Pengertian Dekripsi – Tujuan, dan Perbedaannya dengan Enkripsi

Deskripsi merupakan proses pengolahan data yang tidak terbaca menjadi informasi yang mudah dibaca

Berbicara mengenai dekripsi mungkin masih cukup asing bagi beberapa orang. Namun istilah tersebut tidak asing lagi bagi Anda yang sudah mengenal kriptografi. Apa itu kriptografi? kriptografi merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mengamankan data Anda pada saat terjadinya proses komunikasi. Selain itu kriptografi juga dapat berfungsi untuk mencegah adanya pihak–pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses data Anda yang bersifat pribadi atau rahasia.

Fungsi utama dari kriptografi tersebut biasanya dikenal dengan enkripsi dan dekripsi. Enkripsi sendiri merupakan suatu proses di mana Anda dapat mengubah pesan asli ke dalam bentuk yang berbeda di mana pesan tersebut menjadi tidak mudah untuk dikenali. Lalu bagaimana dengan dekripsi? Apakah keduanya saling berhubungan satu sama lain, serta apa itu pengertian dekripsi dan apa perbedaannya dengan enkripsi? berikut ini merupakan beberapa penjelasan singkat mengenai dekripsi yang dapat Anda ketahui.

Lihat Juga : Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Dekripsi

Pengertian Deskripsi
Sumber Gambar : medium.com

Dekripsi adalah proses mengubah data yang tidak terbaca atau telah terenkripsi menjadi bentuk yang mudah dibaca. Dekripsi juga dapat dilakukan secara otomatis atau manual dengan menggunakan kata sandi atau password. Selama proses tersebut sistem akan mengekstraknya dan mengubahnya menjadi teks dan gambar agar tidak hanya dipahami oleh pembaca saja tetapi sistem juga dapat membacanya secara keseluruhan.

Tujuan Dekripsi

Dapat Anda ketahui bahwa sebenarnya tujuan enkripsi dan dekripsi bisa dikatakan hampir sama. Karena keduanya saling berhubungan satu sama lain. Berikut ini merupakan beberapa tujuan dekripsi antara lain yaitu:

  • Untuk menjaga keamanan data Anda yang bersifat pribadi.
  • Untuk membantu memastikan keaslian dokumen Anda, jika barangkali terjadi perubahan yang dilakukan oleh salah satu pihak maka Anda dapat mengetahuinya.
  • Untuk mencegah terjadinya plagiat pada dokumen Anda.
  • Untuk membantu kegiatan komunikasi Anda tidak mudah diakses oleh hacker atau orang–orang yang tidak bertanggung jawab.

Lihat Juga : Pengertian Plug and Play

Perbedaan Enkripsi dan Dekripsi

Fungsi dan Manfaat Enkripsi
Sumber Gambar : varonis.com

Walaupun saling berkaitan satu sama lain, enkripsi dan dekripsi juga memiliki perbedaan di antara keduanya, contohnya yaitu:

  • Algoritma enkripsi menggunakan pesan dan kunci plaintext selama proses enkripsi. Sedangkan pada proses dekripsi, algoritma dekripsi mengubah format pesan terenkripsi yaitu ciphertext yang menggunakan kunci pribadi.
  • Enkripsi dilakukan pada pengiriman data, sedangkan dekripsi dilakukan pada penerimaan data.
  • Fungsi utama enkripsi adalah mengubah plaintext ke dalam bentuk ciphertext, sedangkan fungsi utama dekripsi adalah mengubah ciphertext ke dalam bentuk plaintext.
  • Enkripsi dilakukan secara otomatis ketika data dikirim oleh mesin yang ditentukan sebagai sumbernya. Sedangkan dekripsi dilakukan pada mesin yang menerima data terenkripsi dan mengubahnya ke format aslinya.

Lihat Juga : Pengertian Input dan Output

Penutup

Dapat disimpulkan bahwa dekripsi merupakan salah satu fungsi utama dalam kriptografi di mana dalam proses tersebut dapat mengubah data yang tidak terbaca menjadi dapat dipahami oleh manusia dan komputer. Tujuan dari dekripsi juga hampir sama dengan enkripsi yaitu untuk membantu mengamankan data Anda agar tidak mudah untuk dipalsukan atau diakses oleh orang–orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana cara melakukan dekripsi pada kartu SD?

Anda juga dapat melakukan dekripsi pada smartphone Anda yang berjenis Android. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah buka pengaturan smartphone Anda, kemudian pilih menu biometric dan security, kemudian klik menu ‘decrypt sd card’ dan buka kunci keamanan layar Anda. Selanjutnya, tunggu hingga proses dekripsi kartu SD Anda selesai. Dan yang terakhir, Anda akan menerima notifikasi bahwa kartu SD Anda telah di undercrypted. Selain itu Anda juga dapat menggunakan aplikasi yang dapat Anda download di Google Play Store.

Apa kelemahan dekripsi?

Dekripsi juga memiliki kelemahan yaitu dapat digunakan untuk menyembunyikan data–data atau dokumen untuk keperluan yang tidak baik seperti menyembunyikan data teroris. Selain itu juga dapat digunakan untuk mempermudah komunikasi bagi para penjahat.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!