Pengertian WiFi | Sejarah, Perkembangan, Fungsi, Cara Kerja

Pernahkah Anda mendengar istilah “Internet of Things” atau disingkat IOT?. Internet of Things mendeskripsikan jaringan objek fisik “Things (benda)” yang tertanam dengan sensor, Software, dan teknologi lain untuk tujuan menghubungkan dan bertukar data dengan perangkat dan sistem lain melalui internet. Singkatnya IOT mengacu pada sistem objek yang saling terkait dan terhubung ke internet yang dapat mengumpulkan dan mentransfer data melalui jaringan nirkabel tanpa campur tangan manusia.

Tentunya IOT menyediakan manfaat yang besar bagi perkembangan teknologi di era digital. Misalnya saja seperti memberi anda kemampuan untuk mengumpulkan data dari jaringan dan menggunakan analisa lanjutan dalam mengungkap wawasan serta peluang bisnis yang mengurangi biaya operasional. Sehingga mampu memaksimalkan produktivitas dan efisiensi Anda dalam bekerja pada bidang yang melibatkan dunia digital sebagai sektor bisnisnya. Hal ini pula lah yang menjadi salah satu alasan dasar banyak tersebarnya akses WiFi di seluruh dunia untuk membantu perkembangan umat manusia di zaman modern.

Lihat Juga : Pengertian Google Classroom | Manfaat, Fitur, Cara Menggunakan

Definisi dan Pengertian WiFi  

Pengertian WiFi
Sumber Gambar : artikel.rumah123.com

WiFi lebih dikenal masyarakat Indonesia sebagai perangkat yang memberikan akses internet bagi penggunanya. Namun sebenarnya WiFi diartikan sebagai singkatan dari “wireless fidelity” artinya Anda dapat mengakses atau menyambung ke jaringan menggunakan gelombang radio, tanpa perlu menggunakan kabel. Contohnya ketika Anda pergi ke Café dan dapat tersambung ke jaringan WiFi mereka untuk mengakses Internet tanpa harus menghubungkan perangkat Anda pada sebuah kabel, konektor atau sejenisnya.  

Simpelnya WiFi adalah jenis teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan perangkat elektronik ke Internet tanpa kabel. Teknologi jaringan ini memungkinkan perangkat seperti komputer (laptop dan desktop), perangkat seluler (Smartphone), dan peralatan lainnya (seperti printer dan kamera video) untuk terhubung dengan Internet.

Mungkin Anda kadang terpikirkan mengapa disebut sebagai WiFi? Jawabannya masih tersangkut pada merek dagang dari WiFi, jadi Phil Belanger (anggota pendiri Wi-Fi Alliance) yang memimpin pemilihan nama “Wi-Fi”, telah menyatakan bahwa Interbrand WiFi sebagai pelesetan dari kata (Hi-Fi).  

Pengertian WiFi Menurut Para Ahli

  • Priyambodo – Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat (Jaringan Wi-Fi Teori dan Implementasi, Yogyakarta Tahun 2005).
  • Onno W Purbo – Mengatakan bahwa Wireless merupakan standar yang sering dimanfaatkan untuk alat bantu komunikasi jaringan tanpa menggunakan sebuah kabel. Yang mana mendasari dari spesifikasi IEEE. Biasanya, jaringan tanpa kabel tersebut digunakan ataupun dibagikan secara bersama-sama dalam sebuah ruangan ataupun komunitas tertentu (Jaringan Nirkabel 5G Berbasis Cloud: Reability, Mobility, Energy Efficiency, Latency).
  • Jubilee Enterprise – Wireless merupakan varian terbaru dari teknologi informasi dan komunikasi yang lantas bekerja pada sebuah jaringan serta perangkat Wireless Local Network (WLAN) (100 TIP & TRIK WIFI Oleh Jubilee Enterprise).
  • Yuhefizar – WiFi adalah suatu perangkat singkatan dari Wireless Fidelity yaitu standar yang digunakan untuk komunikasi jaringan lokal tanpa kabel dengan dasar spesifikasi IEEE 802.11 (Website Interaktif Menggunakan Joomla Yuhefizar, S. Kom).
  • Doni Kurniawan – WiFi adalah teknologi lama yang sudah disertakan pada beberapa notebook Pentium 3. Namun di notebook Pentium 4 dan generasi atasnya teknologi tersebut sudah wajib ada. Dengan tujuan agar perkembangan teknologi lebih maju (Merawat & Memperbaiki Notebook Buku oleh Doni Kurniawan).
  • Kamus Oxford – WiFi singkatan dari ‘wireless fidelity’ (sistem untuk mengirim data melalui jaringan komputer menggunakan gelombang radio, bukan kabel.
  • Wikipedia – WiFi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Lihat Juga : Pengertian Web Browser | Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya

Sejarah Perkembangan WiFi  

Sejarah WiFi
Sumber Gambar : azbigmedia.com

WiFi ditemukan dan pertama kali dirilis untuk umum di tahun 1997, ketika sebuah komite bernama 802.11 dibuat. Hal ini mengarah pada pembuatan IEEE802.11, yang mengacu pada serangkaian standar yang menentukan komunikasi untuk jaringan area lokal nirkabel (WLAN).

Kemudian hal ini berlanjut pada pembuatan spesifikasi dasar untuk WiFi, yang memungkinkan transfer data dengan kecepatan 2Mbps secara nirkabel antar perangkat elektronik. Hal ini memicu pengembangan peralatan prototipe atau yang kita kenal sebagai router untuk memenuhi IEEE802.11. Hingga pada tahun 1999, WiFi mulai diperkenalkan untuk digunakan oleh konsumen rumahan.

Perkembangan WiFi dari Masa ke Masa

1997Versi asli dari standar IEEE 802.11 dirilis pada tahun 1997 dan diklarifikasi pada tahun 1999, pada masa ini kecepatan transfer WiFi masih terbatas 1 atau 2 megabyte per detik.
1999Standar WiFi memiliki kecepatan yang lebih meningkat dari pendahulunya yaitu sekitar 11 Mbps, dan menggunakan metode akses media yang sama dengan yang ditentukan dalam standar asli (sebelumnya).
2003Telepon Muncul ponsel pertama yang memungkinkan panggilan telepon seluler dan WiFi VoIP yang bernama Calypso Wireless C1250i.
2005Terjadi peningkatan Kualitas Layanan WiFi yang menjadi penting untuk kinerja Voice over Wireless LAN dan streaming multimedia serta pengiriman chipset WiFi mencapai 100 juta setiap tahun.
2009Chipset WiFi terjual hingga 1Milyar dan WiFi memungkinkan gelombang pita radio 2.4GHz serta 5GHz untuk digunakan dengan router dual band simultan, sehingga WiFi mampu mencapai kecepatan maksimum 600 Mbps.
2010Jumlah hotspot WiFi di seluruh dunia mencapai 1 juta. Serta Presiden Barack Obama menanggapi usulan FCC mengenai Rencana Broadband Nasional dengan menandatangani sebuah memorandum yang berkomitmen untuk membebaskan 500 MHz spektrum pada industri nirkabel (Wireless Industry).
2015Diperkirakan ada hampir 70 juta hotspot WiFi di seluruh dunia dan WiFi telah menjadi suatu kebutuhan yang kuat dalam arus bebas informasi di seluruh dunia (penjelajahan internet).

Lihat Juga : Pengertian E-learning | Jenis, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Fungsi dan Manfaat WiFi

Fungsi WiFi
Sumber Gambar : lowiczanin.info

Fungsi dasar WiFi adalah untuk mengubah koneksi kabel Anda menjadi nirkabel, ini mengubah sinyal listrik menjadi sinyal radio pada pita 2.4Ghz. Simpelnya WiFi hanyalah perantara untuk menggunakan koneksi kabel seperti Ethernet dalam menyediakan penghubung antara perangkat elektronik dengan router. Namun ada beberapa fungsi serta manfaat lain dari WiFi seperti:

1. Mempermudah Akses Informasi

Komunikasi data menjadi lebih baik dan lebih instan terutama ketika transfer informasi yang lebih cepat dalam bisnis, antara mitra dan klien. Misalnya saja ketika staf penjualan dapat memeriksa tingkat dan harga stok dari jarak jauh saat melakukan transaksi penjualan.   

2. Dapat menjadi ladang usaha

Seperti yang kita tahu di Indonesia WiFi cukup populer di tempat umum seperti kedai kopi, toko buku, hotel atau restoran. Apabila cukup jeli dengan memanfaatkan potensi keberadaan WiFi di wilayah sekitar Anda, maka bukan tak mungkin untuk menjadikannya sebagai bisnis. Lagi pula WiFi relatif murah dan mudah untuk dipasang di lingkungan perumahan padat penduduk maupun pada wilayah yang masih ramai orang lewat sehingga memiliki sebuah potensi usaha yang cukup berpeluang.

3. Mobilitas dan Produktivitas

Pengguna yang terhubung ke jaringan WiFi dapat mempertahankan afiliasi yang hampir konstan dengan jaringan yang diinginkan saat mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain (akses tersedia tanpa batasan sebuah konektor). Hal ini menyiratkan bahwa seseorang dapat berpotensi menjadi lebih produktif, karena pekerjaannya dapat diselesaikan dari lokasi mana pun yang nyaman baginya. Terutama bagi mereka yang bekerja menjadi seorang Freelancer maupun mereka yang pekerjaannya hanya melibatkan sebuah Laptop dan koneksi Internet saja.  

4. Hemat Biaya

Saat ini Internet telah menjadi suatu kebutuhan primer, oleh karena itu keberadaan WiFi telah menjadi sebuah Oase segar bagi para pengguna Internet. Oleh karena itulah banyak provider mulai bersaing dalam menyediakan paket internet murah bagi para penggunanya agar selalu memakai jasa mereka dalam mengakses internet. 

5. Menawarkan Fleksibilitas dalam Bekerja

Salah satu keuntungan paling signifikan dari WiFi adalah fleksibilitas yang ditawarkannya di tempat kerja. Anda sudah tidak perlu lagi repot dalam mencari kabel jaringan atau RJ-45 untuk dihubungkan ke Laptop atau Desktop, Karena satu perangkat WiFi yang dipasang di tempat kerja Anda mampu melayani setiap pengguna yang memungkinkan proses kerja berlanjut tanpa hambatan apa pun. 

Lihat Juga : Pengertian E-Money | Sejarah, Manfaat, Jenis, dst.

Cara Kerja Perangkat WiFi  

Paket Internet MyRepublic
Sumber Gambar : unsplash.com

WiFi bekerja dengan prinsip yang sama seperti perangkat nirkabel lainnya, WiFi juga menggunakan frekuensi radio untuk mengirim sinyal antar perangkat. Namun frekuensi radio yang dimaksud berbeda dengan radio pada umumnya seperti walky talkie, radio mobil, telepon seluler, atau radio cuaca. Oleh karena itu sinyal WiFi hanya dapat ditangkap oleh perangkat berkemampuan nirkabel khusus seperti laptop atau smartphone dalam jarak tertentu.

Jika dijelaskan sistem kerjanya secara manual maka WiFi menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data. Kemudian adaptor nirkabel di komputer menerjemahkan data menjadi sinyal radio dan mengirimkannya melalui device pemancar. Lalu gelombang radio tadi diterima dan diterjemahkan menjadi data oleh router nirkabel yang menghubungkannya ke dalam jaringan internet.

Lihat Juga : Pengertian Email | Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, dan jenisnya

Kelebihan dan Kekurangan WiFi  

Paket Internet FM
Sumber Gambar : 99.co

Selain menawarkan banyak manfaat dari berbagai aspek keseharian, WiFi pun juga memiliki kelemahan yang tidak sedikit pengguna mengetahuinya. Untuk itu simak kelebihan dan kekurangan dari WiFi berikut ini.

Kelebihan

  • Nyaman untuk dipakai – Hal ini disebabkan karena banyak pengguna dapat terhubung dengan router atau melalui teknologi hotspot tanpa memerlukan konfigurasi apa pun. Kemudahan akses Inilah yang memberi pengguna dalam menggunakan Internet di mana pun dan kapan pun selama masih dalam jangkauan gelombang akses dari router/hotspot.
  • Mudah dalam pemasangannya – Anda dapat memasang WiFi di tempat mana pun yang masih mendukung jalur akses dari provider penyedia layanan Internet yang Anda kontrak. Lagi pula sekarang sudah banyak mobile device yang menyediakan layanan hotspot sehingga Anda dapat menautkan perangkat elektronik apa pun agar mendapat akses internet melalui smartphone Anda.
  • Instan dan Fleksibel – Sebagai pengguna Internet tentunya Anda sudah mengenal istilah “Connect Automatically” perintah ini berfungsi sebagai  pemicu untuk terkoneksi otomatis pada suatu hotspot WiFi yang pernah Anda akses sekali. Dengan fitur ini Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan koneksi secara manual terhadap jaringan hotspot yang pernah Anda akses.
  • Hemat Daya Listrik – Meskipun WiFi dapat menyediakan sumber daya Internet kepada banyak pengguna namun hal tersebut tidak berefek pada penggunaan daya listrik yang dipakai oleh perangkat akses WiFi (WiFi Access Point). Bahkan rata-rata daya tegangan yang dibutuhkan akses poin ini hanya sekitar DC 9V dan 0.85A

Kekurangan

  • Stabilitas Sinyal – Pengguna dapat mengalami gangguan apabila jangkauan sinyal nirkabel kesulitan melewati suatu bangunan tertentu atau jika area tersebut memiliki gangguan radio yang signifikan. Anda mungkin perlu melakukan beberapa percobaan untuk mendapatkan stabilitas sinyal yang optimal, misalnya saja seperti mengatur ulang router atau berpindah ke tempat yang dapat dijangkau sinyal WiFi.
  • Kecepatan – Meskipun jaringan nirkabel lebih cepat daripada koneksi dial-up, namun kecepatan rata-rata jaringan WiFi cenderung lebih lambat daripada koneksi Ethernet, setidaknya untuk saat ini.
  • Keamanan – WiFi rentan terhadap peretasan, hal ini disebabkan oleh sifatnya yang nirkabel, karena itulah WiFi memiliki peluang tinggi untuk diretas terutama jaringan WiFi Umum (Publik). Karena jaringan WiFi Umum terbuka untuk siapa saja, peretas dapat menggunakan ID palsu untuk menjebak korbannya. Dengan cara ini Anda dapat terhubung ke ID palsu ini bahkan tanpa persetujuan pengguna.
  • Akses Terbatas – Meskipun saat ini WiFi sudah mulai menjamur di Indonesia, namun nyatanya masih banyak tempat maupun daerah yang masih belum bisa terjamah oleh WiFi karena banyak faktor. Salah satunya adalah jauhnya jarak antara provider penyedia layanan jaringan internet nirkabel terhadap penggunanya, hal ini menyebabkan seorang pengguna perlu merogoh kocek lebih dalam untuk menyediakan peralatan yang dapat menunjang akses WiFi di tempatnya.

Lihat Juga : Pengertian Blender | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Kesimpulan,  

Meskipun WiFi kelihatannya sangat berjaya di masa kini namun perlu Anda ketahui bahwasanya suatu saat akan ada sebuah teknologi canggih yang mampu untuk menggantikannya yaitu LiFi. LiFi (Light Fidelity) adalah sistem nirkabel dua arah yang mentransmisikan data melalui lampu LED atau inframerah. Teknologi ini pertama kali dicetuskan pada tahun 2011 dan tidak seperti WiFi yang menggunakan frekuensi radio, teknologi LiFi hanya membutuhkan sumber cahaya dengan chip untuk mengirimkan sinyal internet melalui gelombang cahaya.

Bisakah mengakses internet tanpa WiFi?

Anda dapat mengakses Internet tanpa WiFi dengan kemungkinan bahwa Anda memiliki alternatif lain seperti menggunakan paket data melalui ponsel seluler Anda, kemudian mengaktifkan layanan hotspot yang tersedia di dalamnya. Namun apabila pertanyaan Anda yaitu tentang bagai mana cara mendapatkan internet gratis tanpa harus memakai alternatif apa pun mau itu WiFi atau paket provider dan sejenisnya, maka jawabannya adalah mustahil.

Apakah Internet gratis itu memungkinkan?

Pertanyaan seperti ini sering ditanyakan namun sedikit ambigu, karena apabila definisi internet gratis yang dimaksud seperti penjelasan di atas maka jawabannya mustahil. Namun apabila pertanyaan Anda mengenai “Bisakah saya mengakses internet tanpa mengeluarkan biaya?” maka jawabannya mungkin.

Kapan 5G Hadir di Indonesia?

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan, pemerintah akan mulai melakukan persiapan gelaran jaringan 5G pada akhir 2021 atau awal 2022.

Bisakah kata sandi WiFi diretas/ di hack?

Jawabannya bisa karena router dengan keamanan WEP mudah diretas. WEP adalah jenis alat enkripsi yang digunakan untuk mengamankan koneksi nirkabel Anda. Hal ini disebabkan karena kesalahan paling umum yang banyak dari pengguna yang menggunakan kata sandi WiFi default. Peretas dapat menggunakan kata sandi default untuk tidak hanya meretas koneksi WiFi Anda tetapi juga mendapatkan akses ke perangkat yang terhubung ke jaringan Anda.

Sekian ulasan singkat mengenai pengertian WiFi beserta sejarah, perkembangan, fungsi, dan cara kerjanya. Bagikan artikel ke sosial media Anda supaya lebih bermanfaat. Apabila Anda ingin memberikan pertanyaan ataupun tanggapan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar tentang WiFi. Penggunaan dan manfaat WiFi akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara & Rudi Dian Arifin.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.