Pengertian Online Shop | Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Ruang bisnis yang semakin sempit, kurang nya lahan dalam perdagangan dan sulitnya izin usaha menjadi salah satu kendala kesenjangan sosial di negara berkembang seperti Indonesia. Namun bukan berarti tidak ada solusi dalam permasalahan semacam ini, Teknologi ada untuk membantu dan mempermudah manusia dalam menyelesaikan masalah-masalah tertentu apabila dapat dimanfaatkan secara cerdas.

Online Shop merupakan toko dengan basis digital yang berdiri secara mandiri dalam mengelola usahanya. Kenapa disebut mandiri? Karena pemilik toko online harus membuat website dan memantau usahanya sendiri. Hal ini termasuk solusi yang ditawarkan kemajuan teknologi dalam mengalihkan manusia untuk mulai membuka lahan bisnis digital yang lebih fleksibel dan praktis.  

Lihat Juga : Pengertian E-commerce | Definisi, Manfaat, Jenis

Pengertian Online Shop Secara Umum  

Definisi Online Shop
Image Source : scholarlyoa.com

Dalam artian secara umum Online Shop merupakan toko yang semua proses transaksinya dilakukan secara digital melalui perantara device yang digunakan oleh pembeli dan penjual. Tentunya untuk mendapatkan kesepakatan dalam kegiatan jual beli. Sedangkan dalam artian secara luasnya, Online Shop merupakan tempat di mana penjual dan pembeli tidak bertemu secara fisik. Di sini pembeli ditawarkan barang dalam bentuk display yang disediakan penjual sebagai gambaran dari produk yang akan dibeli oleh konsumennya.

Proses transaksi pun juga terjadi tanpa tatap muka di mana pembeli ditawarkan beberapa opsi atau metode dalam melunasi pembayarannya kepada penjual. Misalnya saja melalui Rekening Bank, m-banking, OVO, DANA dan sebagainya, setelah proses ini dilalui maka penjual akan merespon dengan menyerahkan barang yang ditampilkan dalam display tadi untuk dikirim ke alamat tujuan pembeli.

Pengertian Online Shop Menurut Para Ahli 

Bagi para ahli Online Shop memiliki artian yang jauh lebih dalam dan spesifik. Contohnya saja seperti yang dikatakan oleh (Mujiyana & Elissa, 2013) bahwasanya, Belanja online (online shopping) adalah proses di mana konsumen secara langsung membeli barang-barang, jasa dan lain-lain dari seorang penjual secara interaktif dan real-time tanpa suatu media perantara melalui Internet.  

Adapula pendapat serupa dari (Edwin Gnanadhas, 2014) yang mengatakan Belanja online adalah proses di mana konsumen langsung membeli barang, jasa, dll. Dari penjual tanpa layanan perantara melalui Internet. Pembeli dapat mengunjungi toko web dari kenyamanan rumah dan toko mereka seperti dengan duduk di depan komputer.

Sedangkan menurut (Sari, 2015) berpendapat bahwa Online shopping atau belanja online via internet, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalui internet. Atau layanan jual-beli secara online tanpa harus bertatap muka dengan penjual atau pihak pembeli secara langsung.

Lihat Juga : Pengertian Marketplace | Manfaat, Jenis, Contoh

Manfaat Online Shop   

Manfaat Online Shop
Image Source : portugaltextil.com

Sebagai salah satu alternatif bisnis digital di zaman modern tentunya Online Shop membawa beberapa manfaat bagi penjual dan pembeli, beberapa di antaranya:

1. Pengalaman Belanja Menjadi Mudah Dan Praktis  

Semakin berkembangnya dunia digital mengubah metode transaksi jual beli menjadi lebih efisien dan menghemat waktu. Bagaimana tidak? Anda sebagai seorang pembeli dapat dengan mudah memilih barang yang diinginkan hanya dengan sentuhan jari, mencari barang yang diinginkan hanya dengan mengisi kolom pencarian dengan nama produk yang mau dibeli, bahkan Anda dapat membeli banyak barang sekaligus tanpa harus mengeluarkan tenaga berkat tersedianya opsi “Keranjang Belanja

Transaksi pembayaran juga menjadi efisien berkat tersedianya m-Banking dan dompet digital seperti OVO, pembeli diuntungkan karena tidak perlu repot menghitung uang di dompet dan tinggal mengisi nominal dana yang akan ditransfer. Sedangkan dari sisi penjual bisa mendapatkan pembayaran dengan waktu yang jauh lebih singkat dan jumlah uang yang diterima menjadi jauh lebih jelas tanpa harus menghitung ulangnya kembali.

2. Bisa Membeli Produk Maupun Barang Dari Tempat Yang Jauh  

Dengan tersedianya Online Shop konsumen memiliki ranah pilihan barang yang lebih luas dan lebih jauh sampai ke luar negeri yang telah terjamin mutu dan kualitas produknya. Penjual juga lebih diuntungkan dengan tersedianya ruang bisnis yang lebih luas hingga ke seluruh dunia tanpa harus memikirkan lahan usaha yang terbatas.

3. Dapat Dengan Mudah Memperbandingkan Harga Barang  

Dalam sistem Online Shop, konsumen disediakan pilihan barang dan produk yang jauh lebih variatif daripada Real Shop, Kenapa? Karena Online Shop memiliki jangkauan akses yang lebih luas dengan adanya layanan Internet. Dengan target konsumen yang lebih banyak, tentunya diiringi dengan pilihan barang yang lebih luas juga. Dan disini pembeli memiliki peluang dalam menentukan harga produk antara satu toko dengan toko lainya. Apalagi dengan adanya website seperti priceprice pembeli jadi lebih dimudahkan dalam membandingkan harga produk dengan sekali sentuh pada layar gadget mereka.

4. Kesempatan Mendapatkan Promo Jauh Lebih Besar

Sengitnya persaingan di Industri digital menyebabkan Online Shop mau tidak mau membuka berbagai penawaran menarik dalam mencari pembeli untuk berbelanja di Toko Online mereka. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi para pemburu barang edisi terbatas. Yang pada dasarnya gemar berbelanja online dengan mencari produk berharga miring di Internet.  Selain itu tersedianya kupon maupun voucher belanja yang terjadi pada event tertentu, juga meningkatkan jumlah pendapatan bagi para pedagang barang di ranah digital.

Lihat Juga : Pengertian Facebook | Sejarah, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kelebihan Online Shop    

Kelebihan Online Shop
Image Source : consumer.org.nz

1. Privasi Konsumen lebih terjaga

Setiap orang tentunya memiliki sebuah privasi untuk dijaga termasuk dalam membeli sebuah barang. Misalnya saja ketika seseorang memiliki hobi dalam mengkoleksi sebuah mainan, namun dirinya malu jika harus mengunjungi toko mainan untuk membelinya. Di sinilah letak keuntungan berbelanja secara digital Anda bisa lebih leluasa dan bebas dalam membeli berbagai produk yang diinginkan.

2. Stok Barang Jauh lebih Banyak  

Terbatasnya ruang penyimpanan dalam menjual barang kadang menjadi momok tersendiri bagi seorang penjual. Apalagi ketika produk yang dijualnya tengah naik daun, tentunya setiap detik menjadi berharga. Karena persaingan setiap waktu terus meningkat dan semakin sengit antar satu dengan lainya. Dan menjaga pembeli agar tidak berbelanja di toko lain menjadi prioritas utama.

Hal ini bisa ditangani dengan menjadi seorang reseller, di mana penjual dapat menjual barang dari toko pusat ke toko onlinenya yang bersifat lokal. Selain keuntungan yang didapat juga bersih, penjual juga diuntungkan tanpa harus memiliki resiko dalam menyetok produk. Karena tidak harus dia sendiri yang memiliki produknya untuk dijual.

3. Perbedaan Jarak Bukan masalah

Sekarang ini sudah banyak tersedia jasa pengiriman barang seperti JNE, J&T, TIKI, Pos Indonesia, Ninja Express, SiCepat dan lainya. Sehingga memudahkan seseorang untuk mengirim barang hingga ke pelosok daerah sekalipun. Jika dimanfaatkan dengan baik, seorang pedagang online dapat menggunakan jasa antar barang seperti ini dalam menjualkan produknya ke berbagai tempat.

Konsumen pun juga diuntungkan karena tidak harus capek-capek mengunjungi gerai jual untuk memilih dan mendapatkan barang yang diincar. Cukup duduk di sofa yang nyaman sambil berbaring memainkan Handphone, dan barang yang di pesanpun akan langsung diantarkan ke alamat tujuan pembeli.

Lihat Juga : Pengertian WhatsApp | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Kekurangan Online Shop

Kekurangan Online Shop
Image Source : telegraph.co.uk

1. Resiko Keamanan yang perlu dipertimbangkan  

Dalam sistem pembelian online saya selalu berpegang kepada tidak ada jaminan 100% aman! Kenapa begitu? Ada beberapa faktor yang perlu diwaspadai ketika melakukan transaksi di Online Shop, yaitu memastikan regulasi jaminan keamanan pembeli. Apabila online shop tersebut memiliki regulasi yang tidak jelas, sebaiknya perlu diwaspadai. Atau Anda bisa mencari Informasi lebih lanjut mengenai online shop terkait, pada forum-forum diskusi yang tersedia di Internet.

2. Barang yang dipesan tidak sesuai display  

Hal kedua yang perlu diwaspadai konsumen ialah kesesuaian barang yang ditawarkan dengan barang yang akan Anda terima. Pastikan dulu jika produk yang dijual benar-benar sesuai gambar dan deskripsi yang disediakan penjual. Anda bisa bertanya dahulu kepada penjual tentang produk tersebut seperti melampirkan foto asli produk atau mengecek review pembeli lain yang telah membeli produk pada toko online tersebut.

3. Pengiriman yang lambat

Tidak semua orang memiliki kesabaran yang tinggi, bilamana kita sebagai konsumen ingin membeli suatu barang yang akan digunakan untuk hari tertentu misalnya dan memesanya jauh-jauh hari, akan menjadi masalah apabila barang tersebut sampai terlambat untuk sampai ke tempat Anda. Karena itulah pastikan Anda mengisi alamat pengiriman dengan jelas dan memilih jasa pengiriman yang terpercaya untuk menghindari hal tersebut.

Lihat Juga : Pengertian Instagram | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Kesimpulan,

Online Shop adalah salah satu alternatif bisnis perdagangan masa depan yang menjanjikan. Namun juga beresiko apabila pebisnis yang menjalankannya kurang begitu bijak dan pintar dalam mencari peluang serta inovasi terbaru dalam memasarkan produknya. Pasalnya perdagangan didunia kian menjadi ketat seiring majunya perkembangan teknologi yang terbilang pesat, oleh karena itu ilmu bisnis perdagangan sebaiknya juga ikut ditingkatkan sejalan dengan tumbuhnya teknologi digital.

Apa perbedaan antara Online Shop dengan e-commerce?

E-commerce merupakan market digital yang terdiri dari beberapa market shop yang barang jualnya milik mereka sendiri.

Apa perbedaan antara Online Shop dengan Marketplace?

Marketplace adalah pasar online yang menjadi tempat untuk menjual barang milik orang lain dan hanya perantara antara penjual dan pembeli dengan menyediakan sistem transaksi di dalamnya.

Tujuan Bisnis Online?

Untuk mendapatkan keuntungan dengan mendatangkan banyak pengunjung dan membangun sebuah komunitas perdagangan yang berbasis digital.

Apakah Online Shop Aman?

Tidak ada transaksi belanja yang menjamin keamanan pengguna 100% setiap saat, oleh karena itu asalkan Online Shop yang Anda kunjungi memiliki regulasi yang jelas maka setidaknya resiko keamanan masih terjamin.

Itulah ulasan singkat yang dapat saya berikan mengenai pengertian Online Shop beserta manfaat, kelebihan dan kekurangannya. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!!

CATATAN : Informasi di atas di ambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain guna menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.