10 Fungsi, Manfaat dan Kegunaan VPN

Situs menjadi salah satu elemen penting dalam menyediakan kebutuhan informasi kepada para pengguna internet. Meski begitu karena terciptanya beberapa kebijakan pada setiap negara dan wilayah, hanya sebagian situs saja yang dapat di akses oleh masyarakat tertentu. Kebijakan semacam ini tentu ada segi positif seperti dapat menghalau pengguna untuk memasuki situs dengan konten pornografi maupun konten negatif lainnya.

Namun pemblokiran seperti ini juga menutup akses terhadap situs yang sebenarnya cukup informatif apabila dimanfaatkan dengan benar. Reddit merupakan forum online yang tercatat sebagai salah satu situs terblokir di Indonesia, padahal Reddit sendiri dapat dijadikan sebuah tempat tanya jawab mengenai informasi yang tidak dapat kita temukan pada sumber lain.

Di saat seperti inilah VPN hadir sebagai solusi dalam mengakses situs-situs seperti Reddit agar dapat dimasuki oleh pengguna. Walau secara umum VPN lebih dikenal sebagai ekstensi browser yang menyediakan akses terhadap situs ilegal, namun pendapat tersebut bisa dibilang kurang tepat. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai fungsi, manfaat dan kegunaan VPN silakan simak penjelasan berikut.

Lihat Juga : 5 Perbedaan Sandisk Extreme dan Extreme Pro

Mengenal apa itu VPN?

Manfaat VPN
Sumber Gambar : unsplash.com

Virtual Private Network atau yang lebih dikenal sebagai VPN merupakan perangkat lunak yang berfungsi dalam menyembunyikan identitas alamat IP pengguna melalui enkripsi pada lalu lintas penjelajahan internet. Untuk memakai VPN pun relatif mudah, Anda hanya perlu log in ke dalam aplikasi VPN kemudian memilih alamat IP yang tersedia dan mengaktifkannya. Secara otomatis alamat IP perangkat Anda akan terenkripsi dan terlindungi, sehingga segala aktivitas yang dilakukan dalam internet lebih terjaga.  

Lihat Juga : 15 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Cloud Storage

Manfaat dan Kegunaan VPN

Berikut di bawah ini merupakan beberapa poin utama yang dijadikan alasan oleh beberapa pengguna yang memasang VPN pada perangkat mereka. Beberapa manfaat serta kegunaan VPN antara lain:

1. Menjaga data penjelajahan

Ketika sedang menjelajahi internet mungkin tanpa sepengetahuan pengguna sebuah sumber tidak dikenal dari website yang Anda kunjungi ikut meninjau aktivitas Anda secara online. Hal ini mungkin terdengar biasa saja namun bukan berarti bisa diacuhkan.

Karena apabila Anda membiarkannya, segala aktivitas yang Anda lakukan selama browsing akan terus direkam dan dikumpulkan sebagai data untuk menargetkan pengguna dengan serangan adware yang menyebalkan. Namun apabila Anda mengaktifkan VPN, maka segala hambatan eksternal yang mengganggu seperti ancaman seperti adware dan sejenisnya dapat diproteksi serta di minimalisir.

2. Mencegah pembatasan data

Pernahkah kecepatan internet Anda melambat secara tiba-tiba? Jangan terburu-buru untuk mengisi ulang paket bulanan Anda, karena bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh Data Throttling. Data Throttling sendiri biasanya terjadi ketika pengguna mengonsumsi sejumlah data yang tersedia sehingga menyebabkan Internet Service Provider (ISP) memperlambat kecepatan koneksi Anda secara sepihak.

Jika Anda memiliki VPN mungkin hal tersebut dapat dihindari karena dapat menyembunyikan identitas perangkat yang sedang Anda gunakan. Sehingga ISP tidak dapat mendeteksi seberapa banyak paket data yang sedang dikonsumsi.

Lihat Juga : Apa itu Root Android? Mengenal Root beserta Fungsi dan Risikonya

3. Menghindari pembatasan bandwidth

Ada pula faktor eksternal yang menghambat koneksi internet Anda seperti Bandwidth Throttling. Selain karena pembatasan yang dilakukan oleh ISP, koneksi Anda kemungkinan sedang disadap dan dikontrol oleh orang yang tidak dikenal. Hal ini bisa dipicu karena kelalaian pengguna ketika mengakses suatu situs tak dikenal dan menekan “Allow” pada suatu pop up.

Tentu saja apabila Anda menggunakan VPN hal tersebut memiliki kemungkinan kecil untuk terjadi. Karena VPN sendiri akan mengenkripsi lalu lintas internet Anda sehingga terhindar dari penyadap tak dikenal.

4. Mengamankan privasi anda  

Data privasi saat ini tengah menjadi topik perbincangan hangat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Karena sejak berita bocornya data privasi pengguna internet di salah satu ecommerce terkemuka di negara kita banyak orang menjadi lebih berantisipasi terhadap keamanan data mereka. Meskipun sebagian orang masih acuh terhadap masalah ini, padahal data yang bocor tersebut apabila digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab, dapat menjadi ancaman bagi sang pemilik asli dari data tersebut. 

Mulai dari menggunakan identitas tersebut untuk meminjam sejumlah uang, menyebarkan hoax di internet, target phising dan sebagainya. Apabila data privasi Anda terenkripsi dengan baik melalui VPN, hal seperti ini dapat dicegah sebelum terjadi. Hal ini dikarenakan VPN menggunakan 256-bit encryption yang memungkinkan seluruh komunikasi online Anda terlihat seperti informasi kacau bagi mereka yang mengintip data digital Anda.

Lihat Juga : Apa itu MOD APK? Kenali Aplikasi Modifikasi dan Bahayanya

5. Membuka layanan akses pada situs terblokir

Hal ini sudah cukup umum dan menjadi alasan utama mengapa banyak pengguna memasang VPN pada perangkat mereka masing-masing. VPN sendiri dapat menyamarkan IP Address pengguna, sehingga Anda dapat mengakses suatu situs terblokir secara ilegal dan praktis. Meskipun begitu bukan berarti tindakan tersebut sepenuhnya negatif. Apabila kita memakai sudut pandang yang lebih terbuka, sebenarnya hal tersebut dilakukan karena beberapa alasan yang masih bisa diterima.

Misalnya saja ketika Anda ingin menonton film favorit di layanan streaming Netflix, namun tidak tersedia pada saluran negara pengguna karena diblokir dengan suatu alasan seperti Region lock. Di sini Anda dapat memakai VPN sebagai jembatan akses untuk dapat menikmati layanan video streaming dari film yang Anda inginkan. Tak jarang pula VPN dimanfaatkan oleh para gamer untuk menikmati game yang terkena region lock.

6. Memberikan akses terhadap multi server

Mungkin di benak Anda terbesit “Bagaimana Bisa?” berkat perkembangan teknologi ke arah yang lebih baik kita dapat menikmati yang namanya kemudahan layanan dan akses. Hal ini juga berlaku ketika menggunakan VPN dengan layanan yang baik, sehingga pengguna dapat menggunakan satu akun terhadap beberapa perangkat yang berbeda seperti smartphone, desktop, laptop, tablet dan sebagainya hanya dengan berbekal koneksi dan enkripsi dari VPN itu sendiri.  

7. Mendownload file secara anonim

Saat ini Torrent telah menjadi situs yang banyak diakses karena sistem peer to peer nya yang memudahkan para pengguna internet untuk mengakses berbagai macam file secara gratis. Karena hal inilah banyak negara memblokir situs torrent, namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi pengguna VPN. Pasalnya mereka dapat memiliki akses bebas terhadap situs apapun tanpa hambatan dari region lock itu sendiri.

Meski begitu, ada baiknya Anda untuk tetap berhati-hati ketika mendownload sesuatu di internet terutama untuk file yang berformat “exe” karena biasanya format tersebut digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapat keuntungan dari aplikasi tak dikenal yang Anda unduh dan install.

Lihat Juga : Apa itu IMEI? Mengenal IMEI dan Fungsinya pada Smartphone

Penutup,

VPN memang telah menjadi suatu fenomena yang biasa bagi pengguna internet di seluruh dunia, meski begitu manfaatnya sendiri masih dapat dirasakan oleh para penjelajah internet hingga saat ini. Karena bukan hanya menyediakan akses terhadap suatu situs tertentu saja namun juga menyediakan sistem perlindungan kepada pengguna ketika melakukan suatu aktivitas di internet yang berkemungkinan memiliki risiko keamanan rendah.

Bagaimana cara kerja VPN?

Anda hanya perlu log in ke dalam aplikasi VPN kemudian memilih alamat IP yang tersedia dan mengaktifkannya. Secara otomatis alamat IP perangkat Anda akan terenkripsi dan terlindungi sehingga segala aktivitas yang dilakukan dalam internet lebih terjaga.

Kenapa ketika menggunakan VPN internet kadang melambat?

Sebenarnya hal ini tergantung IP negara mana yang sedang Anda pakai utuk layanan akses internet. Faktor utama yang bisa memperlambatnya biasanya karena server IP yang dipakai pengguna terlalu jauh jaraknya sehingga menyebabkan arus jalanya data menjadi lebih lama dan lambat.

Bagaimana cara memilih layanan VPN yang terbaik?

Ada dua faktor kunci yang bisa Anda jadikan acuan ketika memilih VPN, yang pertama “Untuk digunakan sebagai apa VPN tersebut” dan “Apakah saya sanggup membayar layanan VPN” mengapa begitu? Karena seperti yang kita tahu apabila Anda hanya ingin menggunakan VPN sebagai jembatan akses terhadap situs-situs terblokir maka versi gratis pun masih bisa digunakan dengan lancar. Namun apabila kebutuhan Anda lebih dari itu tentunya versi berbayar lebih bijak untuk dipilih.

Apakah saya membutuhkan VPN?

Apabila Anda cukup khawatir terhadap aktivitas internet yang dimata-matai oleh pihak yang tidak dikenal maka penulis rasa memasang VPN pada perangkat adalah pilihan yang bijak. Secara kita sekarang hidup di era global yang mana sebuah data dapat menjadi aset berharga sehingga harus dijaga dengan kewaspadaan yang tinggi.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.