Apa itu Recovery Mode Android?

Recovery Mode adalah opsi perbaikan (recovery) yang disematkan pada perangkat Android

Semua smartphone dan tablet Android dilengkapi dengan fitur recovery mode, lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan recovery mode dan apa fungsi dari recovery mode tersebut? Recovery mode banyak digunakan oleh developer Android sebagai opsional untuk masuk pada sisi dalam sistem saat Android mengalami kerusakan seperti tidak bisa boot, setelan tidak bisa dibuka, atau ingin melakukan flash pada Android itu sendiri.

Semua perangkat Android seperti Samsung, Lenovo, Xiaomi, OPPO, VIVO, ASUS, Meizu, OnePlus, Huawei, SONY, dan smartphone Android lainnya telah dilengkapi dengan fitur Recovery Mode. Jika dijelaskan satu persatu ada banyak fungsi dari Recovery Mode itu sendiri. Untuk penjelasan rincinya, Anda bisa simak pembahasannya berikut ini!

Lihat Juga : Apa itu Cache?

Apa itu recovery mode?

Recovery Mode adalah opsi perbaikan (recovery) yang disematkan pada perangkat Android di mana fungsinya terpisah dengan sistem sehingga ketika terjadi masalah error, maka android dapat dilakukan perbaikan melalui fitur tersebut. Dalam artian, ketika sistem android Anda terjadi kerusakan, maka Anda tetap dapat masuk ke menu recovery mode.

Umumnya pengguna Android bisa masuk pada recovery mode dengan menekan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan. Selain itu, beberapa smartphone lain juga menggunakan tombol Home, Power, dan Volume Atas. Namun inti dari semua itu tetaplah sama yakni masuk pada Recovery Mode Android. Pada menu Recovery Mode Android, Anda bisa melihat beberapa menu pilihan. Dan berikut daftar menu pilihan dari Recovery Mode Android;

  • Reboot System Now – Opsi ini akan membantu untuk memaksa restart (mulai ulang) perangkat, ketika perangkat tidak dapat dihidupkan secara normal atau mengembalikan ponsel ke setelan pabrik (Wipe Data / Factory Reset).
  • Reboot to bootloader – Digunakan untuk memuat ulang ponsel ke mode Bootloader / Fastboot mode.
  • Apply Update from ADB – Pada opsi ini, Anda dimungkinkan untuk melakukan pembaruan perangkat lunak ponsel dari Android Debug Bridge (ADB) yang merupakan bus komputer serial bit, ini akan menghubungkan perangkat berkecepatan rendah ke komputer.
  • Update/Recover from SD Card – Opsi ini dapat memperbarui atau memulihkan data Samsung dari kartu SD.
  • Wipe Data/Factory Reset – Opsi ini memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menghapus semua data perangkat, meliputi data aplikasi dan pengaturan preferensi pengguna ponsel Samsung, ini juga termasuk kontak, pesan, catatan, foto, video, kalender, aplikasi, akun Wi-Fi, kata sandi, dan lainnya. Opsi ini akan mengembalikan perangkat Android Anda ke pengaturan default atau pabrik seperti baru.
  • Wipe Cache Partition – Ini akan menghapus semua file cache dari ponsel Samsung, ini juga merupakan opsi yang dapat memperbaiki masalah sistem pada Samsung.
  • Mount /system – Digunakan untuk melakukan perubahan pada partisi ponsel (tanpa root).
  • View recovery logs – Digunakan untuk melihat data / riwayat Recovery pada ponsel.
  • Run graphics test – Digunakan untuk testing grafis pada ponsel/
  • Run locale test – Digunakan untuk testing ponsel untuk default bahasa, tanggal dan format waktu, serta dokumentasi sesuai dengan target negara / wilayah.
  • Power off – Digunakan untuk mematikan ponsel.
  • Repair apps – Digunakan ketika ingin memperbaiki masalah pada aplikasi terinstall. Ini bisa dijadikan opsi ketika perangkat mulai melambat (lemot) saat digunakan.
  • Install Zip from SD Card – Opsi ini akan membantu Anda untuk menginstall file zip dari kartu SD dan memulihkan data dari kartu SD ke ponsel.
  • Backup and Restore – Ini dapat membantu Anda untuk membuat pencadangan data Samsung dan memulihkan cadangan file ke Samsung.
  • Advanced – Adapun opsi Lanjutan atau Advanced, tersedia lebih banyak opsi sebagai referensi Anda; meliputi “Reboot Recovery”, “Wipe Dalvik Cache”, “Wipe Battery Stats”, “Report Error”, “Key Test”, “Show Log”, “Partition SD Card”, “Fix Permissions” dan lain-lain.
  • dll…

Lihat Juga : Cara Masuk Recovery Mode HP Realme

Manfaat adanya recovery mode Android

Apa itu Recovery Mode Android

Salah satu manfaat terpenting dari Recovery Mode adalah pengguna bisa melakukan Factory Reset/ mengembalikan smartphone dalam kondisi awal (pabrikan) saat pengguna tidak bisa masuk pada sistem Android karena terkunci oleh pola atau PIN yang dibuat oleh pengguna itu sendiri. Hal ini bisa menjadi alternative atau opsional bagi pengguna yang lupa dengan PIN, kata sandi, ataupun pola pada layar Android.

Dengan masuk pada Recovery Mode pengguna bisa menghapus pola dan Android bisa kembali pada posisi default. Selain Lupa pola kata sandi, pengguna juga bisa mengatasi kerusakan atau error pada menu setting Android. Bagi pengguna yang mengalami error atau kerusakan pada setelan Android maka bisa masuk pada wipe data atau Factory Reset sehingga nantinya Android akan kembali ke setelan pabrik yang kondisinya sama seperti pertama kali membeli smartphone baru. Semua data akan hilang dan semua setelan akan kembali ke posisi default.

Tidak hanya Factory Reset saja, ada banyak menu pilihan dari Recovery Mode Android. Salah satunya adalah bisa melakukan update Sistem dari SD card/ Apply update from SD card (external storage), atau bisa juga update aplikasi dari komputer/ Apply update from adb (dengan bantuan komputer). Bahkan menariknya lagi, Recovery Mode juga bisa digunakan untuk proses root, install ulang sistem Android, install aplikasi Google, tema, font, dan lainnya.  

Perlu Anda ketahui bahwa Recovery Mode juga berkembang, artinya menu yang disediakan juga bisa bertambah. Bahkan ada beberapa smartphone sudah bisa memilih menu pada Recovery Mode dengan sentuhan tanpa harus menggunakan Volume Up dan Volume Down.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache di HP Android

Cara masuk recovery mode Android

Di bawah ini, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk masuk ke menu recovery mode. Setiap merek smartphone memiliki metode yang berbeda-beda. Dan dalam perkembangannya, masuk ke menu recovery mode juga dapat berubah atau berganti cara. Sebelum masuk menu Recovery Mode, pastikan smartphone Anda dalam keadaan off atau mati. Berikut daftarnya;

Merek HPKeterangan
ASUSPower + Volume Up
Power + Volume Down
SamsungPower + Home + Volume Up
Power + Home Power + Volume Down
OPPOPower + Volume Down
VIVOPower + Volume Down
Power + Home + Volume Down
SONYPower + Volume Up
HuaweiPower + Volume Up
XiaomiPower + Volume Down
Power + Volume Up
RealmePower + Volume Down
NOKIAPower + Volume Up
LenovoPower + Volume Up
SmartfrenPower + Volume Up
LGPower + Home + Volume Up
HTCPower + Volume Down
OnePlusPower + Volume Down
ADVANPower + Volume Down

Sebelum Anda masuk dan menggunakan fitur Recovery Mode, pastikan Anda telah melakukan backup pada data/ file penting pada ponsel Android Anda seperti misalnya foto, video, dokumen, aplikasi, kontak, dan data penting lainnya. Hal ini penting untuk Anda lakukan supaya nantinya saat Android terjadi error atau kerusakan, maka data penting Anda bisa Anda kembalikan lagi. Selain itu pastikan selalu berhati-hati dan teliti sebelum memilih opsi atau pilihan di recovery mode untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Lihat Juga : Download Firmware OPPO Semua Tipe

Saya tidak bisa masuk recovery mode, bagaimana solusinya?

Beberapa pengguna mungkin mendapati masalah ketika masuk ke menu Recovery Mode, semisal pada perangkat Xiaomi muncul tampilan charger, maka kemungkinan perlu dilakukan unlock bootloader. Penjelasan lengkapnya, Anda bisa searching mengenai masalah ini.

Selain itu, ada beberapa pengguna OPPO yang mungkin mendapati masalah tidak bisa masuk ke menu Recovery dan hanya muncul logo OPPO maka kemungkinan hardware IC EMMC terjadi kerusakan dan harus diganti. Harganya memang cukup mahal, tergantung dari tipe perangkat itu sendiri. Untuk melihat lebih detail mengenai masalah ini, silakan tanya ke service center atau konter HP yang lebih berpengalaman.

Itulah informasi singkat yang dapat saya bagikan, bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Bagaimana cara keluar dari menu recovery mode?

Anda bisa memilih Reboot system now (memuat ulang perangkat) untuk keluar dari menu recovery mode.

Bagaimana cara reset HP dari menu recovery mode?

Anda bisa memilih Wipe data / factory reset untuk reset HP dari menu recovery mode.

Apakah hard reset HP dapat mengatasi lupa pola / PIN?

Tentu saja, Anda bisa memilih Wipe data untuk mengatasi lupa pola / PIN. Namun, ini hanya dapat berlaku pada beberapa merek HP tertentu saja.


Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

  1. 7 Cara Menghapus Halaman PDF

    Untuk menghapus halaman PDF, Anda bisa akses beberapa tool edit PDF online dan offline
  2. 12 Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding Windows

    Simak penyebab dan solusi mengatasi Microsoft Word not responding berikut ini
  3. 10 Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding

    Simak dan ikuti panduan mengatasi Microsoft Office not responding pada artikel berikut