9 Cara Hard Reset HP NOKIA

Sebagian dari Anda pasti tahu bahwa NOKIA merupakan salah satu brand ponsel paling terkenal tahun 90an hingga tahun 2000an. Namun sayangnya, saat ini telah digeser oleh banyaknya vendor teknologi terkemuka yang lebih memajukan dan mengedepankan sistem Android dan iOS sebagai sistem utama. Ditahun 2007 lah dimulai oleh Apple dengan meluncurkan iPhone kemudian disusul Samsung dan vendor smartphone lainnya. Brand NOKIA yang tidak mau mengikuti arus yang ada menjadikan vendor ini kalah dengan yang lain.

Walau tertinggal jauh, saat ini NOKIA sudah mulai bangkit dan dikembangkan dengan sistem operasi Android. Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar dari ponsel NOKIA. Dimulai dari tahun 2017, NOKIA menghadirkan varian dan seri menarik seperti NOKIA 3, 5, 7, kemudian dilanjutkan dengan seri-seri lainnya. Namun sayangnya, tidak menutup kemungkinan karena semakin banyaknya pengguna, tentunya ada sebagian yang mengalami masalah terkait pada sistem Android pada NOKIA. Seperti misalnya, aplikasi memunculkan pesan error, tidak bisa dibuka, lupa pola kunci atau kata sandi layar, dan lainnya.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di HP NOKIA

Panduan Hard Reset HP NOKIA

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna bisa memperbaiki dengan cara menghapus data aplikasi. Tetapi jika cara tersebut tidak membantu, opsi Factory Reset atau Hard Reset melalui menu Recovery Mode bisa jadi pilihan. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan reset HP Nokia, simak penjelasan dan metodenya berikut ini.

Factory Reset NOKIA

Factory Reset merupakan metode pengembalian smartphone ke pengaturan pabrikan. Cara ini bisa menjadi solusi ketika terjadi banyaknya masalah pada smartphone NOKIA Anda. Salah satu masalahnya semisal, smartphone terasa sangat lemot atau lambat, aplikasi banyak yang macet dan error, dan masalah-masalah lainnya. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan Factory Reset, pastikan untuk melakukan backup pada semua data yang ada. Simak dan ikuti langkah-langkah Factory Reset HP NOKIA berikut ini.

  1. Buka menu Settings / Setelan pada HP NOKIA Anda.
  2. Pilih menu Sistem » Opsi setel ulang.
  3. Pilih Hapus semua data (reset ke setelan pabrik).
  4. Pilih Setel Ulang Telepon.
  5. Jika dibutuhkan, Anda bisa konfirmasi dengan pola / kata sandi layar.
  6. Smartphone akan melakukan reset dan reboot.
  7. Tunggu beberapa saat maka HP NOKIA akan kembali ke setelan pabrikan.
  8. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Membersihkan Cache di HP NOKIA

Hard Reset NOKIA

Tutorial Hard Reset NOKIA 7.1 | HardReset.info

Selain Factory Reset, Hard Reset juga bisa menjadi solusi Anda ketika terjadi masalah pada sistem Android Anda. Atau bisa juga menjadi solusi saat Anda lupa pola kunci atau kata sandi layar. Sebenarnya ada cara lain dalam mengatasi lupa pola kunci, yakni dengan login ke akun Google. Namun jika Anda sendiri lupa dengan Akun Google, maka tidak ada cara lain selain Hard Reset. Simak dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pastikan HP NOKIA Anda terhubung dengan charger dan berada pada posisi off / mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk pada menu Recovery Mode, Anda bisa tekan tombol Power + Volume Up selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo Powered By Android dan nantinya Anda akan masuk pada menu Android Recovery NOKIA.
  3. Untuk melakukan Hard Reset, Anda bisa pilih Wipe Data/ Factory Reset, kemudian lanjutkan dengan memilih Yes — Delete All Data. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil.
  4. Jika sudah, Anda bisa pilih Reboot System Now untuk memuat ulang ponsel.
  5. Jika sudah, Anda bisa melakukan setup ulang smartphone NOKIA Anda mulai dari awal. Cukup mudah bukan!
  6. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP NOKIA

Penutup,

Dengan adanya metode di atas, diharapkan apa pun masalah yang terjadi pada HP NOKIA Anda dapat teratasi dengan baik dan HP NOKIA dapat digunakan dengan normal kembali. Namun apabila Factory Reset maupun Hard Reset tidak membuahkan hasil sama sekali, sebaiknya lakukan install ulang sistem / Flashing dengan memasang ROM / Firmware baru. Anda bisa Google untuk mencari panduan Flashing HP NOKIA sesuai dengan tipe HP NOKIA yang Anda miliki.  

Metode Hard Reset di atas dapat Anda lakukan pada semua varian dan tipe HP NOKIA Android seperti NOKIA 1, 2, 3, 5, 6, 7 Plus, 8, 8 Sirocco, C1, C2, C3, C10, C20, G10, G20, X10, X20, dan lainnya. Jika terdapat perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Bagaimana mengatasi lupa pola / kata sandi HP NOKIA?

Anda bisa mengikuti panduan Hard Reset untuk mengatasi lupa pola / kata sandi layar.

Apakah Hard Reset dapat mengatasi HP NOKIA yang lupa pola / kata sandi?

Tentu saja, Hard Reset NOKIA melalui Recovery Mode dapat mengatasi lupa pola / kata sandi layar.

Bagaimana cara keluar dari Recovery Mode HP NOKIA?

Anda bisa memilih opsi Reboot System Now untuk keluar dari Recovery Mode NOKIA.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan terkait masalah pada HP NOKIA, silakan tulis melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 2 Comment

  1. Haeri berkata:

    Terima kasih, tipsnya sangat membantu!

  2. Uyar berkata:

    Apakah proses reboot nya selalu lama?