7 Cara Masuk Recovery Mode Huawei

Huawei merupakan salah satu perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan ponsel pintar dan jaringan komunikasi terbesar di China dan dunia. Dalam perkembangan terbarunya, Huawei akan membawa Harmony OS ke hampir semua produk Huawei. Hal ini dilakukan untuk memperkuat ekosistem Huawei agar dapat terintegrasi satu dengan lainnya. Dampak dari kebijakan pemerintah Amerika Serikat yang melarang dan menghentikan Google Mobile Services pada smartphone Huawei membuat Huawei berusaha keras untuk melakukan perubahan.

Pada tahun 2019, Huawei masuk jajaran smartphone dengan penjualan terbanyak di seluruh dunia. Tapi saat ini Huawei mengalami penurunan penjualan hingga 70%. Hal ini juga membuktikan bahwa tidak tersedianya Google Mobile Services pada smartphone Huawei membuat konsumen beralih menggunakan smartphone lain. Meskipun demikian, Huawei tetap bertahan dengan keterbatasan tersebut. Huawei terus melakukan inovasi dan kemandirian agar ke depannya tidak bergantung lagi dengan Google Mobile Services.

Lihat Juga : 7 Cara Masuk Recovery Mode Realme

Apa itu Recovery Mode?

Bicara mengenai ponsel Huawei, mungkin Anda pernah mendengar istilah eRecovery / EMUI / Recovery Mode. Perlu Anda tahu, antarmuka sistem operasi “EMUI” yang dimiliki Huawei dikembangkan berdasarkan OS Android. Meskipun Huawei memiliki keterbatasan dalam menggunakan layanan Google, sistem operasi Android masih bisa digunakan pada smartphone Huawei. Hal ini bisa dilakukan lantaran Android sendiri adalah sistem operasi gratis dan open source, sehingga perusahaan teknologi mana pun di seluruh dunia boleh menggunakannya.

Ketika sistem dan aplikasi terinstall pada smartphone Huawei terjadi masalah, pengguna dapat memanfaatkan fitur Recovery Mode atau eRecovery. Fitur tersebut berfungsi untuk melakukan perbaikan jikalau terjadi masalah pada sistem operasi dan aplikasi terinstall. Tidak hanya pada smartphone Huawei, Recovery Mode juga tersedia pada ponsel Android lain, seperti Samsung, OPPO, VIVO, Realme, Xiaomi, dan lainnya.

Ada tiga pilihan yang tersedia pada menu Recovery Mode, di antaranya Reboot system now, Wipe Data/ Factory Reset, dan Wipe cache partition. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Simak dan cermati penjelasan dari ketiga fitur tersebut berikut ini.

  • Reboot system now – Fitur ini berfungsi untuk memuat ulang smartphone Huawei. Anda bisa menggunakan fitur ini jika ingin keluar dari Recovery Mode Huawei.
  • Wipe data/ Factory reset – Fitur ini berfungsi untuk melakukan reset smartphone Huawei (mengembalikan smartphone ke posisi awal).
  • Wipe cache partition – Fitur ini berfungsi untuk membersihkan cache partisi pada memori penyimpanan.

Bagi Anda yang ingin masuk ke menu Recovery Mode / eRecovery Huawei, ikuti petunjuk dan langkah-langkahnya di bawah ini.

Lihat Juga : 7 Cara Masuk Recovery Mode OPPO

Masuk Recovery Mode Huawei

  • Pertama, pastikan kondisi smartphone Huawei Anda dalam keadaan mati / Off.
  • Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya HP terasa getar dan muncul logo Huawei kemudian lepaskan.
  • Tunggu beberapa saat maka Anda akan masuk pada menu Recovery Mode / EMUI / eRecovery. Pada bagian tersebut, Anda bisa memilih fitur sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  • Jika Anda ingin melakukan reset, maka Anda bisa memilih Wipe data/ Factory reset. Jika Anda ingin membersihkan cache partisi, Anda bisa memilih Wipe cache partition.
  • Untuk keluar dari menu Recovery Mode, Anda bisa pilih Reboot system now yang artinya memuat ulang smartphone Huawei Anda.
  • Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 7 Cara Masuk Recovery Mode ASUS

Keluar Recovery Mode Huawei

  • Seperti yang saya jelaskan di atas, untuk keluar dari Recovery Mode Huawei, Anda bisa memilih fitur Reboot system now.
  • Dengan begitu, smartphone akan dimuat ulang.
  • Selesai.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Huawei

Penutup,

Apabila saat ini Anda memiliki masalah pada smartphone Huawei, seperti bootloop, restart sendiri, sampai lupa pola kunci, maka Wipe data/ Factory reset lewat menu Recovery Mode dapat menjadi solusinya. Tapi sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Perbedaan tampilan menu Recovery Mode mungkin dapat berbeda-beda sesuai dengan seri dan tipe smartphone Huawei. Namun yang pasti, fitur dan fungsi Recovery Mode tetap sama.

Bagaimana cara memperbarui sistem lewat Recovery Mode?

Anda harus melakukan unpack “dload” Firmware Huawei ke memori eksternal (SD Card). Matikan smartphone, tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan. Setelah itu, Huawei secara otomatis akan melakukan pembaruan sistem.

Bagaimana cara keluar dari menu Recovery Mode?

Untuk keluar dari Recovery Mode Huawei, Anda bisa memilih fitur Reboot system now.

Kenapa saya tidak bisa masuk ke menu Recovery Mode?

Kemungkinan Anda salah dalam mengikuti instruksi yang saya jelaskan di atas. Anda harus mengikuti instruksi di atas dengan cermat dan teliti untuk dapat masuk ke menu Recovery Mode.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.