20 Fungsi dan Manfaat Smartphone dalam Kehidupan Sehari-hari

Smartphone di kenal masyarakat luas sebagai gadget serba instan yang fleksibel digunakan kapan pun dan di…

Smartphone di kenal masyarakat luas sebagai gadget serba instan yang fleksibel digunakan kapan pun dan di mana pun. Sederhananya smartphone bisa dikatakan sebagai versi mini dari komputer yang mempunyai beragam kelebihan yang tidak dimiliki oleh komputer. Keunggulan tersebut tidak lain adalah kepraktisannya. Jika biasanya Anda harus melewati beberapa langkah agar dapat menggunakan komputer, maka dengan smartphone Anda bisa melakukannya hanya satu kali klik. Bahkan berkat fitur fingerprint dan face recognition yang dimilikinya, seorang pengguna dapat mengakses dunia maya hanya dalam hitungan detik.

Dan apabila Anda berasal dari generasi millenial, tentunya sudah paham mengenai perkembangan gadget genggam agar bisa sampai seperti smartphone modern seperti sekarang. Saat ini ada dua jenis smartphone yang dikenal oleh masyarakat dunia, yaitu Android Phone dan iPhone. Kedua gadget tersebut memiliki keunggulan dan pasarnya masing-masing sehingga dapat bersaing sebagai rival yang sehat di perdagangan elektronik dunia. Bicara mengenai keunggulan ponsel, tahukah Anda bahwasanya ada beberapa fungsi dan manfaat smartphone pada kehidupan sehari-hari? Berikut pembahasannya.

Lihat Juga : 10 Fungsi, Manfaat dan Kegunaan VPN

Fungsi dan Manfaat Smartphone dalam Keseharian

Fungsi Smartphone
Sumber Gambar : unsplash.com

Sebagai manusia modern pastinya Anda sudah cukup paham mengenai kelebihan smartphone dalam aktivitas sehari-hari. Namun tidak ada salahnya apabila kita mengulas lebih dalam lagi mengenai fungsi dan manfaat smartphone pada basis kehidupan kita. Karena bisa jadi apa yang Anda ketahui mengenai smartphone yang dipakai saat ini masih terbatas, kalau begitu kita mulai saja pembahasannya yang pertama:

1. Komunikasi

Saat ini komunikasi telah menjadi lebih mudah dan murah sejak tersedianya aplikasi seperti WhatsApp dan Telegram di smartphone kita. Asal memiliki akses internet yang stabil, Anda dapat dengan bebas mengirim pesan, menelepon bahkan video call dengan siapa pun yang Anda kenal. Bahkan Anda dapat melakukannya berjam-jam apabila memanfaatkan WiFi atau paket internet bulanan unlimited tanpa harus bolak-balik mengisi ulang pulsa ketika ingin menghubungi seseorang.

2. Praktis untuk dipakai  

Komputer telah diketahui sebagai alat serba bisa dengan keutamaannya yang berfokus pada bidang informasi dan pengolahan data, namun begitu karena ukurannya yang besar membuatnya menjadi tidak efisien. Karena hal ini lah pada tahun 2007, Steve Jobs mengembangkan sebuah ponsel dengan sebagian kelebihan yang dimiliki oleh komputer namun dengan ukuran pas di kantong dan lebih praktis untuk digunakan. Berkat penemuan tersebut, sekarang ini kita dapat menikmati layanan digital yang mampu bersanding dengan komputer pada genggaman tangan dan dapat dibawa pergi ke mana saja.

3. Membuat Teks  

Aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Office ataupun Notepad sering kita pakai dalam menyusun suatu laporan atau hanya sekedar catatan ringan untuk keperluan tertentu. Karena faktor inilah smartphone turut menyediakan penggunanya fitur untuk membuat teks seperti WPS Office dan sejenisnya. Meskipun dari sudut pandang ke penulisan mengetik teks pada layar ponsel itu ribet dan melelahkan, akan tetapi Anda masih bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat beberapa teks singkat untuk kebutuhan tertentu seperti presentasi atau hanya sekedar checklist.  

Lihat Juga : 13 Fungsi dan Manfaat Internet dalam Kehidupan Sehari-hari

4. Mengekspresikan diri  

Berkat adanya fitur kamera pada smartphone ditambah akses internet yang semakin mudah, para pengguna ponsel kini dapat mengekspresikan diri mereka pada hal-hal yang disukai. Misalnya saja membuat konten tutorial video, melakukan voice acting (ASMR), membuat instrumen dan sebagainya. Hanya dengan berbekal kreativitas, Anda memiliki banyak pilihan tak terbatas dalam mengembangkan ekspresi diri melalui dunia maya. Apalagi sejak Tik-Tok dan Instagram menjadi suatu aplikasi yang populer di kalangan masyarakat modern, tentunya hal ini dapat menjadi media bagi mereka yang ingin unjuk keahlian. Ditambah apabila cukup beruntung Anda dapat menjual karya yang telah dibuat dengan harga pantas.

5. Entertainment dan hiburan

Selain menjadi konten kreator, Anda juga dibebaskan dalam menikmati hiburan yang disediakan dari layanan smartphone. Saat pandemi seperti sekarang masyarakat condong berfokus pada sumber informasi dan hiburan yang praktis, sehingga smartphone menjadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

6. Pengingat  

Anda pasti sudah mengenal fitur buatan Google yaitu Google Assistant. Fitur ini sendiri dapat Anda akses melalui kata “Ok Google”, kemudian Anda hanya tinggal melanjutkan dengan perintah yang ingin disampaikan. Saat ini kebutuhan pengguna dalam memakai Google Assistant yaitu untuk menyetel alarm atau pengingat, alasannya sendiri karena fitur ini cukup mudah untuk digunakan dan praktis untuk keperluan sehari-hari.

Lihat Juga : 15 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Cloud Storage

7. Jadwal kalender  

Smartphone sangat bisa diandalkan untuk hal-hal yang menandai kegiatan Anda setiap harinya. Apalagi bagi Anda yang selalu disibukkan oleh jadwal acara yang padat, oleh karena itu kehadiran smartphone benar-benar membantu masalah ini. Dengan fitur kalender serta pengingat yang dimiliki Anda dapat mengatur suatu acara atau pertemuan pada hari tertentu yang ditandai. Kemudian apabila waktu yang telah di atur sudah tiba Anda akan diingatkan melalui alarm yang tersedia pada smartphone.

8. Maps navigasi / GPS

Smartphone juga memiliki fungsi sebagai penunjuk arah ketika Anda sedang kesulitan mencari destinasi tujuan di tengah perjalanan. Google Maps merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi GPS terbaik yang dapat Anda gunakan apabila berada di tengah situasi sulit ketika mencari arah. Layanan Google Maps tak jarang banyak dimanfaatkan oleh mereka yang bekerja di bidang pengiriman seperti kurir maupun jasa antar jemput penumpang seperti Grab dan Gojek.

9. Merekam video dan berfoto

Manusia adalah makhluk paling narsis yang hidup di muka bumi. Hal ini dapat dilihat dari gulungan sejarah yang menunjukkan bahwa sejak dulu manusia selalu meninggalkan jejak kehidupan mereka melalui seni ukiran, lukisan dan sejenisnya. Karena sekarang kita hidup pada masa di mana segala hal menjadi mudah, manusia menjadi semakin narsis dengan tersedianya layanan kamera pada smartphone. Selain itu Anda juga dapat mengabadikan setiap momen sehari-hari melalui jepretan kamera pada ponsel maupun merekamnya pada video.

Lihat Juga : Apa itu Overclock? Memahami Overclock, Keuntungan dan Risikonya

10. Mobile Banking  

Ponsel adalah alat sempurna dalam memanajemen keuangan Anda karena secara tidak langsung kita ibarat seperti membawa ATM berjalan yang menyediakan layanan seperti, mengecek jumlah saldo, mentransfer uang, membayar suatu transaksi, dan sebagainya. Bahkan apabila Anda mengalami kendala dalam aplikasi mobile banking, pengguna dapat langsung mengontak customer service terkait untuk mengatasi masalah tersebut melalui e-mail dan sejenisnya. Tentunya layanan seperti mobile banking jauh lebih fleksibel daripada harus repot-repot pergi ke bank hanya untuk memanajemen keuangan finansial Anda.

11. Menyimpan data  

Penyimpanan data yang ada pada smartphone memang tergolong lebih kecil apabila dibandingkan dengan komputer, namun hal tersebut tidak menjadi masalah karena kita dipermudah dengan layanan Cloud Storage sehingga dapat mengakses data yang disimpan secara instan dan efisien. Misalnya saja ketika Anda sedang mengerjakan suatu proyek sehingga dituntut untuk dapat menyediakan dan menyimpan data dengan jaminan keamanan yang terpercaya. Sudah pasti layanan seperti Google Drive lah yang menjadi pilihan tepat dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

12. Berbagi informasi  

Internet memiliki julukan perpustakaan dunia yang berarti tempat ini merupakan gudangnya informasi dan selalu bertambah setiap waktu. Selain itu kebanyakan informasi yang tersedia di Internet bersifat gratis sehingga terjangkau bagi banyak orang. Anda juga dapat berbagi informasi pada jaringan internet melalui media sosial yang Anda gunakan, karena dengan sering membagikan konten yang bermanfaat Anda telah ikut andil dalam lajunya pertumbuhan informasi yang ada di dunia.

Lihat Juga : Pengertian E-Money | Sejarah, Manfaat, Jenis, dst.

13. Melakukan daring  

Pandemi yang tengah terjadi di antara masyarakat saat ini telah memaksa perubahan sosial serta aktivitas lingkungan menjadi lebih terbatas. Dengan alasan inilah banyak pekerjaan beralih menjadi berjalan secara daring. Salah satu kelebihan smartphone ialah memberikan fasilitas kepada pengguna untuk terus terhubung ke internet agar dapat terus mengikuti perkembangan informasi saat ini.

14. Jam digital  

Salah satu fitur smartphone yang kelihatan remeh namun begitu penting fungsinya bagi keseharian kita, apalagi jika bukan jam digital. Meskipun hanya menunjukkan waktu yang terjadi, namun tanpa adanya penunjuk agenda waktu Anda pasti akan kerepotan juga. Pasalnya tidak semua tempat yang disinggahi memiliki jam, apalagi ketika Anda memiliki janji dengan seseorang pastinya akan cukup merepotkan apabila alat penunjuk waktu ini tidak tersedia bersama Anda.

15. Kalkulator  

Ada kalanya kita terjebak pada situasi yang mengharuskan Anda untuk menggunakan kalkulator agar dapat mendapatkan hasil memuaskan dari masalah yang sedang terjadi. Oleh karena itu fitur kalkulator sebagai mesin hitung praktis yang terinstall pada smartphone merupakan layanan yang tidak bisa diremehkan. Karena tidak setiap orang memiliki kemampuan menghitung yang mumpuni ketika berhadapan pada nilai angka yang cukup besar, sehingga membutuhkan alat bantu presisi agar mendapat hasil yang diinginkan.

Lihat Juga : Perbedaan Adobe Illustrator dan CorelDraw

16. Senter / pencahayaan

Pemadaman atau mati lampu merupakan peristiwa paling umum yang terjadi pada negara-negara berkembang seperti Indonesia. Apabila Anda mengalami pemadaman secara mendadak pada malam hari tentunya akan sangat menyulitkan karena kurangnya pencahayaan. Smartphone sendiri dapat digunakan menjadi senter penerangan jika hal semacam ini terjadi, fitur tersebut dapat Anda aktifkan melalui menu bar dengan menggeser layar ponsel bagian atas kemudian klik ikon dengan bentuk senter.

17. Melihat berita  

Saat ini media baca seperti koran dan televisi mulai ditinggalkan oleh masyarakat khususnya oleh kaum muda, pasalnya hal tersebut dianggap sudah tidak fleksibel lagi dengan kesibukan maupun aktivitas manusia modern. Namun sebagai gantinya, Anda dapat mengakses sumber berita melalui channel yang tersedia pada platform video streaming seperti YouTube maupun Koran digital seperti Kompas dan sejenisnya. Bahkan Anda dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana pun melalui layar smartphone yang Anda miliki, sehingga fleksibilitas waktu milik Anda tetap terjaga.

18. Hotspot  

Internet telah menjadi kebutuhan primer manusia yang ke empat setelah sandang, pangan, papan. Fakta ini dapat dibuktikan melalui banyaknya pengguna perangkat elektronik di dunia serta menjamurnya berbagai kebutuhan manusia seperti pekerjaan yang mesti terhubung ke internet. Oleh karenanya keberadaan Wi-Fi sangat dibutuhkan setiap orang di berbagai sudut wilayah, selain itu Anda juga bisa berbagi koneksi internet yang dimiliki oleh smartphone Anda melalui fitur Hotspot. Fitur ini dapat Anda aktifkan melalui menu data seluler kemudian cari tulisan hotspot dan klik untuk mengaktifkannya.

19. Belajar dan riset  

Kebutuhan informasi yang manusia miliki itu tidak ada batasnya, inilah salah satu alasan mengapa kita tidak bisa hidup tanpa internet setidaknya di masa modern seperti sekarang. Berkat adanya internet beserta segala layanan yang dimilikinya para pelajar serta ilmuwan menjadi lebih terbantu dalam menyelesaikan pembelajaran dan riset yang mereka miliki. Ditambah akses internet yang tersedia pada smartphone semakin mempermudah akses informasi kapan saja di mana saja. Bahkan layanan forum informasi seperti Reddit dan Quora turut mengajak masyarakat dunia untuk saling membantu dan berdiskusi dalam menyelesaikan suatu masalah antara satu dengan lainnya.

Lihat Juga : 10 Perbedaan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator

Penutup,

Smartphone memang termasuk gadget serba bisa, bahkan seseorang dapat memiliki antara 2-3 ponsel di saku mereka. Hal ini membuktikan bahwasanya era digitalisasi telah mengakar dalam keseharian aktivitas manusia sehingga sulit untuk dipisahkan. Namun begitu kita harus bisa menggunakan smartphone secara tidak berlebihan agar tidak berdampak negatif pada kehidupan kita sebagai makhluk sosial.

Apa perbedaan antara iPhone dengan smartphone Android?

iPhone termasuk golongan ponsel yang eksklusif didesain dan diproduksi oleh Apple inc. Sedangkan smartphone Android adalah tipe ponsel yang dibuat oleh beragam perusahaan manufaktur yang menawarkan internet, software, dan multimedia.

Apakah iPhone lebih bagus dari smartphone Android?

Secara General iPhone memiliki kualitas hardware dan software yang lebih bagus dalam integrasinya dibandingkan smartphone Android. Hal ini bisa dilihat dari durabilitas iPhone yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan smartphone Android, apabila mengesampingkan tentang bagaimana sikap pengguna dalam memakai ponsel mereka dalam kegiatan sehari-hari.

Kenapa pengguna Android lebih banyak dari iPhone?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini seperti Android lebih menawarkan fleksibilitas dalam kustomisasi kepada penggunanya dan android lebih mudah diperbaiki apabila terjadi kerusakan ditambah karena banyaknya service center yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun poin utamanya ialah harga iPhone terlampau tinggi daripada ponsel android.

Apakah ada versi iPhone untuk Gaming?

Sayangnya sejauh ini Apple tidak menyediakan layanan mereka untuk platform gaming, meski begitu Anda masih bisa memainkan game pada iPhone Anda melalui beberapa layanan aplikasi penyedia permainan seperti APK Pure, Tap Tap, QooApp dan sejenisnya.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…