10 Cara Mengatasi BNI Mobile Banking Error, Tidak Bisa Dibuka

BNI Mobile Banking merupakan fasilitas layanan perbankan yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dan transaksi keuangan melalui smartphone Android atau iOS. BNI Mobile Banking tersedia untuk ponsel Android minimum versi 5.0 (Lollipop) dan iOS minimum versi 9.1. Nasabah BNI dapat mengunduh aplikasi melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone / iPad). BNI menyediakan aplikasi Mobile Banking untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi keuangan secara aman, mudah, dan cepat.

Fasilitas yang disediakan tidak hanya sekedar cek saldo dan transfer uang, tersedia juga fasilitas lainnya seperti pembelian token listrik, pulsa pasca bayar, pembayaran pajak, BPJS, investasi, dan lain sebagainya. Penulis yang juga nasabah dari bank BNI merasa sangat terbantu dengan aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini masih belum stabil saat digunakan. Terkadang saya mengalami masalah ketika menjalankan aplikasi. Hal ini yang mungkin juga Anda alami saat ini seperti munculnya pesan error, macet, tidak bisa login, tidak bisa dibuka, force close, gagal transfer, dan beragam masalah lainnya.  

Lihat Juga : 8 Cara Cek Mutasi Rekening BNI

Penyebab BNI Mobile Banking Error

Masalah BNI Mobile Banking yang error tersebut tentu membuat Anda bingung. Banyak aktivitas yang seharusnya memudahkan, tetapi justru merepotkan. Ada banyak faktor yang membuat aplikasi tidak bisa dibuka / error. Untuk mengetahuinya, Anda bisa simak beberapa poin penyebab BNI Mobile Banking error berikut ini.

  • Server sedang dalam perbaikan (maintenance) – Ada kemungkinan server BNI Mobile Banking sedang dalam perbaikan / maintenance. Hal ini memang sering kali terjadi, terutama saat malam hari. Jika benar demikian, Anda hanya bisa menunggu sampai BNI normal kembali.
  • Bugs pada aplikasi – Bisa jadi terdapat bugs pada aplikasi sehingga aplikasi tidak berjalan stabil atau sering terjadi error ketika digunakan. Misalnya seperti transfer dana terjadi kegagalan / muncul pesan error, tapi ternyata dana berhasil terkirim ke rekening penerima. Dalam kasus seperti ini Anda perlu berhati-hati, periksalah kembali saldo rekening Anda apakah berkurang atau tidak saat terjadi kegagalan tersebut.
  • Baru saja melakukan pembaruan sistem – Dalam beberapa kasus, pengguna yang melakukan update sistem (misalnya dari Android 10 ke Android 11 atau dari iOS 13 ke iOS 14 ) mendapatkan masalah ketika menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking. Mungkin saja pihak pengembang belum melakukan pembaruan dan perubahan untuk Android versi terbarunya.  
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Internet Banking BNI Terblokir

Mengatasi BNI Mobile Banking Error

Untuk mengatasi masalah aplikasi BNI Mobile Banking yang error tersebut, Anda bisa mencoba melakukan perbaikan dengan mencoba beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Coba update aplikasi

Update BNI Mobile Banking
1. Coba update aplikasi BNI Mobile Banking. RUDI DIAN ARIFIN

Tips pertama, cobalah untuk melakukan update aplikasi BNI Mobile Banking melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone). Karena siapa tahu update membawa sejumlah fitur dan perbaikan yang dapat mengatasi masalah error pada aplikasi. Untuk melakukannya, Anda bisa simak dan cermati petunjuk di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Google Play Store pada ponsel Android Anda.
  2. Temukan dan pilih aplikasi BNI Mobile Banking.
  3. Ketuk Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  4. Selesai.

Update aplikasi hanya dapat Anda lakukan apabila tersedia pembaruan BNI Mobile Banking. Jika tidak, maka Anda bisa ikuti tips selanjutnya dengan membersihkan cache aplikasi.

2. Coba bersihkan cache aplikasi

Hapus Cache BNI Mobile Banking
2. Coba bersihkan cache aplikasi BNI Mobile Banking. RUDI DIAN ARIFIN

Membersihkan cache ketika terjadi masalah pada aplikasi sangat penting untuk Anda lakukan. Mengingat aplikasi error dapat terjadi karena kesalahan dan penumpukan file cache pada memori secara berlebihan. Untuk membersihkan file cache, Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan atau melakukannya secara manual melalui manajemen aplikasi. Untuk melakukannya secara manual, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi BNI Mobile Banking.
  3. Terlihat info aplikasi BNI Mobile Banking, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Tembolok untuk menghapus data BNI Mobile Banking.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Aplikasi Android

3. Coba hapus data aplikasi

Hapus Data BNI Mobile Banking
3. Coba hapus data aplikasi BNI Mobile Banking. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila membersihkan cache juga tidak dapat memperbaiki masalah pada aplikasi, cobalah untuk menghapus data aplikasi. Cara ini banyak dilakukan oleh pengguna Android ketika mendapati masalah error pada aplikasi. Menghapus data aplikasi berkaitan dengan data login, basis data, cache, cookies, dan data-data sementara lainnya. Menghapus data aplikasi tidak akan menghapus akun BNI Mobile Banking, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan akun yang Anda miliki. Anda bisa login kembali akun BNI Mobile Banking setelah menghapus data aplikasi. Simak dan ikuti petunjuk menghapus data aplikasi di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi BNI Mobile Banking.
  • Terlihat info aplikasi BNI Mobile Banking, pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus Data untuk menghapus data BNI Mobile Banking.
  • Tap OK untuk konfirmasi.
  • Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

4. Jangan menggunakan WiFi

Ini mungkin tidak masuk akal, tetapi bisa saja developer / pengembang memberikan keamanan pada aplikasi untuk memblokir akses aplikasi melalui jaringan Wi-Fi. Dalam beberapa kasus, banyak nasabah BNI mengalami kendala saat menjalankan aplikasi pada smartphone yang terhubung ke jaringan Wi-Fi. Cobalah untuk me-restart / me-reboot smartphone, lalu gunakan data seluler biasa. Akses kembali BNI Mobile Banking Anda, semoga nantinya normal dan tanpa ada masalah.

5. Tunggu sampai aplikasi stabil kembali

Apabila kendala tersebut terjadi karena server BNI yang sedang dalam perbaikan (maintenance), maka silakan tunggu sampai aplikasi dapat digunakan kembali (up). Biasanya ketika dalam BNI dalam maintenance, muncul peringan atau notifikasi untuk menggunakan layanan dikemudian hari / coba beberapa saat lagi. Utamanya saat Anda menggunakan BNI Mobile Banking pada malam hari. Mengingat maintenance lebih sering dilakukan pada malam hari karena minim pengguna.

6. Hubungi CS BNI

Apabila keluhan mengenai aplikasi BNI Mobile Banking sudah berhari-hari dan tidak kunjung normal, sebaiknya tanyakan ke Customer Service BNI. Anda bisa tanyakan apa pun keluhan Anda ke CS BNI berkaitan dengan aplikasi, akun, transaksi keuangan, informasi login, dan lain sebagainya.

7. Datang ke kantor BNI

Untuk mendapatkan jawaban yang pasti, datanglah ke kantor cabang BNI terdekat di kota Anda. Anda akan mendapatkan bantuan terkait masalah pada aplikasi BNI Mobile Banking. Terutama yang berkaitan dengan akun seperti tidak bisa login, kesalahan username atau password, reset akun, OTP tidak terkirim, tidak menerima balasan kode OTP, dan berbagai masalah akun BNI Mobile Banking. Usahakan untuk datang di pagi hari agar tidak terlalu lama menunggu antrean sehingga cepat mendapatkan pelayanan.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BNI dan Terblokir

Penutup,

Terkadang masalah BNI Mobile Banking yang error terjadi bukan dari faktor penggunanya, tetapi dari server BNI yang sedang dalam perawatan (maintenance). BNI sendiri juga membutuhkan waktu yang relatif lama untuk proses pengembangan dan perbaikan agar aplikasi benar-benar stabil saat digunakan. Cobalah untuk menunggu selama beberapa waktu atau lakukan pembaruan aplikasi untuk mendapatkan perbaikan dan peningkatan performa.

Mengapa BNI Mobile Banking saya tidak bisa login?

Tidak bisa login / gagal login biasanya karena salah dalam memasukkan username dan password (MPIN). Untuk itu, pastikan kembali apakah username dan password yang Anda masukkan sudah benar atau belum. Jika lupa, klik Lupa MPIN / Password untuk reset MPIN BNI Mobile Banking Anda.

Mengapa BNI Mobile Banking saya tidak bisa transfer / gagal transfer?

Masalah tidak bisa transfer / gagal transfer terjadi karena bugs pada aplikasi atau masalah pada server BNI. Meskipun bertuliskan gagal transfer, cobalah untuk cek kembali mutasi rekening Anda. Karena bisa jadi dana berhasil terkirim ke rekening penerima.

Mengapa BNI Mobile Banking saya terblokir?

Akun BNI Mobile Banking yang terblokir disebabkan karena berkali-kali salah memasukkan username dan password. Anda bisa aktifkan kembali akun dengan reset password dengan klik Lupa MPIN / Password.

Dengan mencoba beberapa tips di atas, semoga masalah BNI Mobile Banking pada smartphone Anda dapat teratasi dengan baik dan aplikasi dapat digunakan dengan normal kembali. Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.