8 Cara Menghapus Akun Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang memungkinkan pengguna untuk saling berkirim pesan teks, gambar, video, audio, dan file dengan ukuran hingga 2GB. Pada awal tahun 2021, Telegram memiliki 500 juta pengguna di seluruh dunia. Berbeda dengan aplikasi serupa lainnya, Telegram memiliki dukungan penyimpanan yang cukup besar, mengingat semua data pengguna seperti riwayat pesan, gambar, audio, video, dan lainnya tersimpan di server Telegram yang juga dilakukan enkripsi. Dengan demikian, pengguna tidak perlu takut akan penuhnya memori internal akibat banyaknya kiriman dari pengguna lain.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang tidak tersedia pada aplikasi Telegram, salah satunya fitur “Hapus akun”. Jika dilihat melalui menu Privasi dan Keamanan, Telegram secara otomatis akan menghapus akun yang tidak pernah di akses selama 6 bulan. Namun, beberapa pengguna mungkin tidak ingin menunggu selama itu. Pengguna ingin menghapus akun saat itu juga tanpa harus menunggu. Untuk memahami lebih jauh mengenai penghapusan akun Telegram, Anda bisa simak penjelasan dan metodenya berikut ini.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Akun Signal

Cara Menghapus Akun Telegram

Terlepas alasan Anda ingin menghapus akun Telegram, ada dua cara yang bisa Anda lakukan; menghapus akun Telegram secara otomatis dan menghapus akun Telegram secara manual (terhapus secara permanen saat itu juga). Sebelum memutuskan untuk menghapus akun Telegram secara permanen, pastikan Anda telah memikirkannya baik-baik, mengingat semua data personal dan riwayat pesan akan dihapus secara permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi.

Pastikan untuk menyimpan atau backup semua data penting yang Anda miliki. Untuk menghapus akun Telegram secara permanen, Anda bisa melakukannya melalui ponsel Android atau iOS (iPhone) dan web browser komputer/ laptop yang Anda miliki. Simak dan ikuti petunjuk menghapus akun Telegram berikut ini.

Hapus Akun Telegram Otomatis

Hapus Akun Telegram Android
Menghapus akun Telegram secara otomatis. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Langkah pertama, buka aplikasi Telegram pada ponsel Android atau iOS (iPhone) yang Anda miliki.
  2. Ketuk ikon tiga garis [menu] yang ada di bagian atas » kemudian pilih menu Pengaturan.
  3. Setelah itu, pilih Privasi dan Keamanan.
  4. Pada bagian Lanjutan » pilih Hapus akun saya jika tidak ada.
  5. Secara default, akun akan terhapus otomatis apabila dalam masa 6 bulan tidak dibuka atau diakses sama sekali.
  6. Namun untuk mempercepat proses penghapusan, Anda bisa ubah menjadi 1 bulan.
  7. Selama masa 1 bulan tersebut, Anda tidak perlu membuka akun Telegram Anda.
  8. Dengan begitu, akun akan terhapus secara permanen.
  9. Selesai.

Jika Anda ingin menghapus akun Telegram saat ini juga tanpa menunggu selama 1 bulan atau lebih, Anda bisa ikuti langkah-langkah menghapus akun Telegram melalui browser web di bawah ini.

Lihat Juga : 6 Cara Menghapus Akun TikTok

Hapus Akun Telegram Manual

1. Untuk menghapus akun Telegram secara permanen saat ini juga, akses halaman otorisasi Telegram melalui browser komputer/ laptop yang Anda miliki. Pada halaman berikut, Anda diharuskan untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi Telegram. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan.

1 Masukkan Nomor Telepon Telegram
1. Masukkan nomor telepon Telegram Anda. RUDI DIAN ARIFIN

2. Setelah itu, masukkan Confirmation Code yang dikirim ke aplikasi Telegram pada ponsel yang Anda miliki. Klik Sign In untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

2 Konfirmasi Kode Telegram
2. Masukkan kode konfirmasi Telegram. RUDI DIAN ARIFIN

3. Kemudian lanjutkan dengan memilih Delete Account.

3 Pilih Delete Account Telegram
3. Pilih Delete Account. RUDI DIAN ARIFIN

4. Baca informasi mengenai risiko penghapusan akun Telegram secara permanen. Dengan menghapus akun Telegram, semua pesan dan kontak akan dihapus. Anda juga akan keluar dari semua grup dan channel yang Anda miliki. Silakan tinggalkan pesan “Why are you leaving?”. Lanjutkan dengan klik Delete My Account.

4 Hapus Akun Telegram
4. Klik Delete My Account. RUDI DIAN ARIFIN

5. Muncul informasi penghapusan akun “Are you sure? Warning! Please only delete your account if you no longer want to use Telegram. If you delete your account now, it may not be possible to sign up again for several days”. Silakan konfirmasi penghapusan akun dengan klik Yes, delete my account.  

5 Konfirmasi Hapus Akun Telegram
5. Klik Yes, delete my account. RUDI DIAN ARIFIN

Dengan menghapus akun Telegram secara permanen, semua pesan dan informasi yang Anda miliki akan dihapus dari server Telegram. Tetapi Anda masih bisa mendaftar dan menggunakan Telegram kembali dengan membuat akun baru.

Lihat Juga : 6 Cara Menghapus Akun Snack Video

Penutup,

Jika diperhatikan, Telegram memang tidak menyediakan fitur “Hapus Akun” di dalam aplikasi. Hanya saja Telegram memberikan pilihan, akun secara otomatis akan dihapus apabila tidak digunakan selama 1 bulan sampai 1 tahun (tergantung dengan setelan yang diinginkan). Perlu diingat kembali bahwa sebelum menghapus akun, pastikan Anda benar-benar yakin untuk melakukannya, mengingat semua riwayat pesan, nomor telepon, grup, dan channel akan hilang selamanya.  

Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.