7 Cara Hard Reset HP Advan

Advan merupakan perusahaan elektronik asal Indonesia yang didirikan pada tahun 1998 di Jakarta. Produk terkenal yang dihasilkan oleh Advan adalah smartphone dan tablet Android. Dalam perkembangannya, Advan tetap konsisten memproduksi smartphone dan tablet kelas entry level atau low-end. Jika dibandingkan dengan OPPO, Realme, Xiaomi, dkk, smartphone buatan Advan memang tidak ada apa-apanya. Mengingat harga yang ditawarkan Advan juga sangat terjangkau, mulai dari 800 ribuan sampai 1,8 jutaan saja.

Di awal tahun 2021, Advan baru saja memperkenalkan seri G terbarunya dengan nama Advan G9 Pro. Dibanderol dengan harga 1,6 jutaan, Advan G9 Pro mengusung RAM berkapasitas 6GB dan penyimpanan internal berkapasitas 64GB. Advan juga menyediakan slot MicroSD yang dapat di expand hingga 128GB. Menariknya lagi, Advan G9 Pro didukung dengan kapasitas baterai 5200 mAh yang dapat bertahan selama 375 dalam keadaan stand by dan 6,25 jam saat digunakan untuk menonton film HD.

Meskipun didukung dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, Advan belum termasuk smartphone kelas high-end. Dari segi performa, Advan masih kalah jauh dengan smartphone populer lainnya. Pengguna Advan terkadang juga mengalami masalah pada sistem dan aplikasi saat menggunakan smartphone untuk beraktivitas. Keterbatasan spesifikasi mungkin menjadi alasan utama, tetapi cara menggunakan smartphone juga berpengaruh sehingga timbul berbagai macam masalah.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Huawei

Cara Hard Reset HP Advan

Masalah sederhana seperti aplikasi tidak bisa dibuka mungkin masih bisa di atasi dengan menghapus data aplikasi atau install ulang aplikasi. Tetapi untuk masalah yang berkaitan dengan sistem seperti bootloop, restart sendiri, hang, hingga lupa pola kunci tentu saja tidak bisa di atasi dengan cara tersebut. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembalikan smartphone ke setelan awal. Dalam hal ini, ada dua metode yang bisa Anda lakukan, melalui menu Pengaturan dan melalui menu Android Recovery. Untuk melakukannya, simak dan cermati langkah – langkahnya berikut ini.

Factory Reset melalui menu Pengaturan

  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan pada smartphone atau tablet Advan Anda.
  2. Temukan dan pilih menu Backup & Reset » kemudian pilih Factory Data Reset.
  3. Ikuti petunjuk reset HP Advan sampai proses reset berhasil dijalankan.
  4. Setelah itu, smartphone akan restart dan Advan akan kembali ke posisi awal seperti baru beli.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Samsung

Hard Reset melalui menu Recovery Mode

  1. Pertama, pastikan smartphone atau tablet Advan Anda dalam keadaan mati / off.
  2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo Advan lalu lepaskan tombol Power.
  3. Tunggu beberapa saat maka Anda akan di bawa ke menu Recovery Mode (Android Recovery).
  4. Setelah itu, pilih menu Wipe Data / Factory Reset untuk melakukan Hard Reset HP Advan Anda (Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk navigasi atas dan bawah, lalu tombol Power untuk memilih menu).
  5. Setelah itu, konfirmasi dengan memilih Yes. Tunggu sampai proses Wipe Data selesai dilakukan.
  6. Jika sudah, pilih Reboot system now untuk memuat ulang smartphone Advan Anda.
  7. Tunggu beberapa saat maka smartphone Advan Anda akan kembali ke posisi awal sama seperti baru beli.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Infinix

Penutup,

Melakukan reset HP Advan akan mengembalikan sistem dan aplikasi ke posisi awal serta menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Jika masih memungkinkan, ada baiknya untuk melakukan backup pada semua data yang Anda miliki. Metode ini dapat Anda lakukan pada semua varian dan tipe smartphone Advan seperti Advan i6, S6, G2, G3, Nasa, G9 Pro, dan lainnya. Jika nantinya ada perbedaan tampilan dan nama fungsi, maka silakan menyesuaikan.

Apakah Hard Reset HP Advan membutuhkan konfirmasi pola kunci?

Tidak, Hard Reset Advan tidak membutuhkan konfirmasi pola kunci, tetapi untuk Factory Reset membutuhkan konfirmasi pola kunci / password (dalam catatan apabila pengguna telah mengatur pola kunci layar)

Apakah Hard Reset HP Advan dapat mengatasi lupa pola kunci / password?

Tentu saja, melakukan Hard Reset Advan melalui Android Recovery dapat menghilangkan pola kunci / password layar.

Apakah Hard Reset HP Advan dapat mengatasi masalah bootloop?

Tergantung, jika hanya sistem Android yang menjadi penyebab masalah bootloop, Hard Reset dapat menyelesaikannya. Tetapi jika masalah tersebut disebabkan oleh kerusakan hardware, Hard Reset tetap tidak akan membantu.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.