Apa itu Recovery Mode di Android?

Semua smartphone dan tablet Android dilengkapi dengan fitur Recovery Mode, lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Recovery Mode dan apa fungsi dari Recovery Mode tersebut? Recovery Mode banyak digunakan oleh developer Android sebagai opsional untuk masuk pada sisi dalam sistem saat Android mengalami kerusakan seperti tidak bisa boot, setelan tidak bisa dibuka, atau ingin melakukan flash pada Android itu sendiri.

Semua perangkat Android seperti Samsung, Lenovo, Xiaomi, OPPO, VIVO, ASUS, Meizu, OnePlus, Huawai, SONY, dan smartphone Android lainnya telah dilengkapi dengan fitur Recovery Mode. Jika dijelaskan satu persatu ada banyak fungsi dari Recovery Mode itu sendiri.

Lihat Juga : Apa itu Cache?

Penjelasan Recovery Mode di Android

Recovery Mode adalah opsi perbaikan (recovery) yang disematkan pada perangkat Android dimana fungsinya terpisah dengan sistem sehingga ketika terjadi masalah error, maka android dapat dilakukan perbaikan melalui fitur tersebut. Dalam artian, ketika sistem android anda terjadi kerusakan, maka anda tetap dapat masuk ke menu recovery mode.

Umumnya pengguna Android bisa masuk pada Recovery Mode dengan menekan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan. Selain itu, beberapa smartphone lain juga menggunakan tombol Home, Power, dan Volume Atas. Namun inti dari semua itu tetaplah sama yakni masuk pada Recovery Mode Android.

Pada Recovery Mode Android, anda bisa melihat beberapa menu pilihan. Dan berikut daftar menu pilihan dari Recovery Mode Android…

  • Wipe Data / Factory Data Reset = Untuk mereset data Smartphone Android.
  • Install / Apply Update from SDcard = Untuk menginstall/memilih file pada SD Card.
  • Wipe Cache = Untuk menghapus cache/ file sampah Android
  • Reboot System Now = Untuk reboot/ Restart Android.

Lihat Juga : Cara Masuk Recovery Mode HP Realme

Manfaat adanya Recovery Mode Android

Apa itu Recovery Mode Android

Salah satu manfaat terpenting dari Recovery Mode adalah pengguna bisa melakukan Factory Reset/ mengembalikan smartphone dalam kondisi awal (pabrikan) saat pengguna tidak bisa masuk pada sistem Android karena terkunci oleh pola atau PIN yang dibuat oleh pengguna itu sendiri. Hal ini bisa menjadi alternative atau opsional bagi pengguna yang lupa dengan PIN, kata sandi, ataupun pola pada layar Android.

Dengan masuk pada Recovery Mode pengguna bisa menghapus pola dan Android bisa kembali pada posisi default. Selain Lupa pola kata sandi, pengguna juga bisa mengatasi kerusakan atau error pada menu setting Android.

Bagi pengguna yang mengalami error atau kerusakan pada setelan Android maka bisa masuk pada wipe data atau Factory Reset sehingga nantinya Android akan kembali ke setelan pabrik yang kondisinya sama seperti pertama kali membeli smartphone baru. Semua data akan hilang dan semua setelan akan kembali ke posisi default.

Tidak hanya Factory Reset saja, ada banyak menu pilihan dari Recovery Mode Android. Salah satunya adalah bisa melakukan update Sistem dari SD card/ Apply update from sdcard (external storage), atau bisa juga update aplikasi dari komputer/ Apply update from adb (dengan bantuan komputer). Bahkan menariknya lagi, Recovery Mode juga bisa digunakan untuk proses root, install ulang sistem Android, install aplikasi Google, tema, font, dan lainnya.  

Perlu anda ketahui bahwa Recovery Mode juga berkembang, artinya menu yang disediakan juga bisa bertambah. Bahkan ada beberapa smartphone sudah bisa memilih menu pada Recovery Mode dengan sentuhan tanpa harus menggunakan Volume Up dan Volume Down.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache di HP Android

Cara Masuk Recovery Mode Android

Dibawah ini, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan untuk masuk ke menu Recovery Mode. Setiap merek smartphone memiliki metode yang berbeda-beda. Dan dalam perkembangannya, masuk ke menu recovery mode juga dapat berubah atau berganti cara.

Sebelum masuk menu Recovery Mode, pastikan smartphone anda dalam keadaan off atau mati. Berikut daftarnya…

ASUSPower + Volume Up
Power + Volume Down
SamsungPower + Home + Volume Up
Power + Home Power + Volume Down
OPPOPower + Volume Down
VIVOPower + Volume Down
Power + Home+Volume Down
SONYPower + Volume Up
HuaweiPower + Volume Up
XiaomiPower + Volume Down
Power + Volume Up
RealmePower + Volume Down
NOKIAPower + Volume Up
LenovoPower + Volume Up
SmartfrenPower + Volume Up
LGPower + Home + Volume Up
HTCPower + Volume Down
OnePlusPower + Volume Down
ADVANPower + Volume Down

*NOTE

Tapi sebelum anda masuk dan menggunakan fitur Recovery Mode, pastikan anda telah melakukan backup pada data/ file penting di Android seperti misalnya foto, video, dokumen, aplikasi, kontak, dan data penting lainnya. Hal tersebut anda lakukan supaya nantinya saat Android terjadi error atau kerusakan, maka data penting anda bisa anda kembalikan lagi.

Selain itu pastikan selalu berhati-hati dan teliti sebelum memilih opsi atau pilihan di recovery mode untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Lihat Juga : Download Firmware OPPO Semua Tipe

Saya tidak bisa masuk Recovery Mode, bagaimana solusinya?

Beberapa pengguna mungkin mendapati masalah ketika masuk ke menu Recovery Mode, semisal pada perangkat Xiaomi muncul tampilan charger, maka kemungkinan perlu dilakukan unlock bootloader. Penjelasan lengkapnya, anda bisa searching mengenai masalah ini.

Selain itu, ada beberapa pengguna OPPO yang mungkin mendapati masalah tidak bisa masuk ke menu Recovery dan hanya muncul logo OPPO maka kemungkinan hardware IC EMMC terjadi kerusakan dan harus diganti. Harganya memang cukup mahal, tergantung dari tipe perangkat itu sendiri. Untuk melihat lebih detail mengenai masalah ini, silahkan tanya ke service center atau konter HP yang lebih berpengalaman.

Itulah informasi singkat yang dapat saya bagikan, bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 38 Comment

  1. Rahma andika berkata:

    Maaf …mau nanya kalau ho xiomi lupa kata sandi mi nya kek mana tu??

    • Dian Arifin berkata:

      Kebanyakan menggunakan PC Suite untuk melakukan Hard reset atau hard reset via Recovery Mode (beberapa Smartphone Xiaomi)

  2. bayu berkata:

    Hp sy samsung note 4
    Hp sy udh masuk recovery mode tp gk bisa d jalanin untuk naik turunya.gimana cara mengatasinya

  3. han berkata:

    jadi kalau bgtu, hp dicuri/hilang tidak bisa dilacak.??

  4. emansupriyatna berkata:

    Saya beli hp second, terus saya masuk ke recovery mode dan di situ saya harus masuk google dengan akun yg sudah di sinkron, sedang kan akun yg sudah di sinkron punya hp pertama. Guna caranya tuh…???

  5. Syahirlvirma berkata:

    Hp saya merek himax xplay, lupa pola nya. Jadi ngak bisa masuk. Ada nga cara lain supya bisa hapus pola tanpa menghapus data seprti foto, video dll.?

  6. Fajar berkata:

    Hp saya andromax e2 tidak bisa di setel pabrik ditwrp ada reobot system gan

  7. reyoff pasband berkata:

    hp saya lenovo a6010 disaat update versi di hp sudah download..di saat mulai muncul mode recovery ..udah 2x update gagal trpasang krna harus milih di mode recovery..kalo buat update terpasang pilihan.a apa ya di mode recovery.a??? mohon bantuan.a. makasih

  8. Kurniawan berkata:

    Maaf mau nannya mas hp saya lenovo k5,saat kembali ke pengaturan pabrik melalui recovery mentoknya di “MEMERIKSA SAMBUNGAN”kira2 solusinya gimana mas,terima kasih..

  9. Anja berkata:

    Hp sudah di reset tp terus ada privaci protection pasword, gimana ya bukak nya.
    Apa harus pakek pc buat bukak protection pasword nya

  10. Mr.x berkata:

    Knp stiap hp ny mati pasti recovery mode…?🤔🤔

  11. Manuel berkata:

    Bisakah data yang telah di factory reset dikembalikan

  12. Sa'adatul hayati berkata:

    Hp sy oppo A83, tiba2 hp sy ke program sendiri utk recovery mode seharian. Dan setelah rocovery, kontak2 yg ada di hp saya masih ada, tp kontaknya kok gk bisa terhubung ke whatsApp? Minta solusinya. Terimakasii

  13. Raflyy berkata:

    Hp saya samsung galaxy j7 prime
    Tiba-tiba ada tulisan “custom binary blocked by frp lock”
    Itu bisa menggunakan recovery mode gak?

  14. ERNI YULI S. berkata:

    Recovery mode apakah semua pesan, kontak, dan gallery akan hilang ?

  15. mamank berkata:

    Bang kalo hp nya gagal reset data/faktory mode kenapa ya

  16. Hamdi berkata:

    Mau nanya.. kalau kita lakukan hard reset apakah os android akan kembali ke andorid awal kita beli.. atau os akan tetap berada pada os yang terakhir kita update.. terimakasih sebelumnya..

  17. Nur farli berkata:

    Om hp saya samsung galaxsy a51
    Tpi udh saya wife data gaada pilihan yes no nya om langsung nyala hp trus pola tetep ga ilang,gmna yah om ?

  18. Elly berkata:

    Mas kalau tiba tiba mati terus mentok di simbol vivo aja mau ngehidupin tanpa data hilang gmn ya

  19. Iox berkata:

    Kalau hp nexus 6p, yg muncul logo, lalu sekitar 1 menit mati, lalu setelah 10 detik logo lagi, begitu ber ulang2, itu kenapa ya?