5 Cara Mengubah PPT ke Video

Terdapat beberapa media yang dapat digunakan untuk melakukan Presentasi dalam sebuah pertemuan. Diantaranya adalah dapat berupa Gambar, File, Video maupun Animasi. Memang pada dasarnya, masyarakat lebih sering menggunakan File seperti Microsoft Power Point sebagai medianya. Namun saat ini terdapat cara unik dalam penyampaian sebuah presentasi, yakni dalam bentuk Video. Lantas bagaimana caranya? Yakni dengan mengubah File PPT anda ke dalam bentuk Video.

Dan memang kebanyakan orang jarang menggunakan cara yang satu ini. Namun, tidak menutup kemungkinan masih terdapat sebagian orang yang lebih memilih menggunakan media Video sebagai presentasi. Selain praktis, presentasi anda akan jauh lebih mudah dari sebelumnya.

Presentasi menggunakan Video ini sering dipakai untuk berbagai keperluan Perusahaan maupun Instansi Pemerintahan. Banyak keuntungan yang didapat dengan beralihnya presentasi menggunakan Video. Untuk penjelasan lebih detailnya dapat anda simak terus ulasan berikut ini.

Lihat Juga : 8 Cara Mengubah File PDF ke PPT

Alasan Mengubah File PPT ke Video?

Terdapat berbagai alasan mengapa masyarakat ingin mengubah File PPT ke Video. Memang ada beberapa keadaan yang memungkinkan kita untuk mengkonversikan file PPT. Misalnya saja ketika mempresentasikan sebuah project penting dalam sebuah perusahaan. Tentu saja presentasi akan lebih efektif dalam bentuk Video. Dan saya rasa tidak ada kerugiannya dalam mengubah PPT ke Video ini. Berikut beberapa keuntungan lainnya yang dapat anda rasakan ketika presentasi menggunakan media seperti Video.

  • Anda dapat merekam dan mengatur waktu narasi suara serta gerakan penunjuk laser dalam video anda.
  • Mengontrol ukuran file multimedia serta kualitas video.
  • Menyertakan animasi dan transisi dalam film.
  • Pemirsa tidak perlu menginstal Power Point di komputer mereka untuk menonton video.
  • Jika presentasi anda berisi video yang disematkan didalamnya, video tersebut akan diputar dengan tepat tanpa perlu anda kontrol.

Lihat Juga : 9 Cara Mengubah File PDF ke Excel

Cara Mengubah File PPT ke Video

Mengubah PDF ke PPT

Adapun cara yang dapat dilakukan dalam mengubah file PPT menjadi Video Presentasi adalah dengan menggunakan produk dari Microsoft Office itu sendiri. Namun, pada dasarnya mengubah file PPT ini kurang lebih hampir sama pada setiap versi dari Microsoft Power Point. Hal yang membedakan hanyalah pemilihan Format Video saja.

Mengubah file PPT ke dalam bentuk Video ini, tentunya sangatlah mudah dan praktis. Dalam hal ini anda tidak perlu lagi menggeser-geser slide saat melakukan Presentasi. Selain itu anda dapat mengatur durasi antar Slide. Dan sesuaikan durasi tersebut, supaya anda nyaman saat presentasi dilakukan. Simak berikut ini untuk lebih jelasnya mengenai cara mengubah file PPT ke Video. Akan tetapi, pada artikel kali ini saya menggunakan Microsoft Power Point 2016.

Ubah Melalui Microsoft Power Point

STEP 1 : Pertama, buka File PPT yang ingin diubah formatnya. Pastikan kembali semua pekerjaan anda dalam file tersebut lengkap dan sesuai. Simpan file terlebih dahulu dengan cara klik menu File, lalu pilih Save atau Save As. Pada paragraf ini hanyalah memastikan isi dari file tersebut.

STEP 2 : Selanjutnya, klik menu File kembali » pilih Export » lalu pilih Create a Video. Di bagian Create a Video, anda dapat mengatur Format Video dan Durasi yang diinginkan. Pada daftar kotak menurun pertama, pilih Kualitas Video yang diinginkan.

Kotak Pertama Konversi Video

Semakin tinggi Resolusi Video yang dipakai, semakin besar ukuran file. Untuk lebih detailnya mengenai pemilihan formatnya. Tentu, dapat anda lihat pada tabel dibawah ini.

Opsi VideoResolusi VideoKeterangan
Ultra HD (4k)3840 x 2160 (Ukuran file terbesar)Monitor besar
Full HD (1080p)1920 x 1080 (Ukuran file besar)Layar komputer dan HD
HD (720p)1280 x 720 (Ukuran file sedang)Internet dan DVD
Standar (480p)852 x 480 (Ukuran file terkecil)Perangkat portabel

NOTE :

  • Opsi Ultra HD (4k) hanya tersedia untuk pengguna Windows 10.
  • Opsi Ultra HD (4k) tidak tersedia pada Power Point 2016. (edisi lisensi volume)

STEP 3 : Kemudian, pada daftar kotak menurun yang kedua di bagian Create a Video. Anda dapat menyertakan narasi dan pengaturan waktu. Disamping itu, anda dapat mengganti pengaturan ini jika menginginkannya.

Kotak Kedua Konversi Video
  • Jika anda belum merekam narasi berjangkat waktu, secara default nilainya adalah “Don’t Use Recorded Timings anda Narrations”. Waktu default per slidenya adalah 5 detik. Selain itu, anda dapat mengubah waktu per slidenya. Yakni dengan cara klik panah atas untuk menambah durasi atau klik panah bawah untuk mengurangi durasi pada bagian “Seconds spent on each slide”.
  • Lain halnya jika anda sudah merekam narasi berjangka waktu, secara default nilainya adalah “Use Recorded Timings anda Narrations”.

STEP 4 : Setelah selesai mengaturnya, klik Create Video. Silahkan isi Nama File untuk video tersebut dan pilih Tipe File (Video MPEG-4 Video atau Windows Media Video)» pilih Lokasi penyimpanan » lalu klik Save.

Save Konversi Video

Lihat Juga : 8 Cara Merubah File Excel ke PDF

Bagian slide yang tidak akan disertakan dalam video

Jika anda ingin mengubah File PPT ke dalam Video, terdapat beberapa item yang tidak dapat disertakan dalam Video. Memang hal ini tidak dapat kita bantah, mengingat Microsoft sendiri mempunyai ketentuan dalam pemformatan Video ini. Misalnya saja berikut ini.

  • Media yang disisipkan di versi Power Point sebelumnya. Untuk dapat mencakupnya, anda dapat mengonversi atau memutakhikan objek media tersebut terlebih dahulu..
  • Media QuickTime. (Kecuali jika memiliki codec QuickTime pihak ketiga bernama ffdShow terinstal dan anda telah mengoptimalkan untuk kompatibilitas)
  • Makro.
  • Kontrol OLE/ActiveX.

Lihat Juga : 2 Cara Menghilangkan Protected View Microsoft Office

Info Tambahan

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa terdapat perbedaan dalam pemilihan Format Video disetiap versi Power Point. Untuk itu, saya akan berikan sedikit informasi terkait Format Video yang disediakan pada Microsoft Power Point 2010, 2013.

Microsoft Power Point 2013

Opsi VideoResolusi VideoKeterangan
Kualitas Presentasi1920 x 1080 (Ukuran file besar)Layar komputer dan HD
Kualitas Internet1280 x 720 (Ukuran file sedang)Internet dan DVD
Kualitas Rendah852 x 480 (Ukuran file terkecil)Perangkat portabel

Microsoft Power Point 2010

Opsi VideoKeterangan
Tampilan Komputer & HDUkuran file besar dan kualitas tingkat tinggi
Internet & HDUkuran file sedang dan kualitas tingkat menengah
Perangkat PortabelUkuran file kecil dan kualitas tingkat rendah

NOTE : Resolusi maksimum yang dapat digunakan pada Power Point 2010 adalah 1280 x 720.

Lihat Juga : 6 Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Cara Alternatif Lainnya

Selain itu, saya akan berikan cara alternatif dalam mengubah file PPT anda ke bentuk Video. Caranya cukup mudah sekali, hanya dengan mengakses website konverter saja. Berikut lebih jelasnya.

Alternatif Konversi Video
  1. Pertama, akses website Converter berikut ini : video.online-convert.com
  2. Klik Choose Files, pilih file .ppt yang ingin diubah » tunggu proses upload.
  3. Pada bagian Saved settings, pilih Resolusi Video yang diinginkan.
  4. DI bagian Video & Audio Settings, atur sesuai keinginan.
  5. Anda dapat memasukkan Nama File tersebut di bagian Save Settings. Namun untuk tahap ini, anda harus Login terlebih dahulu.
  6. Setelah melakukan pengaturan » klik Start Conversion. Tunggu proses konversi hingga selesai. Lalu file akan terdownload otomatis.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Mengecilkan Ukuran File Video

Akhir Kata,

Itulah informasi singkat yang dapat saya berikan. Ke dua cara diatas sangatlah mudah dilakukan. Hanya saja tergantung pilihan anda masing – masing yang menggunakan. Dan jika anda mempunyai pertanyaan terkait konversi PPT ke Video di atas. Silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.