin kenyamanan pengguna ketika menjelajah internet. Selain itu Firefox dapat dengan mudah berasimilasi dengan berbagai perangkat yang pengguna gunakan. Jadi Anda tetap dapat menikmati layanan Firefox yang serupa meskipun menggunakan perangkat elektronik yang berbeda.

4. Memiliki banyak dukungan tema dan ekstensi  

Sebagai salah satu elemen penting dalam penjelajahan internet, add ons berperan sebagai salah satu fitur yang dapat mengembangkan kapabilitas dan utilitas dari sebuah browser. Dalam Firefox sendiri, Anda dapat menambahkan add ons sesuai kebutuhan yang diperlukan. Misalnya saja untuk mengakses situs yang terblokir memakai VPN, Mencegah adware memakai ads blocker, menerjemahkan suatu halaman dengan translator, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan ekstensi pada Mozilla Firefox sendiri caranya cukup mudah. Pertama Anda buka aplikasi Firefox kemudian klik Tools » lalu klik Add ons. Nantinya akan muncul jendela baru yang menampilkan berbagai macam ekstensi dan tema browser yang bebas Anda pilih. Atau Anda dapat mencari ekstensi yang diinginkan melalui kolom pencarian. 

Lihat Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan Keyboard Mechanical

5. Fitur multitasking

Untuk sebuah media peramban internet, Mozilla Firefox menyediakan fitur Multi-Tab yang dapat pengguna gunakan sebagai sarana multitasking. Misalnya saja Anda ingin streaming musik di YouTube sekaligus membaca berita terkini pada situs tertentu. Bagian menariknya pada aplikasi ini adalah manajemen konsumsi RAM yang dipakai cukup stabil dan seimbang, sehingga meskipun Anda browsing dengan membuka banyak Tab, memiliki pengaruh yang minim pada kinerja sistem operasi serta aplikasi lainnya.  

6. Private browsing mode

Ada saatnya ketika tengah menjelajah internet, kita tidak ingin informasi penjelajahan yang ditelusuri untuk diketahui orang lain. Dalam hal ini Firefox menyediakan penggunanya sebuah fitur yang dapat membatasi riwayat informasi penelusuran Anda selama di dunia maya. Private browsing mode adalah salah satu fitur dari Mozilla Firefox, yang tersedia untuk mengamankan segala aktivitas data pengguna. Fitur ini juga menyediakan Tracking Protection yang mencegah pelacakan jejak digital Anda ketika mengunjungi situs tertentu.

Untuk memakai Private Browsing Mode juga cukup mudah, Anda hanya perlu klik bagian pengaturan pada bagian pojok kanan atas pada jendela Firefox. Kemudian klik New Private Window, atau Anda dapat membukanya melalui tombol kombinasi keyboard dengan menekan Shift + CTRL + P.

Lihat Juga : Apa itu MOD APK?

Penutup,

Mozilla Firefox mendominasi urutan ketiga di dunia sebagai browser yang dipakai oleh para pengguna di seluruh dunia. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari fungsi dan manfaat, yang dirasakan pengguna ketika memakai Firefox dalam menjelajahi internet. Firefox selama ini selalu unggul dalam hal kecepatan dan pemakaian RAM yang stabil. Namun poin tersebut masih belum cukup dalam membuatnya sebagai browser nomor satu di dunia.

Apa keunggulan Firefox dibanding Chrome?

Konsumsi RAM yang dimiliki oleh Mozilla Firefox lebih hemat dibandingkan dengan Chrome. Yang mana Firefox hanya menggunakan 30% lebih sedikit, jumlah pemakaian RAM daripada Chrome.

Mengapa Firefox berjalan begitu lambat?

Ada kemungkinan Anda belum melakukan pembersihan cache atau history pada browser. Atau Anda terlalu banyak memasang Plug in dan Add ons sehingga memberatkan manajemen proses pada sistem browser. Anda juga dapat menggunakan fitur Safe Mode untuk sementara apabila browser masih berjalan lambat.

Apakah Firefox aman digunakan?

Dalam segi keamanan dan privasi, Firefox menempati urutan pertama sebagai browser yang menjaga keamanan data pengguna. Hal ini karena Firefox menyertakan berbagai fitur keamanan, termasuk perlindungan malware. Karena fitur keamanannya yang canggih, Firefox menawarkan pengalaman menjelajah yang aman. Firefox juga memungkinkan pengguna untuk memanajemen informasi apa yang ingin dibagikan secara online, dalam upaya menjaga kerahasiaan informasi pribadi pengguna.

Apa Keunikan Mozilla Firefox?

Mozilla Firefox adalah satu di antara banyaknya web browser yang bersifat gratis sekaligus open source. Hal ini memungkinkan banyak developer di seluruh dunia untuk turut andil dalam mengembangkan dan menyempurnakan Firefox sebagai aplikasi browser.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.