Pengertian RPM dan Cara Mengetahui RPM pada Hard Disk

RPM merupakan istilah ukuran yang digunakan untuk menyatakan kecepatan hard disk pada komputer

Teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini semakin berkembang, tidak hanya komputer saja namun berbagai perangkat komputer lainnya seperti hard disk juga mengalami perkembangan yang cukup pesat pula. Maka tidak heran jika pada saat ini banyak dari produsen hard disk juga melakukan inovasi–inovasi baru dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas produk mereka. Hard disk pada saat ini juga hadir dengan ruang penyimpanan yang cukup besar dan memiliki kemampuan untuk membaca data dengan cepat.

Jika berbicara lebih dalam mengenai hard disk tentu tidak dapat dipisahkan dengan RPM. Lalu apa itu RPM? Mungkin banyak dari Anda yang masih bingung atau bahkan baru saja mendengar istilah tersebut. Oleh karena itu berikut ini beberapa informasi tentang RPM yang dapat Anda simak sebagai bahan referensi Anda mengenai pengertian RPM dan bagaimana cara mengetahui RPM pada hard disk.

Lihat Juga : Pengertian Plug and Play

Pengertian RPM

Pengertian Hard Disk Drive
Sumber Gambar : Pixabay

Beberapa dari Anda mungkin banyak yang belum tahu apa itu RPM? RPM sendiri merupakan kepanjangan dari Revoution Per Minute atau putaran per menit. RPM juga dapat diartikan sebagai ukuran yang digunakan untuk menyatakan kecepatan rotasi pada hard disk. Pada dasarnya, semakin cepat hard disk berputar, semakin banyak data yang dapat dibaca oleh Head HDD. Hard disk biasanya juga memiliki kemampuan membaca sekitar 5.400 dan 7.200 RPM. Tapi sekarang hard disk jenis terbaru mampu memiliki kecepatan membaca hingga 10.000 rpm, bahkan beberapa hard disk juga dapat memiliki kecepatan hingga 15.000 RPM.

Salah satu produsen yang fokus pada pasar ini adalah WD atau Western Digital. Banyak konsumen ingin membeli hard disk WD tersebut karena memiliki kecepatan hard disk yang mencapai 10.000 RPM. Selain kecepatan, kapasitas hard disk WD juga mulai meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya hard disk WD dengan kapasitas yang cukup memadai. Bahkan saat ini, hard disk WD memiliki dua kali lipat kecepatan yaitu sekitar 20.000 RPM. Anda tentunya dapat membayangkan bahwa semua data dapat diproses dengan sangat cepat, meskipun dengan jumlah yang besar.

Fungsi RPM

Setelah mengetahui pengertian RPM di atas, Anda juga dapat mengetahui beberapa fungsi RPM yang dimiliki, antara lain seperti:

  • Untuk membantu Anda menentukan waktu akses pada hard disk komputer yang Anda miliki.
  • Untuk mengukur berapa banyak putaran yang dihasilkan oleh hard disk pada komputer dalam waktu satu menit.

Lihat Juga : Pengertian NTFS dan FAT32

Cara mengetahui RPM pada hard disk

Definisi RPM
Sumber Gambar : catcheey.com

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kecepatan hard disk pada perangkat Anda. Cara tersebut antara lain yaitu:

1. Lihat label hard disk

Cara pertama yang dapat Anda coba untuk melihat RPM pada hard disk Anda adalah langsung dari labelnya. Pada dasarnya tidak ada standar mengenai penempatan informasi RPM, oleh karena itu Anda harus berhati-hati saat menentukan kecepatan putaran hard disk, termasuk spesifikasi lainnya. Namun, jika Anda ingin mengetahui kecepatan hard disk laptop atau kecepatan hard disk yang sudah dalam keadaan ‘sulit dibongkar’, cara ini sepertinya kurang tepat.

2. Melihat di internet

Kemudian jika Anda mengetahui merek dan model hard disk Anda, cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari di internet untuk informasi mengenai RPM hard disk Anda. Namun, merek dan model hard disk juga berbeda-beda sehingga cara ini cukup sulit untuk sebagian orang.

3. Menggunakan aplikasi monitoring hard disk

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui kecepatan dan spesifikasi hard disk Anda adalah dengan menggunakan aplikasi monitoring hard disk yang dapat Anda gunakan secara gratis. Beberapa aplikasi tersebut yang dapat Anda gunakan di antaranya seperti: Speccy, HDDScan, dan CrytalDiskInfo.

4. Bertanya saat membeli

Kemudian cara yang terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan bertanya terlebih dahulu pada penjual saat Anda membeli hard disk tersebut. Namun yang perlu Anda perhatikan, cara ini hanya bisa Anda lakukan jika membeli hard disk yang belum terpasang secara otomatis pada laptop.

Lihat Juga : Pengertian Input dan Output

Penutup,

RPM merupakan ukuran yang digunakan untuk menyatakan kecepatan rotasi pada hard disk Anda. Sehingga Anda dapat mengetahui berapa kecepatan putaran hard disk Anda dalam waktu satu menit. Anda juga dapat melakukan beberapa cara untuk mengetahui RPM pada hard disk Anda. Contohnya dengan cara melihat label hard disk tersebut, kemudian Anda juga dapat melihat informasi melalui internet, menggunakan aplikasi monitoring yang dapat Anda gunakan secara gratis. Dan yang terakhir, Anda bisa bertanya langsung pada penjual pada saat Anda membelinya.

Apakah kecepatan RPM berpengaruh pada kecepatan transfer data?

Kecepatan RPM yang ada pada hard disk dapat dikatakan sangat berpengaruh pada kecepatan transfer data. Hal ini dapat Anda buktikan dengan cara membandingkan dua hard disk sekaligus, di mana masing-masing hard disk tersebut memiliki kecepatan 5400 RPM dan 7200 RPM. Maka dapat Anda ketahui bahwa hard disk dengan kecepatan 7200 RPM mampu mengakses data Anda lebih cepat dibandingkan dengan hard disk dengan kecepatan 5400 RPM.

Apa saja kelebihan hard disk yang memiliki kecepatan RPM yang tinggi?

Selain dapat mempercepat proses transfer data, hard disk yang memiliki kecepatan RPM yang tinggi juga dapat mempercepat proses loading sebuah game. Sehingga bagi beberapa penggemar game, usahakan untuk memilih hard disk dengan kecepatan RPM yang tinggi untuk meminimalisir terjadinya risiko delay atau lag pada saat Anda bermain game.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!