18 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

Untuk anda pengguna komputer, terutama yang suka bermain game. Pernahkah anda berpikir untuk merekam aktivitas anda di PC dan mengunggahnya di social media atau platform video seperti YouTube? Jika iya, itu artinya anda membutuhkan sebuah software yang dapat merekam layar monitor anda.

Untuk itu anda harus tahu dulu apa itu perekaman layar atau screen recorder. Screen Recorder adalah sebuah software yang dapat mengambil rekaman dari layar monitor PC anda, tanpa harus di rekam dengan kamera. Software ini biasanya digunakan oleh para content creator terutama yang berada di bidang gaming atau tutorial maker.

Nah, software screen recorder sendiri jumlahnya tidak sedikit, ada banyak software di luar sana yang berfungsi sama tetapi berbeda pengembangnya. Oleh karena itu, say menerbitkan artikel ini.

Di ulasan kali ini, saya akan membawakan beberapa software screen recorder terbaik yang dapat anda gunakan. Berikut adalah listnya.

Lihat Juga : 7 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

#1. Open Broadcaster Software (OBS Studio)

Open Broadcaster Software
Sumber Image : obsproject.com

Open Broadcaster Software atau sering panggil dengan OBS Studio adalah aplikasi perekam layar yang paling populer. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bersifat open source dan multiplatform, jadi anda bisa mendapatkannya secara gratis langsung dari situsnya.

Selain karena sifatnya open source, OBS Studio juga memiliki kelebihan lain yang dapat anda nikmati secara gratis. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari OBS Studio.

  • Bersifat open source
  • Multiplatform
  • Tampilan sederhana tetapi menarik.
  • Rekaman dengan kualitas tinggi
  • Unlimited number of scenes
  • Audio mixer
  • Konfigurasi mudah
  • Streaming di platform YouTube, Twitch, dll
  • Atur sendiri tata letak sesuai dengan keinginan anda.

[Windows] [Mac] [Linux]

#2. Action!

Action!
Sumber Image : mirillis.com

Action! Merupakan aplikasi screen recorder yang dikembangkan oleh Mirillis. Aplikasi ini yang akan membantu anda saat ingin merekam layar monitor PC, atau ingin melakukan siaran streaming di sebuah platform.

Keistimewaan aplikasi ini adalah salah satu fiturnya yang dapat memilih fokus untuk merekam satu aplikasi atau merekam seluruh layar.

Action! bisa anda dapatkan secara gratis untuk pemakaian 30 hari di situs resminya. Untuk mengaktifkan kembali anda perlu membeli serial number dengan harga 29.95$.

[Windows] [Mac] [Linux]

3. XSplit Gamecaster

XSplit Gamecaster
Sumber Image : xsplit.com

Gamecaster, yang di kembangkan oleh XSplit ini adalah salah satu software screen recorder yang dapat anda gunakan. Dengan Gamecaster anda akan bisa merekam atau melakukan streaming hanya dengan beberapa klik saja.

Kelebihan dari software ini adalah anda bisa menyimpan seluruh project dalam Cloud. Dan ini menjadi kelebihan ketika anda melakukan broadcast diluar rumah, opsi Cloud dapat membantu melakukannya.

Kelebihan dari Gamecaster :

  • Lakukan streaming dan recording hanya dengan satu tombol.
  • Kontrol maksimal dengan in-game HUD.
  • Ratusan tema cantik.
  • Powerful editor.
  • Simpan semua data anda di Cloud.

Unduh Gamecaster dari XSplit disini :

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

#4. Windows 10 Game Bar

Windows 10 Game Bar
Sumber Image : bukalapak.com

Untuk anda yang menggunakan Windows 10, ada satu fitur bawaan yang dapat anda gunakan. Fitur tersebut adalah Windows 10 Game Bar atau bisa juga disebut Game DVR. Dengan menggunakan fitur tersebut anda tidak perlu lagi repot-repot mengunduh software pihak ketiga untuk melakukan proses perekaman layar.

Dengan fitur ini pula anda akan langsung terintegrasi dengan XBOX. Dan yang menjadi keistimewaan fitur ini adalah hasil rekamannya memiliki ukuran yang tidak besar.

[Windows] [Mac] [Linux]

#5. Nvidia GeForce Experience (ShadowPlay)

Nvidia GeForce Experience ShadowPlay
Sumber Image : legitreviews.com

Berikutnya adalah GeForce Experience (ShadowPlay) yang dikembangkan oleh NVIDIA. Dengan aplikasi ini anda akan bisa merekam aktivitas anda di PC dengan kualitas tinggi. Selain itu GeForce Experience (ShadowPlay) juga dapat melakukan siaran streaming di Facebook, Twitch, atau YouTube.

Dengan aplikasi ini anda akan bisa merekam gameplay hingga kualitas 4K dengan 60 Frame per second. Dan juga ShadowPlay adalah hardware accelerated, yang tidak akan mempengaruhi performa anda saat bermain game.

Selain itu ShadowPlay juga memiliki fitur yang dapat mengambil momen bagus bermain game secara otomatis.

Catatan : aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna GPU Nvidia.

[Windows] [Mac] [Linux]

#6. Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder
Sumber Image : fr.wikipedia.org

Bandicam adalah software screen recorder yang cukup popular. Dengan aplikasi ini anda akan bisa merekam dengan kompresi tertinggi sehingga membuat rekaman semirip aslinya. Selain itu, Bandicam juga dapat merekam hingga resolusi 4K UHDdengan 144 Frame per second.

Aplikasi ini juga cukup ringan untuk dijalankan, hal itu akan menjadi nilai positif untuk pengguna PC low-spec. Dan juga, Bandicam bisa melakukan rekaman dengan alat tambahan seperti, webcam, XBOX/PlayStation, smartphone, IPTV, dan berbagai device lainnya.

Untuk mengunduh aplikasi ini anda bisa mendapatkannya secara gratis melalui situsnya langsung, dengan catatan jika anda mengunduh seri gratis, maka akan ada watermark di rekaman yang anda ambil.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 5 Cara Memutar Video 4K di HP Android

#7. Free Online Screen Recorder

Free Online Screen Recorder

Free Online Screen Recorder yang merupakan software online hasil kembangan Apowersoft ini adalah software yang dijalankan secara online di browser tanpa harus menginstal terlebih dahulu.

Aplikasi ini cukup ringan dijalankan, dan juga memiliki tampilan antar muka yang simpel dan bersih.

Dengan Free Online Screen Recorder anda akan bisa merekam layar anda dalam berbagai format. Selain itu anda juga dapat mengatur bagian mana yang ingin anda rekam.

Aplikasi ini juga dapat membuat Anda langsung mengedit disaat perekaman berlangsung. Dengan fiturnya Edit Screencast in Real Time anda akan bisa menambahkan garis, tulisan, info, cahaya, dan berbagai lainnya di saat melakukan perekaman.

Jika anda tertarik, bisa mengunduhnya disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#8. DXtory

DXtory
Sumber Image : JalanTikus

Selanjutnya ada DXtory yang di kembangkan oleh Exkode. DXtory adalah software screen recorder untuk aplikasi DirectX dan OpenGL. Dengan DXtory adna akan bisa merekam dengan tingkat kualitas yang sama dengan aslinya, dengan fitur Lossless Capture, DXtory akan merekam pixel data seperti aslinya.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki tampilan antarmuka dan pengaturan yang sederhana, aplikasi ini juga ringan saat dijalankan.

Dengan fitur multiple audio sources recording, aplikasi ini dalam merekam dua suara sekaligus, suara dari internal dan suara eksternal. Rekaman suaranya juga dapat anda edit secara terpisah.

Download DXtory dari Exkode disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#9. WM Recorder

WM Recorder
Sumber Image : download.cnet.com

Berikutnya adalah WM Recorder. WM Recorder adalah software yang memiliki empat fungsi sekaligus, alias four-in-one. Dengan WM Recorder anda akan mendapatkan fitur Video Downloader, On-Screen Recorder, Audio Recorder, dan Converter.

Berikut list untuk benefit yang lebih lengkap:

  • Rekam suara.
  • Download dengan kecepatan  hingga 5x lipat.
  • Convert video ke audio.
  • Simpan video dengan kata sandi.
  • Hapus iklan saat merekam.
  • Rekam banyak stream sekaligus.
  • Pecahkan dan satukan rekaman dengan included Converter.
  • dll

Unduh WM Recorder disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#10. Ezvid

Ezvid
Sumber Image : blog koentji

Ezvid adalah screen recorder yang juga sekaligus dapat menjalankan fungsi editor. Dengan Ezvid ini Anda akan bisa mengedit video yang anda ambil langsung di aplikasi yang sama.

Fitur edit ini bisa anda dapatkan secara gratis tanpa harus membayar. Hasilnya pun terbilang bagus, kekurangan dari aplikasi ini adalah ukurannya yang relative besar dan banyak memakan ruang.

Download Ezvid disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#11. TinyTake

TinyTake
Sumber Image : tinytake.com

Berikutnya ada TinyTake yang merupakan screen recorder hasil pengembangan MangoApps. Dengan TinyTake ini, anda akan mendapatkan beberapa fitur yang tidak tersedia di screen recorder lain, fitur tersebut adalah Annotate.

Menariknya, aplikasi ini cukup mudah digunakan, hanya dengan satu tombol saja anda sudah dapat merekam layar. Selain itu, anda akan mendapatkan penyimpanan cloud sebesar 2GB ketika mendaftar TinyTake.

Kekurangan TinyTake adalah dalam versi gratisnya anda tidak mendapatkan semua fiturnya, dan anda juga hanya dapat melakukan rekaman sampai 5 menit saja. Untuk Melawati batasan itu anda harus membeli versi penuhnya.

Download TinyTake disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 10 Aplikasi RAR & ZIP Android Terbaik

#12. Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder
Sumber Image : icecreamapps.com

Icecream Screen Recorder dapat memungkinkan anda untuk merekam bagian apapun yang ada pada layar. Dengan Icecream Screen Recorder anda bisa melakukan perekaman layar meskipun baru pertama kali menggunakannya.

Kelebihan aplikasi ini adalah anda bisa melakukan pause dengan mudah saat proses rekaman berlangsung. Selain itu, anda juga dapat menggunakan fitur annotate yang memungkinkan anda menambahkan teks, panah, atau pola-pola yang anda inginkan.

Icecream Screen Recorder juga mencatat pembuatan-pembuatan video dalam history yang akan memudahkan anda saat mencarinya.

Download Icecream Screen Recorder disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#13. Screenpresso

Screenpresso
Sumber Image : screenpresso.com

Screenpresso ini adalah screen recorder yang jika anda mendownload versi gratisnya, akan ada watermark di video yang anda ambil, dan juga anda hanya bisa mengambil video hingga durasi 3 menit saja. Untuk melampaui batasan itu anda harus membeli versi premiumnya.

Kelebihan aplikasi ini adalah, adanya fitur sortir dan label yang akan memudahkan anda saat melakukan perekaman. Selain it,u ada juga fitur quick access yang akan menampilkan semua video yang telah anda buat sebelumnya.

Hasil dari perekaman aplikasi ini terbilang cukup kecil dibanding aplikasi screen recorder lain.

Download Screenpresso disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#14. Atomi Active

Atomi Active
Sumber Image : alternativeto.net

Aplikasi lainnya yang dapat membantu anda dalam proses perekaman layar adalah Atomi Active. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simple tetapi terlihat modern. Sama halnya dengan screen recorder lain, Atomi Active juga memiliki versi berbayar dan versi gratis.

Untuk versi gratisnya sendiri hanya akan dipotong di bagian fiturnya saja, untuk watermark di versi gratis ini tetap tidak ada.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki kelebihan dalam bidang memperindah video, karena di Atomi Active tersedia berbagai efek yang dapat anda gunakan. Tidak ketinggalan aplikasi ini ini juga memiliki fitur editor di dalamnya.

Download Atomi Active disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#15. Camtasia

Camtasia

Berikutnya adalah aplikasi yang ditujukan untuk para profesional atau yang sudah veteran dalam bidang ini. Camtasia, merupakan screen recorder yang memiliki fitur yang cukup lengkap.

Salah satunya adalah penggunaan green screen, dengan Camtasia ini Anda dapat menggunakan green screen untuk menambah keindahan dalam sebuah rekaman. Selain itu, ada juga fitur penambah efek animasi yang dapat anda gunakan langsung melalui Camtasi.

Camtasia juga terintegrasi dengan Google Drive yang akan membantu anda dalam penyimpanan.

Download Camtasia disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#16. Snagit

Snagit
Sumber Image : thedigitalmerchant.com

Snagit adalah software yang dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan Camtasia. Aplikasi ini ditujukan untuk anda yang ingin membuat sebuah video tutorial.

Dengan fitur-fitur yang ada di Snagit, anda akan dimudahkan dalam membuat penjelasan dalam video tutorial. Salah satunya adalah fitur annotateyang akan membantu anda dengan tanda dan tulisan yang dapat anda buat.

Download Snagit disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 9 Aplikasi Screenshot PC & Mac Terbaik

#17. ScreenFlow

ScreenFlow
Sumber Image : g2.com

Berikutnya adalah ScreenFlow, aplikasi yang memadukan screen recorder dan editor. Aplikasi ini cocok untuk anda yang seorang Educator, Online Trainer, Vlogger, dan berbagai pekerjaan lain.

Berikut ini beberapa fitur yang tersedia di ScreenFlow:

  • Rekaman dengan kualitas tinggi.
  • Perluas video anda dengan lebih dari 500.000 klip video yang terhubung dengan project anda.
  • IOS Recording.
  • Mudah dipelajari dan digunakan.
  • Editor Video.
  • Animasi dan Gerakan.
  • Fitur untuk video tutorial.
  • Tambahkan caption.

Download ScreenFlow disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#18. CamStudio

CamStudio
Sumber Image : filmora.wondershare.com

Terakhir adalah software yang sejenis dengan OBS Studio. CamStudio,aplikasi open source yang cukup populer. Dengan aplikasi ini anda akan bisa menambambahkan caption di bagian atas video.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak begitu besar jadi tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan. Aplikasi ini juga memiliki tampilan antarmuka yang ringan. Dan menariknya, anda bisa menghubungkan CamStudio dengan WebCam.

Download CamStudio disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.