Perbedaan Adobe Illustrator dan CorelDraw

Berdasarkan pengalaman dalam menggunakan beragam software desain grafis, kali ini penulis akan berbagi pengetahuan mengenai perbedaan…

Berdasarkan pengalaman dalam menggunakan beragam software desain grafis, kali ini penulis akan berbagi pengetahuan mengenai perbedaan Adobe Illustrator dan CorelDraw. Mungkin banyak yang sudah mengenali salah satu dari kedua software atau bahkan dua-duanya. Namun setelah dilihat dari berbagai sudut, masih banyak yang bingung karakteristik dari dua aplikasi ini.

Secara umum Adobe Illustrator dan CorelDraw berfungsi sebagai perangkat lunak desain grafis berbasis vektor. Kedua software ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan desainer grafis dalam berkarya dan berkreativitas. Selain itu, Adobe Illustrator dan CorelDraw juga sangat populer karena fiturnya sama-sama unggul dan mampu menghasilkan karya desain yang berkualitas. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai perbedaan antara Adobe Illustrator dan CorelDraw, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Perbedaan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator

Apa itu Adobe Illustrator?

Adobe Illustrator adalah perangkat lunak grafis berbasis vektor yang digunakan untuk mendesain gambar, membuat ilustrasi, logo, brosur, dan beragam jenis desain lainnya. Software ini dikembangkan oleh Adobe Systems untuk pengguna Windows, MacOS, dan juga iPad. Awal rilis Illustrator pada tahun 1987 dan terus dilakukan pembaruan secara berkala, hingga saat ini masuk dalam bagian Adobe Creative Cloud.

Adobe Illustrator digunakan para kreator seperti desainer grafis, desainer web, seniman visual, dan Illustrator profesional dalam menciptakan hasil karya yang berkualitas. Illustrator memiliki fitur dan alat untuk memaksimalkan kebutuhan dalam membuat digital ilustrasi. Sering kali Illustrator dipakai untuk pembuatan gambar digital dan cetak, meliputi desain kartun, logo, infografis, dan ilustrasi. Dalam desain cetak Illustrator dipakai untuk membuat banner, billboard, poster, kartu nama, dan sejenisnya.

Illustrator juga memungkinkan pengguna untuk mengimpor foto, tracing objek foto, mewarnai ulang, hingga membuat sketsa foto. Dalam hal manipulasi, Illustrator juga memungkinkan pengguna untuk mengedit teks dan di manipulasi dalam banyak hal. Selain itu, Illustrator juga mendukung pembuatan template atau mockup desain dan ikon aplikasi atau web. Namun dalam perkembangannya, Illustrator sudah jarang digunakan untuk membuat desain web karena sudah tersedia software yang lebih tepat.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Alternatif Adobe Illustrator

Apa itu CorelDraw?

CorelDraw adalah perangkat lunak editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel Corporation. CorelDraw dirancang sebagai software untuk mengedit gambar seperti logo, poster, banner, desain packaging, dan pembuatan desain vektor. Pemula desain umumnya menyukai CorelDraw daripada software grafis lainnya, karena interface dan fiturnya lebih user friendly. Pada bidang percetakan, advertising, maupun publikasi desain juga lebih sering menggunakan CorelDraw untuk mengerjakan proyek-proyek mereka.

Banyak yang menggunakan CorelDraw karena grafis vektor dan pengeditan layout desain memiliki kualitas yang baik. CorelDraw mendukung berbagai format Import/Export serta shortcut tool yang mudah dihafal. Selain itu terdapat beragam fitur unggulan yang mulai diperbarui khususnya untuk versi CorelDraw terbaru yaitu CorelDraw Graphic Suite 2020.

Lihat Juga : Prinsip Layout Desain

Perbedaan Adobe Illustrator dan CorelDraw

Membandingkan perbedaan antara Illustrator dan CorelDraw agak rumit, mengingat keduanya hampir mempunyai kemiripan dari segi penggunaan. Illustrator dan CorelDraw memegang basis gambar yang sama yaitu vektor. Yang membedakan adalah cara kerja dari segi fitur dan tool-tool dalam kedua software. Pada umumnya Illustrator hampir digunakan oleh profesional desainer dalam membuat karya seni pada platform digital maupun desain brand yang menjual. Illustrator paling sering dipakai desainer grafis untuk pembuatan desain logo, grafis, desain konten modern, dan desain ilustrasi lainnya.

Sementara CorelDraw merupakan perangkat lunak grafis yang mendukung vektor oleh Corel Corporation. Software ini lebih banyak digunakan daripada Illustrator, terutama bagi kalangan umum industri desain, seperti percetakan, publisher, digital printing, dan sejenisnya. Banyak yang mengatakan bahwa CorelDraw lebih user friendly dan lebih mudah digunakan terutama untuk membuat brosur atau pamflet, kartu undangan, dan sejenisnya.  

Illustrator lebih sering dipakai oleh perorangan atau perusahaan desain yang memang profesional menggunakan software ini. Dibanding dengan CorelDraw, Illustrator memang lebih unggul penggunaannya walaupun sedikit lebih rumit. CorelDraw memiliki interface dan fitur yang mudah dipelajari bagi pemula, sedangkan Illustrator butuh waktu yang cukup lama dan pengalaman lebih untuk mengenali tool-tool di dalamnya.

Pratinjau pewarnaan di dalam CorelDraw cukup bagus untuk hal cetak, namun tidak sebagus Illustrator. Hal ini karena Illustrator memiliki format file PostScript dan menyajikan pratinjau hasil cetak yang lebih akurat.

Lihat Juga : Mengenal Adobe Dimension beserta Fungsi dan Fiturnya

Perbandingan Adobe Illustrator vs CorelDraw

Perbedaan PenggunaanIllustratorCorelDraw
Dikembangkan olehAdobe SystemsCorel Corporation
Awal diperkenalkanTahun 1986Tahun 1987
 Jenis perangkat lunakBerbasis VektorBerbasis Vektor
Untuk penggunaanBagus untuk membuat grafik dan desain objek dari awal. Contohnya, logo, peta, ilustrasi, packaging, desain web.Bagus untuk membuat barcode, packaging (desain kemasan), desain kupon, voucher dan sejenisnya.
Digunakan olehDesainer Grafis, Illustrator Profesional, Desainer UX.Desainer Grafis
FungsionalitasLebih unggul saat mendesain dan membuat gambar seperti kartun, ilustrasi, vexel, dan sejenisnya .Pekerjaan desain vektor mudah dimanipulasi dan dibuat.
ArtboardsMultipleMultiple
Color previewMemiliki kualitas warna cetak bagus dan lebih akurat.Hasil pratinjau warna tidak sebagus Illustrator.
Area kerjaBekerja di dalam dan di luar Artboard.Bekerja di dalam dan di luar Artboard.
UndoMultiple steps backwardMultiple steps backward
Waktu menyimpanLambatLebih cepat dari Illustrator
Kompatibilitas aplikasiIllustrator memenangkan kompatibilitas aplikasi,  karena Adobe membuat aplikasi desain dalam keluarga Creative Cloud yakni, Photoshop, InDesign, After Effects, Premiere Pro, Animate, Character Animator, dan lainnya. Semua program di dalamnya dapat saling berkolaborasi.Hanya pada satu lingkup aplikasi saja, CorelDraw menggandeng paket grafis dari Corel, yaitu editor gambar bitmap Corel Photo Paint.

Lihat Juga : Pengertian Adobe XD beserta Sejarah dan Fiturnya

Kesimpulan,

Itulah penjelasan dari saya mengenai perbedaan dan perbandingan software Adobe Illustrator dan CorelDraw. Setelah membaca informasi di atas, Anda dapat menarik kesimpulan, mana software yang paling sesuai dan memiliki benefit untuk pekerjaan di bidang desain. Illustrator memegang hasil kualitas warna cetak yang bagus dengan beragam tool dan fitur yang lebih menantang.

Sementara CorelDraw dirancang lengkap untuk kebutuhan pembuatan desain visual yang umum dan banyak digunakan semua orang, tentunya dengan alat yang lebih sederhana dan mudah dimengerti. Semuanya tergantung dari nyamannya pengguna dalam menggunakan kedua software tersebut.

Semoga artikel mengenai perbedaan Adobe Illustrator dan CorelDraw dapat berguna dan bermanfaat. Jika ada yang perlu ditambahkan atau tanyakan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 1 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. renata berkata:

    artikel yg bgus… Izin buat bahan referensi gan…

  1. 10 Fungsi Free Transform Tool pada Adobe Photoshop

    Free Transform Tool dapat digunakan untuk mengatur objek gambar atau foto sesuai keinginan
  2. 15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

    Bersihkan semua file sementara pada sistem dan matikan proses yang berjalan di latar belakang untuk mengatasi…
  3. 8 Cara Aktivasi Microsoft Office 2013

    Anda bisa aktivasi Microsoft Office 2013 dengan menjalankan perintah CMD atau menginstall program activator