18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

Dalam pembuatan sebuah film, atau suatu video yang ingin ditampilkan kebanyak orang, biasanya video tersebut akan melalui proses editing terlebih dahulu, agar video yang ditampilkan terlihat bagus dan menarik.

Dalam proses ini anda membutuhkan sebuah software bantu yang dapat menambahkan berbagai efek dan tools yang akan membuat video anda semakin menarik. Dan software itu adalah software editor video.

Software ini sering digunakan oleh para videographer untuk membuat video-video mereka menjadi lebih menarik dan lebih mengundang perhatian.

Nah, memilih software editor video sendiri tidak mudah, anda harus tahu terlebih dahulu seberapa besar kemampuan komputer atau laptop anda, lalu memilih software mana yang cocok dengan laptop dan harus memiliki fitur yang ingin anda gunakan.

Dengan begitu di ulasan kali ini, saya akan memberitahu Anda beberapa aplikasi edit video PC & Mac terbaik yang bisa jadi pilihan.

Lihat Juga : 18 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

#1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro
Sumber Image : bbkagp.com

Software yang pertama ini adalah software yang paling banyak digunakan pada videographer untuk mengerjakan project mereka. Tidak hanya karena memiliki banyak fitur, software yang satu ini juga merupakan software yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Dia adalah Adobe Premiere Pro, software andalan banyak videographer saat mengedit videonya. Mulai dari video vlog, konten YouTube, video musik, dan berbagai video lain, semua bisa Anda buat di software yang satu ini.

Software ini memiliki requirement yang cukup tinggi jadi tidak disarankan untuk PC atau komputer dengan spek low-end. Meskipun begitu, apa yang software ini punya juga sebanding dengan apa yang dibutuhkannya.

Contohnya adalah UI-nya yang lebih keren, dan enak dipandang, UI-nya lebih mudah digunakan meskipun anda harus tahu dulu bagaimana menggunakannya, untuk pemula mungkin agak sulit karena software ini ditujukan untuk Editor advanced yang membutuhkan software yang lebih mudah digunakan.

Tidak hanya itu, hal yang paling di istimewakan dari software ini adalah fitur dynamic link-nya yang dapat menghubungkan Software ini dengan Software Adobe lainnya, contohnya adalah Adobe After Effect. Dengan adanya fitur ini Anda tidak perlu lagi repot-repot keluar masuk Software yang berbeda karena software akan terhubung dengan sendirinya.

[Windows] [Mac] [Linux]

#2. MAGIX Vegas Pro

MAGIX Vegas Pro
Sumber Image : labfreq.com

Lebih dikenal dengan nama Sony Vegas, namun saat ini namanya telah berganti menjadi Magix Vegas karena perubahan perusahaan pemegang.

Merupakan software yang cukup terkenal, hampir semua videographer pernah menggunakan software ini. Tidak seperti Adobe Premiere Pro yang membutuhkan requirement yang tinggi, Magix Vegas Pro ini dapat anda akses di komputer atau laptop dengan spek low-end.

Tidak hanya itu, software yang satu ini juga tidak memiliki size yang terlalu besar jadi lebih bersahabat dengan kapasitas ruang anda.

Dengan menggunakan software ini anda juga akan bisa menggunakan lebih banyak Plugin karena Pluginnya yang berbasis OFX.

Untuk tampilannya sendiri, Magix Vegas Pro ini memiliki tampilan yang ringkas, yang akan membuat anda mudah memahaminya.

Selain itu, yang membedakan Magix Vegas Pro dengan Adobe Premiere Pro adalah di bagian efeknya, di software yang satu ini Anda dapat melihat pratinjau efek yang anda inginkan, meskipun hanya berlaku untuk efek bawaan software.

[Windows] [Mac] [Linux]

#3. Corel Video Studio

Corel Video Studio
Sumber Image : download.ipeenk.com

Merupakan software yang paling ringan dibanding yang lainnya, Corel Video Studio merupakan software yang cocok untuk mengawali semuanya.

Corel Video Studio ini sangat cocok untuk anda yang baru saja memasuki dunia videographer alias pemula yang masih belajar, karena software yang satu ini cukup mudah digunakan, selain itu Corel Video Studio juga sangat ringan dan dapat digunakan di PC atau laptop low-end sekalipun.

Tidak hanya itu, fitur dan tools yang ditawarkan pun lebih user-friendly. Software ini juga memiliki fitur tambahan seperti screen capture yang dapat anda gunakan kalau anda menginstal software ini.

Software yang satu ini juga memiliki pilihan preset yang lebih banyak yang bisa anda gunakan untuk menambah rasa dalam video yang anda edit.

Kekurangan yang ada di Corel Video Studio adalah pilihan untuk meng-export videonya yang sedikit, dan kurang cocok untuk anda yang membutuhkan editing video tingkat lanjut.

[Windows] [Mac] [Linux]

#4. Camtasia

Camtasia

Pada dasarnya Camtasia adalah software yang memiliki fitur utama sebagai screen recorder, namun dikarenakan software ini memiliki fitur editing yang tergabung langsung di dalamnya, maka Camtasia ini masuk dalam kategori software video editor.

Seperti yang saya katakan, software ini adalah software all-in-one yang menggabungkan software screen recorder dan video editor. Namun meskipun begitu, ukuran software ini terbilang ringan dibanding beberapa software video editor lainnya.

Dari yang saya lihat Camtasia ini adalah software yang ditujukan kepada para tutorial maker, kenapa bisa begitu? Itu Karena meskipun software ini memiliki fitur screen recorder, tetapi screen recorder itu tidak dapat melakukan perekaman game, hanya beberapa game yang dapat direkam dengan screen recorder ini.

Selain itu, software ini juga terhubung dengan software Power Point yang merupakan software buatan Microsoft.

Dengan menggunakan Camtasia ini, anda juga dapat meng-export project anda langsung ke situs video platform, seperti YouTube, Video, Google Drive, dan lain-lain.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 12 Aplikasi Edit Video Android Terbaik

#5. Filmora

Filmora
Sumber Image : techradar.com

Di urutan kelima ini ada software yang disebut-sebut sebagai software Final Cut untuk Windows, dialah Filmora. Salah satu software video editing yang tersedia untuk Windows dan Mac.

Seperti yang saya bilang di awal, Filmora ini adalah software yang memiliki tampilan mirip dengan Final Cut Pro yang merupakan software editing video khusus untuk Mac, nanti akan dibahas.

Untuk kalian yang mempunyai keinginan menggunakan Final Cut Pro namun tidak memiliki Mac, anda bisa menjadikan Filmora ini sebagai alternatifnya.

Beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan saat menggunakan software ini adalah sebagai berikut.

  • Mudah dipelajari, cocok untuk pemula yang ingin belajar tentang videographer.
  • Memiliki ukuran yang terbilang ringan, untuk anda yang memiliki spek dan kapasitas ruang yang rendah, anda bisa menggunakan ini.
  • Terdapat fitur easy mode, fitur ini ditujukan untuk para pemula yang baru belajar.
  • Terdapat media pembelajaran langsung dari Filmora.

Beberapa kelemahan yang ada di Filmora

  • Kurang leluasa, karena software ini ditujukan untuk para pemula hal itu membuat para profesional yang menggunakannya menjadi kurang leluasa.
  • Tidak cocok untuk profesional.

[Windows] [Mac] [Linux]

#6. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio
Sumber Image : pinnaclesys.com

Pinnacle Studio merupakan software video editor yang memiliki pengoperasian yang cukup mudah dan tidak rumit.

Dilengkapi dengan beberapa transisi standar yang dapat anda gunakan untuk memperbagus video. Anda juga bisa mendapatkan transisi khusus lain dengan melakukan register di situs resminya.

Ditambah dengan requirement yang tidak membutuhkan spek terlalu bagus, cukup medium-end saja anda sudah bisa menggunakannya di komputer atau PC sesuai hati.

Sekian itu, software yang satu ini juga menyediakan berbagai template di dalamnya, dengan itu anda akan lebih mudah dalam mengedit video.

[Windows] [Mac] [Linux]

#7. HitFilm Express

HitFilm Express
Sumber Image : fxhome.com

Software yang satu ini adalah software yang ditujukan untuk para profesional yang memiliki ilmu tinggi dalam video editing. HitFilm Express merupakan software video editor gratis yang dapat anda gunakan untuk mengedit video anda.

Meskipun ditujukan untuk para profesional dan veteran, namun software ini juga mampu diakses dengan menggunakan PC atau komputer low-end.

Dengan tampilan dan UI yang enak dipandang dan mudah gunakan, software ini sangat cocok untuk anda yang memiliki project membuat film atau short-clip yang memiliki adegan action.

Ditambah, software ini juga fokus ke bagian visual effect yang akan menambahkan kualitas dalam video yang anda buat. Contoh visual effect yang ada di software ini adalah efek shake, darah, hujan, ledakan, dan api.

[Windows] [Mac] [Linux]

#8. CyberLink PowerDirector

CyberLink PowerDirector
Sumber Image : store.steampowered.com

CyberLink PowerDirection merupakan software video editor yang ditujukan untuk semua tingkatan, mulai dari pemula hingga profesional.

Berkat kemudahannya dalam melakukan editing software ini juga dapat digunakan pada pemuka yang masih dalam tahap pembelajaran. Dukungan format yang beragam, bahkan video dengan format 360° sekalipun bisa diedit di software ini.

Tidak hanya itu, software ini juga memiliki fitur lainnya yang sama menakjubkannya.

Salah satunya adalah fitur Express Project, dengan menggunakan fitur ini Anda dapat menggunakan template video yang sudah tersedia di softwarenya langsung, setelah itu anda hanya perlu memasukkan klip yang anda inginkan ke timeline, lalu tekan produce.

Video anda akan langsung jadi dalam waktu singkat.

[Windows] [Mac] [Linux]

#9. Movavi Video Editor

Movavi Video Editor
Sumber Image : store.steampowered.com

Tidak memiliki banyak fitur dan tools seperti software video editor lainnya, Movavi Video Editor merupakan software video editing yang ditujukan untuk para pemula yang masih dalam tahap pembelajaran.

Meskipun tidak memiliki banyak fitur dan tools, namun software yang satu ini sudah cukup banget untuk anda yang hanya ingin membuat video untuk diupload ke media sosial, YouTube, ataupun hanya sekedar hiburan saja.

Dengan menggunakan software anda juga dapat mengedit video dengan green screen, menambah efek dan stiker, efek suara, hingga pembuat teks dengan berbagai macam font dan animasi.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 12 Aplikasi Pemutar Video Android Terbaik

#10. Apple iMovie

Apple iMovie
Sumber Image : techcrunch.com

Software video editing yang dibuat langsung oleh Apple sendiri yang dikhususkan kepada pengguna OS Mac. Apple iMovie, software video editor yang digadang-gadang sanggup membuat video layaknya film Hollywood.

Dengan menggunakan Apple iMovie Anda dapat menambahkan efek spesial yang dapat memperindah video anda, software ini juga memiliki fitur untuk menambahkan sentuhan sinematik dengan gaya monokrom, biasa vintage, atau tampilan biru pada video.

Tidak hanya itu, Apple iMovie juga dapat digunakan untuk membuat backsound dengan menggunakan musik bawaan, efek suara, dan rekaman suara.

Yang membuat software ini menarik adalah fiturnya yang menghubungkannya satu sama lain dengan produk Apple lainnya, yakni iOS. Dengan adanya fitur ini anda akan bisa melakukan proses pengeditan dengan menggunakan Mac atau iOS secara bergantian.

[Windows] [Mac] [Linux]

#11. Final Cut Pro X

Final Cut Pro X
Sumber Image : larryjordan.com

Masih dengan software yang dikhususkan untuk Mac, merupakan software sudah saya sebutkan di dalam penjelasan software video editor lain, dialah Final Cut Pro X.

Final Cut Pro X merupakan software video editor yang tersedia untuk perangkat Mac, software ini merupakan software yang dikembangkan oleh Apple langsung, jadi tidak perlu lagi diragukan kualitasnya.

Fitur yang paling utama di software ini adalah fitur terbarunya yang baru saja ditambahkan, yakni fitur untuk mengedit video 360°. Disaat videonya telah selesai, anda dapat melakukan pengecekan dengan menyambungkannya dengan VR headset secara langsung. Selain itu, Final Cut Pro X juga dapat mengedit video dengan format 8K.

Software yang satu ini juga terhubung dengan software video editing iMovie yang sama-sama dikembangkan oleh Apple. Dengan terhubungnya dua software ini, anda dapat melakukan import data project yang ada di iMovie kedalam Final Cut Pro X secara langsung.

[Windows] [Mac] [Linux]

#12. Lightworks

Lightworks
Sumber Image : Pinterest.com

Lightworks merupakan salah satu software video editing yang dapat anda dapatkan secara gratis. Berbeda dari dua software sebelumnya Lightworks ini merupakan software yang dapat digunakan di OS Windows, Mac, dan Linux.

Software yang satu ini memiliki tampilan UI yang bersih, tampilan ini akan membuat anda nyaman saat melihatnya, dan juga akan memudahkan anda saat mencari sesuatu.

Dalam pengiklanannya software yang satu ini, Lightworks diklaim dapat mendukung semua format yang ada di luar sana.

Untuk anda yang memerlukan fitur trimming, maka software yang satu ini cocok untuk anda. Karena apa? Karena software yang satu ini sangat mengunggulkan fitur trimming ya dibanding fitur lainnya.

[Windows] [Mac] [Linux]

#13. CineFX Jashaka

CineFX Jashaka
Sumber Image : jahshaka.com

CineFX Jashaka merupakan software video editing yang dapat anda gunakan di berbagai perangkat, software ini mendukung banyak penggunaan perangkat, mulai dari Windows, Mac, sampai Linux pun bisa menggunakannya.

Dengan menggunakan software yang satu ini ada akan bisa melakukan pengeditan video di komputer atau PC anda sendiri. Anda bisa mengedit video dalam berbagai bentuk, mulai dari SD, HD, VD, bahkan sampai Film: real 3D.

Selain itu software yang satu ini juga mendukung banyak format video, mulai dari AVI, MOV, WAH, dan berbagai format video lainnya yang ada di luar sana.

[Windows] [Mac] [Linux]

#14. Avidemux

Avidemux
Sumber Image : lifewire.com

Masih dengan pembahasan software video editing, di urutan nomor 14 ini, saya mempunyai software yang merupakan salah satu dari software video editing gratis yang dapat anda gunakan.

Avidemux merupakan software video editor yang dipasarkan secara gratis oleh pengembangnya. Software yang satu ini dah software video editor yang dapat anda gunakan di OS Windows, Mac, bahkan Linux sekalipun.

Software ini merupakan video editor yang ditujukan kepada pemula yang baru saja masuk ke dunia videographer dan masih harus belajar terlebih dahulu.

Dengan menggunakan software ini, anda kan bisa melakukan pemotongan video, penambahan video, memasukkan filter, dan tugas pengkodean.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 5 Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K di HP

#15. AVS Video Editor

AVS Video Editor
Sumber Image : youtube.com

AVS Video Editor merupakan salah satu dari banyak software video editor untuk Windows. Untuk anda yang masih dalam tahap pembelajaran namun kesulitan saat menggunakan software-software lain, AVS Video Editor ini dapat menjadi pilihan.

Meskipun tidak memiliki fitur yang lengkap, namun software yang satu ini memiliki pengoperasian yang cukup mudah.

Apalagi software yang satu ini juga tidak memakan banyak ruang, hal ini menjadi nilai plus buat anda yang baru belajar tentang video editing.

Dari segi fitur sendiri, software yang satu ini tidak jauh beda dengan software lain. Namun ada satu fitur yang membuat software ini spesial, yakni fitur video cache yang akan membuat proses pembuatan video menjadi lebih cepat.

[Windows] [Mac] [Linux]

#16. Avid Media Composer

Avid Media Composer
Sumber Image : Videoguys.com

Memiliki banyak penghargaan dalam bidang videographer, dan juga merupakan software yang paling sering digunakan dalam pembuatan film Hollywood, Avid Media Composer menjadi salah satu software video editing terbaik.

Seperti yang saya katakan software yang satu ini merupakan software yang banyak digunakan para profesional di studio-studio Hollywood dalam mengerjakan project Film mereka, salah satu Film yang diedit dengan software ini adalah Dunkirk.

Software ini memiliki kelebihan yang hanya bisa dipahami oleh para profesional saja, software ini juga membuat video dengan semua format menjadi “sama rasa”.

Kelemahan dari software ini adalah kerumitannya mulai dari UI sampai ke fitur-fiturnya yang rumit dipahami.

[Windows] [Mac] [Linux]

#17. Movie Maker & Video Editor

Movie Maker & Video Editor
Sumber Image : microsoft.com

Software yang satu ini merupakan software yang dikembangkan oleh Microsoft yang ditujukan untuk para pengguna Windows.

Movie Maker & Video Editor merupakan software yang memiliki berbagai fitur yang memungkinkan anda melakukan editing pada foto atau video yang anda inginkan.

Di software ini Anda dapat memotong, menambah, memberi efek, menambah suara ataupun memberikan tema untuk video anda saat melakukan video editing.

[Windows] [Mac] [Linux]

#18. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker
Sumber Image : kangsukron.blogspot.com

Yang terakhir adalah Windows Movie Maker, software ini merupakan software video editing bawaan yang didapatkan saat anda menginstal Windows XP.

Karena software ini adalah software bawaan Anda tidak perlu lagi repot-repot menginstalnya di Windows anda. Pada dasarnya software ini memiliki fitur basic yang dapat anda gunakan untuk mengedit video anda, namun untuk melakukan pengeditan tingkat lanjut, saya sangat tidak menyarankan menggunakan software ini.

Dengan menggunakan software ini anda akan bisa memotong, menambah, dan memberi efek lainnya ke dalam video anda.

Kelebihan yang dimiliki software yang satu ini adalah kemudahan pengoperasiannya yang akan sangat membantu anda dalam belajar mengedit video.

[Windows] [Mac] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.