9 Cara Mengatasi HP Realme Restart Sendiri

HP Realme yang mengalami restart / mati sendiri secara terus menerus memang sangat menyebalkan. Apalagi ketika ponsel digunakan untuk aktivitas yang sangat penting. Masalah tersebut membuat aktivitas multitasking terasa kurang maksimal. Realme 3 merupakan seri ponsel yang sering kali mengalami masalah tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan, seri lain juga mengalami masalah yang sama. Tidak hanya restart sendiri, masalah bootloop, hang, lag, macet, sampai ngeblank juga terjadi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut terjadi, mulai dari pemakaian ponsel yang berlebihan sampai membuat komponen overheat, bugs pada sistem dan aplikasi, kerusakan komponen perangkat keras, dan penumpukan file sampah, berkas, dan media pada memori internal. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai masalah tersebut, simak penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows

Penyebab HP Realme Restart Sendiri

Sebagai pengguna Anda perlu memperhatikan dan memikirkan apa yang menyebabkan HP Realme mengalami restart sendiri. Apakah masalah tersebut terjadi setelah menginstall aplikasi tertentu, suhu ponsel yang terlalu panas, atau memang tanpa sadar telah mengaktifkan fitur mati otomatis ponsel Realme. Beberapa poin di bawah ini mungkin dapat menjadi alasan kenapa ponsel Realme Anda restart sendiri.

  • Suhu ponsel terlampau tinggi – Ketika ponsel digunakan untuk aktivitas berat seperti bermain game ataupun menonton video secara terus menerus, maka sumber daya ponsel yang digunakan juga relatif besar. Hal inilah yang membuat suhu ponsel meningkat. Sistem Android secara otomatis me-reboot atau bahkan mematikan ponsel ketika ponsel sudah terasa sangat panas.  
  • Terdapat bugs pada sistem dan aplikasi – Kemungkinan lain terdapat bugs pada sistem Android atau aplikasi terinstall pada ponsel Realme Anda. Cobalah untuk memperbarui sistem dan aplikasi untuk memperbaiki masalah tersebut.
  • Setelan mati otomatis dalam keadaan aktif – Pada ponsel Realme, terdapat fitur mati otomatis yang dapat pengguna atur pada jam tertentu. Mungkin saja ponsel Realme Anda di atur dalam kondisi tersebut yang tanpa sadar Anda tidak mengetahuinya.
  • Terdapat masalah pada memori eksternal / SIM Card – Kemungkinan lain terdapat masalah pada memori eksternal (MicroSD) atau SIM Card. Mungkin saja memori yang terpasang rusak / palsu sehingga menyebabkan ponsel Realme restart sendiri.
  • Memori internal penuh – Memori internal yang penuh dapat menyebabkan penurunan performa pada ponsel. Mengingat sistem dan aplikasi juga membutuhkan ruang yang cukup untuk menyimpan file sementara agar aktivitas berjalan lancar dan optimal.
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Hang, Macet, LAG

Mengatasi HP Realme Restart Sendiri

Setelah mengetahui semua penyebab di atas, saatnya melakukan perbaikan. Anda bisa mencoba beberapa tips sederhana di bawah ini untuk mengatasi HP Realme yang restart / mati sendiri.

1. Coba matikan HP Realme Anda

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mematikan ponsel Realme Anda. Metode ini memang terlihat sederhana, namun nyatanya cara ini cukup efektif dalam mengatasi ponsel Realme yang sering mati / restart sendiri. Jika pun nantinya masih bermasalah, Anda bisa ikuti metode berikutnya dengan update sistem dan aplikasi terinstall.

2. Lakukan pembaruan sistem dan aplikasi

Tips selanjutnya, cobalah untuk memperbarui sistem Android (Realme UI) dan aplikasi terinstall. Karena bisa jadi masalah Realme yang restart sendiri diakibatkan oleh bugs pada sistem dan aplikasi. Pembaruan akan membawa sejumlah fitur, tampilan, perbaikan, dan peningkatan performa sehingga ponsel Realme Anda akan lebih stabil dan optimal ketika digunakan. Untuk melakukan pembaruan, simak dan cermati langkah-langkah di bawah ini.

Update Realme UI

Update Realme UI
2. Update Realme UI. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Realme Anda.
  2. Pilih fitur Pembaruan Perangkat Lunak.
  3. Jika tersedia versi terbaru dari Realme UI, maka lakukan pembaruan.
  4. Tunggu sampai proses pembaruan selesai dilakukan.
  5. Selesai.

Update aplikasi terinstall

Update Aplikasi Terinstall Realme
2. Update aplikasi terinstall. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Google Play Store pada ponsel Realme Anda.
  2. Masuk pada halaman Aplikasi dan Game Saya.
  3. Ketuk Update Semua untuk memperbarui semua aplikasi terinstall.
  4. Selesai.

3. Kosongkan ruang penyimpanan

Jika Anda merasa memori internal ponsel Realme Anda penuh (berwarna merah dan sering muncul notifikasi memori penuh), sebaiknya bersihkan / hapus file berkas atau aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi. Untuk menjaga ponsel Realme menjalan dengan stabil dan optimal, Anda perlu menyisakan ruang penyimpanan setidaknya 10 sampai 20% dari total kapasitas memori. Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini untuk menghapus file berkas, media, dan aplikasi pada ponsel Realme.

Hapus file berkas dan media yang tidak dibutuhkan

Menghapus File Berkas Realme
3. Hapus file berkas dan media yang tidak dibutuhkan. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi File Manager pada ponsel Realme Anda.
  2. Pilih kategori file yang ingin Anda bersihkan.
  3. Jika Anda ingin menghapus file APK, Anda bisa pilih kategori APK.
  4. Tandai beberapa file / semua file yang ingin dihapus.
  5. Ketuk Hapus untuk menghapus file yang diinginkan.
  6. Selesai.

Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Menghapus Aplikasi Realme
3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Realme Anda.
  2. Pilih fitur Manajemen Aplikasi » Daftar Aplikasi.
  3. Temukan dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus.
  4. Ketuk Bongkar untuk menghapus aplikasi.
  5. Konfirmasi dengan OK.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi Android

Bersihkan cache sistem dan aplikasi

Bersihkan Cache Realme
3. Bersihkan cache Realme. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Manajer Telepon pada ponsel Realme Anda.
  2. Ikuti proses pemindaian file cache pada ponsel Realme Anda.
  3. Jika sudah, ketuk Bersihkan untuk membersihkan file cache.
  4. Setelah itu, Anda akan melihat hasil pembersihan tersebut.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Membersihkan Cache di HP Realme

4. Cek kondisi memori dan SIM Card

Coba cek kondisi kartu memori (MicroSD) dan SIM Card pada ponsel Realme Anda. Coba untuk tidak memasang kartu memori, lakukan percobaan secara bergantian. Apabila ponsel tidak mengalami masalah setelah melepas kartu memori, maka dipastikan kartu memori tersebut bermasalah / rusak. Atau bisa jadi kartu memori yang Anda pasang palsu dan tidak bisa digunakan sama sekali.

Pada beberapa kasus, kartu memori yang rusak dapat menyebabkan masalah pada sistem dan aplikasi seperti munculnya pesan error, sering macet, lag, hang, sampai restart / mati sendiri. Hal tersebut dapat terjadi lantaran sistem Android turut andil dalam membaca dan memproses data pada kartu memori. Apabila kartu memori bermasalah maka proses tersebut terjadi error / kegagalan.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Eksternal Tidak Terbaca

5. Cari tahu suatu aplikasi penyebab masalah

Cobalah untuk mencari tahu suatu aplikasi / game penyebab masalah tersebut. Mungkin saja masalah tersebut terjadi karena aplikasi yang baru Anda unduh. Tetapi hal ini masih belum pasti. Untuk memastikannya, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

  • Cobalah untuk menghapus aplikasi tersebut. Setelah itu, muat ulang ponsel Realme Anda.
  • Lihat, apakah menghapus aplikasi tersebut menyelesaikan masalah atau tidak.
  • Jika ternyata aplikasi tersebut yang menjadi penyebab masalah, maka sebaiknya hindari untuk memasang aplikasi tersebut kembali.
  • Cari aplikasi lain yang sekiranya dapat dijadikan alternatif sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  • Tetapi jika masalah tersebut bukan datang dari aplikasi tersebut, Anda bisa install kembali.
  • Cobalah untuk mencari tahu aplikasi lain yang sekiranya menjadi penyebab masalah.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di HP Android

6. Reset HP Realme

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengembalikan ponsel ke setelan awal / pabrikan. Cara ini biasanya cukup efektif dalam mengatasi sistem Android (Realme UI) yang error. Sebelum melakukan reset, pastikan untuk mem-backup semua data penting yang ada pada ponsel Realme Anda. Setelah itu, Anda bisa simak dan cermati petunjuk Factory Reset dan Hard Reset ponsel Realme berikut ini.

Factory Reset Realme

Factory Reset Realme
6. Factory Reset HP Realme. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Realme Anda.
  2. Temukan dan pilih Pengaturan Tambahan » Cadangan dan Reset.
  3. Kemudian pilih Reset ke Setelan Pabrik » Hapus Semua Data.
  4. Konfirmasi penghapusan dengan ketuk Hapus Data.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Realme

Hard Reset Realme

  1. Langkah pertama, matikan smartphone Realme Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai nantinya masuk pada menu Realme UI Recovery.
  3. Untuk pilihan Bahasa, silakan pilih English.
  4. Untuk melakukan reset, pilih Wipe Data.
  5. Konfirmasi dengan kata sandi/ lock screen, lalu tap Format Data.
  6. Konfirmasi dengan tap Format.
  7. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi HP VIVO Lemot / Lambat

Penutup,

Dengan mencoba beberapa tips di atas, diharapkan masalah HP Realme yang sering mati / restart sendiri dapat teratasi dengan baik dan HP Realme dapat digunakan dengan normal kembali. Apabila Anda mengalami HP yang restart sendiri seminggu atau sebulan sekali, mungkin itu masih normal. Khususnya untuk HP Realme yang tidak pernah dimatikan sama sekali. Mengingat sistem Android secara otomatis melakukan restart untuk menstabilkan ponsel karena banyaknya proses yang dilakukan. Anda tidak perlu takut apabila HP mengalami restart sendiri.

Mengapa HP Realme panas berlebih (overheat)?

HP Realme mengalami panas berlebih (overheat) karena faktor suhu dalam ruangan / lingkungan, aktivitas multitasking yang berlebihan, dan menggunakan ponsel sambil ngecas.

Mengapa HP Realme lemot / lambat?

Faktor spesifikasi biasanya menjadi penyebab utama HP Realme lemot. Tetapi faktor lain seperti memori internal dan memori RAM yang penuh juga tidak bisa diabaikan.

Mengapa booting Realme berhenti di logo?

Booting yang berhenti sampai logo (stuck on logo) terjadi karena kerusakan sistem Android atau Chipset ponsel Realme. Anda bisa mencoba melakukan Hard Reset untuk mengatasi masalah ini.

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai penyebab dan solusi mengatasi HP Realme restart terus menerus. Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.