10 Kelebihan dan Kekurangan OS Linux

Sebelum membahas mengenai sistem operasi Linux beserta kelebihan dan kekurangannya, Anda perlu mengetahui apa itu sistem…

Sebelum membahas mengenai sistem operasi Linux beserta kelebihan dan kekurangannya, Anda perlu mengetahui apa itu sistem operasi (OS). Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang menyatukan komunikasi antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Dalam dunia komputer ada berbagai jenis sistem operasi yang dapat digunakan misalnya, Windows, Linux, dan MacOS. Sebagai contoh sistem operasi Windows hadir dan rilis dalam berbagai versi yaitu Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Sedangkan OS Linux, hadir dengan berbagai distribusi yang berbeda di antaranya seperti, Ubuntu, Linux Mint, Zorin OS, Elementary OS, Manjaro, dan lainnya.

Sistem operasi Linux termasuk salah satu sistem yang mudah dikembangkan. Selain digunakan pada desktop komputer, Linux telah digunakan pada Android, server, hingga TV. Melalui artikel ini, penulis akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Linux, yang mana hal ini akan memberikan pengetahuan umum bagi Anda sebelum menggunakan sistem operasi Linux. Langsung saja, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lihat Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows

Apa itu Linux?

Linux adalah sistem operasi yang memiliki sumber terbuka atau open source. Sistem operasi Linux sudah dikenal pengguna komputer di seluruh dunia. OS ini bergerak di bawah lisensi GNU (General Public License). Dengan sifatnya yang gratis, Linux juga bebas untuk dikembangkan. Secara legal, GNU memberikan kebebasan bagi para pengguna Linux, untuk mengubah source code, menyalin, dan mengembangkan sistem ini.

Beberapa pengembangan Linux sudah tersedia untuk perangkat desktop, server, dan bahkan mobile. Jenis pengembangannya ini disebut dengan distro Linux. Distribusi atau distro Linux populer yang ada meliputi: Linux Mint, Manjaro, Debian, Ubuntu, Antergos, Solus, Fedora, Elementary OS, dan openSUSE. Untuk distribusi server meliputi: Ubuntu Server, CentOS, Red Hat Enterprise, dan SUSE Enterprise.

Pada awalnya Linux dirancang oleh mahasiswa Finlandia yang terinspirasi oleh sistem operasi UNIX, yaitu OS yang diperkenalkan oleh Andrew pada tahun 1990an. Walaupun Linux tidak sepopuler Windows dan MacOS, Linux banyak digunakan di berbagai perangkat yang sering Anda gunakan, yaitu ponsel Android, sistem pada mobil, kulkas, televisi, dan komputer server.

Kebanyakan 90% internet telah didukung oleh server Linux, serta 80% sistem operasi smartphone di seluruh dunia, dibuat dengan kernel Linux. Selain menjadi platform pilihan untuk server dan desktop, Linux dikenal sebagai sistem operasi yang paling aman, Handal, dan tersedia secara gratis.

Lihat Juga : Mengenal PowerShell beserta Perintah Dasarnya

Kelebihan Sistem Operasi Linux

Linux sebagai sistem operasi open source memiliki banyak kelebihan. Selain karena sifatnya yang gratis, banyak program Linux juga tersedia secara gratis, dan tentu saja program-program Linux tidak kalah dengan program-program yang ada pada Windows dan MacOS. Lebihnya lagi, Linux tidak membutuhkan sumber daya komputer yang besar, sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan sistem yang LAG atau macet secara tiba-tiba.

1. Efisiensi dan Stabilitas

Sistem pengoperasian yang dimiliki Linux sangat stabil. OS Linux jarang sekali macet ketika digunakan, sistem juga tidak mudah mati. Linux memiliki banyak kesamaan dengan Unix, seperti antarmuka pengguna dan metode pengoperasian. Selain itu, Linux juga mewarisi stabilitas dan efisiensi yang unggul dari Unix. Untuk kebutuhan server, Linux jarang sekali mengalami downtime. Hal ini telah terbukti dengan banyaknya perusahaan teknologi dan layanan hosting yang lebih mengandalkan Linux ketimbang OS lainnya.

2. Gratis

Seperti yang telah dijelaskan, sistem operasi ini gratis dan open source. Baik digunakan dalam kebutuhan pribadi maupun kebutuhan bisnis, pada desktop maupun server. Dengan sistem operasi Linux, pengguna dimungkinkan untuk memilih distribusi Linux secara gratis, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Anda juga dapat mengunduh aplikasi yang tidak tersedia pada sistem tanpa biaya.

Linux juga didasarkan pada GPL (General Public License), yang memudahkan siapa pun untuk menggunakan atau memodifikasi source code secara gratis. Bagi pengguna yang ingin memilih distribusi Linux dari beberapa vendor dengan fungsionalitas dan fitur tambahan, pengguna hanya membutuhkan biaya kecil, yang jauh lebih murah dibandingkan dengan OS lain seperti Windows.

3. Memiliki performa cepat

Pengguna dapat merasakan performa yang cepat saat menggunakan Linux. Pengguna dapat memulai proses instalasi, booting, dan menggunakan beragam aplikasi di dalamnya dengan efektif dan cepat. Seperti halnya ponsel pintar, ketika membuka aplikasi secara bersamaan (multitasking), Linux menjadi pilihan yang tepat, mengingat performanya cukup stabil dan tidak memberatkan sistem maupun memori.

4. Keamanan

Linux merupakan sistem operasi yang sangat aman untuk digunakan, terutama untuk server. Hal ini juga dipengaruhi dengan adanya dukungan pengguna dan komunitas yang cukup besar. Ketika ada kerentanan sistem, bersama dengan komunitas Linux akan melakukan perbaikan dan menutup celah keamanan tersebut. Pengguna Linux tidak perlu khawatir dengan sistemnya, karena OS ini aman dari peretasan maupun serangan virus.

5. Pembaruan ter-update

Pengguna Linux juga tidak perlu khawatir dengan keusangan sistem. Linux rutin melakukan pembaruan sistem. Setiap pembaruan atau update yang dilakukan akan memberikan kenyamanan pada sistem agar berjalan lebih cepat dan aman.

6. Pilihan developer

Untuk Anda seorang developer, disarankan memilih sistem operasi Linux. OS ini dikenal memiliki banyak library yang memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi. Dibandingkan dengan Command Prompt milik Windows, Linux memiliki Terminal yang jauh lebih optimal dan mendukung para developer. Diketahui Linux menawarkan fitur yang cukup untuk kemampuan scripting, sehingga pekerjaan mudah diselesaikan. 

Lihat Juga : Memahami Overclock – Keuntungan dan Risikonya

Kekurangan Sistem Operasi Linux

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Linux tidak sepenuhnya sempurna bagi sebagian pengguna. Bagi pengguna yang baru pertama kali mengenal komputer dan hanya paham dasar-dasar menggunakan komputer, sistem operasi Linux bukanlah pilihan yang tepat. Penggunaan Linux terkadang juga terasa membingungkan, terutama saat melakukan instalasi program yang harus dilakukan melalui Terminal. Berikut beberapa kekurangan Linux yang perlu Anda tahu.

1. Antarmuka kurang familier

Bagi pemula khususnya, diharuskan untuk sering menggunakan sistem operasi ini agar terbiasa. Di awal memang tampilan Linux sedikit membingungkan, karena itu perlu adaptasi dan belajar terlebih dahulu. Terutama mengenai root, Terminal, dan pengoperasian sistem lainnya. Sistem kerja Linux memerlukan pemahaman yang cukup dalam agar dapat menginstall dan menggunakan program.

Misalnya saja ketika ingin menginstall program yang diinginkan, pengguna tidak bisa menginstall seperti pada OS Windows yang hanya klik kemudian mengikuti proses instalasi. Pada OS Linux, pengguna harus menggunakan perintah command melalui terminal untuk melakukannya.

2. Kurangnya dukungan hardware

Sebagian besar pengguna mengeluhkan beberapa driver perangkat keras tidak tersedia pada Linux. Selama ini produsen hardware lebih banyak menciptakan driver untuk sistem operasi Windows maupun MacOS, hal ini dimungkinkan pengguna mengingat sistem tersebut lebih populer dibandingkan dengan Linux. Sehingga pengguna sedikit dirugikan dengan lemahnya driver hardware Linux.

3. Kurang mendukung fasilitas gaming

Yang menjadi kekurangan Linux adalah sistem operasi yang kurang mendukung kebutuhan gaming pada komputer maupun laptop. Kemungkinan hanya terbatas game yang disediakan pada platform ini, kualitasnya pun tidak sebagus game yang dapat dimainkan pada OS Windows. Jadi untuk pengguna yang gemar sekali bermain game akan merasa kurang puas saat menggunakan OS Linux. Selain itu, Linux juga dipengaruhi grafis yang kurang mendukung untuk aktivitas game.

Lihat Juga : 14 Perbedaan SSD dan HDD Pada Komputer

Kesimpulan,

Terkenal dengan sifatnya yang open source dan gratis, Linux banyak digunakan sebagai platform pilihan untuk server dan desktop, sistem operasinya juga dikenal paling aman, Handal, dan juga gratis. Linux memiliki beragam distribusi yang dapat digunakan secara gratis seperti, Linux Mint, Ubuntu, Manjaro, OpenSUSE dan masih banyak lagi.

Itulah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Linux, semoga bisa berguna dan bermanfaat. Jika ada yang kurang berkenan atau ingin menambahi silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  2. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih
  3. Apa itu Esports?

    Esports merupakan bentuk dari sebuah kompetisi games yang terorganisir.