9 Cara Mengatasi Lupa Pola HP Realme

Lupa pola / password di HP Realme dapat Anda atasi dengan menyetel ulang pola atau bisa…

Hai pengguna Realme, seberapa lama dan menyenangkan Anda menggunakan HP Realme? HP Realme saat ini menjadi salah satu smartphone yang sedang popular digunakan oleh pengguna smartphone Android. Realme merupakan anak perusahaan dari BBK Electronics yang diproduksi pada tahun 2018. Di desain berkualitas tidak kalah saing dengan merek lain, pengguna bisa mendapatkan HP Realme mulai dari 1 jutaan saja. Tidak heran jika seiring waktu penggunanya semakin bertambah.

Ponsel Android seperti Realme juga memiliki fitur keamanan seperti ponsel Android lainnya. Salah satu fitur keamanan yang paling banyak digunakan  adalah PIN / pola kunci layar, sebagian pengguna juga telah menggunakan fitur fingerprint dan face unlock untuk lebih meningkatkan keamanan. Dalam kondisi tertentu sebagian pengguna lupa dengan PIN / pola yang telah dibuat, sehingga tidak bisa membuka layar. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah lupa pola pada ponsel Realme, simak penjelasan dan tips mengatasinya berikut ini.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Lupa Pola Layar HP OPPO

Cara Mengatasi Lupa Pola Realme

Khusus bagi pengguna Realme yang masih awam, pastinya akan merasa kesusahan ketika mendapat masalah lupa PIN / pola kunci. Hal ini tidak dapat dihindari, pengguna yang lupa pola terpaksa tidak dapat membuka layar sebelum memperbaikinya. Kesalahan terbesar untuk Anda yang pelupa, jangan membuat pola kunci yang rumit dan tidak mudah diingat. Namun perlu diingat, semua masalah yang terjadi pada ponsel pasti ada solusinya. Terutama untuk hal lupa pola kunci pada HP Realme Anda, simak beberapa tips mengatasi lupa pola HP Realme berikut ini.

Gunakan fitur forgot pattern atau lupa sandi

Ketika mendapati masalah lupa pola kunci / PIN pada HP Realme Anda, maka pikirkan cara pertama untuk memperbaikinya. Setelah Anda mencoba-coba dan tidak dapat lagi mengingat pola terakhir Anda, langsung saja pilih dan klik fitur “Lupa Sandi” atau “Forgot Pattern”. Forgot Pattern memberikan fasilitas membuka pola bagi pengguna yang terhubung dan ter-verifikasi dengan akun Google. Dengan begitu Anda dapat mengatur ulang pola kunci / kata sandi baru.

  1. Pertama, pastikan ponsel Realme Anda terhubung ke jaringan internet.
  2. Masukkan pola / PIN / Password selama beberapa kali sampai nantinya muncul opsi Lupa Kata Sandi / Lupa Password.
  3. Selanjutnya, ketuk Lupa Password untuk menyetel ulang kata sandi ponsel.
  4. Silakan login akun Google menggunakan email dan kata sandi yang terhubung pada ponsel Realme Anda.
  5. Jika email dan kata sandi sesuai, Anda akan di arahkan ke menu Setelan / Settings untuk diminta membuat pola / kata sandi baru atau menonaktifkan fitur pola kunci.
  6. Selesai.

Namun, bagaimana jika pengguna juga lupa akun Google miliknya? Dalam kondisi seperti ini, pengguna akan kesulitan dan tidak bisa menggunakan fitur lupa pola kunci. Jangan berkecil hati terlebih dahulu, Anda bisa mencoba tips selanjutnya dengan Hard Reset melalui menu Recovery Mode atau menggunakan software unlock pihak ketiga.

Gunakan Android Find My Device

Hapus Data Pada Ponsel Android Yang hilang
Hapus data perangkat dengan Android Find My Device. RUDI DIAN ARIFIN

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan Android Find My Device untuk menghapus pola / PIN HP Realme. Cara ini sebenarnya sama dengan reset ulang ponsel (yang dijelaskan pada poin berikutnya), tetapi ini dilakukan melalui perangkat lain, bisa melalui browser PC atau ponsel Android lain. Namun perlu diperhatikan bahwa cara ini akan menghapus semua data pada perangkat, yang artinya simpanan data penting yang ada di memori internal akan dihapus secara permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi. Jika Anda siap dan tahu risiko yang akan terjadi, simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, pastikan kedua device / HP terhubung ke jaringan internet.
  2. Anda bisa gunakan PC atau HP lain untuk melakukannya.
  3. Buka halaman Find My Device melalui browser yang Anda miliki.
  4. Login menggunakan akun Google yang terhubung pada ponsel Realme Anda.
  5. Klik Hapus Perangkat dan konfirmasi dengan Hapus Perangkat untuk melakukannya.
  6. Ikuti proses selanjutnya sampai reset perangkat berhasil dilakukan.
  7. Dengan begitu, semua data pada ponsel akan terhapus.
  8. Selesai.

Setelah mengikuti proses Hapus Perangkat melalui perangkat lain, hubungkan HP Realme Anda ke jaringan internet agar ponsel dapat melakukan reset ulang. Setelah itu, Anda bisa setel ulang ponsel mengikuti panduan yang ada.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Akun Google pada ponsel yang hilang

Lakukan Hard Reset via Recovery Mode

Hard Reset HP Realme | serbamasalah

Tips selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan fitur Recovery Mode (ColorOS Recovery) untuk melakukan Hard Reset / Wipe Data HP Realme. Cara ini juga terbilang efektif dalam mengatasi HP Realme yang lupa pola / password. Tetapi perlu diperhatikan bahwa Hard Reset akan mengembalikan setelan sistem dan aplikasi ke posisi awal, sehingga data yang tersimpan pada memori internal akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi. Untuk melakukannya, Anda bisa simak video tutorial di atas serta langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, pastikan smartphone Realme berada pada posisi off / mati.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai nantinya masuk pada menu ColorOS Recovery.
  3. Pada menu tersebut akan ada opsi pilihan Bahasa, Anda bisa pilih English. (Gunakan Volume Up dan Down untuk navigasi atas dan bawah).
  4. Untuk melakukan Hard Reset, Anda bisa pilih Wipe Data, kemudian pilih Wipe data (Keep SMS, Contacts and Photos).
  5. Jika dibutuhkan masukkan kode keamanan Realme.
  6. Lakukan konfirmasi dengan ketuk OK / YES.
  7. Tunggu hingga proses Wipe Data selesai.
  8. Jika sudah, pilih Reboot untuk memuat ulang smartphone.
  9. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Setelah melakukan Hard Reset, ponsel akan dimuat ulang kemudian Anda diharuskan untuk menyetel ulang akun Google. Pada saat menyetel ulang akun Google dan informasi lain, ketuk “Panggilan Darurat”, kemudian masukkan kode *#813#. Tunggu beberapa saat maka Anda akan dibawa ke menu utama HP Realme.

*Catatan tambahan

  • Tidak semua masalah lupa pola berhasil teratasi hanya dengan reset ulang ponsel. Beberapa seri HP Realme mungkin akan mengalami kegagalan atau bahkan membutuhkan konfirmasi kata sandi layar selum melakukan reset.
  • Meskipun tidak meyakinkan, saya tetap menyarankan untuk mencobanya. Siapa tahu reset ponsel berhasil mengatasi lupa pola pada ponsel Realme Anda.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Realme

Gunakan software unlock pihak ketiga

Jika Anda dalam kondisi di mana Anda tidak ingat lagi dengan email dan kata sandi akun Google, serta tidak ingin kehilangan data karena proses reset, cara aman yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan software / program unlock pola pihak ketiga yang bisa melakukan bypass pola atau password layar tanpa harus reset ulang ponsel. Berikut rekomendasi beberapa software buka pola HP Realme yang bisa Anda jadikan pilihan;

Software yang saya rekomendasikan di atas merupakan software berbayar, namun ada masa percobaan (trial) selama 30 hari yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka pola. Untuk instalasi dan penggunaan, Anda bisa ikuti panduan yang ada di situs resminya.

Datang ke Service Center Realme

Jika Anda tidak dapat melakukan perbaikan sendiri, mungkin terasa membingungkan atau selalu terjadi kegagalan, sebaiknya datang ke Service Center dan minta pihak Realme untuk memperbaiki masalah Anda. Ini mungkin cara paling mudah bagi para ibu-ibu atau bapak-bapak yang benar-benar tidak mengerti dalam mengatasi masalah lupa pola. Sebelum datang ke Service Center, berikut beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan

  • Sebelum datang ke Service Center resmi Realme, pastikan untuk membawa identitas diri, seperti KTP atau SIM, serta kartu garansi dan bukti pembelian ponsel.
  • Apabila masa garansi telah berakhir atau kartu garansi tidak ada maka perbaikan tetap bisa dilakukan secara berbayar.
  • Sebelum menyerahkan ponsel ke pihak Service Center, simpan aksesoris tambahan pada ponsel; seperti kartu SIM, kartu SD, dan casing ponsel.
  • Realme memberikan pelayanan “same-day-service”, yang mana perbaikan akan diselesaikan di hari yang sama.
  • Untuk informasi lokasi Service Center Realme bisa Anda cek di sini.

Hubungi Realme Support

Selain datang ke Service Center Realme, Anda juga bisa menghubungi layanan Realme Support melalui Twitter, Hotline, dan surat elektronik (email).

Datang ke Konter Service HP terdekat

Jika lokasi Anda jauh dari Service Center, Anda bisa datang ke konter HP terdekat, yang menerima perbaikan / masalah pada HP. Konter HP biasanya akan memperbaiki masalah lupa pola dengan beberapa metode; reset ulang ponsel, Flashing, atau menggunakan software unlock / bypass pola lewat PC / komputer, seperti yang telah saya jelaskan di atas. Untuk biaya service, rata-rata biaya unlock pola sekitar 50 ribuan sampai 100 ribuan.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Realme

Penutup,

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi lupa pola / password HP Realme. Yang paling mudah tentunya dengan verifikasi ulang pola menggunakan akun Google. Namun akan sedikit merepotkan bagi pengguna yang lupa dengan email dan kata sandi akun Google, opsi perbaikan yang bisa dilakukan adalah reset ulang ponsel atau menggunakan software unlock pihak ketiga.  

Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua varian dan tipe HP Realme seperti Realme C1, Realme C2, Realme C11, Realme C12, Realme C15, Realme C17, Realme C20, Realme C21, Realme C25, Realme 2, Realme 3, Realme 5, Realme 6, Realme 7, Realme 8, Realme Narzo 10, Realme Narzo 20, dan tipe HP Realme lainnya. 

Apakah mengatur pola kunci baru selalu menggunakan akun Google?

Betul, Anda membutuhkan akun Google untuk mengatur pola / password layar.

Apakah fitur Forgot Pattern pada Realme muncul saat pengguna salah memasukkan pola kunci?

Tentu saja, fitur Forgot Pattern atau Lupa Pola akan muncul ketika pengguna salah memasukkan pola dalam beberapa kali.

Mengapa Hard Reset Realme meminta kata sandi layar?

Pilihan Wipe Data / Hard Reset pada beberapa tipe HP Realme memang membutuhkan konfirmasi kata sandi layar.

Bisakah melakukan Hard Reset tanpa menghapus data?

Tidak bisa, Hard Reset akan menghapus semua data pada memori internal serta mengembalikan Android ke setelan awal.

Berapa biaya service buka pola di konter HP?

Rata-rata biaya service buka pola antara 50 ribu sampai 100 ribu.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Yunita Setiyaningsih, Wahyu Setia Bintara

Discussion | 4 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Wiraseno berkata:

    Jika di lakukan Hard reset Wipe data, apa isi yg ada di brankas pribadi terhaous juga, foto dan video..?

  2. Wiraseno berkata:

    Lupa kata sandi brankas/privasi. Jika di lakukan Hard reset Wipe data, apa isi yg ada di brankas pribadi terhaous juga, foto dan video..?

  3. Hasya berkata:

    Terima kasih, sangat membantu.

  1. 10 Fungsi Free Transform Tool pada Adobe Photoshop

    Free Transform Tool dapat digunakan untuk mengatur objek gambar atau foto sesuai keinginan
  2. 15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

    Bersihkan semua file sementara pada sistem dan matikan proses yang berjalan di latar belakang untuk mengatasi…
  3. 8 Cara Aktivasi Microsoft Office 2013

    Anda bisa aktivasi Microsoft Office 2013 dengan menjalankan perintah CMD atau menginstall program activator