Cara Masuk Recovery Mode Realme

Persaingan antar produsen smartphone kini semakin ketat, inovasi selalu dilakukan namun strategi marketing cantik juga perlu dilakukan demi menggaet banyaknya konsumen dari seluruh penjuru dunia. Alih-alih Xiaomi hadirkan produk berkelas tinggi dengan harga terjangkau, OPPO tak mau kalah yang akhirnya hadirlah sub brand Realme.

Tidak sampai disitu saja, produsen smartphone seperti SAMSUNG pun juga hadirkan ponsel murah. Tujuannya agar pasar SAMSUNG tidak hilang karena banyaknya produk China yang murah dipasaran.

Sedikit membahas mengenai menariknya persaingan produsen teknologi dunia, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai metode masuk Recovery Mode Realme. Biasanya pengguna smartphone yang ingin masuk pada menu Recovery Mode dikarenakan mendapati masalah pada sistem atau ingin melakukan oprek sistem seperti Costum ROM atau akses root. Untuk lebih memahaminya, anda bisa baca penjelasan Recovery Mode serta metode masuknya berikut ini.

Lihat Juga : 6 Cara Membersihkan Cache di HP Realme

Apa itu Recovery Mode?

Setiap perangkat Android dilengkapi dengan fitur Recovery Mode dengan nama julukan yang berbeda-beda (perangkat Realme dan OPPO bernama ColorOS Recovery). Lalu apa itu Recovery Mode? Recovery Mode merupakan fitur tambahan dimana pengguna smartphone dapat melakukan beberapa metode tertentu yang tidak tersedia pada UI sistem.

Recovery Mode terpisah dengan sistem, yang artinya ketika sistem android bermasalah maka pengguna tetap dapat masuk pada Recovery Mode tanpa ada kendala sama sekali dan bahkan pada keadaan tertentu dapat melakukan perbaikan melalui fitur yang tersedia pada Recovery Mode itu sendiri.

Apa Fungsi dari Recovery Mode? Recovery Mode biasanya dibutuhkan dan fungsinya sebagai salah satu metode perbaikan dan oprek sistem Android, entah itu update sistem, Flashing, Reset, atau Costum ROM dan Root. Tukang service HP pun pasti juga sering menggunakan fitur ini sebagai bagian untuk memperbaiki HP yang bermasalah atau rusak.

Recovery Mode hampir mirip dengan BIOS komputer, hanya saja BIOS komputer difungsikan untuk mengatur atau mengidentifikasikan perangkat hardware, sedangkan Recovery Mode hanya fokus pada sistem android itu sendiri. Dan bagi anda yang ingin masuk fitur Recovery Mode (ColorOS Recovery) Realme, berikut metodenya;

Lihat Juga : Download Firmware Realme Semua Tipe

Cara Masuk ColorOS Recovery Realme

Karena ColorOS merupakan UI dari OPPO dan Realme adalah Sub Brand OPPO maka nantinya tampilan Recovery Mode sama dengan OPPO, bahkan metode masuknya juga sama persis dengan OPPO. Penggunaan tombol Power + Volume Down tetap menjadi metode utama untuk masuk fitur ColorOS Recovery.

Anda sebagai pengguna tentu memiliki alasan mengapa ingin masuk pada Recovery Mode, entah itu reset sistem ke pengaturan pabrik, update sistem via WiFi, atau melakukan Flashing melalui SD Card. Apapun alasannya, anda bisa coba dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Tampilan Recovery Mode Realme
  1. Pertama, pastikan smartphone Realme anda dalam keadaan Off atau mati. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat sampai muncul logo Realme dan muncul tulisan Recovery Mode kecil pada bagian pojok kiri bawah lalu lepaskan kedua tombol.
  2. Selanjutnya, pilih bahasa English untuk memudahkan anda dalam memahami fitur yang ada didalamnya. Anda bisa gunakan sentuhan jari untuk memilih menu yang ada atau Volume Up dan Down sebagai navigasi dan Power untuk memilih.
  3. Nantinya akan muncul beberapa pilihan menu. Untuk memahaminya, anda bisa baca penjelasannya berikut ini.
    • Install from storage device – berfungsi buat anda yang ingin menginstal software ataupun sistem android, pada sebagian pengguna biasanya juga digunakan untuk oprek seperti Root atau Costum ROM.
    • Online update (keep data) – berfungsi buat anda yang ingin memperbarui sistem operasi ke versi terbaru, bagian ini membutuhkan konekvitas WiFi untuk melakukannya.
    • Wipe Data – merupakan fitur reset ke pengaturan pabrik atau lebih dikenal dengan Hard Reset.
    • Reboot – berfungsi untuk restart smartphone Realme, dan biasanya digunakan setelah satu dari opsi diatas dilakukan.
    • Power Off – berfungsi untuk mematikan smartphone Realme.
    • Check disk – berfungsi untuk melihat kondisi memori internal serta space yang masih tersedia.
    • Ver – terlihat versi dari ColorOS Recovery Realme.
  4. Dari beberapa fitur yang saya sebutkan diatas, anda bisa pilih sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Untuk memilihnya, anda membutuhkan password lock screen untuk melakukan konfirmasi. Jika tidak, maka proses tidak dapat dilanjutkan.
  5. Jika ingin melakukan Wipe Data, maka pilih Wipe Data dan masukkan kata sandi layar kunci. Tunggu hingga proses Wipe Data selesai dan berhasil.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 3 Cara Factory Reset dan Hard Reset Realme

Kesimpulan,

Terkadang sebagai pengguna kita tentu pernah atau selalu mendapati masalah pada sistem dan aplikasi di HP Realme yang kita punya. Masalah bisa bermacam-macam, entah itu bugs pada aplikasi, sistem, atau karena human error. Seorang developer tentu selalu berusaha keras dalam memaksimalkan segala kinerja sistem dan aplikasi terinstal.

Namun kemungkinan dapat terjadi kapan saja, kesalahan dan kerusakan pasti terjadi dan beberapa opsi dibutuhkan demi memaksimalkan kinerja sistem kembali, walaupun nantinya harus setting dari nol kembali.

Recovery Mode menjadi fitur penting yang selayaknya selalu digunakan pada keadaan atau kondisi tertentu dengan tujuan dapat membantu mengatasi masalah smartphone Android secara lebih cepat. Dalam hal sistem, terutama yang ingin melakukan flashing, anda perlu mencari tahu bahan dan tools yang dibutuhkan.

Demikian ulasan dari saya mengenai Recovery Mode Realme, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Bagi anda yang ingin bertanya terkait hal diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Recovery Mode HP Lain

Metode Hard Reset

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 4 Comment

  1. Hendri Wijaya berkata:

    Kak.mau nanya baiknya yg mana kka ya dipilih

  2. Mpit berkata:

    Kak kalo awalnya kita cuma nge restart trus tiba2 masuk recovery data. Dan nyoba wipe data trus balik lagi ke recovery bukan ke restart sendiri, akhirnya nyoba klik reboot tapi pas ngidupin balik lagi ke recovery data. Jadi hp aku ke recovery data mulu, itu gmn ya kak ?