Pengertian Adobe Acrobat Reader | Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan

Adobe Acrobat merupakan software penampil PDF terbaik yang terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Aplikasi ini selalu dibutuhkan mulai dari pelajar hingga pengusaha dalam mengelola dokumen pekerjaanya. Dan sekarang, aplikasi PDF ini sudah terhubung ke layanan Adobe Document Cloud, sehingga pengguna dapat bekerja dengan PDF di perangkat apa pun dan dimanapun. Versi baru dengan nama Acrobat Reader DC telah memfasilitasi segudang fitur terbaik.

Hanya dengan Adobe Acrobat Reader pengguna dapat melihat, menandatangani, mengumpulkan dan melacak umpan balik dokumen, hingga berbagi PDF secara gratis. Bila ingin bekerja lebih kompleks dan lengkap, gunakan versi langganan dari Acrobat Pro DC agar dapat mengedit, mengekspor, dan mengirim PDF ke pengguna lain. Untuk mempelajari lebih jauh mengenai apa itu Adobe Acrobat Reader simak pembahasan berikut ini!

Lihat Juga : Pengertian LibreOffice | Komponen, Fungsi, Fitur

Apa itu Adobe Acrobat Reader?

Pengertian Adobe Acrobat Reader Adalah
Sumber Gambar : Wikipedia.org
Pengembang AplikasiAdobe Systems
Bahasa PemrogramanC++
Sistem OperasiMicrosoft Windows
Mac OS X
Linux
Android
iOS
BlackBerry Tablet OS
Windows Phone
UkuranReader : 47.79 MB
Acrobat Pro : 501 MB
Versi Adobe AcrobatAcrobat Standard DC
Acrobat Pro DC
Lisensi(Perangkat Lunak Milik Perorangan) Proprietary
Situs Webadobe.com/acrobat

Adobe Acrobat Reader merupakan perangkat lunak dari keluarga Adobe Acrobat yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe Systems. Adobe Acrobat adalah perangkat lunak pertama yang mendukung File berekstensi PDF (Portable Document Format) untuk data dokumen. Pada software Acrobat ini terdiri dari edisi Standard dan Reader memiliki tampilan antarmuka yang serupa. Adobe Reader sendiri adalah pembaruan dari versi lama Acrobat Reader. Aplikasi ini memungkinkan kalian membaca, memberi notasi, menandai secara digital, memverifikasi, mencari, hingga mencetak data format Portable Document Format (PDF).

Acrobat diluncurkan pertama kali pada tanggal 15 Juni 1993 untuk Macintosh dengan identitas nama Acrobat 1.0, yang tidak tersedia dalam satuan gratis. Kemudian menyusul versi aplikasi untuk DOS dan Windows 3.1. Pada masa itu, IRS pernah membeli hak untuk membuat distribusi Reader 1.0, yang membuat aplikasi ini tampak gratis. Masih di tahun yang sama akhirnya PDF dari Acrobat Reader diluncurkan ke publik.

Semakin banyak pengguna PDF, karena keamanan dan kedinamisannya. Hal ini membuat semakin banyak kompetitor Adobe Acrobat yang bermunculan, seperti FoxitReader, GhostScript, Nitro PDF, dan Nuance Communications yang juga menyediakan fasilitas untuk membuat data PDF secara gratis maupun berbayar.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Office | Jenis, Layanan, Fungsi, Manfaat

Perbedaan Adobe Reader dengan Adobe Acrobat Reader

Sampai sekarang ini Adobe Reader dan Adobe Acrobat merupakan alat yang sangat penting dan selalu dipakai oleh banyak pengguna PC maupun laptop. Sama-sama digunakan untuk melihat, mencetak, menambahkan komentar, dan mencari dokumen dengan mudah. Namun versi Adobe Acrobat Reader lebih canggih ketimbang Adobe Reader.

Adobe Acrobat memiliki kemampuan untuk membuat dan mengedit data dokumen PDF, dengan versi Standar dan Pro. Layanan berbayar atau premium dari Adobe Acrobat Reader ini tersedia dalam tahunan maupun bulanan. Adobe Acrobat hanya mendukung versi sistem operasi Windows dan MacOS. Semua fasilitas aplikasi ini memuat fitur yang ada pada Adobe Reader. Adobe Acrobat Reader juga menyediakan fasilitas interaktif dengan menambahkan elemen multimedia ke dokumen PDF dan bisa mengenkripsi dokumen untuk keamanan ekstra.

Sedangkan Adobe Reader termasuk software gratis yang digunakan untuk membuka dokumen PDF dengan fitur yang masih terbatas. Aplikasi ini juga ada di situs web Adobe yang dapat diunduh secara gratis, karena bisa digunakan siapapun untuk melihat semua jenis konten PDF. Adobe Reader mendukung berbagai sistem operasi dari versi Linux, Mac, Windows, Android, dan Solaris dengan berbagai bahasa.

Adobe Acrobat ReaderMemiliki kemampuan dari semua fitur Adobe Reader, dan keunggulan lain memiliki kemampuan ekstra untuk membuat, memanipulasi, serta mengedit dokumen PDF.
Adobe ReaderDigunakan untuk melihat, mencetak, berkomentar, menandai secara digital dan mencari dokumen PDF.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Illustrator | Sejarah, Fungsi, Fitur, Manfaat

Fungsi dan Manfaat Adobe Acrobat Reader

Fungsi dan Manfaat Adobe Acrobat Reader
Sumber Gambar : Adobe Document Cloud

Untuk memahami lebih detail terkait fungsi dan manfaat dari Adobe Acrobat Reader, simak daftarnya berikut ini:

1. Membuat File PDF

PDF merupakan format file yang dikembangkan langsung oleh Adobe System Inc, sehingga Adobe Acrobat Reader ini memiliki kemampuan ekstra untuk membuat, memanipulasi, hingga mengedit dokumen PDF secara mudah dengan beragam fitur yang terus diperbarui.

2. Membaca atau Menampilkan Dokumen PDF

Ketika pengguna memiliki dokumen berekstensi PDF dari internet, unduhan maupun data pribadi, maka aplikasi ini akan membaca dan membuka file berjenis PDF tersebut. Tidak hanya itu, pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan perubahan, menambahkan komentar, serta membagikannya pada pengguna lain yang juga menggunakan Adobe Acrobat DC.

3. Melindungi atau Mengamankan File PDF

Adobe Acrobat Reader sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin mengamankan datanya dari kerusakan tulisan, pembajakan maupun di copy atau dijadikan plagiasi orang lain tanpa izin. Dengan fitur pengamanan data, maka pengguna bisa meemberikan password dan memberikan watermark identitas untuk meminimalisir penyalahgunaan hak cipta.

Masih banyak fungsi dari Adobe Acrobat Reader yang bisa di gunakan seperti mencetak File, membuat komentar di dalam file, membuat penanda secara digital, dan mencari berkas File PDF dengan mudah.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Teams | Fungsi, Manfaat, Fitur, Kelebihan

Fitur Utama Adobe Acrobat Reader

Fitur utama Adobe Acrobat Reader
Tampilan situs Adobe Acrobat Reader DC. RUDI DIAN ARIFIN

Adobe Acrobat akan membantu pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan pada dokumen PDF secara mudah. Mengonversi, mengedit, berbagi, dan menandatangani PDF. Jelajahi semua fitur dan alat Adobe Acrobat Reader dari daftar berikut ini:

1. Membuat File PDF

Dengan Adobe Acrobat, pengguna dapat mengonversi file, gambar, atau halaman web apa pun dari Office menjadi file PDF berkualitas tinggi serta dapat dibuka di berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, dan smartphone. Berikut ini panduan membuat file PDF pada Adobe Acrobat.

Cara Membuat Dokumen PDF

  1. Buka aplikasi Adobe Acrobat dan pilih “Tools” » “Create PDF”.
  2. Pilih tipe File yang ingin dibuat PDF dari: file tunggal, beberapa file (multiple file), file pindai, atau opsi lainnya.
  3. Klik “Create” atau “Next” tergantung pada jenis File yang dipilih.
  4. Ikuti perintah untuk mengonversi ke PDF dan menyimpan ke lokasi yang diinginkan.

Lihat Juga : 4 Cara Mengubah File DOC ke PDF

2. Fitur Edit File PDF

Dengan fitur ini, pengguna dapat menambahkan, mengubah teks, gambar langsung pada dokumen PDF itu sendiri. Dengan Adobe Acrobat atau Acrobat DC (versi terbaru), pengguna dapat dengan mudah mengedit dokumen dari perangkat mana pun. Bayangkan saja saat pengguna ingin mengedit dokumen, tetapi tidak memiliki dokumen asli. Nah, dengan Adobe Acrobat ini pengguna bisa memperbarui file secara langsung. Berikut petunjuk cara mengedit file PDF.

Cara Mengedit File PDF

  1. Buka File di Acrobat DC ( Gunakan Adobe Acrobat versi terbaru).
  2. Klik alat “Edit PDF” di panel kanan.
  3. Gunakan alat editing pada Acrobat
    • Tambahkan teks baru, edit teks, atau perbarui font dari daftar Format.
    • Menambahkan, mengganti, memindahkan, atau mengubah ukuran gambar di halaman menggunakan pilihan dari daftar Objek.
    • Klik alat lain untuk mengedit File PDF lebih lanjut. Pengguna juga dapat menambahkan cap air dan membuat anotasi PDF.
  4. Simpan PDF yang sudah di edit. Berikan nama file dan klik tombol “Save”.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Memisahkan File PDF Per Halaman

3. Fitur Berbagi File PDF

Dengan Adobe Acrobat, pengguna bisa berbagi dan melakukan peninjauan file PDF secara mudah. Ketika berbagi pada sebuah tautan, maka pengguna akan meninjau dan mengelola semua umpan balik secara online dari beragam perangkat. Adobe Acrobat akan mengumpulkan umpan balik pada file yang akan dibagikan.

Hal ini  akan mempermudah pengguna dalam mengirimkan link kepada tim dengan menangkap semua komentar. Pengguna tidak perlu lagi mengirim banyak lampiran email atau menyesuaikan umpan balik secara manual.

Cara Berbagi File PDF

  1. Buka PDF di Acrobat untuk Mac atau PC dan klik Share With Others di bilah alat bagian atas.
  2. Bagikan file Anda
    • Tambahkan alamat email setiap penerima.
    • Tambahkan tenggat waktu atau pengingat opsional.
    • Pastikan “Allow Comments” dipilih.
    • Klik “Send” untuk mengirim tautan ke PDF secara online.
  3. Lacak aktivitas – Klik tab Home dan pilih “Shared” » “Shared by You”.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Halaman PDF

4. Fitur Penanda/ Tanda Tangan

Jika Anda membutuhkan tanda tangan pada sebuah dokumen secara digital, Adobe Acrobat Reader dapat menjadi pilihannya. Fitur ini dapat Anda coba pada Adobe Acrobat DC (versi terbaru). Simak panduan singkatnya berikut ini.

Cara Menambahkan Tanda Tangan

  1. Buka File PDF di Acrobat (Gunakan Adobe Acrobat versi terbaru).
  2. Klik alat Fill & Sign di panel kanan.
  3. Tambahkan penerima – Masukkan alamat email dan tambahkan pesan khusus sesuai keinginan pengguna. Lalu klik “Next”.
  4. Buatlah formulir dan bidang tanda tangan – Klik untuk menerima formulir dan tanda tangan yang terdeteksi secara otomatis.
  5. Kirim formulir – Klik “Send”. Setiap penerima akan menerima email dengan tautan ke tanda tangan elektronik secara instan bersama dengan salinan dokumen yang di tanda tangani. Salinan pengguna akan di simpan dengan aman di Adobe Document Cloud.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Memutar File PDF

Kesimpulan,

Dari semua penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Adobe Acrobat Reader merupakan aplikasi kompleks yang digunakan untuk membuka, membuat, dan mengedit dokumen berekstensi PDF. Pengguna akan dipermudah membaca, mencetak, mencari, berbagi file, dan melakukan peninjauan online berbasis Cloud Computing.

Apakah Adobe Acrobat Reader Berbayar?

Ya aplikasi ini berbayar dan berlangganan. Karena kebutuhan pegguna selalu berkembang itulah sebabnya pihak Adobe Inc. terus meningkatkan dan menambahkan fitur ke Adobe Acrobat. Dan ketika pengguna membeli Adobe Acrobat DC, pengguna akan selalu mendapatkan fitur terbaru saat dirilis. Acrobat Standard DC : Rp 175.300/bulan sedangkan Acrobat Pro DC : Rp 202.300/bulan (Free Trial)

Sistem operasi desktop apa yang mendukung Acrobat Reader?

Adobe Acrobat Reader untuk desktop mendukung sistem operasi Windows dan Mac OS saja. Acrobat Standard DC tersedia untuk Windows sedangkan Acrobat Pro DC tersedia untuk Windows dan Mac OS

Itulah penjelasan singkat dari saya mengenai pengertian, manfaat, dan fitur utama dari Adobe Acrobat DC, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

CATATAN: Informasi di atas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.