Grab Error dan Tidak Bisa Dibuka
Sumber Image : Facebook Grab

Dianisa.com – Mengatasi Grab Tidak Bisa Dibuka di HP Android. Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), dan taksi (GrabTaksi) serta kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling sosial (GrabHitch Car). Saat ini Grab tersedia di 125 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Banda Aceh – Aceh hingga Jayapura – Papua. Baru-baru ini Grab meluncurkan layanan GrabGerak, sebuah solusi unik yang pertama kali disediakan untuk mendukung para penyandang disabilitas untuk bergerak dan mendapatkan lebih banyak akses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. (Sumber : Wikipedia.org)

Baca Juga :

Mengatasi Grab Tidak Bisa Dibuka

Nah, dibalik keungulan fitur dan layanan yang dihadirkan oleh Grab, ada sebagian pengguna yang terkadang mendapati masalah saat menggunakan Aplikasi Grab. Diantaranya seperti tidak bisa dibuka, tidak tersamnbung, tidak bisa login, muncul pesan error, dan lainnya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan anda simak beberapa solusi sederhana berikut ini.

1. Restart Smartphone

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni Restart Smartphone. Tidak menutup kemungkinan dengan restart smartphone Aplikasi Grab dapat normal kembali. Namun hal ini tetap tidak menjamin, apabila masih gagal, silahkan coba metode berikutnya.

2. Periksa Konektivitas

Untuk yang kedua, pastikan koneksi internet anda berjalan lancar. Koneksi internet yang buruk biasanya juga menghambat jalannya aplikasi Grab. Cek koneksi dengan membuka Youtube, Google Play Store, Google.com, atau yang lainnya.

3. Hapus Cache Aplikasi

Selanjutnya, anda bisa mencoba membersihkan file cache atau sampah pada Aplikasi Grab. Untuk lebih mudahnya, anda bisa gunakan aplikasi keamanan atau CCleaner untuk lebih cepat dalam membersihkan file cache di HP Android anda. Tidak menutup kemungkinan, tumpukan file cache pada Internal dan RAM membuat jalannya aplikasi menjadi lemot. Dan untuk membersihkannya, silahkan simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Bersihkan Cache Grab

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Grab” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Bersihkan Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Hapus Data Aplikasi

Kemudian untuk metode yang kedua, anda bisa membersihkan data Aplikasi Grab. Ini akan membuat Aplikasi Grab kembali pada posisi default atau awal. Data yang terhapus akan berupa basis data, data login, history, bookmark, dan juga file cache. Untuk yang sudah dalam posisi login, maka nantinya akan logout jika data terhapus dan nantinya anda bisa login kembali. Dan berikut langkah – langkah hapus data Aplikasi Grab.

Hapus Data Grab

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Grab” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

5. Instal Ulang Aplikasi

Dan untuk yang kelima, anda bisa install ulang aplikasi apabila semua metode diatas tidak membantu sama sekali. Hapus aplikasi, kemudian bersihkan cache, lalu lakukan Restart. Dan barulah nanti anda install langsung aplikasi Grab melalui Google Play Store. Dan untuk metode Uninstall, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstal Grab

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Grab” » Selanjutnya tap “Uninstall” » kemudian Pilih “OKE”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Apabila semua metode yang saya berikan tidak berhasil membantu masalah anda, bisa jadi sistem Android anda juga bermasalah atau anda bisa menanyakan langsung masalah anda melalui Pusat Bantuan Grab. Metode yang saya berikan dapat anda coba pada semua perangkat Android seperti Xiaomi, OPPO, Lenovo, VIVO, ASUS Zenfone, SAMSUNG, LG, Huawei, ADVAN, ACER, dan lainnya. Jika ada sedikit berbedaan, anda bisa langsung menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Grab Error, Tidak Bisa Dibuka di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang iingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here