20 Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Microsoft Excel

Di dalam dunia perusahaan dan perkantoran tidak asing lagi yang namanya Microsoft Excel. Excel menjadi skill utama bagi seorang administrator kantor untuk mengelola laporan maupun data perusahaan. Selain dunia pekerjaan kantor, pelajar maupun pendidik yang juga menggunakan Microsoft Excel untuk kegiatan pendidikan.

Pengoperasian Microsoft Excel bagi orang umum mungkin hanya sekedar untuk meng input data saja, tanpa mengetahui fungsi umum dari menu maupun fitur yang tersedia di dalam programnya. Padahal pengetahuan fungsi dan fitur tersebut akan mengolah pemahaman seseorang untuk penggunaan program agar lebih maksimal. Untuk mengulas fungsi dan fitur dari Microsoft Excel ini, simak bahasan fungsi, manfaat, dan fiturnya utamanya berikut ini.

Lihat Juga : 7 Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Google Chrome

Apa itu Microsoft Excel?

Apa itu Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program dari Microsoft Office yang berguna untuk mengolah angka dengan sistem spreadsheet berupa baris dan kolom untuk mengeksekusi beberapa perintah. Pencipta dari Microsoft Excel adalah perusahaan teknologi Microsoft Corporation yang berbasis di kota Redmond, Washington, Amerika Serikat. Microsoft Office Excel telah menjadi software pengolah data maupun angka terbaik di seluruh dunia.

Sebagai program lembar kerja spreadsheet, Excel telah dibuka secara multi platform, tidak hanya untuk PC (Windows dan Mac OS) namun juga untuk Mobile (iOS dan Android). Excel banyak digunakan dan dikenal pengguna karena fitur lengkapnya dalam membuat pengolahan data angka dengan fitur formula dan function (rumus fungsi Excel) yang lengkap dan mudah.

Lihat Juga : Pengertian Google Sheets | Fungsi, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Fungsi dan Manfaat Microsoft Excel

Fungsi dan Manfaat Utama Microsoft Excel
Sumber Gambar : NAIT

Fungsi utama yang menjadi unggulan Excel adalah sebagai pengolah data angka. Kelengkapan fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel bisa digunakan untuk mengolah sebuah data dengan membuat, mengedit, menganalisa, serta mengurutkan. Excel juga difungsikan untuk menyelesaikan masalah aritmatika dan statistika berupa logika dan perhitungan matematika.

Bagi para penyusun laporan (bagian Administrasi) juga memanfaatkan Microsoft Excel untuk menyusun anggaran keuangan, catatan keuangan, membuat laporan data berupa grafik, diagram, maupun tabel. Jadi, banyak sekali kegunaan Microsoft Excel dalam membantu pengguna menyusun data–data angka. Berikut jenis–jenis fungsi Excel dalam dunia pekerjaan maupun kehidupan,

1. Membuat dan Mengelola Administrasi

Microsoft Excel memungkinkan pengguna untuk mengelola administrasi secara mudah. Data perencanaan, pengorganisasian, dan penyusunan tujuan yang akan dijalankan akan tertata rapi dan tersusun dengan baik dengan cara administrasi.

Misalkan dalam suatu perusahaan terdapat susunan data dan informasi berupa internal maupun eksternal, maka data tersebut disusun dalam bentuk administrasi untuk memudahkan pengelolaan dan penyediaan informasi data yang tersimpan. Administrasi yang tersusun juga bertujuan untuk pemantauan aktivitas pekerjaan, susunan program usaha, serta evaluasi suatu organisasi.

2. Mengoperasikan Data Tabel, Grafik dan Statistika

Sebagai fungsi tabel, Microsoft Excel telah memberikan kemudahan untuk pengguna ketika membuat dan menyusun tabel untuk meng input data yang banyak. Microsoft Excel sendiri memiliki sekitar 1.084.576 jumlah baris dan 16.384 jumlah kolom.

Sebagai fungsi grafik, Excel menyuguhkan fitur grafik yang dapat mengubah data angka menjadi data grafik. Misalkan data grafik berupa perkembangan jumlah penduduk per tahun, grafik perkembangan jumlah peserta didik di Indonesia, grafik kelulusan siswa, dan ragam grafik lainnya. Microsoft Excel juga difungsikan untuk data statistika, sebagai kemudahan pengelolaan data berupa masalah logika dan perhitungan matematika.

3. Menyusun Laporan Keuangan

Dalam unit usaha maupun perusahaan/ kantor pastinya memerlukan software penyusun laporan keuangan, untuk membuat manajemen keuangan yang baik dan cermat. Microsoft Excel bisa menjadi alternatif software laporan keuangan. Dengan sifat software nya yang terdiri dari kumpulan baris dan kolom, akan memudahkan perancangan laporan keuangan berupa angka dengan fasilitas rumus perhitungan yang lengkap.

Rumus-rumus Excel akan membantu perhitungan angka dari data keuangan dengan cepat menggunakan fungsi penjumlahan, pengurangan, pembagian, rata-rata dan masih banyak ragam fungsi lainnya.

4. Software Akuntansi

Pada bidang akuntansi Microsoft Excel menjadi pegangan perusahaan untuk menghitung pendapatan maupun pengeluaran dalam bentuk laba / rugi. Selain itu, Microsoft Excel juga dipakai kantor untuk menghitung besarnya keuntungan per bulan / tahun, menghitung gaji karyawan. Selain dipakai untuk bidang akuntansi, Excel juga dapat digunakan dalam bidang utang / piutang perusahaan dengan rumus perhitungan yang tepat.

Microsoft Excel memiliki fitur perhitungan fungsi dan rumus terbaik dan lengkap, sehingga mudah dipakai dalam sistem accounting perkantoran.

Lihat Juga : 12 Software Akuntansi PC/ Laptop Terbaik & Gratis

5. Menyusun Anggaran Harian atau Bulanan

Sebagai orang yang tertib mengatur perencanaan dan pengelolaan keuangannya sehari–hari pastinya sangat bijak menggunakan uang pemasukannya. Microsoft Excel banyak dipakai untuk membuat susunan anggaran berupa laporan anggaran harian untuk memanajemen pengeluarannya. Dengan memanfaatkan fitur-fitur pengurangan, perkalian, penjumlahan, dan fungsi lainnya, mereka mudah melihat data anggaran rata-rata per bulannya.

Ketika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan yang diperoleh tiap bulannya, maka mereka mengetahui cara meminimalisirnya hanya dengan susunan anggaran tersebut. Dari semua fungsi yang ter-ulas di atas masih banyak fungsi-fungsi Microsoft Excel yang belum disebutkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya ulasan fungsi di atas adalah fungsi secara umum yang paling sering dimanfaatkan.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Outlook | Fungsi, Manfaat, dan Fitur Utama

Fitur dan Bagian Penting Pada Microsoft Excel

Fitur dan Bagian Microsoft Excel
Bagian-bagian Microsoft Excel. RUDI DIAN ARIFIN

Microsoft Office Excel memiliki kumpulan fitur dan menu yang tersusun di beberapa bagian. Untuk fitur utama sudah seharusnya pengguna yang mengoperasikan software ini mengetahui ragam fitur di dalamnya.

1. Office Button

Fitur ini adalah bagian yang berfungsi untuk mengakses fungsi umum dalam mengolah dokumen pada Microsoft Office 2007. Beberapa menu yang terdapat di dalam Office Button seperti New, Open, Convert, Save, Save As, Print, Publish, Close, Recent, Word Option, dan Exit. Untuk Office terbaru saat ini fitur Office Button sudah digantikan dengan versi baru. Pengguna langsung mengakses menu File untuk melakukan pengolahan dokumen.

2. Quick Access

Quick Access adalah bagian Tool Excel yang terdiri dari kumpulan perintah (Command button) yang seringkali dipakai. Beberapa di antaranya yaitu tool Save, Undo dan Redo, Gaya Teks, Sisipan Informasi, dan Kustomisasi Alat Akses Cepat.

3. Size Button

Pada bagian ini terdapat tiga bilah menu yang terdiri dari Minimize, untuk membuat tampilan layar secara minimal; Maximize, untuk membuat tampilan layar secara maksimal atau layar penuh; dan Close untuk menutup program Excel.

4. Akun

Pada bagian Akun, akan memungkinkan pengguna untuk login (masuk) ke dalam akun Microsoft Office agar terhubung langsung dengan pengguna Microsoft Office.

5. Title Bar

Bagian alat yang menampilkan judul atau file dokumen yang sedang dibuka atau kerjakan.

6. Menu Bar

Menu Bar adalah bagian yang mencakup menu-menu dengan beragam jenis tool. Tool-tool tersebut adalah ragam icon yang dapat memudahkan pengoperasian data Excel. Tool atau Icon yang terdapat pada Menu Bar yaitu File, Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View

7. Ribbon Menu atau Tool Bar Menu

Tool Bar atau Menu Ribbon memiliki kumpulan icon-icon yang berada di bawah bagian Menu Bar saat mengakses atau meng-kliknya. Kumpulan icon pada Tool Bar tersebut berisi berbagai macam perintah yang bisa dipakai untuk mengelola pekerjaan di lembar kerja. Contohnya saja di Menu Bar Layout (Tata Letak Halaman), terdapat berbagai perintah Ukuran kertas, Margin, Orientasi, Tema Halaman, dan lain-lainnya.

8. Name Box

Name Box adalah bagian pada lembar kerja Excel, yang berguna untuk menampilkan sel yang sedang aktif atau dipilih.

9. Formula Bar

Terletak di bagian kanan Name Box terdapat bagian kolom yang berisi tulisan fx, kolom tersebut adalah Formula Bar. Kegunaan dari Formula Bar adalah untuk menampilkan dan mengisi jenis rumus Excel yang dipakai pada sel lembar kerja.

10. Active Cell (Sel Aktif)

Sel Aktif merupakan bagian sel pada perpotongan baris dan kolom yang terletak di lembar kerja. Sel tersebut aktif karena dipilih atau diklik untuk diisikan data informasi maupun fungsi perintah.

11. Column (Kolom)

Susunan yang menampilkan beberapa kolom pada lembar kerja dengan tanda huruf alfabet.

12. Row (Baris)

Susunan yang menampilkan baris pada lembar kerja dan ditandai dengan penomoran atau angka.

13. Tab Worksheet

Pada bagian pojok bawah dari arah kiri terdapat kolom-kolom Sheet dengan daftar 1, 2, 3, dst. Bagian Worksheet atau daftar Sheet merupakan karakter dari Microsoft Excel dan berbeda dengan Word. Tab Worksheet berguna untuk menambahkan jumlah bagian halaman atau lembar dengan daftar Sheet pada lembar kerja yang dibutuh-kan. Dengan fitur Sheet ini kita dapat menyimpan beberapa jenis lembar kerja dalam banyak Sheet hanya dengan penyimpanan satu file saja.

14. Scroll Bar

Scroll Bar seperti nama aslinya, bagian ini merupakan alat untuk menggeser bagian. Scroll Bar pada Excel terdapat dua bagian yaitu Vertical Scroll Bar (Penggeser bagian atas dan bawah) dan Horizontal Scroll Bar (Penggeser bagian kanan dan kiri). Sama seperti lainnya, semua jenis program Microsoft Office memiliki Scroll Bar ini untuk mengatur penggeseran halaman.

15. Quick Menu Zoom dan Layout

Pada bagian Quick Menu ini terdapat fasilitas alat Zoom dan Layout. Terletak pada bagian pojok kanan bawah. Zoom untuk memperbesar maupun memperkecil halaman, sedangkan Layout adalah untuk mengubah tampilan lembar kerja dengan model Normal, Tata Letak Halaman, dan Pratinjau Pemisah Halaman.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Microsoft Excel Tidak Bisa Dibuka

Kesimpulan,

Cukup sudah ulasan mengenai fungsi dan fitur utama yang ada pada Microsoft Excel. Penulis rasa, penjelasan fungsi dan fiturnya cukup mudah untuk dipahami dan diingat. Semoga pembaca bisa semakin mendalami program Microsoft Excel sehingga dapat semakin maksimal dalam menyelesaikan tugas ataupun data yang akan dikerjakan nantinya.

Bagikan artikel ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.