13 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul di HP Android

Notifikasi WhatsApp yang tidak muncul lebih sering disebabkan oleh masalah aplikasi yang tidak berjalan di latar…

Notifikasi pada aplikasi messenger seperti WhatsApp menjadi sangat penting. Tanpa adanya notifikasi, kita akan merasa kerepotan karena tidak bisa menerima pesan dan panggilan secara real-time. Pada aplikasi WhatsApp khususnya, banyak sekali pengguna ponsel Android yang mengalami masalah pada notifikasi pesan / panggilan yang tidak bunyi dan tidak muncul di layar kunci ataupun bilah status ponsel.

Kebanyakan masalah ini terjadi pada ponsel Android kelas low-end, dengan kapasitas RAM dan ROM yang kecil (RAM di bawah 3GB dan ROM di bawah 64GB). Apalagi untuk perangkat tipe lama; yang masih menggunakan OS Android versi lama, seperti Android Oreo 8.0 ke belakang biasanya yang paling sering mengalaminya. Keterbatasan sumber daya perangkat dan penurunan performa menjadi faktor utama dari masalah ini. Untuk memahaminya lebih jauh, Anda bisa simak penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini.

Lihat Juga : 8 Cara Mematikan Notifikasi Instagram

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul

Selain karena faktor penurunan performa pada perangkat, ada beberapa poin penting yang perlu Anda pahami mengenai penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul. Spesifikasi mungkin jadi faktor utama, tetapi kelalaian atau kesalahan pengguna dalam pengaturan notifikasi juga dapat menyebabkan notifikasi bermasalah.

  • Smartphone dalam mode diam – Pastikan smartphone Anda tidak dalam mode diam (silent), karena apabila smartphone dalam mode diam, maka nada notifikasi tidak akan berbunyi / tidak bersuara. Sementara pesan WhatsApp tetap muncul di status bar meskipun ponsel dalam mode diam. Untuk itu, coba cek kembali mode apa yang Anda gunakan.
  • Fitur Do Not Disturb dalam kondisi aktif – Selain mode diam, pastikan juga fitur “Do Not Disturb” tidak dalam kondisi aktif, karena apabila fitur ini aktif maka semua informasi masuk seperti pesan, notifikasi, sms, panggilan, dan lainnya akan ditunda.
  • Setelan notifikasi WhatsApp tidak aktif – Kemungkinan lain, terdapat kesalahan pada setelan notifikasi WhatsApp sehingga membuat notifikasi bermasalah. Coba masuk ke pengaturan notifikasi WhatsApp untuk memastikan fitur ini aktif / diizinkan.
  • Aplikasi WhatsApp tidak berjalan di latar belakang – Bisa jadi aplikasi WhatsApp tidak berjalan di latar belakang; entah karena penggunaan fitur hemat daya, hemat data, atau karena penurunan performa pada perangkat.
  • Memori RAM penuh – Memori RAM yang penuh juga dapat menyebabkan sistem dan aplikasi terinstall mengalami banyak masalah, seperti lag, hang, macet, tidak respons, dan seterusnya. Ini juga yang menyebabkan notifikasi WhatsApp tidak muncul karena aplikasi yang tidak berjalan secara real-time.
  • Penurunan performa pada perangkat – Ponsel yang semakin lama digunakan maka akan mengalami penurunan performa. Hal ini dapat dirasakan ketika ponsel sudah digunakan lebih dari satu tahun; efeknya adalah sistem dan aplikasi tidak optimal ketika dijalankan.
  • dll…

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Notifikasi SMS Tidak Bunyi & Muncul HP Samsung

Mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul

Untuk mengatasi notifikasi WhatsApp yang bermasalah, mulailah untuk mengecek beberapa fitur yang mungkin membatasi notifikasi, dan memastikan tidak terjadi masalah dalam pengaturan notifikasi. Langsung saja, simak dan ikuti beberapa metodenya berikut ini.

1. Pastikan smartphone tidak dalam mode diam

Jika Anda memiliki masalah pada notifikasi WhatsApp yang tidak berbunyi, coba pastikan dahulu mode apa yang Anda gunakan; apakah mode diam atau mode dering. Karena ketika Anda memilih mode diam, maka tentu saja semua notifikasi nada dering seperti panggilan, chat, pesan, dan seterusnya tidak akan berbunyi atau bersuara.

Hal ini penting untuk Anda perhatikan, karena bisa jadi kelalaian atau kesalahan dalam menggunakan ponsel yang justru membuat beberapa fitur tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tetapi jika Anda merasa tidak ada masalah dengan mode yang Anda pilih, maka coba tips selanjutnya dengan memastikan fitur “Do Not Disturb” tidak aktif.

2. Pastikan fitur Do Not Disturb tidak aktif

“Do Not Disturb” merupakan fitur yang digunakan untuk membisukan semua panggilan, peringatan, dan pemberitahuan ponsel pada interval yang dijadwalkan. Fitur ini biasanya digunakan ketika pengguna ingin fokus pada pekerjaan atau aktivitas. Ketika fitur “Do Not Disturb” ini di aktifkan / enable, maka notifikasi pada aplikasi tidak akan ditampilkan.

Sekalipun Anda tetap ingin fitur ini aktif karena suatu kondisi, maka sebaiknya Anda lakukan pengecualian pada aplikasi WhatsApp, supaya notifikasi tetap ditampilkan. Umumnya, fitur “Do Not Disturb” memberi pengguna kebebasan dalam menyesuaikan notifikasi, peringatan, dan panggilan mana yang diizinkan untuk berdering dan menampilkan notifikasi.

3. Cek kembali setelan notifikasi WhatsApp

Cek Setelan Notifikasi WhatsApp
3. Cek kembali setelan notifikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Selanjutnya, coba cek kembali setelan notifikasi pada aplikasi WhatsApp Anda. Karena bisa jadi terdapat kesalahan dalam mengatur notifikasi, entah pada bagian nada dering, pop up, getar, atau yang lainnya. Dan untuk memastikan hal ini, Anda bisa buka menu Notifikasi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp » tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Notifikasi.
  3. Cek semua fitur yang perlu di aktifkan.
  4. Notifikasi apa yang Anda inginkan; seperti Nada NotifikasiGetarNotifikasi pop-upLampuGrup, dan lainnya.
  5. Atur sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Ada Notifikasi Pesan Masuk

4. Cek kembali perizinan notifikasi WhatsApp

Izinkan Pemberitahuan WhatsApp
4. Cek kembali perizinan notifikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Coba cek juga bagian perizinan notifikasi WhatsApp, ini merupakan bagian yang sangat penting untuk Anda lakukan. Pastikan bahwa setelan ponsel Android Anda mengizinkan WhatsApp untuk menampilkan notifikasi; mulai dari pesan masuk, pesan grup, panggilan, notifikasi media, dan lain sebagainya. Untuk melakukannya, Anda bisa masuk ke setelan notifikasi Android seperti berikut ini:

  1. Buka menu Pengaturan yang ada pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » temukan dan pilih WhatsApp.
  3. Pilih Notifikasi » aktifkan bagian Izinkan Notifikasi.
  4. Selesai.

Selain perizinan notifikasi, cek juga bagian perizinan notifikasi pesan.

Izinkan Notifikasi Pesan WhatsApp
4. Cek juga perizinan notifikasi nada dering, getar, pop-up, dan lainnya. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pada fitur Notifikasi WhatsApp » pilih Notifikasi Pesan.
  2. Pastikan bagian Izinkan NotifikasiNada Dering, dan Getar dalam keadaan aktif.
  3. Selesai.

Selesai melakukan perubahan di atas, coba restart ponsel Android Anda. Setelah itu, minta teman untuk mengirim pesan ke Anda untuk memastikannya bunyi nada dering dan muncul tidaknya notifikasi WhatsApp.

Lihat Juga : 10 Cara Menampilkan Notifikasi Android yang Hilang / Tidak Muncul

5. Update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru

Update WhatsApp ke versi terbaru
5. Update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, cobalah untuk memperbarui aplikasi WhatsApp. Update aplikasi juga bertujuan untuk memperbarui / memperbaiki error pada aplikasi. Untuk melakukannya, Anda bisa kunjungi Google Play Store, lalu temukan aplikasi WhatsApp.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

6. Coba hapus data aplikasi WhatsApp

Cara Hapus Data Aplikasi WhatsApp
6. Hapus data aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Jika update masih tidak membuahkan hasil, cobalah untuk menghapus data aplikasi WhatsApp melalui manajemen aplikasi / kelola aplikasi. Cara ini dilakukan untuk membersihkan data-data yang menumpuk pada aplikasi, seperti basis data, cache, history, chat, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak ingin semua data terhapus, Anda bisa lakukan backup chat WhatsApp terlebih dahulu.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

7. Bersihkan file / data yang tidak dibutuhkan

Cobalah untuk membersihkan file / data yang sekiranya tidak dibutuhkan; seperti foto, video, audio, dokumen, apk, dan sebagainya. Beberapa bagian yang perlu Anda cek adalah folder DCIM (hasil jepretan dan rekaman), folder WhatsApp (kiriman file WhatsApp), serta unduhan video offline YouTube. Apa pun cara yang dilakukan, paling tidak sisakan 20% ruang penyimpanan kosong dari total kapasitas memori internal Anda.

Anda bisa buka file manager, aplikasi keamanan ponsel, dan aplikasi terkait untuk membersihkan semua data tersebut. Ini juga berkaitan dengan aplikasi  yang berjalan di latar belakang yang dijelaskan pada poin ke-8.

Lihat Juga : 20 Aplikasi Pembersih RAM PC & HP Terbaik

8. Pastikan aplikasi berjalan di latar belakang

Hal lain yang perlu pengguna WhatsApp perhatikan adalah mungkin saja aplikasi WhatsApp tidak berjalan di background atau latar belakang. Ini yang sebenarnya menyebabkan notifikasi WhatsApp tidak muncul, tidak bunyi, atau baru masuk ketika pengguna membuka aplikasi. Tidak hanya WhatsApp, hal yang sama juga dapat terjadi pada aplikasi lain, entah itu LINE, Messenger, Telegram, Instagram, dan sebagainya.

Biasanya ini sering terjadi pada ponsel low-end dengan kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang kecil; RAM di bawah 3GB dan penyimpanan di bawah 32GB. Atau bisa juga pengguna mengaktifkan fitur hemat daya dan hemat baterai sehingga menyebabkan aplikasi tidak berjalan secara real-time. Solusinya, pastikan memori RAM selalu lega, tutup aplikasi yang sekiranya tidak digunakan, dan bersihkan file / data-data yang tidak dibutuhkan, seperti yang dijelaskan pada poin ke-7.

9. Pastikan koneksi internet benar-benar lancar

Terakhir, perhatikan juga koneksi internet pada ponsel Android Anda. Ini juga tak kalah penting dari beberapa poin yang telah saya jelaskan di atas. Karena bagaimanapun, WhatsApp juga membutuhkan koneksi internet yang stabil; supaya tidak ada jeda dalam mengirim dan menerima pesan.

Masalah koneksi internet

Penutup,

Dengan adanya beberapa tips di atas, semoga masalah notifikasi WhatsApp yang tidak muncul bisa kembali muncul. Poin penting yang perlu Anda perhatikan adalah masalah perizinan notifikasi dan juga memori RAM dan ROM. Pada memori khususnya; ini menjadi faktor utama yang menyebabkan WhatsApp tidak muncul atau baru muncul ketika aplikasi dibuka. Maka dari itu, perlu manajemen memori yang baik supaya aplikasi dapat berjalan dengan normal dan stabil.

Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android; seperti OPPO, VIVO, Xiaomi, ASUS, Samsung, Realme, dan lainnya. Jika terdapat berbedaan antarmuka dan menu, maka Anda bisa menyesuaikannya. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Perizinan notifikasi sudah benar, tetapi kenapa notifikasi tetap tidak muncul?

Coba cek penggunaan memori pada ponsel Android dan pastikan juga ponsel Android Anda tidak sering lag dan macet.

Apakah penggunaan fitur hemat data dan hemat daya menyebabkan notifikasi tidak muncul?

Terkadang, penggunaan fitur data dan hemat daya menyebabkan masalah pada fitur notifikasi.

Kenapa notifikasi baru masuk ketika aplikasi dibuka?

Ini sering terjadi pada ponsel low-end dengan kapasitas RAM di bawah 3GB. Artinya, aplikasi tidak berjalan secara real-time seperti yang saya jelaskan di poin ke-8.

Apa itu notifikasi pop-up?

Notifikasi pop-up merupakan notifikasi yang muncul di depan layar ponsel. Dengan adanya notifikasi pop-up, pengguna bisa langsung membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi.

Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

Masalah Notifikasi Android

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Daftar Harga iPad Terbaru | DESEMBER 2021

    Seri iPad terbaru dijual dari harga Rp. 4,6 jutaan sampai Rp. 23 jutaan untuk seri paling…
  2. Daftar Harga HP OPPO Terbaru | DESEMBER 2021

    Pada Q3 2021, OPPO menjadi salah satu brand smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia, dengan pangsa…
  3. Daftar Harga HP OPPO Reno Series Terbaru | DESEMBER 2021

    OPPO Reno Series adalah varian HP OPPO kelas menengah yang dijual dengan harga Rp 3-12 jutaan