Cara Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp Sementara di Android

Dianisa.com – Cara Mematikan Aplikasi WhatsApp Sementara di Smartphone Android Tanpa Root. Kita tahu bahwa WhatsApp (WA) merupakan aplikasi yang terus aktif saat koneksi data dalam keadaan ON. Walaupun anda menutup aplikasi ini, maka tetap saja akan terus berjalan dibelakang background. WhatsApp memang tidak begitu membutuhkan banyak kuota tapi untuk masalah RAM sangat – sangat boros.

Baca Juga :

Maka dari itu solusinya adalah mematikan aplikasi #WhatsApp dalam jangka waktu sesuai keinginan kita. Sebenarnya caranya sama seperti pada artikel saya sebelumnya ( Baca : #2 Cara Menonaktifkan Aplikasi LINE Sementara di Android ) dan ( Baca : Cara Menonaktifkan Aplikasi BBM Android Sementara ), tapi untuk yang saya ulas kali ini akan sedikit berbeda karena hanya mengunakan satu aplikasi bernama Mobiwol.

Tenang saja, kali ini anda tidak perlu Root smartphone ataupun tablet android anda. Lebihnya lagi, apliaksi Mobiwol juga dapat diinstall pada semua perangkat android seperti Samsung, Smartfreen, Lenovo, Asus, Xiomi, HTC, LG, dan produk android lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak review mengenai aplikasi Mobiwol dan tutorialnya dibawah ini.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Android Sementara Waktu

Mobiwol merupakan aplikasi Firewall yang dapat mengamankan konektifitas online agar tidak ada gangguan yang masuk ke smartphone android kita. Selain untuk dinding keamanan, aplikasi ini juga mampu menghentikan aplikasi supaya supaya berhenti berjalan. Artinya aplikasi ini dapat menonaktifkan aplikasi lain seperti BBM, Line, WhatsApp, UC Browser, Facebook, dll dengan mudah dan cepat. Mau tau langkah – langkahnya seperti apa, simak tutorialnya dibawah ini.

Menonaktifkan Aplikasi Sementara di Android

  1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi Mobiwol melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Mobiwol Via Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut, kemudian aktifkan fitur firewall yang ada pada bagian atas sendiri. Ubah dari OFF jadi ON.
  3. Selanjutnya masuk pada opsi “Firewall Rules”, lalu cari aplikasi WhatsApp dengan mengetikkan kata kunci WhatsApp. Kemudian double klik pada ikon WhatsApp tersebut. Centang pada bagian “Restrict Background” supaya Aplikasi WhatsApp tidak berjalan dibelakang background.
  4. Dengan melakukan hal tersebut maka aplikasi WhatsApp tidak akan bisa berjalan kembali. Untuk mengaktifkan kembali, anda bisa hilangkan centang pada bagian “Restrict Background” tersebut.
  5. Selesai.

Dengan mengikuti langkah – langkah atau petunjuk yang ada maka dijamin, aplikasi WhatsApp Android anda akan mati atau OFF sementara waktu sesuai dengan batas yang anda inginkan. Cara diatas juga bisa anda terapkan pada aplikasi lain seperti BBM, Facebook, Twitter, Line, Kakao Talk, We Chat, Instagram, dll.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mematikan Whatsapp Sementara Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin menambahkan sesuatu, tulis saja melalui kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 28 Comment

  1. Bintang Bintang berkata:

    Kok gak bisa, kalo ada chat tetap bisa msuk

    • Dian Arifin berkata:

      Jika ada menggunakan Smartphone OPPO, bisa mencoba fitur bawaan yang mampu menonaktifkan data pada aplikasi WhatsApp. Fitur tersebut lebih unggul ketimbang aplikasi diatas. Adapun jika anda menggunakan smartphone merek lain bisa mencoba alternatif lainnya pula. Biasanya beberapa merek smartphone unngulan telah dilengkapi dengan fitur nonaktifkan data aplikasi.

      • Fadhilah berkata:

        Saya memakai hp oppo ..
        Bisa d jelaskan langkah2 nya bagaimana ??

      • Dian Arifin berkata:

        Kalau pakai HP OPPO, ngak perlu pakai aplikasi tersebut mbak, cukup masuk pada Setelan -> SIM Ganda & Jaringan Seluler. Nah dari situ mbak bisa menonaktifkan aplikasi yang mbak inginkan …

  2. syahrir berkata:

    maaf bang. aplikasi firewall it tmpa root nggak..??

  3. Gankzar Rejeki berkata:

    Sudah saya praktekkan lancar jaya, trims artikelnya

  4. ezra berkata:

    kenapa ya mas kok mobiwol loadingnya lama sampe gak bisa kebuka

  5. Delvi Yohana berkata:

    Aplikasi wa nya klo di non aktifkan sementara, apa tmn tetap ngeliat kita aktif wa nya?

  6. Ibet berkata:

    Kok chat msh bs masuk yah?

  7. Retno berkata:

    Maaf mas mau tanya apakah bisa pic yg dikirim oleh seseorang lewat wa bisa di settings bisa hilang tanpa tersimpan digallery saat riwayat chatt dihapus juga, karena saya beberapa kali menghapus riwayat chatt dengan seseorang dan pic yg dia kirim juga ikut terhapus tanpa tersimpan digallery … Kalo memang ada bagaimana caranya bisa sampai di setting begitu? Makasih sebelumnya mas

    • Dian Arifin berkata:

      Diwaktu mas menghapus riwayat Chat, pastikan mas menghilangkan centang pada penghapusan media. Dengan melakukan hal tersebut maka semua picture tidak akan terhapus mas..

  8. widya berkata:

    Baru saya coba mas,thanks info ny sangat membantu

  9. hasbi berkata:

    mas kalo pake hp vivo gmana cara nonaktifkan wa sementara?

    • Dian Arifin berkata:

      Matikan data seluler pada aplikasi WA, semua fitur tersebut ada kok pada semua perangkat Android, baik VIVO, Xiaomi, ASUS, dan lainnya..

  10. Auliamelly berkata:

    Riwayat chat yg lalu tidak akan terhapus kan?

  11. Fadhilah berkata:

    Tapi apakah setelah d off kan pesan yg masuk nantinya akan muncul saat d on kan .. ?? Mohon jawabnnya segera .. Terimakasih

  12. Amandanr berkata:

    Ko saya gabisa ya mas

  13. Fahmi berkata:

    Ko loadingnya lama mas?

  14. erasmus berkata:

    Makasih infonya kawan…sangat berguna

  15. Naim berkata:

    Kalau sdh dii on kan. Semua pesan bisa masuk kan mas