Cara Membuat Email Baru Gmail

Email (electronic mail) atau surat elektronik merupakan sarana pengiriman pesan melalui media digital menggunakan komputer, laptop, dan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Fungsi email digunakan untuk mengirim data, umumnya dalam bentuk teks, gambar, audio, video, atau jenis file lainnya. Dengan adanya email, aktivitas berkirim pesan terasa lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.

Hal ini berbanding terbalik ketika dimasa lalu mengirim pesan terasa menyulitkan. Dulu, ketika tahun 90-an hingga 2 ribuan, saat dimana belum banyak masyarakat menggunakan komputer dan mendapat jaringan internet, mengirim pesan harus melalui jasa manusia (pos).

Namun, saat ini generasi millennial tidak pernah merasakan hal tersebut. Mengirim pesan apapun terasa lebih cepat. Beragam layanan email tersedia secara gratis, seperti Gmail, Yahoo, Outlook, iCloud Mail, AOL Mail, dan lainnya yang masih banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan secara detail bagaimana cara mendaftar email baru di Gmail dan cara menggunakannya.

Apa itu Gmail?

Gmail merupakan layanan email (surel) milik Google. Gmail pertama kali diluncurkan pada 1 April 2004 (beta) dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 (masih dalam status beta). Dan layanan ini tidak lagi berstatus beta pada 7 Juli 2009 bersamaan dengan layanan Google lainnya.

Dalam pengembangannya, Gmail menggunakan bahasa pemrograman Java dan Javascript (ajax). Sampai saat ini, Gmail menjadi salah satu layanan email terbaik dimana antarmuka yang dihadirkan sangat intuitif.

Sampai pada April 2018, Gmail telah digunakan lebih dari 1,4 Milyar pengguna dari seluruh dunia. Untuk kapasitas penyimpanan, Gmail juga menjadi yang terbanyak dimana per pengguna mendapat 15 GB penyimpanan email masuk dan keluar.

Dalam bisnisnya, Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan pada email yang diterima pengguna. Iklan Gmail hanya ditampilkan pada pengguna dibagian tap promosi dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

Kelebihan utama menggunakan Gmail adalah, terintegrasi dengan beragam perangkat atau device, serta semua layanan Google Apps seperti Chrome, YouTube, Google Play, Maps, Google Drive, Duo, dan lainnya.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Email Android Terbaik

Informasi Yang anda Butuhkan

Dalam mendaftar email baru, informasi yang anda butuhkan adalah;

  • Nomor Telepon
  • Email Pemulihan (tidak wajib)

Langkah Langkah Daftar Gmail Baru

Yang paling utama adalah, pastikan anda telah memiliki nomor telepon aktif agar akun Gmail anda tetap aman. Dan apabila terjadi masalah dapat dipulihkan dengan nomor telepon tersebut.

1. Langkah pertama, silahkan akses halaman buat daftar akun Gmail baru.

2. Kemudian masukkan informasi yang dibutuhkan seperti nama depan, nama belakang, nama pengguna, sandi, dan konfirmasi. Klik Berikutnya untuk melanjutkan.

1. Cara Membuat Email Gmail

3. Selanjutnya, masukkan informasi tambahan lain seperti nomor telepon, alamat email pemulihan (tidak wajib), tanggal, bulan, dan tahun lahir, serta gender. Klik Berikutnya untuk melanjutkan.

2. Langkah Membuat Akun Gmail

4. Selanjutnya, lakukan verifikasi No. telp untuk menjaga akun Gmail anda. Klik Kirim.

3. Cara Membuat Akun Google

5. Masukkan kode Gmail yang telah dikirimkan ke nomor telepon anda melalui pesan SMS. Klik Verifikasi

4. Tutorial Daftar Akun Gmail

6. Selanjutnya akan muncul opsional untuk pengoptimal penggunaan nomor telepon untuk layanan Google Apps. Anda bisa lewati atau setujui.

5. Cara Daftar Akun Gmail di Laptop

7. Kemudian anda diminta untuk menyetujui semua kebijakan dan privasi akun Google. Klik Saya setuju untuk melanjutkan.

7. Daftar Akun Gmail di Android

8. Dan selamat! Akun Gmail anda telah berhasil dibuat.

6. Cara Buat Akun Gmail di HP

9. Selanjutnya, anda bisa mulai menggunakan Gmail. Klik Gmail untuk mulai menggunakan Gmail.

8. Daftar Gmail Sekali Klik

10. Selesai.

Lihat Juga : Panduan, Daftar, dan Pembayaran Doku Wallet

Cara Menggunakan Gmail

Setelah berhasil membuat akun Gmail, berikut panduan singkat dalam menggunakan Gmail.

1. Mengenal Menu Gmail

Berikut beberapa menu penting yang perlu dipahami ketika menggunakan layanan email Gmail.

1. Mengenal Menu Gmail
  • Tulis : Fitur untuk membuat pesan email baru.
  • Kotak Masuk : Informasi untuk menampilkan pesan email yang masuk ke email kita.
  • Berbintang : Pesan yang difavoritkan atau dipilih pengguna sebagai pesan pilihan.
  • Ditunda : Pesan yang ditundakan untuk dibaca atau dilihat.
  • Terkirim : Pesan yang telah berhasil dikirim.
  • Draf : Pesan yang belum dikirim atau masih tersimpan didraf.
  • Penting : Pesan penting (important).
  • Chat : Chat yang masuk dari pengguna lain melalui Hangout.
  • Terjadwal : Pesan yang dijadwalkan untuk dikirim sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Semua Email : Pesan yang masuk dan keluar dari semua kategori yang ada.
  • Spam : Informasi pesan spam yang masuk ke email anda.
  • Sampah : Pesan yang telah dihapus akan masuk ke sampah dan secara otomatis akan terhapus permanen ketika pengguna tidak membutuhkannya lagi.
  • dll…

2. Membuka Email Masuk

Untuk membuka email yang masuk, anda tinggal klik pada Kotak Masuk » kemudian pilih email yang belum dibuka atau belum terbaca, contohnya seperti pada gambar dibawah ini.

1. Membuka Email Masuk

Selanjutnya, anda akan melihat tampilan pesan yang masuk sesuai dengan yang dikirimkan pengguna.

2. Melihat Email Masuk Gmail

Lihat Juga : Cara Membuka 2 atau lebih Gmail dalam 1 HP Android

3. Membuat Pesan Email Baru

Untuk membuat pesan email baru, anda bisa klik Tulis pada bilah samping kiri yang ada tanda “+” (plus) berwarna.

1. Membuat Pesan Email Gmail

Selanjutnya, anda bisa menulis informasi pesan baru tersebut. Masukkan email penerima pesan dibagian form Kepada. Lalu, masukkan Subjek pesan tersebut, misal Tugas Kewirausahaan, Laporan Keuntungan Bisnis April, dan lainnya sesuai kebutuhan.

2. Mengirim Pesan Email Gmail

Kemudian tuliskan pesan yang ingin disampaikan. Jika ingin menyertakan file, silahkan klik Icon yang ada dibagian bawah sebelah huruf A. File yang dibolehkan bisa berupa dokumen, gambar, audio, video, rar, zip, dan lainnya.

Jika sudah, anda bisa klik Kirim untuk megirim pesan email tersebut.

4. Menghapus Email Masuk

Ada dua cara dalam menghapus pesan masuk. Saat pesan belum dibuka (berada disisi luar) atau saat pesan dibuka (berada disisi dalam). Dibawah ini, anda bisa mencoba menghapus pesan pada sisi luar dengan klik icon sampah yang ada disamping kanan.

1. Menghapus Pesan Email

Atau anda juga dapat menghapus pesan ketika dibuka melalui icon sampah yang ada dibagian atas.

2. Menghapus Email Gmail

5. Logout Gmail

Untuk keluar akun Gmail, anda bisa klik icon profil yang ada dibagian pojok kanan atas, lalu klik Keluar.

1. Keluar Akun Gmail Laptop

Lihat Juga : Cara Keluar Akun Gmail di HP Android

Manfaat Menggunakan Gmail

Berikut beberapa manfaat dan kelebihan ketika memilih Gmail sebagai email utama anda.

1. Terhubung dengan semua Layanan Google

Dengan hanya 1 akun Google, anda bisa terhubung dengan semua layanan Google yang tersedia saat ini, seperti Chrome, YouTube, Maps, Calender, Google Drive, Google Play, dan lainnya. Semua produk layanan Google dapat anda akses dengan klik menu yang ada disebelah kanan atas.

1. Gmail Terhubung semua layanan Google

Dengan integrasi yang mudah, anda pun akan terpuaskan dan tidak perlu repot membuat akun satu persatu. Namun, satu hal yang perlu anda perhatikan bahwa semua informasi yang anda berikan ke Google akan tercacat di databasenya.

Dan ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan layanan Google serta peningkatan relevansi iklan yang akan ditampilkan ke anda. Semuanya dapat anda kontrol atau hapus melalui halaman aktivitas Google.

2. Kapasitas Penyimpanan yang relatif besar

Sampai saat ini, Google adalah salah satu layanan yang hadirkan penyimpanan terbanyak, yakni 15GB. Dengan penyimpanan tersebut, mengirim dan menerima pesan sudah lebih dari cukup.

Anda-pun bisa cek kapasitas penyimpanan yang telah terpakai melalui halaman Google One Storage.

2. Kapasitas Gmail Yang besar

Jika anda menggunakan email untuk kebutuhan bisnis dengan penyimpanan yang lebih besar, anda bisa upgrade ke paket yang lebih besar, dimulai dari 100 GB sampai 30 TB. Harga mulai dari 26.000 sampai 3.900.000 per bulan.

3. Upgrade Penyimpanan Google

Jika anda tertarik untuk melakukan upgrade, anda bisa kunjungi halaman Google One. Cek bagian sisi paling bawah…

Lihat Juga : 5 Situs Penyimpanan Data Online Terbaik

3. Dapat Mencegah Spam dengan baik

Informasi yang penulis dapatkan, Gmail dapat mengidentifikasi email spam masuk dengan sangat baik dengan tingkat akurasi mencapai 99,9%. Dengan teknologi AI (artificial intelligence) berbasis machine learning, Google mampu mengidentifikasi email spam hingga 100 juta lebih per harinya.

4. Teknologi Spam Gmail

Dengan teknologi ini, anda tidak perlu khawatir mengenai spam yang masuk ke Gmail. Pengalaman penulis-pun juga demikian, beragam email spyware, malware, dan penipuan secara otomatis masuk ke folder spam.

4. Bisa digunakan di beragam perangkat

Gmail merupakan layanan email multiplatform, dimana integrasi yang dihadirkan terbilang sangat baik. Anda bisa menggunakan beragam device atau gadget untuk melihat, menerima, atau mengirim pesan email.

Dukungan platform cukup beragam, mulai dari Android, iOS, Windows, ChromeOS, dan lainnya. Anda bisa menggunakan perangkat desktop atau mobile untuk mencobanya.

Semua browser yang dihadirkan saat ini juga dapat anda gunakan untuk membuka Gmail seperti Firefox, Chrome, Microsoft Edge, dan lainnya. Dengan semua kemudahan ini, anda pun tidak perlu bingung bagaimana cara akses dan menggunakan Gmail.

Lihat Juga : Cara Memasang Ekstensi di Chrome

5. Jarang mengalami gangguan

Hampir semua layanan Google jarang sekali mengalami gangguan. Informasi terbaru yang penulis dapatkan saat ini, hanya satu layanan yang terkadang mengalami gangguan. Itupun karena masih dalam masa pengembangan.

5. Gmail Jarang Mengalami Gangguan

Data dari G Suite Status Dashboard berikut terlihat Gmail berstatus hijau. Artinya, sangat baik dan jarang terjadi gangguan. Dari pengalaman penulis, ketika membuka Gmail pernah muncul tulisan terjadi gangguan sementara, dan dalam beberapa menit kemudian masalah tersebut hilang.

6. Aman dari serangan Virus atau Malware

Selain spam, identifikasi virus atau malware di Gmail juga sangat baik. Faktanya, semua email yang dikirim atau diterima akan di-scan terlebih dahulu. Salah satu contohnya adalah, program dibawah ini yang terdeteksi sebagai virus atau malware.

6. Deteksi Virus Gmail

Namun disini perlu diperhatikan, jika anda merasa bahwa file yang anda kirimkan bukan virus atau malware, namun tetap tidak dapat dikirim karena alasan keamanan. Anda bisa cari cara lain dengan upload file ke Google Drive, dan barulah kirim ke email tujuan anda.

Lihat Juga : 15 Software Antivirus PC & Mac Terbaik

7.  Menjadi prioritas dalam mendaftar layanan lain

Gmail menjadi prioritas banyak pengguna dalam mendaftar akun baru. Anda bisa gunakan Gmail untuk login atau daftar akun pada banyak layanan sosial media atau marketplace saat ini. Salah satu contohnya adalah, Pinterest dimana menggunakan Akun Google untuk login secara lebih cepat.

7. Autentifikasi Login Gmail

Beberapa contoh lain seperti Tokopedia dan Bukalapak juga melakukan hal yang sama. Dengan opsi ini, sekali klik anda bisa mendapat akses penuh layanan. Tapi sebelumnya, anda perlu melakukan autentifikasi atau perizinan akses ke akun Google anda.

Penutup,

Itulah penjelasan saya mengenai cara membuat email Gmail, serta kelebihan menggunakan Gmail sebagai layanan pilihan anda. Bagikan artikel ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.