3 Cara Membersihkan Cache di HP OPPO

File Cache merupakan salah satu file yang sangat berguna bagi sebuah perangkat teknologi seperti Android ataupun Windows. File Cache akan terbentuk disaat kita membuka atau menjalankan aplikasi tertentu diatas layar Smartphone Android.

Adanya file cache tentu sangat berguna bagi para pengguna Android karena bisa mempercepat dalam membuka atau menjalankan aplikasi. Adapun jika kebanyakan file cache maka akan berimbas pada memori telepon atau internet yang penuh sehingga membuat performa smartphone menurun dan bahkan sangat lambat.

Dalam perkembangan teknologi smartphone saat ini, membersihkan cache jarang dilakukan oleh sebagian pengguna. Hal ini dirasa karena memori internal smartphone yang begitu besar membuat performa smartphone tetap optimal. Terlebih, dukungan CPU yang handal membuat aktivitas apapun terasa lancar tanpa kendala sama sekali.

Namun hal ini tidak berlaku untuk pengguna smartphone tipe lama atau smartphone dengan memori internal yang masih terbatas, yang rata-rata dibawah 32 GB. Sangat disarankan untuk membersihkan cache seminggu sekali supaya performa smartphone tetap optimal.

Lihat Juga : 10 Masalah OPPO & Solusi Mengatasinya

Cara Membersihkan Cache OPPO

Membersihkan file cache di HP OPPO sebenarnya sangat mudah sekali. Anda bisa melakukannya langsung melalui Manajemen Aplikasi atau bisa langsung menggunakan Aplikasi bawaan bernama Pusat Keamanan. Berikut langkah-langkahnya…

Langkah pertama, anda buka menu “Setelan” di HP OPPO yang anda miliki. Selanjutnya, anda bisa pilih “Setelan Tambahan”.

Manajemen Aplikasi di OPPO

Kemudian lanjutnya dengan memilih “Manajemen Aplikasi”. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin anda bersihkan file cache-nya. Dan untuk melakukannya, anda bisa tap “Hapus Cache”.

Hapus Cache Aplikasi di OPPO

Dengan melakukan hal ini, maka aplikasi tersebut akan bersih dari file cache atau file sampah. Cukup Mudah bukan!!

NOT: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Kamera Depan OPPO Tidak Berfungsi

Membersihkan Cache dengan Pusat Keamanan

Dan untuk yang kedua, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi bawaan dari OPPO bernama Pusat Keamanan. Aplikasi tersebut sebenarnya tidak hanya digunakan untuk membersihkan cache, tetapi juga digunakan untuk membersihkan virus pada aplikasi, malware, dan junk file lainnya.

Langkah pertama, anda buka aplikasi “Pusat Keamanan” yang ada di HP OPPO yang anda miliki. Selanjutnya, lakukan scanning dengan melakukan tap pada “Bersihkan & Percepat”. Tunggu sampai proses Scanning selesai.

Bersihkan Cache di HP OPPO

Dan untuk melakukan pembersihan, anda bisa tap “Hapus”. Tunggu sampai proses pembersihan selesai. Jika sudah, anda bisa tap “Selesai”.

Hapus Cache Memori di HP OPPO

Dengan melakukan hal tersebut maka file cache pada aplikasi dan sistem Android akan bersih secara total. Cukup mudah bukan!!

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat OPPO seperti OPPO A37, OPPO A59, OPPO R9 PLUS, OPPO F1 PLUS, OPPO A53, OPPO A33, OPPO R7S, OPPO R7 Lite, dan perangkat OPPO lainnya.

Lihat Juga : 14 Aplikasi Kompres Foto Android & iOS Terbaik

Alasan Pentingnya Membersihkan Cache

Inilah beberapa alasan kenapa membersihkan cache pada smartphone penting untuk dilakukan.

1. Menjaga Smartphone Tetap Optimal

Menjaga smartphone tetap optimal penting untuk dilakukan dimana semua aktivitas multitasking yang dilakukan terasa nyaman dan tidak terjadi kendala lag atau macet sama sekali. Tips sederhananya cukup dengan membersihkan cache, junk file, serta file-file yang tidak dibutuhkan.

Bagi pengguna yang mungkin memiliki smartphone dengan spek tinggi hal ini tidak akan terasa, meskipun tidak membersihkan cache selama sebulan. Utamanya smartphone dengan memori internal diatas 64GB. Berbeda rasanya jika punya smartphone dengan internal hanya 32GB.

2. Menghemat Penggunaan Memori

Dengan membersihkan cache, anda akan menghemat penggunaan memori internal dan eksternal. Anda akan merasakan perbedaan setelah membersihkan cache menggunakan aplikasi keamanan bawaan. Akan terlihat file sampah, junk file, cookie, history browser yang terhapus bisa ratusan MB bahkan GB.

Saran untuk pengguna smartphone yang internalnya kecil, gunakan memori eksternal untuk menambahkan penyimpanan file, baik itu foto, video, audio, dokumen, dan lainnya. Bagi pengguna WhatsApp, sering-sering menghapus file sampah yang masuk, mengingat semua file WhatsApp tersimpan di internal smartphone.

Lihat Juga : 6 Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di OPPO

3. Menghindari Error Pada Aplikasi

Dalam hal tertentu, terkadang cache membuat aplikasi error, macet, bahkan tidak bisa digunakan. Meskipun ini terlihat aneh, namun ini banyak terjadi pada para pengguna Android. So, bersihkan cache di HP mu sekarang jug!

Penutup

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai masalah pada perangkat OPPO, silahkan tanyakan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 8 Comment

  1. Yuanita berkata:

    Artikelnya sngat membantu.
    Thanks kak.

  2. Akmal berkata:

    Kalo hp oppo f7 gimana

  3. Mrg berkata:

    Sudah dilakukan tp ttep jg ruang terpakai internal penuh bos…di file lainnya smpe terpakai 23GB, pdahl gk isi apa2…para master OPPO mnta bimbingannya sdkit🙏

  4. zuma berkata:

    Mas saya sudah masuk ke manajemen aplikasi ,lalu klik info aplikasi, nah pas saya buka pada bagian
    Total “Menghitung”
    Apl “Menhitung”
    Data. “Menghitung”

    Chace. “Menghitung”

    Jadi gk bisa tau jumlah datanya, gak bisa di klik, itu gimana mas solusinya biar kelihatan total pemakaiannya